iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……dibalik kegembiraan mereka tampil cemerlang di Jerez karena tampil dominan lewat Fabio Quartararo, tenryata tim garputala juga dibuat kuatir dengan masalah durability engine M1. Konfirmasi ini dilayangkan Autosport yang mengungkapkan masalah misterius mesin Yamaha sehingga engine harus dikirim ke Jepang untuk investigasi. Dan kabarnya bahkan Vinales sudah membuka segel mesin kelimanya tahun ini. Waahhhh……

Seperti yang kita semua tahu, Rossi saat di Jerez putaran awal dipaksa mundur karena indikator lampu menyala dan membuat motornya mogok. Sementara Morbidelli mengalami kegagalan yang sama ketika berjuang untuk meraih podium di balap Jerez kemarin. Dari informasi yang dirilis Autosport, Yamaha telah mengirim mesin Rossi dan Maverick Vinales kembali ke Jepang untuk analisis….

Data dari Dorna memastikan tindakan Yamaha yang bergerak cepat mencari tahu masalah yang sebenarnya terjadi. Dari data pula bisa dipastikan Vinales ternyata telah membuka segel lima mesin yang dialokasikan untuk tahun ini. Sementara tiga pembalap Yamaha lainnya telah menggunakan empat engine. Ini sebuah fakta yang cukup mengejutkan mengingat balapan masih tersisa cukup panjang….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Fakta bahwa mesin M1 dirundung masalah durability engine juga dicermati para rider Yamaha. Namun Fabio mengaku tidak risau sebab tugas mereka hanya membalap dan biarlah pabrikan yang mencari cara memecahkan solusi tersebut. “Aku tidak khawatir karena tugas kami sebagai pembalap adalah tampil di trek dan kami memiliki ratusan insinyur yang bekerja untuk motor kami….

“Jika ada masalah, kami punya dua minggu [sebelum Brno] aku berharap mereka akan menemukan biangnya. Untungnya sejauh ini aku tidak memiliki masalah mesin. Jadi, aku merasa baik-baik saja. Seperti pembalap lain, aku hanya fokus membalap bukan masalah teknis…” seru Fabio. Pembalap yang tampil dominan ini juga mengaku sempat merasakan hal aneh ketika FP3 di Jerez kemarin….

Ya, aku sempat punya masalah di FP3 di pagi hari. Aku merasakan gemuruh aneh dari motor, jadi aku segera berhenti di PIT. Aku tidak tahu apa yang terjadi dan mekanik memeriksanya. Setelah itu mesin baik-baik saja selama race-pun tidak aku temukan power drop…” tukas Fabio. Senada dengan Fabio, Franco Morbidelli yang cukup kecewa tetap akan menyerahkan kepada Yamaha untuk memecahkan masalah agar tidak terjadi lagi dikemudian hari….

“Tiba-tiba saja, motornya berhenti dan aku tidak tahu kenapa. Gejala ini datang tiba-tiba. Aku hanya merasa motor kehilangan tenaga….kemudian mesin tidak berjalan dan aku putuskan mematikannya karena tidak tahu apa yang akan terjadi. Mesin tidak meleduk, namun ada yang salah pastinya. Kita harapkan Yamaha segera menemukan masalahnya..” tukas Franco Morbidelli. “ Motor tiba-tiba muncul indikator dan memaksaku berhenti. Sekarang masih dalam pemeriksaan…” ujar Rossi ditempat terpisah….

Last…..untungnya race tahun ini cukup pendek yakni hanya 13 seri. Sebuah kondisi yang cukup menguntungkan Yamaha ketika mereka harus dihadapkan dengan masalah durability engine ketika dibandingkan 18 seri pada kondisi normal. Dan disisi lain lawan utama mereka Marc cedera sehingga kesempatan luar biasa ini jangan sampai dilewatkan. Wiss cedera dan hanya 13 seri….wissss kudu juara dunia cak. Jangan sampai mogok terjadi pada Fabio Quartararo, kan iso nyesek cak. Btw dari beberapa prediksi, masalah M1 2020 kemungkinan terjadi akibat kegagalan kerja pada piston atau elektronik….semoga bisa segera dicari solusinya cak…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!