iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. Persaingan di kelas 150cc Maxi scooter akan semakin sengit di masa depan. Prediksi ini berdasarkan hasil terawangan pribadi yang mencium dengan kuat bahwa AHM diduga sudah melakukan trial new engine yang mengusung konstruksi sama yakni 4 katup untuk New PCX 150 atau mungkin bisa kita sebut new PCX155? Sebuah prediksi yang sebenarnya sudah kita dengungkan di masa lalu pasca Eropa meluncurkan Honda SH125i 4 katup. Pertanyaannya…. Bagaimana nasib Yamaha all new nmax 155 jika AHM benar-benar merilis all new PCX 155? Yuk kita analisa sama-sama…

Yamaha adalah salah satu pabrikan yang kreatif. Menjadi pemain nomor dua di tanah air tentu tidak mudah melawan kedigdayaan Astra Group yang luar biasa. Dituntut kreativitas serta inovasi mengingat persaingan demi persaingan melawan Astra Honda Motor memang selalu berujung kesulitan. Sampeyan intip saja bagaimana Yamaha harus Survive menahan tekanan Honda pada saat mereka meluncurkan skutik entry level Beat. Sekuat tenaga melakukan berbagai daya upaya namun semua sia-sia….

Yamaha Mio justru semakin Kehilangan Arah pada saat pengembangan dan pada puncaknya motor ini juga tidak kompetitif di pasar. Beat merajai dan menggeser Mio. Yup….desain yang Justru lebih konvensional membuat market pun lebih memilih Honda Beat. Begitu juga di segmen Sport 150 cc yang dulu dikuasai Yamaha. Masih ingat bagaimana digdayanya Yamaha Vixion yang saat itu mampu terjual hingga 35.000 unit/bulan. Walaupun Honda datang dengan gacoan yang tidak bisa dipandang buruk yakni generasi CB150 K15A…. namun Vixion tetap merajai…

iklan iwb
iklan iwb

Desain Honda pada desain pertama yang dianggap kurang menggigit termasuk karakter motor DOHC Overbore yang membuat akselerasi motor ini lebih berat dibandingkan dengan SOHC Vixion….tidak membuat sport Yamaha bergeming. Sadar akan hal itu AHM langsung melakukan revisi pada generasi 2 dengan kode project K15G. Perombakan desain yang jauh lebih futuristik dengan fokus memperbaiki akselerasi sehingga dipilihlah konstruksi near Square ternyata membuahkan hasil. Pelan dan pasti Honda CB150R akhirnya mampu menggeser dominasi Vixion. Apalagi di saat yang sama strategi Marketing Yamaha berubah ditambah kelahiran generasi facelift yang justru kurang disukai pasar…..

Itulah sekilas persaingan yang sepertinya memang memberikan gambaran bagaimana sepak terjang Honda yang tidak pernah mau mengendurkan tekanan ketika mereka sudah merasa tertantang. Dan sekarang IWB mencium kondisi serupa terjadi pada segmen Maxi scooter 150 cc. Di kelas ini di debut pertamanya AHM meluncurkan Honda PCX 150 versi lokal dengan kode K97. Motor sebenarnya secara fitur jauh mengungguli rivalnya namun dianggap belum mampu menebas dominasi NMAx 155. Walau kita dibuat buta dengan hilangnya data AISI namun secara kasat mata dominasi NMax 155 generasi pertama memang sulit dibantah. Bisa jadi karena power dan desain menjadi penghalang terbesar misi itu….

Strategi marketing Yamaha yang terus mendengungkan keunggulan mesin 4 katup seakan memberikan impresi kekuatan power dari Yamaha nmax 155. Sebuah klaim yang disukai para biker ini seakan menampar Honda. Kenapa ? karena bagaimanapun pabrikan ini sangat mampu dan bukan hal sulit jika mereka ingin meluncurkan konfigurasi mesin serupa. Apalagi Honda terkenal dengan VTEC nya sebelum VVA mencuat sebagai salah satu nama paten Yamaha. Sistem serupa hanya beda nama paten. Walaupun dalam pandangan mata pribadi mesin 2 katup Honda sudah cukup mumpuni tapi suka atau tidak, mindset 4 katup sudah dipandang sebagai mesin yang lebih Superior dibandingkan 2 katup berkembang pesat…

Belum lagi dalam berbagai tayangan adu drag, NMax selalu mengungguli 3-4 body dibandingkan PCX. Yup…. Maxi scooter sudah digeser bukan hanya fungsi namun juga gengsi performa. Itulah yang mungkin baru disadari oleh Honda. Dalam berbagai survei bisa jadi fakta ini tergali untuk menjadi bahan masukan. Mungkin itulah yang membuat keputusan pun lahir. Sebuah pengembangan yang akhirnya menyeret persaingan dalam hal performa dan fitur. Bukan hal sulit bagi Honda untuk melakukannya karena pengalaman mereka di mesin 4 tak tidak perlu diragukan…

Ibaratnya pabrikan ini paham betul setiap jengkal mesin 4 tak yang sudah dikuasainya sejak berpuluh-puluh Tahun Lamanya. Bagaimana tidak, disaat pabrikan lain masih berkutat memasarkan mesin 2 tak Honda sudah fokus dengan mesin 4 tak. Tidak heran jika sudah serius Honda selalu mengerikan bagi pabrikan lain. Sumber daya dan pengalaman yang luar biasa menjadi modal penting pabrikan ini selalu menguasai segala bidang di roda dua. Intip saja Honda CBR250RR yang kita sebut “The best in class” dan sukses membuat R25 layu. Seremnya…..AHM kini sudah mulai memfokuskan untuk menumbangkan Yamaha NMax 155 dengan generasi kedua Honda all new PCX 155 yang kemungkinan besar sudah dibekali dengan mesin 4 katup dengan segudang fitur dan bahkan potensi VTEC akan mengiringi kelahiran K*ZG..

