iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…perhari ini Yamaha baru saja merilis generasi terbaru bebek legendaris Jupiter Z1 versi 2020. Kenapa kita sebut legendaris ? sebab diumurnya yang menginjak 7 tahun, desain dan bentuknya nyaris tidak berubah. Nahh ditahun ini Yamaha rilis generasi terbaru Jupiter Z1 2020. Pertanyannya apa yang beda dibandingkan sebelumnya ?? simak detilnya dibawah ini….

Siapa yang tidak mengenal Yamaha Jupiter. Bebek yang pertama kali dirilis pada kisaran 2000 namun kurang Cemerlang tersebut mulai booming ketika Yamaha melakukan sentuhan pada striping kisaran 2003. Peluncuran striping baru ditambahkan huruf Z di belakang Jupiter membuat motor ini langsung laris manis. Namun sayang motor yang mengandalkan Komeng pada setiap iklannya tersebut seperti di anak tirikan. Pertanyaannya….akan adakah Jupiter gen baru di masa depan ?

Sebelum market roda dua tanah air booming dengan kehadiran motor matic, bebek Yamaha Jupiter Z merupakan senjata andalan YIMM. Bebek ini menjadi idola para Kawula muda yang mencari motor dengan desain futuristik Serta sporty plus performa cukup baik. Bahkan IWB sendiri pernah memiliki Yamaha Jupiter Z buat ibu negara generasi kedua cak…

iklan iwb

Masa puncak keemasan Jupiter Z adalah pada kisaran 2003 hingga 2007. Mengusung mesin 110 cc Yamaha memutuskan untuk menaikkan kubikasi menjadi 115 cc pada tahun 2009.  Desain pun sedikit berubah bentuk atau moncong lebih lebar dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Yang paling keren adalah posisi lampu sein yang berada di depan tebing dengan aksen tipis…..asli mantap cak…

Untuk urusan mesin generasi ketiga ini Yamaha memberikan kubikasi lebih besar dari sebelumnya 110cc menjadi 113cc. Mesin baru mampu memuntahkan tenaga hingga 6.6KW/7500 dan torsi [email protected] Generasi ketiga ini Yamaha masih mengandalkan pengabut bahan bakar karburator (Mikuni VM17SH). Dan selang 3 tahun setelah kemunculan generasi ketiga Yamaha meluncurkan generasi keempat pada tahun 2012….

Generasi yang disebut sebagai lahirnya sistem injeksi meninggalkan karburator ini menjadi era terakhir Yamaha Jupiter mendapatkan sentuhan. Generasi yang di klaim sudah menggunakan YZ Crank Technology seperti pada special engine (SE) YZ450F.  Diameter klep juga lebih besar dibandingkan dengan karburator sehingga tenaga meningkat 20% dari sebelumnya. Dan IWB menjadi saksi sejarah kiprah Yamaha Jupiter Z di tanah air….

Sayang Bebek sporty yang dulu menjadi idola kini sudah mulai tidak dilirik. Pasar menggerus kedigdayaannya. Sepak terjang selama hampir 2 dekade tidak menjadi jaminan Jupiter Z mendapatkan sentuhan. Motor ini seperti di anak tirikan karena kalau melihat kalkulasi facelift produk jelas periode di atas 6 tahun sudah masuk kategori tidak wajar. Artinya motor ini memang dipandang tidak memiliki potensi oleh pabrikan. Terus gimana dengan 2020 ?

Yup….ditanggal 3 Agustus 2020 hari ini, Yamaha merilis generasi terbaru Jupiter Z1. Terus apa yang beda ? ora ono cak….seperti masa lalu tidak ada perubahan apapun kecuali sisi kosmetik. Betul cak, sekali lagi Yamaha meluncurkan bebek Z1 namun tidak mendapatkan sentuhan apapun selain striping dan warna. Sebuah record tersendiri pada produk yang tidak mendapatkan sentuhan hampir 8 tahun lamanya….

Last….Jupiter Z1 versi 2020 dengan warna dan striping baru dijual diharga  Rp 18.110.000 on the road Jakarta. Total ada tiga warna yang dipasarkan oleh YIMM yakni Metallic Blue, Metallic Red dan Metallic Black. Nah seperti apa sosok dari new Z1 versi 2020 ? intip foto-fotonya dibawah ini, piye keren ora cak ? (iwb)

Advertisements

66 COMMENTS

  1. Motor ini masih laris cak di Sulawesi…. Mesin generasi lama dipake buat motor taksi di gunung mesinnya bandel banget dan ga rewel…

  2. Kalo penjualan sendal swallow di Sulawesi gimana pak ?

    Apakah makin meroket ?
    Warga harus dateng jam 3 pagi buat ngambil nomor booking sendal nggak pak ?

