iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Bathukkke mumeettt cakkk….lhaaa piyeeeee, terus memantau pergerakan pabrikan dari segala penjuru termasuk pabrikan garputala, IWB dibuat cukup bingung dengan gerakan Yamaha terhadap New R25. Kenapa ? jika sebelumnya sama-samar terindikasi mereka juga meracik konsep 4 silinder…dilalah dari terawangan terbaru IWB…..jebule IWB menemukan Yamaha tetap jalan dengan progress All new R25 menggunakan mesin 2 silinder dengan kode b1*. Terus piye dengan 4 silinder ?

Menjadi dukun perbusian kuwi ora gampang pakde. Kenapa? Karena semua serba samar dan tidak transparan. Kadang-kadang transparansinya mencapai 10% namun tidak jarang pula kita berhasil mengungkap hingga 60%. Seperti mesin 4 silinder 250cc Yamaha yang disinyalir sudah dipikirkan secara konsep oleh pabrikan garputala. Transparasi terawangan ini cukup lemah karena IWB belum menemukan kode kongkret yang bisa di jadikan acuan.  IWB sebut akurasi masih direntang 10%. Kecuali wis ada kode project…baru IWB berani tingkatkan persentasenya. Nahh…sementara beda dengan terawangan all new Yamaha All New R25 V3….

Senada dengan artikel sebelumnya IWB tidak menemukan adanya indikasi CP3. Sekali lagi… IWB tidak menemukan adanya indikasi konfigurasi mesin R25 di masa depan menggunakan crossplane 3 silinder. Namun keyakinan terbesar dengan porsi akurasi mencapai di atas 80% adalah….Yamaha New R25 masih tetap akan mempertahankan mesin 2 silinder. Di sisi lain versi 4 silinder ini merupakan versi konsep yang kemungkinan besar sedang dipikirkan oleh pabrikan garputala namun tidak tahu apakah label yang diusung nanti tetap R25? dan IWB nggak yakin RND dilakukan di tanah air makanya rada sulit cak…

iklan iwb
iklan iwb

Mungkinkah 4 silinder 250cc bakal tetap menggunakan nama R25 tapi label dibelakang berbeda ? Label M mungkin sebagai penegas klan ? Entahlah cak, IWB sarankan perkara 4 silinder mending kita simpan saja dulu karena memang indikasinya masih jauh. So….kita fokus pada generasi ke-3 Yamaha R25 yang tetap menggunakan mesin 2 silinder. Sekali lagi IWB pertegas, New R25 V3 tetap menggunakan mesin 2 silinder……progresnya pelan dan pasti. Didukung dengan beberapa penemuan yakni kode Project yang disinyalir sudah berjalan. Jika tidak salah mengkoding….kode project All new R25 V3 menggunakan label B1* dan B2* (untuk kode belakang sengaja IWB sensor). Pertanyaannya kenapa ada B1 dan B2?

Dari prediksi pribadi kode ini untuk membedakan antara R25 dan R3. Yup…. seperti yang sampeyan tahu Yamaha Indonesia juga meracik dan memasarkan secara global varian R3. So…B1 adalah R25 dan B2 adalah R3…mungkin ngono, mungkin lho ya. Btw…. kode ini hanya awal karena sepertinya projectnya juga masih cukup lama. Masih memasuki Tahap trial komponen awal. Untuk trial pertama ini biasanya jumlahnya hanya segelintir. Pabrikan biasanya akan melihat Apakah komponen sudah sesuai dengan yang diharapkan?

Pada perjalanannya biasanya akan ada beberapa revisi-revisi sebelum menuju ke tahap yang lebih tinggi. Jika pada fase ini komponen sudah memenuhi syarat maka biasanya akan meningkat dengan sebutan N100 atau produksi komponen 100 pcs. Jika oke barulah melangkah pada level N1000. Jika sudah mencapai Fase ini barulah masuk Mass Production. Itulah kenapa proses pembuatan motor memakan waktu cukup lama. Dan dari pengamatan serta Trawangan pribadi diduga project ini masih masuk di tahap awal atau di bawah N100. Btw tiap peningkatan level status bisa memakan waktu 3-4 bulan tergantung kondisi….

Last…. dengan kondisi tersebut IWB percaya Yamaha New R25 V3 yang kemungkinan besar mengusung kode projext B1* ini tidak akan lahir tahun ini. Logis jika kita sebut paling cepat tahun depan. Untuk perombakan fisik sudah pernah IWB jabarkan kesampeyan…. Monggo buka saja lagi artikel lawas. Dan sekali lagi untuk generasi ketiga ini bisa dipastikan bahwa New R25 akan tetap setia mengusung konfigurasi 2 silinder Inline. Sekali lagi tetap 2 silinder. Gimana dengan 4 silinder? disinyalir merupakan “shadow” project yang berjalan secara hati-hati dan terbuka tidak dikembangkan di Indonesia namun Iwata Jepang. Btw semua hanya prediksi dan terawangan yang terbuka meleset. Tapi nggak ada salahnya sampeyan tampung dan buktikan sama-sama dimasa depan…..makin seruuu kieeeee (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

63 COMMENTS

      • Awal nya lucu,, baca komen Pemuja merek…

        Terakir kok jadi ,, aneh… Kayak org sakit mental…..Apa Krn Kurang makan Enak atau stres terhimpit ekonomi.. hemm
        Saya bantu Doa aja lah , Mudah” an , Kembali sembuh, jadi manusia Normal.

      • Baru aja diFaceligt kemaren , walau gak ada komsen yang beli, eh udah direvisi lg dg versi 3.
        Kira2 fairimgnya ada peningkatan penambahan dari 8 h gak cak ?