Last…. nasib NMAX 155 tentu saja tergantung pada Bagaimana sosok dari PCX 155 nanti. Karena suka atau tidak desain Honda PCX masih dipandang kurang nampol untuk menumbangkan Yamaha NMAX 155 yang dianggap lebih Sporty. Ini adalah kunci terbesar di samping engine ataupun fitur. Oleh karena itu IWB sarankan AHM harus hati-hati meracik desain dari All NEW PCX 150 nanti. Sementara dari sisi Yamaha…. mereka tidak boleh berleha-leha. Rubah strategi marketing dengan pendekatan yang lebih cerdas dan tajam seperti masa lalu. Karena jika masih tetap santai seperti sekarang niscaya dominasi NMAX 155 hanya masalah waktu. Keyakinan ini berdasarkan pergerakan AHM yang disinyalir mulai fokus untuk membidik Maxi scooter secara serius. Dan jika ini terjadi biasanya tekanan semakin kuat dan mengerikan. Yamaha All New NMax 155 vs Honda all new PCX 155? the war still begin dan kita lihat saja siapa pemenangnya nanti….sing jelas kita diuntungkan cak, juozzz ! (iwb)

 

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

228 COMMENTS

  1. Bukannya PCX memang lbh mengutamakan kemewahan dan futuristik cak
    Kalo PCX nanti harus dibuat gagah juga

    Hilang donk prestis nya

      • Sultan H hanya menjabani…bukan bermaksud menghancurkan , namun kompetitorlah yang Hancur sendiri.
        Sultan H juga yang merancang dan menggiring rival pada Peta Persaingan – market . Disatu sisi memang menyakitkan bagi rival karena GAMPARAN Sultan H , namun disisi lain rival itu semakin belajar dan bertambah wawasan akan ilmu Yang secara tak langsung diPerlihatkan Sultan.
        Sekarang Tekanan Dasyatpun akan dihadirkan Sultan H secara Total Control … Dan ini adalah Era dimana akan ada Cobaan yang sangat berat diterima Ymh Suzi dll. Ini bukam lagi sekedar GAMPARAN.. tapi ditingkatkan jadi Kejutan Listrik yang bikin lawan lawan tetap ada…namun Tak berdaya. Berapa lamakah keadaan ini akan berlangsung? 5 tahun…10 tahun.. atau mungkin lebih , semua keputusan hanya ada ditangan Sultan H ?

      • Tentu kita semua gak sabar lihat Y walau perlahan namun pasti berubah jadi Pabrik Biji Limbah Plastik ? merek2 Y suzi dll mungkin bakal tetap ada..namun menghasilkan produksi2 yang sudah berbeda . Mungkin Y sudah makin ahli dalam produksi perPLASTIKan…suzi sudah Ahli dalam elektronik dsb ?

      • VVA itu teknology 5 tahun yg lalu. Honda malah baru menerapkan saat ini.

        Pabrikan sebelah sdh mulai mengembangkan dual compresion compustion chamber, makin irit dan makin bertenaga karena seperti mesin diesel torsinya melimpah.

        Pada akhirnya konsumen lah yg di untungkan dengan teknologi baru

    • Permintaan pasar mungkin mas, karena menurut orang indonesia desain kaya adv, aerox lebih disukai karena sporty, atau mungkin mau dibuat seperti nmax sporty namun tidak kehilangan sosok mewah dan elegannya

      • Honda KLO udah serius ngerih.

        Pantesan pabrikan lain harus cari celah terus yg Honda blm main.

        head to head dgn Honda pasti kalah..

      • H menelurkan produk2 yang selalu disambut positif oleh Konsumen. Konsumen selalu menilai dan menunjuk H sebagai penunjang Gaya hidup dan Martabatnya.
        Banyak dari kita tidak Menyadari , bahwasanya Para tetangga yang hanya bisa berlari dan berlari..kita melihatnya sebagai usaha mereka untuk berInovasi. Tapi Tidak ! Yang mereka perbuat bukanlah menghadirkan tekhnologi – Inovasi dll…tapi mereka Berlari menyelamatkan diri akan kejamnya Pertempuran yang dihadirkan Sultan H , yang mereka hadirkan ditiap tahun dan zaman hanyalah tameng2 baru dalam melindungi diri..terutama Melindungi Muka dari setiap GAMPARAN2 yang dilakukan Sultan H . dan Sultan H yang kehilangan lawan tentu akan terus mengejar dan mengejar Lawan2 yang terus berlari dan berlari…dan inilah yang TERJADI ?.

      • Masalah terbesar PCX bukan dari segi desain ataupun performa…..tp dari segi kualitas
        PCX hadir dengan segudang masalah
        Masalah dan selalu masalah kualitas yang mendera PCX
        saran buat AHM….tingkatkan kualitas bukan cuma kejar kuantitas

      • Untuk adu tekhnologi..sudah pasti H jagoannya…jika H menelurkan tekh- inovasi dll secara terbuka..maka , bisa 20 30 tahun bagi Y untuk bisa menyamainya. Jika masa Y itu sudah datang
        …Sultan H kembali jauh diatas untuk dikejar ?

