iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Asli cak….pertama kali melihat motor ini IWB sampai mengerutkan dahi, iki janeeee motor opooooo too? desainnya lumayan unik yakni bebek namun ala CRF trail Honda. Bukan CT series ataupun beberapa produk Honda yang kita kenal, tapi bentuknya rada keluar dari pakem sebab nyaris seluruh body bisa kita bilang sebagai bebek tulen. Pertanyaannya….iki motor Honda opo ???

Sekilas sampeyan akan melihat desain super unik. Kalau diperhatikan secara seksama desainnya betul-betul bebek tulen. Intip saja area engine yang menganut model satu silinder tidur atau horizontal. Begitu juga dengan frame atau sasis yang kental dengan nuansa bebek di mana tulang atas menggendong engine di bawahnya. Bahkan desain footstep pun mengingatkan kita pada sosok bebek Supra. Termasuk ban ataupun velg hingga bentuk jok dan dan stop lamp belakang…

Mungkin yang membedakan dan cukup signifikan dibandingkan dengan bebek yang bertebaran di tanah air adalah suspensi teleskopik yang diusung. Model suspensinya sudah seperti sport tulen yang utuh memanjang dari bawah ke atas. Posisi crown handle juga diatas mengakomodasi kondisi jalan yang mungkin sulit dilalui untuk ukuran Bebek Biasa. Sementara untuk perangkat rem belakang bebek yang disebut sebagai Honda XRM 125 ini mengandalkan kaliper 1 piston depan dan tromol di belakang. Dan 1 poin yang tidak kalah unik adalah bentuk stang yang diberikan penguat adapter Tengah termasuk hadirnya knuckle guard. Pertanyaannya bebek apa ini ? apakah semua hanyalah hasil olah digital?



Nah ini adalah pertanyaan yang menarik sebab saat IWB coba cari asal muasal bebek ini… bisa kita simpulkan bahwa motor tersebut ternyata memang dipasarkan oleh Honda. Jadi bukan hasil editan cak. Bebek yang disebut sebagai Honda XRM 125 dual sport Fi ini diracik untuk beberapa market Global termasuk Filipina. Dan sekarang motor ini pun dipasarkan di Filipina sebagai salah satu line up yang menjadi andalan Honda. Laris cak katanya…. informasinya motor semi trail ini termasuk salah satu produk favorit…

Untuk spesifikasi memang tidak ada yang istimewa khususnya dari sisi dapur pacu. Honda XRM 125 mengusung mesin SOHC Air cooled 125cc yang mampu memuntahkan tenaga pada kisaran 9,4 PS di 7500 RPM dengan torsi 10,4 nm. Tangki bahan bakar mencapai 3,8 liter dan sudah PGM FI. Robot motor juga sangat ringan yakni hanya 94 kg. Jelas sebuah bebek yang pastinya cukup menyenangkan untuk dikendarai walaupun secara model….ehemm nyuwun sewu IMHO kurang cocok untuk tanah air….

Last…Honda XRM 125 Dual sport juga memiliki Fender panjang untuk menutupi cipratan Lumpur ke area mesin. Honda Filipina menjual bebek trail ini pada kisaran P66,900 atau jika kita konversi ke rupiah maka jatuhnya adalah 19,6 jutaan. Nahhh… seperti apa sosok dari Honda XRM 125 alias bebek trail ala CRF? intip beberapa fotonya dibawah ini dan Monggo berikan opininya di kolom komentar…..eh demen nggak kalau dibawa ketanah air cak ? (iwb)

 

Advertisements