iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk……akhirnya mesin 4 Katup skutik Honda sudah mulai melipir ke Asia Tenggara. Yup….Honda Vietnam secara resmi meluncurkan generasi terbaru, generasi paling freshhhhhh yakni SH Mode versi 2020. Dan yang mengejutkan SH Mode versi Vietnam ini akhirnya dijejali engine 4 katup bukan lagi 2 katup seperti old gen. Apakah dengan konfirmasi ini kedatangan mesin 4 katup skutik selangkah lagi masuk Indonesia ??

Kabar mengejutkan datang dari Vietnam yang baru saja melakukan gebrakan dengan meluncurkan generasi terbaru skutik premium Honda SH Mode 2020. Beda dengan generasi sebelumnya, yang paling menarik adalah perombakan dapur pacu yang sudah menggunakan mesin 125 cc 4 klep. Mesin sama dengan yang digunakan oleh SH125 Eropa yang juga telah meninggalkan konfigurasi 2 katup. Kalau sampeyan perhatikan secara seksama mungkin tidak banyak perombakan dilakukan oleh Honda pada generasi SH Mode 2020…

Secara fisik atau desain motor ini masih kental dengan Honda SH mode generasi lawas yang cenderung membulat. Perbedaannya hanya pada bagian velg atau castwheel yang memiliki palang berbeda. Kemudian sentuhan pada bagian samping termasuk cover knalpot dan juga perombakan minor di area depan. Istimewanya lagi cak, selain mengusung dapur pacu berbeda yakni 4 katup ternyata pada generasi ini pun Honda telah membuang sasis model tubular dan menggantinya dengan eSAF. Nahhh bener kan tebakan IWB…. semua bakal eSAF pada waktunya. Apalagi engineering Honda Vietnam wis training ke AHM…klop wis…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Btw…dengan keputusan Honda melengserkan mesin 2 katup kini generasi terbaru SH mode 2020 makin powerful. Dari klaim yang dirilis oleh Honda Vietnam SH Mode 2020 mampu memuntahkan tenaga hingga 11PS pada 8500 RPM dan torsi 11,7 nm pada 5000 RPM. Ini jelas kemajuan yang cukup besar dan kita pun berpikir Apakah dengan datangnya Honda SH mode versi 2020 yang sudah menggunakan mesin Baru 4 katup menjadi pertanda mesin 4 katup skutik tinggal selangkah lagi masuk Indonesia?

Sangat logis jika kita berpikir demikian sebab sebagai negara yang memiliki region sama yakni Asia Tenggara sepertinya kebijakan Honda akan berjalan seirama. Apalagi seringkali engineering Vietnam datang ke Indonesia dan juga sebaliknya seperti artikel IWB sebelumnya. Tapi tentu semua butuh waktu mengingat AHM terlihat slow perkara engine 4 katup. Sepertinya mereka melihat bahwa urgency untuk menggunakan 4 katup belumlah mendesak. Maklum motor skutik mereka laris manis. Mungkin dari pandangan dan analisa pribadi justru Fokus utama AHM bakal membidik kelas maxi skuter terlebih dahulu yakni PCX. Mungkin lho ya. Kenapa ?

Sebab sejauh ini sampeyan tahu sendiri satu poin yang FBY sangat banggakan pada skutik Yamaha adalah power dan power. Bahasa 4 katup selalu didengungkan untuk NMax ataupun Aerox. Dan memang faktanya itulah kekuatan dan nilai jual tertinggi Aerox ataupun NMax. Mungkin dimasa depan Honda ingin menunjukkan ketika mereka niat meracik engine dengan spek sama. Yah sama dengan kasus kemunculan CBR250RR cak. Masa ketika adu drag NMAX vs PCX….dan pemenangnya adalah PCX. Waaahh bakal panas pasti cak…emboh ora iso bayangne ramainya kayak apa kekekekek. Kapan ? wisss ah ojo nafsu-nafsu sik…alon-alon biar seru…

Last….. Honda SH Mode 2020 dijual di Thailand dengan harga Kisaran 58,9 juta VND. Atau jika kita konversi ke rupiah jatuhnya adalah 37 jutaan. Seperti apa sosok dari generasi terbaru SH mode yang sudah dibekali dengan mesin 4 katup? Berikut beberapa foto dan spesifikasi resminya. Mesin 4 katup Honda di Indonesia ? sik suwe cak…slow ojo nafsu-nafsu hehehe….(iwb)

Spesifikasi Honda SH Mode 2020

Nama produkHonda SH Mode 125 2020
Jenis mesin4 tak, 4 katup, Liquid Cooled
Kapasitas silinder (cm3)124.8
Bore x Stroke (mm)53,5 x 55,5
Rasio kompresi11.5: 1
Power maksimum8,2 kW / 8500 rpm
Torsi maksimum11,7 Nm / 5000 rpm
Kapasitas viskositas mesin (L)0,9 / 0,8
Tipe transmisiV-Blet
Berat (kg)116
Panjang x lebar x tinggi (mm)1.950 x 669 x 1.100
Jarak sumbu roda (mm)1,304
Tinggi tempat duduk (mm)765
Ground clearance (mm)130
Kapasitas tangki bahan bakar (L)5,6
Ukuran ban depan / belakang:Depan: 80 / 90-16M / C 43P Belakang
: 100 / 90-14M / C 57P
Suspensi depan
Teleskopik, peredam hidrolik
Suspensi belakangGarpu tunggal
StarterElectric

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!