      • Engga juga si, bekasi sudah banyak ADV berkliaran dan new NMAX masih segelintir saja
        Bisa jadi faktor inden yang mengular bikin bberapa konsumen pindah haluan dibarengi dg kemunculan NMAX

      • Jawabannya jelas mas, tinggi adv 795 mm, orang postur 170an aja ga bisa napak sempurna, sementara tinggi jok nmax 765, tinggi 165an udah bisa napak, selain faktor mesin fitur, faktor desain, faktor ini juga dipertimbangkan mas. Cmiiiw. Pengguna nmax banyak yg cewe juga mas karena tingginya pas sama postur mereka, meskipun lucu aja sih liat cewe badannya kecil naik nmax wkwk

      • Dan mulai dari sekarang..semua akan kembali h2h , untuk 6 7 tahun kedepan gua yakin Y akan Mati Suri ? setelahnya baru akan muncul Tameng2 baru yang dipersiapkan untuk Pelarian berikutnya.
        Akan makin banyak kerjaan Fby dengan motor2 yang menumpuk menggunung digudang mereka, hanya konsep2 DaurUlang yang akan selalu mereka hadirkan.
        Jangan bicara nanti dan nanti , karena ditiap Waktu …Sultan H selalu ada dan Siap kembali melepaskan GAMPARan2 nya ?

      • Honda sekarang bermasalah dengan kualitas yang amburadul….motor ga di test secara real sehingga saat masprod tidak siap dengan masalah yang mendera seakan ga ada habisnya

      • Dengan menyamperin..dan berusaha untuk dekat secara h2h…pengalaman dan sejarah telah membuktikan , the Otot otot POWER yang diperlihatkan Sultan H …selalu membuat Y lemasss dan menyerah. ?

    • katak Kaum FBH H Sultan, Sultan kug masih mikirin Cost …wkwkwkwk Sultan jadi jadian
      Bukannya kebalik ya H masuk perangkap permainan sampai Hancur sendiri
      lihat tuh :
      -vario 110 suntik mati
      -verza Hancur
      -Blade tewas
      -Megapro discontiune
      -Spaci musnah
      -Supra 110 Hilang
      -cbr/cb gagal produksi
      dll

      ya selanjutnya vario 125 &150 dan maxi skoter H saling makan tewas satu per satu….belom ditambah sport H yg Hancur

    • ekekekeekek

      Konsumen udah Kapok beli H
      lihat tuh penjualan anyep cuma Heboh di Pabrik aja akhirnya sebagai pajangan numpukkk di Delerrrr….

      Masyarakat udah tahi motor H banyak penyakitnya ….

      • Betul bgt saya juga menyesal beli H V125 masa baru seminggu cvt uda kaya suara kompresor angin.. sampe saya blg ke ahass kualitas H bobrok ga kaya dl..??

    • Teknologi Y udah dipakai 5 tahun yg lalu….

      Inovasi Real Sultan Y terlus berlanjut

      salah satunya Mio 125
      dengan cc lebih besar namun sangat irit dan lebih bertenaga
      boleh diadu sama H 110 cc , malah H 110 cc nya aja gak nyampe tetep boross bensin ..diajak lari ditinggal jauhhh jauhhhsemakin jauhhh

      itulah kenapa Real Sultan Y diterima baik di Masyarakat

    • Untuk memastikan Masyarakat
      Real Sultan Y tidak sungkan sungkan untuk ngetest dijalanan
      ini menandakan bahwasanya Real Sultan Y percaya akan produknya dan betul betul terbaik untuk masyarakat
      bukan seperti H hanya muter muter di dalam saHaHaHajaaaa….menandakan kebusukan mereka…

    • Masalah Teknologi Y Ahlinya,
      Tinggal membalikan tangan saja….

      masakahnya kalau Y bikin juga …H jualan apa ????
      bikin body aja icikkkiwirrrrrr kiwirrrtt
      apa bikin mesin jait ?

      • Bertahap….hingga akhirnya awal tahun 2022..entri Level 110 Sultan H pun hadir . Sekelas Entry level yang mampu meNABOK si PE’A155 ?
        Pergerakan Sultan yang takkan pernah Putus…. Akan jadi permainan yang selalu dan semakin menarik untuk dinikmati .
        Y itu bagai kepala FBY yang diBENAMkan ke Lumpur..kemudian ditarik…diBENAMkan lagi..ditarik dan diBENAMkan lagi begitu sezerusnya ?

      • Tapi akan bagus dengan Aroma badannya si Alan atau fby lainnya nanti..
        Dari bau besi KARAT gudang berubah jadi bau Biji PLASTIK ?

    • Nasib nemexx bentar lg sperti Miong sjenis yg di gusurr mbit.
      Sales garpu karatt makin pusing.
      Xixixixi ??

    • Jilat ludah lagi ngebeha muheheheh

      Nyindir +5 CC dan 4 klep…

      Rupanya dalam hati,, kapan yaa kita bisa gitu ???.. skrng jadi pemuja 4 klep +7 CC lagi

      Bayangkan Nmax dari 2014 Uda 4 klep.. butuh 6 tahun utk menirunya ( itu pun belum keluar ,di jual masal)….

      • Sabar…si PE’A 4 katup Y itu cuma tekh Abal2 , masih mudah dijabani mesin2 Sultan ?
        Nah kalau tekhnologi sebenarnya milik H ini berada didunia berbeda…inilah tekhnologi sebenarnya , sekalipun ini udah kerjaan lama dari Sultan yang dihadirkan kembali untuk disesuaikan dengan kebutuhan zaman ?