      • Yg penting material diperhatikan saja.
        Jangan seperti yg sudah2 bikin produk asal jadi asal murah tapi bener2 pakai part2 murahan dgn kualitas rendah.

    • Barang bekas rasa new ntar itu ?
      90 persen yang ada d motornya nanti adalah yang sudah Kadaluarsa , yang dibungkus dengan plastik baru ?

    • Ymh jika bikin 250 cc baik itu 4 cyl ataupun 2 cyl…atau berapapun cylnya , pada akhirnya akan jadi
      C epek 3
      C epek 3…. Obral….obrallll ?

    • mudah2an bisa kompetitif, berharap powernya minimal 41 ps seperti cbr250rr karena muncul terakhir di kelas 250 2 silinder. penggantian atau penggunaan part branded seperti USD showa dan teknologi minimal setara dengan kompetitor. btw. jual lebih murah minimal 5 juta dari kompetitor untuk membangun image lagi.

    • FBY aja udah males lihat motor ini..

      Sefanatik2nya si ALAN klo disuruh beli pakai duit sendiri ane yakin tetep akan milih produk kompetitor dibanding R25.

      Berani taruhan saya

  1. Jgn pakai CP, suaranya kurang bulat. Kadang terdengar spt mesin jahit, kadang spt duc monster 2 silinder

    • Sejarahnya dulu , Cp itu sudah dimiliki Hnd terlebih dahulu di mesin sportnya , seiring perkembangan zaman n tekh , H mulai meninggalkan dan bergeser ke yang lebih maju
      .. kemudian , dalam peningkatan ilmu pengetahuan Y yang masih ditelapak kaki H… Maka Cp itu pun diterapkannnya , hasil estafet dari Sultan H ?

      • 35.5 ps di brosur, dyno cuma 26-27 ps. Lawan yg cocok buat cbr 250 r jomblo dan ninja 250 SL…mereka biasanya mengandalkan CC lebih besar, tapi untuk kelas 250 tdk bisa

  2. mending buat 1 silinder saja, yg 50hp lebih. itu lebih ‘menjual’ daripada multi silinder dgn power yg sama.

    • Dear Kanjeng pengguna sendal swallow yg budiman…
      mesin yg anda idamkan tsb sampai saat ini baru memasuki tahapan menghitung panjang baut yg dibutuhkan sob,

      [ SEKIAN SEKILAS HOT BREAKING GEGER NEWS INFO ]

  3. Jangan ngaku dukun kalo blm mampu menerawang letak keberadaan sendal swallowku yg hanyut sebelah pak,

  4. Nanti keluar R25 all new 2 versi… Standar 43 HP versi Limited ediition 45 HP terus FBH mau BC apa lagi? Nanti mesinnya all new khusus R3 kemungkinan naik cc jadi 399 cc /400 cc… Coba colek BRONPIT.. wkwkkwk

    • Apa apa. Hehe bntr y lagi rapat sm yamaha indo.

      Ntar dikasih bocoran dibulan oktober.

      Cuman mau ngasih uneg2 aja biar berani all out. Soal tampang udah lik iwb bocorin keakuratannya 87%. Saya g berani kasih pasang 98% hehehe pokokny kalau dah diatas 80% udah pasti itu tampangnya. O ya soal rangka seperti kompetitor. Bukan deltabox.

  5. Kode jnengan Matic kencang niku lek..
    Btw pabrikan yg pngen bertahan dgn 2 silinder baiknya mulai memikirkan motor 2 cyl dgn practicality yg baik. Macam ngubah area tanki jadi bagasi dan under seat jadi fueltank.

    • Ide bagus,mesin jg pke cp2 atau bigbang.,v twin bolehlah… Btw pajak PNBM katanya akan turun. Moge lokal harusnya mulai dipikirkan oleh semua pabrikan.

  6. Paling cepat semester 1 2021 kang.pokoknya tahun depan new X-Max 250 dan R25 brojol.
    Tahun ini yang brojol new aerox,new Mio dan MX king.3 produk itu di keluarin sampai akhir tahun 2020

  7. Benelli udah bikin 250cc 2 silinder dengan suara rasa 4 silinder….tapi tetep ga ngangkat pamor…

    Kali aja kalo ada pabrikan jepang yang mau bikin mesin 2 silinder kayak Benelli bakal lebih laku…harga 60 jutaan suara merdu ga pake deng-deng-deng

  8. yimm ga coba masukin qbix sama smax (ganti lampu & reflektornya biar bisa led)

    berat klo msh bikin 250cc 2 silinder. image pride redup sama zx25r

  9. R25 V3, kayaknya mau buat power diatas CBR250RR, tapi masi 2 silinder??? sia2….
    CBR250RR kalau masi 2 silinder nanti lama2 juga mati sendiri.
    sekarang yang lagi naik daun 250 4 silinder…. mending Y sama H bikin mesin 4 silinder juga….

    • Tergantung segmentasi harga jg.. Ga semua org sanggup beli mtr hrg sktr 100 juta dan di atas 100jt (versi yg lgkp).

      Trus ntar pst ada yg balas komen, “Tapi kan klo org beli mtr macem gini pst udh ga mikir mending2 bro? Soalnya pst udh pny mtr lain bwt sehari2”.

      Yaelah bnyk yg naek mtr hrg 60-75jt aja msh nyicil vrooohh.. Trus klo org yg konsepnya udh ga mendang mending alias duitmya udh ga mikir mah bs aja beli mtr 4 silinder yg minimal 600 silinder.

      Intinya tergantung segmentasi pasar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here