iklan iwb

Iwanbanaran.com – Bathukkke mumeettt cakkk….lhaaa piyeeeee, terus memantau pergerakan pabrikan dari segala penjuru termasuk pabrikan garputala, IWB dibuat cukup bingung dengan gerakan Yamaha terhadap New R25. Kenapa ? jika sebelumnya sama-samar terindikasi mereka juga meracik konsep 4 silinder…dilalah dari terawangan terbaru IWB…..jebule IWB menemukan Yamaha tetap jalan dengan progress All new R25 menggunakan mesin 2 silinder dengan kode b1*. Terus piye dengan 4 silinder ?

Menjadi dukun perbusian kuwi ora gampang pakde. Kenapa? Karena semua serba samar dan tidak transparan. Kadang-kadang transparansinya mencapai 10% namun tidak jarang pula kita berhasil mengungkap hingga 60%. Seperti mesin 4 silinder 250cc Yamaha yang disinyalir sudah dipikirkan secara konsep oleh pabrikan garputala. Transparasi terawangan ini cukup lemah karena IWB belum menemukan kode kongkret yang bisa di jadikan acuan.? IWB sebut akurasi masih direntang 10%. Kecuali wis ada kode project…baru IWB berani tingkatkan persentasenya. Nahh…sementara beda dengan terawangan all new Yamaha All New R25 V3….

Senada dengan artikel sebelumnya IWB tidak menemukan adanya indikasi CP3. Sekali lagi… IWB tidak menemukan adanya indikasi konfigurasi mesin R25 di masa depan menggunakan crossplane 3 silinder. Namun keyakinan terbesar dengan porsi akurasi mencapai di atas 80% adalah….Yamaha New R25 masih tetap akan mempertahankan mesin 2 silinder. Di sisi lain versi 4 silinder ini merupakan versi konsep yang kemungkinan besar sedang dipikirkan oleh pabrikan garputala namun tidak tahu apakah label yang diusung nanti tetap R25? dan IWB nggak yakin RND dilakukan di tanah air makanya rada sulit cak…

iklan iwb

Mungkinkah 4 silinder 250cc bakal tetap menggunakan nama R25 tapi label dibelakang berbeda ? Label M mungkin sebagai penegas klan ? Entahlah cak, IWB sarankan perkara 4 silinder mending kita simpan saja dulu karena memang indikasinya masih jauh. So….kita fokus pada generasi ke-3 Yamaha R25 yang tetap menggunakan mesin 2 silinder. Sekali lagi IWB pertegas, New R25 V3 tetap menggunakan mesin 2 silinder……progresnya pelan dan pasti. Didukung dengan beberapa penemuan yakni kode Project yang disinyalir sudah berjalan. Jika tidak salah mengkoding….kode project All new R25 V3 menggunakan label B1* dan B2* (untuk kode belakang sengaja IWB sensor). Pertanyaannya kenapa ada B1 dan B2?

Dari prediksi pribadi kode ini untuk membedakan antara R25 dan R3. Yup…. seperti yang sampeyan tahu Yamaha Indonesia juga meracik dan memasarkan secara global varian R3. So…B1 adalah R25 dan B2 adalah R3…mungkin ngono, mungkin lho ya. Btw…. kode ini hanya awal karena sepertinya projectnya juga masih cukup lama. Masih memasuki Tahap trial komponen awal. Untuk trial pertama ini biasanya jumlahnya hanya segelintir. Pabrikan biasanya akan melihat Apakah komponen sudah sesuai dengan yang diharapkan?

Pada perjalanannya biasanya akan ada beberapa revisi-revisi sebelum menuju ke tahap yang lebih tinggi. Jika pada fase ini komponen sudah memenuhi syarat maka biasanya akan meningkat dengan sebutan N100 atau produksi komponen 100 pcs. Jika oke barulah melangkah pada level N1000. Jika sudah mencapai Fase ini barulah masuk Mass Production. Itulah kenapa proses pembuatan motor memakan waktu cukup lama. Dan dari pengamatan serta Trawangan pribadi diduga project ini masih masuk di tahap awal atau di bawah N100. Btw tiap peningkatan level status bisa memakan waktu 3-4 bulan tergantung kondisi….

Last…. dengan kondisi tersebut IWB percaya Yamaha New R25 V3 yang kemungkinan besar mengusung kode projext B1* ini tidak akan lahir tahun ini. Logis jika kita sebut paling cepat tahun depan. Untuk perombakan fisik sudah pernah IWB jabarkan kesampeyan…. Monggo buka saja lagi artikel lawas. Dan sekali lagi untuk generasi ketiga ini bisa dipastikan bahwa New R25 akan tetap setia mengusung konfigurasi 2 silinder Inline. Sekali lagi tetap 2 silinder. Gimana dengan 4 silinder? disinyalir merupakan “shadow” project yang berjalan secara hati-hati dan terbuka tidak dikembangkan di Indonesia namun Iwata Jepang. Btw semua hanya prediksi dan terawangan yang terbuka meleset. Tapi nggak ada salahnya sampeyan tampung dan buktikan sama-sama dimasa depan…..makin seruuu kieeeee (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!