        Tapi lumayanlah bro adiknya thailanchung…karena bau ente nanti berubah aka berInovasi dari bau Karat Gudang menjadi bau Biji Plastik ?

    • ekekekek

      FBH mikir kapan ya bisa begitu
      akhirnya jilat ludah sendiri kan….

      akan dibikin VVaa KW
      offset 7 kecamatan
      4 klep rongsokan

      sambil ngebayangin entri lepelnya 110 cc gakkk nyampe itu…
      boro boro lawan 155 cc Y …

      lawan Mio aja udah engaappp tu ..malah Mio isa bejaban sama variozongosss…

    • Mas ga tau ya kalo karyawan kontrak AHM sekarang dibredel habis…..karyawan tetap cuma digaji 75%
      Yamaha sekarang masih lembur Sabtu Minggu
      Karyawan kontrak hatinya tenang
      Karyawan tetap hatinya senang
      Itu artinya apa????
      Tanyakan pada iwanbanaran

    • ekekekek

      pertanyaan itu udah di sampaikan sejak zaman beuhelaaa tapi sampai kapan begitu…

      malah sekarang kebalik H mau jualan apa ?? pabriknya aja udah mau KoiT belum balikkk modal lagi …

  2. Terlalu dini juga buat memperkirakan nasib nmax, secara all new pcx belum masspro, belum keliatan kaya gimana bentuknya. Apalagi nanti ganti mesin yg otomatis harga pun naik. Sebagai pengguna kedua motor ini menurut saya dua dua nya saling melengkapi antara kelebihan dan kekuranganya.

      • Zaman itu berinovasi , sudah pasti generasi lama akan lari dulu bergeser ke daerah2 dan pinggiran…memberi Applause dan mempersilahkan yang baru hadir ditengah ?

        Justru yang jadi pertanyaan…mau d bawa kemana produk2 sebelah yang sudah terseok seok dalam Penderitaannya ??

      • Mahal aja larissss..gimana jika dikasih harga sama atau murah? Jika itu dilakukan H , sudah semenjak dulu Y berubah jadi pabrik biji Limbah Plastik ?
        Sultan itu wajib memposisikan dirinya berada dengan wibawanya diatas.

    • Tinggal suntik mati bos, kan udah ada pengganti yg lebih jos.

      Semua kan gitu bos, beat baru brojol, beat lama suntik mati.

      CB baru brojol, CB lama suntik mati.

      Dan Honda hampir selalu sukses lho

      Beda sama Yamaha….

  3. Di awal itu sulit menggeser krna pride Nmax, tapi dominasi Nmax bisa diruntuhkn oleh harga pcx 4 v katup itu sendiri. Tapi saya yakin serangan balik pasti datang jg karna inovasi di Y bgitu jg H tidak berhenti, kecuali telat itu baru kesalahan.

  4. Klo tanpa vtec ya masih kalah sama power merata nmax dgn vva. Trus liat harga dan juga tampang kyk gmana dlu.

    • SH150 di luar sana 157c tanpa vtech loh.. tpi power dan torsi di atas kertas lebih tinggi dari Nmax155 vva.. lebih tinggi 1 koma HP dan 1 koma Nm

    • Lumayan bro otomo….
      Bau ente bakal berubah dari bau KARAT GUDANG menjadi bau BIJI PLASTIK ?

      sabaaarrrr

    • ekekekekek

      nmax punya tampanng aerodinamis yg baik bisa menambah kecepatan begitupun Power losss sangat dikit ..tinggal masalah waktu menjawabnya

      Tinggal FBH mau apa yg dibanggain…

  5. Blum ada motornya ja udah blg2 ini itu bani andai wkwkwkk motor apik nk foto tok
    Asline nggedeblek heheheee

    • Sabaaaar….Sultan itu punya schedule terbaik dalam pengelolaannya ? september adalah langkah awal yang sudah dipersiapkan .
      Celengan ente udah siap ????
      Ngilerrrrrrrr broh

  6. Beta rasa kebanyakan konsumen segmen ini gk begitu ngarti mau 4 klep,vvA,VVT,mereka taunya model,ama merek doang.kalo bicara teknologi pario kalah telak ama ngerox,tpi dilapangan merk yg bicara lek

    • Nyatanya banyak masyarakat pedesaan yang terdoktrin dengan istilah 4klep,
      Karna basis mereka melihat bahwa sport 4klep kenceng ga liat sohc/dohc bahkan vixian dan cb pun mereka anggep sama karna sama sama 4klep.
      Padahal mah mesin 2klep 125cc saja kalau dikilik bagian CVT tanpa harus main kilik mesin gampang tembus 120-125kmpj, pengalaman bbrapa th kebelakang ences buntutin vixie/cb di speed 80-130kmpj meskipun memang kedodoran dispeed bawah karna cuman setting bagin pulley depan.
      No pitc hoax?? Silahkan saja buktikan dg seting ulang CVT tapi jangn harap bakal irit lagi

      • gak usah yg 125cc juga , ntu beat karbu 108cc pake stroke 55mm juga gampang kok speed 130an. tapi ya itu tadi, “MAU KENCENG KOK IRIT”.. ya setidaknya lebih iritlah ketimbang RX-K gue.. hhh

      • Makanya gua sering bilang…tekh H itu walau 2 klep namun mampu mengebeat tetangga ? tapi itu bukan tujuan utama dari racikan Sultan. Ergonomi kenyamanan dan efesiensi itu adalah garis besar dari produknya ?

