iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….siapa nggak kenal Honda Air Blade. Motor yang cukup terkenal di negara-negara Asia tenggara ini lumayan menjadi favorit dikelas 150cc. Honda Air Blade 150 sendiri dipasarkan di Vietnam, Thailand dan juga Philipina. Pertanyaannya….kenapa AHM nggak memasarkan di Indonesia dan mungkinkah motor ini masuk Indonesia tantang Yamaha Aerox 155 ?? berikut analisa dan terawangan IWB….

Seperti yang sampeyan tahu secara resmi Honda Vietnam meluncurkan generasi ke-5 Honda Air Blade per tanggal 15 Desember 2019. Tidak seperti masa lalu yang hanya memiliki satu varian yakni 125CC kemunculan new Airblade 2020 juga menjadi pertanda kelahiran penting varian di atasnya yakni 150 cc. Jadi seperti di tanah air lewat Vario series maka Honda air Blade di Vietnam ini memiliki 2 varian sekaligus yaitu 125CC serta 150cc…

Jika kita melihat foto bisa kita pastikan motor ini memang banyak mengadopsi beberapa desain yang sudah dulu eksis. Dari informasi yang dirilis oleh Honda Vietnam basis pengembangan atau development Honda air Blade generasi kelima ini tidak lepas dari unsur Winner X. Yup…. bebek Honda yang di tanah air disebut sebagai Supra GTR 150 dan untuk versi Vietnam disebut sebagai Honda Winner menjadi inspirasi utama RND…

iklan iwb

Yang paling frontal di bagian muka atau headlamp. Potongan dan tarikan-tarikan tegas seakan ingin menunjukkan rasa sporty sang skutik. Kemudian headlamp tersebut diberikan sentuhan tarikan ke atas horizontal yang berfungsi sebagai DRL. Dilihat dari atas memang gahar cak karena banyak sudut-sudut yang memberikan karakter agresif. Namun jika kita melihat dari bawah entah kenapa IMHO headlamp terasa kurang manis, terlalu mangap. Menurut IWB lebih cakep Honda Vario series secara desain headlamp…

Keunggulanya tentu bagian batok atau tebeng depan yang lebih clean atau bersih akibat absennya dudukan plat nomor tidak seperti tanah air. Lalu untuk perangkat rem depan ternyata motor ini masih Bekali dengan kaliper 1 piston. Honda air Blade 2020 juga masih mengandalkan kunci magnet atau belum keyless. Berbeda dengan Vario, Honda Airblade memiliki frame mirip dengan Maxi scooter dimana sasis juga nongol di bagian atas atau punggung Dek. Jadi nggak rata cak…

Bentuk speedometer sudah full digital dengan kontrol lengkap seperti panel indikator bar bensin, jam digital, bar MID, ABS dll. Untuk posisi tangki bahan bakar juga berada di depan seperti halnya Honda PCX 150 ataupun ADV150. Di bagian belakang mungkin tidak banyak ubahan atau termasuk sentuhan ringan. Secara umum sentuhan yang paling mencolok adalah di bagian panel LCD speedometer yang membentuk huruf X yang kini lebih intuitif dibandingkan versi sebelumnya. Terus gimana soal bagasi dan dapur pacu?

Karena dianggap sudah cukup mumpuni, Honda tetap mengandalkan mesin eSP yang mampu memuntahkan tenaga hingga 11,4 [email protected] 8500 RPM dengan torsi 11,[email protected] RPM untuk versi 125cc. Sementara untuk kapasitas mesin di atasnya yaitu 150 cc tenaga yang dihasilkan mencapai [email protected] dan torsi 13,[email protected] RPM. Melirik ke jok bawah kapasitas bagasi mencapai 22,7 liter yang artinya terjadi sedikit peningkatan dibandingkan dengan versi sebelumnya (0,9 liter). Di dalam bagasi sampeyan juga bakal menemukan DC outlet Charger 12 volt (hanya 150cc). Pertanyannya, dengan segala kelebihan yang ditawarkan Honda Air Blade 150, apakah AHM tidak tertarik membawa motor ini ketanah air untuk mengganggu pasar Yamaha Aerox 155 ?

Yang pertama IWB ingin share impressi awal ketika melihat langsung Honda Air Blade 150 di Thailand. Saat itu memang bukan generasi terbaru namun generasi sebelumnya dan IMHO nggak seluwes desain Vario. Kaku cak kesannya, kurang elok. IWB yakin AHM sudah survei soal ini. Yang kedua, Yamaha Aerox 155 bukan dianggap ancaman oleh AHM dikelas 150cc mereka. Hal ini bisa kita lihat betapa besarnya gap penjualan terakhir data AISI diumbar. Ketika Vario bermain diangka 35 ribuan Aerox hanya berkisar 9000-12 ribu. Artinya buat apa mendatangkan Honda Air Blade 150 jika tidak ada tujuan khusus dan malah membuat pasar jadi tumpah tindih ?