  3. Cuma di tahun 2006-2008 masa keemasan bebek Yamaha lewat duo JupiterZ – New VegaR. Desain oke, mesin bandel. Setelah itu malah bikin model aneh² hadeehh…

    • ekekek

      Bentar, REAL SULTAN Y memang bikin aneh karena itu punya maksud tersendiri disesuikan dgn lembaga riset aerodinamis yg menambah Top speed dan tidak lupa biar tidak dijiplak sebelah….

      mueheheheh

  4. Harusnya mengurangi kost produksi sudah harus pakai mesin 125, jadi block mesunnta mirip lexi. Bukan mio ya, tapi lexi.

    Jadi ada ubahan dan dongkrak tenaga dikit.

    Jadi tetap Suozzz…

  5. Disinyalir lek iwb sebenernya gregetan jup z1 gak ada perubahan. Artikel yg judulnya bisa “jupiter z1 striping 2020” diolah lebih bombastis dengan bahasanya pake kata2 “generasi” 2020… Dari pilihan kata nya Kirain membahas minor/major change. Ternyata mengkritisi tidak adanya perubahan di 2020. Kalo striping mah tiap tahun juga ada baru hampir semua motor tho lek

    • eekekekeek

      jalan jalan di Aceh, Padang, Medan, Palembang Riau, Lampung Sumatera, Sulawesi, Kalimantan sana …

      Jupiter jadi Primadona Laris maniss Seliwerannn

      Ngahngahaha

      • Di Kampung Kami, Zupiter Z1 cucunya motor Komeng knalpot ngeboooooollllllllllll.
        Rante brisik,, justru Honda Blade yang kencang, smoth.
        .

  6. yang beli Jupiter Z di masa lalu, FIX TIDAK NGERTI KEHEBATAN YAMAHA 125Z , UNDERBONE YAMAHA TERBAIK SEPANJANG MASA ?

  7. Jupiter & Jupiter Z itu beda, mesin 105cc klo yg Z 110??
    Sayap/fairing/tebeng beda..

    Dan lagi klo di perhatiin Jupi Z1 pertama keluar masih pake velg yg sama kaya Jupiter Z Burhan.
    Klo yg sekarang palang velg lebih kecil kaya velg enkei MX135

    • iya bro, lebih kecil. tapi gada merknya cma ada tulisan YIMM. polanya masih sama kaya z1 sebelumnya ga kaya njmx yang detailnya lebih mengkotak.

    • Harusnya dikasih TURBO. Walaupun CC kecil tapi larinya tdk bs dikejar 500cc motor police tapi ngirit. Mudah kok klau pabrik garpu niat masang turbo.

  8. Cak iwan…

    Ada tulisan bermakna ambigu di awal2 artikel

    … Yamaha Jupiter Z untuk ibu negara generasi kedua … atau … Yamaha Jupiter Z generasi kedua untuk ibu negara ….

    Hehehe … Suwun cak … Salam jozz

  9. Modelnya udah bagus dibanding revo keluaran baru, jadi emang gak perlu dirombak lagi untuk sekarang. Toh minat konsumen terhadap mobek bisa diitung jari kalau sekarang hahaha

  10. Di Bengkayang masih banyak berseliweran. Saya pernah juga nyoba z1 last gen punya temen, feelnya solid dan smooth banget. Sempat pingin bungkus satu pas harganya masih 16 jutaan, belum sempat kebeli eh harganya jadi 18 jutaan

  11. Ga cuma downgrade desain,striping jg?
    Jd keliatan motor murah,ga kaya dulu striping yamaha bagus2,sekarang ajooorrr

  12. Jupiter yg paling kusuka y cuma Jupiter first model sama Jupiter Burhan. Lainnya g suka apalagi yg sekarang. Bener jelek. Ditambah suara knalpotnya “ebrekk…ebrekkk…ebrekkk…” G bs adem kyk versi pendahulunya.

  13. aku jek duwe siji, taun 2010… kari tuku strip 2020 dadi anyar maneh…
    lumaya gae arek kuliah… parkir gak terlalu kuatir.. motor tuwek… hehe..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here