  7. Sendal pun di kasih merk sayap lngsng laris manis..
    Wokwokwok..
    Apapun motornya hondalah panggilannya, jare wong jowo ???

  8. Asal jan kyak adv (asli daleman vario) aja cak, koar2 bagus keren dll tapi kurang laku, motor operpret. Wkwkwkkw

    • Ente mungkin ngintip dari balik pohon jagung ?
      Dah banyak banget si Adv berseliweran dijalanan…itu motor canggih benerr , tarikan enzeng…gampang melesat
      Wuuuuzzzzzz nguacirrr edian . Mengendarainya bagai membawa jet tempur ! Asik tenan broh ??

      • Mana yg sliweran wkwk
        Ngaca bouzz, adv mana ada di jalanan
        Kasian sales H kerja rodi, kesejahteraan nya kurang, dipaksa harus jualin produk yg bobrok demi menjaga nama baik honhon, fyi ini info dri salesnya lgsg yaw wkwk

    • Betul itu. Wah digambar liat aslinya zonk motornya. Blm lagi dibilang yg punya warung dimensi nya mirip xmax dlu liat aslinya 11 12 ma vario ??? yg beli bloon

  9. Miong ajja ancurr ancurran ktika ada Embitt.
    Siap” nemex bernasib sperti Miong.
    Saless garpu karatt makin pusing, BC sana sini.
    Xixixxii ?

  10. Sebenarnya utk berkompetisi dgn honda pabrikan jgn selalu gembor2/teriak produk mereka lebih hebat jika dibanding produk honda, tetap low profile biar ego dari sang raksasa tidak tersentil dan kasih hantaman balik yg sulit utk ditahan

    • Justru bgus kan,konsumen yg diuntungkan dpt fitur terkini. Klo g bkl monoton. Persis 250cc 4 silinder saat ini bkl diikuti oleh semua.

      • H itu akan ada ditiap pertempuran…jika ranah Peperangan tsb layak untuk diterjuni ? ( baca yang komplit setiap ketikan gua disetiap tread ! ).

        Owh kawak hadirkan 4 cyl trus H nafsu ngelahirin juga ? Tidak begitu kawan…. Seot sering gua bilang ( baca tiap ketikan gua ) pabrikan lain bagi H adalah Pekerjanya.. Y K S dll adalah Pekerja sang Sultan H yang akan selalu membuka Lahan bagi Sultan dalam membangun singgasana baru ditiap tempat dan ditiap Zaman ?

    • Hanya itu yang bisa mereka jual bro , udah teriak2 tapi masih tetap saja dibawah…gimana jika gak teriak2 , bisa2 diinjak Suzi ?

    • ekekekekek

      H itu SuRRRammmm…udah bolak balik kena Hantam
      pabrikan lain masih memberi nafass

      lalu H mau jualan apa lagi ????…

    • Bukankah H juga ada produk tandingannya ? Ente pasti taulah.
      H tak pernah membatasi arena Pertempuran ? jika kue tsb Gurih dan enak…H selalu hadir , bukan sekedar mencicipinya…tapi untuk menguasainya !
      Jika kie tsb masih masa percobaan dan semutpun masih ogah2 ngerameinnya…maka Sultan belum mau nimbrung , duit masuk yang jelas2 saja yang masih digarap. Bisnis itu DUIT ! ??
      gua ulang terus dan teruss…
      Yang lain selalu Berlari dengan Tameng baru untuk bertahan…SuLtan H akan selalu mengejar dan mengGAMPAR ! jika disana ada DUIT !?

  11. PCX 2 katup 150 esp aja harganya setara dgn NMAX .gimana nanti kalo udah 4 katup 157 VTEC ga kebayang tembus brp harganya ??

    • Mirip2 Adv ?
      Maklum …tekh yang disematkan Advance semua… Bukan abal2 .
      Konsumen yang beli H tsb kaga mikirin harga , toh selama ini harga produk H itu selalu diatas produk tetangga.. dan buktinya ? Tetap no 1 ?
      Mau tidak mau…suka tidak suka …kenaikan harga motor akan terus merangkak dan pabrikan2 lain akan juga terus mengikuti kePutusan sultan untuk ikut naik?
      Semua kontrol ada ditangan Sultan

      • Ooo…
        Pantes makin kenceng gredek bodi ampe ke cvt ternyata lg di kembangin ya biar jadi identitas baru ????

      • Sampe New nyemex pun masih hetar sana sini..itulah gunanya Plastik tebal , sedikit meredam getarnya. Namun tulang dan otot tidak bohong…makanya sering gua teriak menganjurkan selalu sedia Param Kocok , dan beberapa dealer Y juga sudah terapkan bonus dari Produk sejenis ?

    • Terkadang kita lupa dibalik Permasalahan2 tsb bahwa… Habitat dari H tsb sangat banyak sekali. Nah jika kita temukan kasus dll itu sangatlah wajar .
      Contoh…H tipe ini ada dijalanan sebanyak 30 ribu .. yang bermasalah 1000.
      Y tipe ini dijalanan 7 atau 8 ribu…yang bermasalah 500.
      Dari hitung2an diatas secara persentase sebenarnya yang banyak masalah adalah Y ?
      Contoh real :
      Total produk y ( berbagai macam dan tipe produk Y ) terjual setahun 1 koma 4 jt unit.
      1 koma 4 juta unit setahun juga terjual dari Mbeat . Nah dari sini saja sudah dapat ditentukan..bahwasanya hanya dengan si Mbeat saja… Total Y itu sama…padahal Sultan H masih punya banyak lainnya sept vario pcx scoopy dll ( bosen nyebutin atu atu )
      Sekali lagi…jangan lupakan jumlah Habitatnya ?

