iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…perhari ini Yamaha baru saja merilis generasi terbaru bebek legendaris Jupiter Z1 versi 2020. Kenapa kita sebut legendaris ? sebab diumurnya yang menginjak 7 tahun, desain dan bentuknya nyaris tidak berubah. Nahh ditahun ini Yamaha rilis generasi terbaru Jupiter Z1 2020. Pertanyannya apa yang beda dibandingkan sebelumnya ?? simak detilnya dibawah ini….

Siapa yang tidak mengenal Yamaha Jupiter. Bebek yang pertama kali dirilis pada kisaran 2000 namun kurang Cemerlang tersebut mulai booming ketika Yamaha melakukan sentuhan pada striping kisaran 2003. Peluncuran striping baru ditambahkan huruf Z di belakang Jupiter membuat motor ini langsung laris manis. Namun sayang motor yang mengandalkan Komeng pada setiap iklannya tersebut seperti di anak tirikan. Pertanyaannya….akan adakah Jupiter gen baru di masa depan ?

Sebelum market roda dua tanah air booming dengan kehadiran motor matic, bebek Yamaha Jupiter Z merupakan senjata andalan YIMM. Bebek ini menjadi idola para Kawula muda yang mencari motor dengan desain futuristik Serta sporty plus performa cukup baik. Bahkan IWB sendiri pernah memiliki Yamaha Jupiter Z buat ibu negara generasi kedua cak…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Masa puncak keemasan Jupiter Z adalah pada kisaran 2003 hingga 2007. Mengusung mesin 110 cc Yamaha memutuskan untuk menaikkan kubikasi menjadi 115 cc pada tahun 2009.  Desain pun sedikit berubah bentuk atau moncong lebih lebar dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Yang paling keren adalah posisi lampu sein yang berada di depan tebing dengan aksen tipis…..asli mantap cak…

Untuk urusan mesin generasi ketiga ini Yamaha memberikan kubikasi lebih besar dari sebelumnya 110cc menjadi 113cc. Mesin baru mampu memuntahkan tenaga hingga 6.6KW/7500 dan torsi [email protected] Generasi ketiga ini Yamaha masih mengandalkan pengabut bahan bakar karburator (Mikuni VM17SH). Dan selang 3 tahun setelah kemunculan generasi ketiga Yamaha meluncurkan generasi keempat pada tahun 2012….

Generasi yang disebut sebagai lahirnya sistem injeksi meninggalkan karburator ini menjadi era terakhir Yamaha Jupiter mendapatkan sentuhan. Generasi yang di klaim sudah menggunakan YZ Crank Technology seperti pada special engine (SE) YZ450F.  Diameter klep juga lebih besar dibandingkan dengan karburator sehingga tenaga meningkat 20% dari sebelumnya. Dan IWB menjadi saksi sejarah kiprah Yamaha Jupiter Z di tanah air….

Sayang Bebek sporty yang dulu menjadi idola kini sudah mulai tidak dilirik. Pasar menggerus kedigdayaannya. Sepak terjang selama hampir 2 dekade tidak menjadi jaminan Jupiter Z mendapatkan sentuhan. Motor ini seperti di anak tirikan karena kalau melihat kalkulasi facelift produk jelas periode di atas 6 tahun sudah masuk kategori tidak wajar. Artinya motor ini memang dipandang tidak memiliki potensi oleh pabrikan. Terus gimana dengan 2020 ?

Yup….ditanggal 3 Agustus 2020 hari ini, Yamaha merilis generasi terbaru Jupiter Z1. Terus apa yang beda ? ora ono cak….seperti masa lalu tidak ada perubahan apapun kecuali sisi kosmetik. Betul cak, sekali lagi Yamaha meluncurkan bebek Z1 namun tidak mendapatkan sentuhan apapun selain striping dan warna. Sebuah record tersendiri pada produk yang tidak mendapatkan sentuhan hampir 8 tahun lamanya….

Last….Jupiter Z1 versi 2020 dengan warna dan striping baru dijual diharga  Rp 18.110.000 on the road Jakarta. Total ada tiga warna yang dipasarkan oleh YIMM yakni Metallic Blue, Metallic Red dan Metallic Black. Nah seperti apa sosok dari new Z1 versi 2020 ? intip foto-fotonya dibawah ini, piye keren ora cak ? (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!