Last….dengan kondisi tersebut IWB pastikan bahwa AHM tidak ada niat mendatangkan Honda Air Blade 150 ketanah air. Analisa ini selaras dengan fakta dilapangan bahwa pabrikan grup Astra tidak terendus sama sekali memiliki rencana dengan Honda Air Blade 150. Vario wae cukup cak….ora usah ngoyo-ngoyo. Semua mosok mau disikat segmennya, hora seru pakde. Nahhh jadi kalau sampeyan salah satu biker yang memang nunggu Honda Air Blade 150, buang jauh-jauh soale negatif cak…okrekkk ! (iwb)

Spesifikasi Air Blade 2020

Transmission Automatic
Bore x Stroke (mm) 57.3 mm x 57.9 mm
Engine Type4-Stroke, SOHC, Liquid-Cooled
CategoryAT Bike
Seat Height773mm
Brake System (Front / Rear)Hydraulic Disc w/ABS (Front) / Mechanical Leading Trailing (Rear)
Displacement (cc)150 CC
Max Output (kW)9.6kW
Front SuspensionTelescopic type
Front Tire90/80-14 M/C
Wheels TypeCast Wheel
Starting SystemElectric
Maximum Horse Power9.6 kW @ 8,500 rpm
Maximum Torque13.3 [email protected] 5,000 rpm
Rear SuspensionTwin Shock
Rear Tire100/80 -14 M/C Wheel Type
Overall Dimensions (lenght x width x height)

Advertisements

92 COMMENTS

    • ?? org buta data ya gini..
      Piano Yamaha di pakai, Artis musik dunia Tong…

      Lu sepele dgn Harga piano … Yg seharga 20 unit beat ,pun ada…bahkan lebih ..

      Kalo lirik Yamaha Grand Piano C7X… Tu seharga Pajero baru ??

      Alat musik Sultan di hina… Ngebeha ngebeha

      • Aerox pun mukanya jelek. Sama kek air blade. Cuihhhhh…….
        Pantaslaaah dikompare wong sama-sama buruk rupa.
        Klo rear end jelas aerox. Tapi apa kudu jalan mundur? Kan kepok?

      • @somplak again
        Apapun namanya, mau orok ato biang kerok, dll…. Tetep aj aerox udah terbukti ngelahap ribuan vario di jalanan.
        Wkwkwk…
        Vario2 itu dibikin kaya keong plonga plongo.
        Wkwk

      • kambing cukup cicil seumur hidup itu pun belum tentu lunas ngoahahaha keburu koit

      • Siap-siap aerox dijilidin sampai Z
        Tapi gak berani keluar gudang…… aka numpuk ??????

    • Ga berani masukin ke ina,karena lihat sendiri design nya,lha wong picieks ga bisa ngalahin enmaks.
      Kuakui entrylevel ahaem lumayan,dibanding yahaaha,tpi klo maxi nya ahaem lum bisa nandingi.

    • Ra payu cak klo misal dipasarkan dimari.bukan selera fbh apalagi non fbh.
      Cak sampean harus nya bertanya dlm hati dlu sblm bikin artikel ini,pasti sampean ga mmbelinya,kcuali ada kontrak khusus.

    • ekekekek

      Mau nandingi Aerox 155….

      pario mrongosas
      piciex karnav
      adeveeee lumpurrrrr empangggg

      udah angkat tangan

      muehehehehe

  1. Melalui akun Twitter pribadinya, Marquez mengunggah video dirinya sedang melakukan latihan angkat beban.

    Ancaman Marc Marquez semakin nyata.
    Kebugarannya menjadikan lawan lawannya ketakutan dan minder teratur.

  2. Air Beat lebih menjual
    Beat lebih terkenal, lebih diterima, sangat populer & tertanam di benak pangsa konsumen Indonesia

  3. Gue pake Honda bebas masalah KLOTOK KLOTOK..
    Mesin Honda terbukti berkualitas baik, tergantung perawatan juga sih..
    Dikampung Gue justru YAHAHA suara mesin KLOTOK KLOTOK ????

  4. Sumpah yg komen Fansboy+Sales H ama Y Taek…. Otomatis bela masing”…. Ya masing ada kelebihan kekurangannya sendiri”, kalo H beli kategori Big Wing sono baru kerasa mantapnya, kalo Y ya Alat musiknya yg high end emg kek Big Wing harganya, kalo Maxi disini saya juga rada bingung produk premium tapi harganya ada yg low price, mungkin maxi bukan premium produk tapi motor nyaman gitu kali yak (walau mesin kasar) akan lebih terasa nyaman lagi kalo Y bisa bikin mesin halus buat Maxi nya…

    • Sedunia global ymh kebanyakan lebih murah karena datang belakangan. Sementara mindset market sudah honda established.
      Saya suka y tapi keluarga pada pilih h, ya apa boleh buat. Mbit saja akhirnya

    • ekekekekek

      FBH dan Buzzer H tong kosong bunyi zonkkkkk…
      gak inget apa sampai dibikin tim seWoT…niat bangetttt HonHon

      ketahuan aibnyaaa

      MueHeHeHe

    • Body masih kesupra-supraan. Sementara depan /headlamp sudah ala-ala ZX25R.
      Tapi bisa jadi performa hampir menyamai CBR250RR. Terutama power n torque

  5. Update progress pemulihan mm93 sudah keluar loh wak. Mulai menebar ancaman yang nyata.
    Siapkan tissue saja, itu lebih baik buat lawan lawannya.

    • tissue buat hadapi kenyataan, MM pensiun dini karena dipaksa jadi kuli Hon disuruh nunggangin celeng yang liar sehingga mengorbankan tulangnya hingga patah..
      MM pun akhirnya jadi tim Sales Hon…
      tissue… tissue…

  6. motor wagu , ga usah yg macem” lah. itu mbiit/scoopy saja yg di kasih 150cc, body ga usah di maxi maxi segala. cc 150 saja body kaya kebo, malu di opertake sama mbiit karbu stok’an.

  7. Betul cak, ga usah ngoyo! Honda harus pintar menjaga MS di posisi sekarang, ga bisa serta Merta main keluarin produk global maupun regional yg memang “menggiurkan”, karena kalo sampe MS lewat dari 80% itu malah jadi ga asik dan bumerang bagi mereka sendiri…UU monopoli cak jatohnya ?

  8. Ahm pinter kok baca situasi. Ngapain bawa model ga jelas, burik kemana2. Mau bikin imej vario busuk? Model gini lawan aerox aja ga ada apa apanya, apalagi mau disandingkan ama vario 125/150 current; bunuh diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here