    • ekekeke

      mohon Maaf , Honda berdiri sejak kapan

      kug mesinnya banyak penyakitnya berjilid jilid …kapan sembuh ??

  12. New nmax pakai dual VVA kang Iwan ke depannya.new PCX 4 klep lahir Yamaha sudah nyiapin mesin baru,dual VVA atau matik pakai rantai

  13. Kalau dijual di Indonesia Jangan langsung beli atau inden vario 150,PCX, adv 4 valve!Mending tunggu 7 bulan setelah review dr bloger independen.
    BELAJAR dr Case:
    1. Shockbreaker blkg PCX Bengkok saat awal launching
    2.Sprocket PCXAmbrol case th 2019

    • Akan tetap ada inovasi dri rival2 Sultan ..ya itu yang gua bilang diatas.. inovasi sebagai Tameng tamemg baru dalam Pelariannya ?

      Dan salah 1 inovasi Y nanti nerikut kaumnya adalah..inovasi Bau Baru ?

    • ekekekeke

      gak usah pelariannn udah disuntik mati sendiri….

      contohnya :
      Blade
      vario 110
      spaci
      megapro
      verza
      dll masih banyak lagi …

      bener kan , H itu SuRRRammm Sultan abal abal

  14. Kalau dijual di Indonesia Jangan langsung beli atau inden vario 150,PCX, adv 4 valve!Mending tunggu 7 bulan setelah review dr bloger independen.
    BELAJAR dr Case:
    1. Shockbreaker blkg PCX Bengkok saat awal launching
    2.Sprocket PCXAmbrol case th 2019

  15. AHM itu mengerikan kalau soal marketing, buktinya mereka mampu menjual produk mereka dengan harga over walaupun kalau di lihat tanpa terpengaruh oleh pihak-pihak lain dan rasa fansboy tentunya, produk mereka biasa aja cenderung di bawah kompetitor lain aku gk omong kelas 250 up loh dan untuk yamaha permasalahan utama mereka selain dari marketing ganasnya AHM kelihatan kok mereka sekarang kurang mendengar kan masukan konsumen. Ok semoga market tanah air bisa kembali panas dengan sehat

  16. Sebetulnya potensi mesin nmax klo yamaha mau bisa tembus diatas 16ps karena basic engine yg digunakan merupakan milik r15v3. Dimana engine itu bisa memuntahkan daya 19,3ps. Klo mau sebenarnya yamaha di edisi facelift selanjutnya koreksi di throttle body sama asupan udara juga injector. Jamin bisa tembus 16ps-an. Jadi tinggal selera desain deh di pasar lebih suka mana. Gw juga mau ambil nmax lagi nunggu pcx terbaru. Pen liat desain nya dulu. Tunggu bulan Januari keputusan mau ambil yg mana

  17. Gw kasih bocoran dikit lagi ya mbahh….pabrikan H sedang menggarap projek allnewCBR150R dengan mengubah semua sistem dapur pacu dan bodi untuk benar benar menumbangkan R15 dari si Y ….tunggu saja. Salam w orang dalem

    • Thanks broh… Kalau dibocorkan atu atu… Bisa jadi gempa 9 SR bagi Fby ? ditangan gua juga dah banyak bocoran langsung nih

    • ekekekek

      Dalam Zambannnn….
      dr dulu projek melulu ngabisiin tenaga, catet H itu SuRRRammm
      malah skarang
      – Aerox gerogoti Vario
      – R15 udah menghancurkan Harga diri CBR
      – Nmax udah membungkam si picex dan neng adevi

      tinggal masalah waktu Produk H saling makan sensidi akhirnya disuntik mati….

    • Wkwkwk CBr 150
      Motor culun wkwk
      Butuh lebih dari sekedar facelift buat ngelewatin R15 bozz
      Udah terbukti design dan mesin cocok sm konsumen indo

  18. Kalo desainnya masih kayak Speed Boat darat, yaaa….biasa wae Cak. Gk bakal heboh. Liat aja tuh ADV yg digadang2 gusur Aerox, jualannya biasa ae. Lagian yg punya NMax dah bosen pake 4Valve. Masa naeknya ke 4-150an lagi ….

    • Bosan apa bingung? Sampe2 suntik silikon sana sini bengkak bengkak ? jangan pikirin hidup sendiri..tapi pikirin juga junjungan ente…
      Ente bosan , pabrikan ente modyarrr ?

    • ekekekek

      Aerox malah sukses menggerogoti Variozongoss mukee mrongossss

      apalagi si neng ADepe mau nyungseppp sendiri
      body kayak lumpurrrr empanggg….

  19. Yang punya N Max mah pada naik kelas ke X MAX 250 cc karena bagi pengguna N MAX 4 klep VVA sudah bukan barang baru lagi sedang fbh baru mau bermimpi ngerasaiin sensasinya saja sudah kojel kojel

    • Sensasi abal2 yang masih bisa dijabani 2 klep 125 malah ? anggap semua naik kelas ke 250 makin gak ada yang beli nyemex dong ?
      Emang jualan xmax moncer..gak juga , sekedar laku dikelasnya dengan bermain sendiri.( Lihat data jualan diatas , dimana nyemex pegang 60 persenan dri semua produk Y ) mungkin gk si nyemex diabaikan ?
      4 klep H itu ada didunia berbeda , dan butuh 3 tingkat inovasi dari Y untuk bisa menyamainya.
      Mungkin dengan triple PE’A ? ( Ditulis di emblem bodi nya ) ?

