iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….akhirnya ada respon dari pejabat YIMM atas isu Yamaha sedang meracik mesin 4 silinder 250cc dimasa depan. Isu produk yang akan mengusung nama New YZF R25-M begitu santer dan entah kenapa, artikel yang pertama IWB racik hanya berdasarkan kasak kusuk ini di Ping puluhan website lokal ataupun luar negeri. Seneng sih cak cuma kan semua hanya isu prematur. Bisa saja namanya bukan itu. Tapi ora po-po cak….sing penting fokus kita adalah 250cc 4 silinder bukan perkara nama. Dan dilalah cak….Yamaha Indonesia angkat bicara soal isu R25 4 silinder, simak infonya !!

Artikel perihal nama R25-M santer setelah IWB racik artikel pada tanggal 16 Juli 2020. Sebab artikel itu di Ping ratusan website lokal dan luar negeri. Label yang dipercaya sebagai klan 250cc Yamaha 4 silinder di masa depan. Sik-sik…kenapa kode M? IWB saat itu menganalisa berdasarkan sebuah kode yang ingin menunjukkan posisi dari produk tersebut. Intip saja varian R1M yang merupakan versi premium dari R1. So…Yamaha R25M, sama dengan Honda lewat CBR250RR-R….maka R25M merupakan generasi tertinggi dari R25 lewat konfigurasi mesin 4 silinder. Terus gimana respon Yamaha Indonesia terhadap isu ini ??

” Saya belum tahu soal kabar ini, ke depannya kami juga enggak bisa memastikan bakal membuat produk dengan mesin serupa atau tidak. Kami perlu mempertimbangkan daya serap pasar dulu. Jujur buat bikin motor 4 silinder enggak susah karena kami juga punya produk dengan kapasitas mesin besar. Karena kami membuat produk itu untuk diserap konsumen, bukan untuk imej saja. Apalagi motor sport di segmen tersebut juga sangat segmented, di kelas sport 250 cc dengan harga Rp 60 jutaan saja marketnya sudah segmented apalagi motor harga Rp 90 jutaan lebih...” seru Antonius Widiantoro, Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) via otomotif. Apa artinya ?

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Dari pernyataan diatas bisa kita simpulkan, pabrikan Yamaha tetap menghitung untung ruginya meracik mesin 4 silinder mengingat pasarnya kecil. Wajar cak…..posisi Yamaha pun sama dengan Honda…wait and see. Kalau ZX-25R layu, buat apa mereka ngoyo meracik mesin yang sama. Tapi jika ZX-25R laris manis, barulah kalkukasi bisnis untuk melakukan investasi jangka panjang bisa dikalkulasi ulang. So..normal..

Last…walaupun masuk dalam sebuah konsep, project memang bisa lanjut atau dibekukan tergantung situasi. Kondisi yang tidak terlalu mengagetkan karena pasti dihitung untung ruginya cak. So….R25 dengan mesin 4 silinder ? belum pasti cak menurut Yamaha, kalau sampeyan piye…optimis oraaa ? monggo berikan opininya…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!