    • Nahh

      udah beralu 5-10 taun Y semakin di Depan
      H itu cuma AvHmpasss
      barang murahhh dijual MaHall

      FBH udah ketinggalan Zamannnnn…..
      seperti halnya kasus 250 cc

  20. orang ud sampe tanah abang lu baru sampe kebayoran wkwkwkwkk

    Yang punya warung ngomporin terus..tp agak mendeng sebelah wkwkkwkw

    • Tergantung drimananye bro , kalau ente dri harmoni.. Orang udah sampe kebayoran ente baru sampe tn abang ?

    • Honda sudah dari dulu pake vtach di mobilnya dan di tiru yamaha menjadi VVA dan sekarang AHM baru menurunkan vtach ke motor , kenapa?? Karena honda tau cukup dengan mesin 2 katup saja sudah bisa menyaingi pasaran VVA tapi sekarang AHM ingin membuat Nmax bernasip sama seperti pendahulunya si mio dan vixion yg hancur pasarannya???

    • Beda pabrikan beda daya jual dan tujuan .gak bisa kita ikutan bikin paten..
      Forza itu di eropah jauh banget diatas produk Y jualannya..baik yang 125 ataupun 300 , silahkan buka2 lagi halaman terdahulu. ?

      • Y silahkan mw referensi eropa,kt idup di indo…hahaha.selera beda pak bos.bbrp produk world premier dimari,tanya knapa? Gak perlu baca kbelakang harusnya udeh paham

  21. Di indo beli sesuatu biasanya apa kata orang dan untuk sektor otomotif belum beli aja sudah mikir jualnya nanti jatuh ga..
    inilah wajah negeri dengan tingkat pendidik yang tidak semaju negara maju.
    Apalagi di kampung, orang yg pertama punya kendaraan roda dua… Pilih bukan karena fitur tapi lihat tetangga.

  22. Dari dulu klau produk baru honda lahir pasti reaksi fbh.
    . Yamaha mau jual apa?
    . Sebentar lagi yamaha bangkrut
    . Yamaha jadi pabrik biji plastik..

    Halo??
    Perasaan dr dulu sampai skrg yamaha ga bangkrut -bangkrut deh,,.. Waktu terus berputar dan akan selalu ada inovasi terbaru yg lbh menarik, seperti itulah siklusnya…. Sampai fbh jadi sales lampu merah 7 turunan yamaha ga akan bangkrut.. Wkwkwkk

    • Helllo…..masa gak tau Y Global pailit ?
      Ente buka2 sejarah deh diatas th 2000an . Bahkan Y global pun punya hutang ke H indo ! Ingat ya… H indo ?

      Berubah jadi pabrik biji limbah plastik baru di era modern ini gua koar2kan , bukan dari dulu..karena gua juga bukan anak zaman old .
      Pastinya…bau ente akan berubah jd bau ” Biji Plastik ” ?

    • ekekekek

      mana buktinya cung….??? gak usah nunggu 2000
      sejarahnya H itu Rongsokan udah bangkrut
      yg ada H global udah Koit duluan….
      H indo aja tuh sampai ganti nama rebrandinggg…
      saking Hutanggnya H Indo gak kiraa raaa menjadi beban H Global…

      wkwkwkwkw

  23. Setelah bertahun tahun neliti mesin nmax akhirnya bisa juga niru nya. Enak gak perlu riset sana sini cukup modif dikit naikin cc ???

  24. Yg menang tetep konsume…
    Saran buat matic ahm..tolong gredegnya dibenrin..sma jok batunya diempukin..shocknya jg cendrung keras..

  25. mau tau alasan kenapa mio bisa nyungsep lawan beat, coba riset pasar ke pengguna mio dan beat. pakai beat itu 5 tahun asyik2 cari duit, pakai mio itu 5 tahun asyik2 habisin duit repair sana sini.

  26. Segitu kerasnya Honda mengejar ketertinggalan
    Yamaha hanya pabrikan kecil
    Tapi berkali kali membuat jantung manajement Honda berdegap kencang…..mereka stress dengan strategi Yamaha yang seolah tidak ada habisnya berinovasi…..Honda harus bermandikan keringat untuk terus mengejar apa yang dilakukan yamaha

    • nah

      REAL SULTAN Y itu Ibarat Pohon kecil yg memiliki akar besar didalamnya …

      Y tak perlu gembar gembor namun didalamnya punya jiwa yang kuat…

  27. Buah simalakama bwt nmax kang. Kl nmax naikin cc lg justru itu akan menguntungkan pcx. Misalnya nmax jd 180cc maka kemungkinan pcx menjadi 2 segmen seperti vario sangat besar. Pcx akan punya pcx 150 dan pcx 180 maka nmax akan babak belur. Nmax gak boleh terpancing permainan naik cc ini. Justru hrs dipikirkan gmana caranya gak naikin cc tp tetap superior.

  28. Tidak perlu camas, Nmax dan PCX sudah mempunyai penggemarnya masing masing…
    Saya pribadi masih setia dengan PCX CBU dan Nmax 150.

    PCX CBU kesan mewahnya dapet banget ( FBH aja belum tentu berani ambil PCX CBU).
    NMAX libih nyaman buat dipakai jalan bareng keluarga.

  29. ekekekeke

    REAL SuLTAN Y tinggal membalikkan telapak tanggan …
    Tinggal Pilih :
    1. Nabok nyilih Tangan
    2. terjun langsung Ikut meramaikan

    wes gitu Sazaaaaa……

  30. Ntar metik 150cc 4 katup honda keluar, setidaknya pemilik nmax dan aerox sudah ga perlu ngeluh boros lagi karena honda udah nyusul. Silakan ngeluh bersama?
    Dan pemilik lama vario 125 150 series, pcx bersyukur unit mereka lebih irit bensin.

  31. Memanya knp ya klo SPACY IKUTAN 4KATUP.?? HAHAHA…. MAU JUNGKIR BALIK JUGA KAGA BAKALAN MENANG SAMA N MAX, katanya MA HONDA PABRIK BESAR!! TAPI BISA NYA NGEKOR!! KAYA UNTUL!!! INOFASINYA CUMA BISA IKUT2TAN. MOTOR MUKA KAYA BARONG BEGITU MANA BISA NGALAHIN NMAX. Buuah ahahahhaha… Mending bwt main BARONGSAY AJA TU PCX(SPACY DI GEDEIN)!!!! WUAKAKAKAKAKAK

  32. Insya Alloh Nmax bisa bertahan, krn orang indonesia ga begitu terpengaruh dgn kecanggihan mesin ?… Yg penting irit & kenceng (kalo bisa tambahannya: nyaman / breaker ga keras ?)… Kecanggihan ga terllau ngaruh buat orang kita…! Siapa pertama & istiqomah dg desain… Juara…!!! ?
    Yg paling berpengaruh DESAIN… Sporti (tp mecing depan belakang), gagah, ga nyeleneh..
    Kehancuran mio, krn mio j ga sporti…mesin injeksi (bagus) tp bodi kaya ikan betok/betrik ? coba kalo dulu, dpertahankan bodinya dg mesin injeksi… Mungkin lain ceritanya ???
    Termasuk vixion gen terakhir, desain nyeleneh… Dgn tangki “kondom” Plus shroud kayak kuping gajah afrika…. Dr depan sampe belakang, ga ketemu lg vixion aslinya. Bagusan yg advance, msh bisa ngalahin & mengimbangi penjualan
    CB150 doch…
    Begitupun TTX/x-ride & byson…
    Desainya ga keruan… Hancuuuurrr….

    • Berarti setuju, dikelas yg sama, desain honda lebih baik, krn lebih laris, tapi setuju juga kalau design nmax lebih baik dr pcx.

  33. Harusny dsini Y lebih bangga&lebih bs ngembangin ngembangin mesin genset&sulingny,,krn kelas ini aj yg H blm bs ngalahin penjualanny Y

  34. Wkwkwkw
    Baru di bikinin artikel 4klep aja dah kegirangan bgt.
    Motornya padahal blm ada, udah sesumbar.
    Inget Y udah pake 4klep udah skitar 5-6tahun yg lalu, dan fbh baru di kasih artikel 4klep ama junjungan’y dah girang bgt.
    Semangat bro BC’y, semoga berkah

  35. Honda CBR250RR yang kita sebut “The best in class” dan sukses membuat R25 layu.

    Sek sek sek,
    Tanya serius cak,
    Bukanya cbr250rr ya cakk yg layu sebelum berkembang, krena adanya xmax250
    Ampe di bikin versi yg murahnya juga

  36. Bentar lagi nasib nya sama kyk miong di suntik mati
    Scorpio suntik mati
    Pigson suntik mati
    R25 suntik mati
    Mt 25 suntik mati
    Mt 15 suntik mati
    Nanti nyusul xexer retro
    Dan werwer trail suntik mati
    Hahahaha
    Kasihan yamalu nasib mu
    Lebih kasihn fby n sales yamalu yang bela junjungane yngy bosok bosok

  37. Di kita sedikit lucu :
    Motor apa aja sebut honda
    Pompa air apa aja sebut sanyo
    Detergent apa aja sebut rinso
    Air mineral apa aja sebut aqua
    Mie instan apa aja sebut indomie

    Beda bgt sm org barat gk bakal mempan org sono dibodohi sales , di indo ada yg bilang HONDA MAKIN PANAS MAKIN KENCANG
    Pertanyaan sy knp ATPM nya masang radiator ya
    Jd selamatkan diri kita dr mulut sales kawan

    Adanya persaingan antar pershn jelas konsumen yg ahirnya diuntungkan

  38. Honda
    Motor banyak
    Mobil dimana mana
    Mobil F1 ada
    Robot punya
    Pesawat jet Honda siap
    Lahhh yamalu punya mongtor bosok di bangga banggain hadeuhhhh

  39. Gimana nasib Yamaha NMax 155 jika new PCX155 4 Katup lahir??

    Nasib produk ditentukan oleh produk itu sendiri. Kalau PCX tidak berinovasi terhadap pengembangan produknya setelah All New NMax hadir, tentu akan semakin nelangsa. Lalu bagaimana dengan Yamaha NMax setelah kehadiran PCX 157? Yamaha tentu akan berinovasi dengan produk berikutnya. Begitu seterusnya, dan berlaku juga terhadap produk dari merk motor lain jika masih ingin mempertahankan posisinya.

    #salamdamai

  40. Kalo saya, punya dua2nya. Nmax dipakai saya dan pcx dipakai bini. Ada min dan plusnya lah. Cobalah punya beberapa merek kendaraan kalo ada rezeki lebih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here