iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….iki jian kabar apik tenan. IWB menyambut baik kebijakan dan aturan baru yang IWB anggap menguntungkan kita sebagai pemilik SIM. Kenapa ? karena aturan baru berubah dan konon sudah diberlakukan. Emang opo kuwi koq bungah tenan ? betul cak….berikut aturan anyar tentang masa berlaku SIM….

Seperti yang kita tahu, SIM memiliki masa berlaku sesuai tanggal kelahiran. Hal ini tertuang dari peraturan Kapolri No 9 Tahun 2012. Disebutkan kalau SIM berlaku lima tahun, dapat diperpanjang, dan masa berlakunya sesuai dengan tanggal dan bulan kelahiran si empunya SIM. Nahhh catet cak, sesuai dengan kelahiran sampeyan…

Dan itulah yang terjadi pada SIM IWB pula. Tapi sejak akhir tahun lalu ada kebijakan dan peraturan yang pro kekita yakni revisi masa berlaku SIM tidak lagi mengikuti tanggal lahir siempu sebab dipandang tidak fair. Kenapa ? kan kita seringkali memperpanjang SIM tidak selalu pas jatuh ditanggal lahir. Dan inilah yang sekarang berubah dimana masa berlaku SIM kini mengikuti tanggal dibuatnya SIM. Artinya kita benar-benar merasakan genap 5 tahun berlaku cak…

iklan iwb

Ya mas betul (tidak lagi berlaku hingga tanggal kelahiran). Orang yang ingin buat SIM itu tidak selamanya pas ulang tahun. Misalnya masyarakat sudah memenuhi persyaratan sudah 17 tahun dan ingin punya SIM C, terus dia ulang tahunnya tanggal 1 Januari, kan tidak harus mengurus pembuatan SIM pada 1 Januari….

Misalnya seperti itu dan nanti masa berlakunya akan kurang dari 5 tahun kalau masa berlakunya pas saat hari ulang tahunnya. Tetap akan dihitung buatnya kapan, nanti masyarakat yang bisa mengatur supaya bisa pas 5 tahun. Ini sudah berlaku kalau tidak salah saat SIM Smart yang baru berlaku, tahun 2019 kalau tidak salah..” seru Β Kasi SIM Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin via detik…

Nahhh…jadi mantap cak. Dengan konfirmasi diatas jelas kita diuntungkan karena masa berlaku SIM menjadi bulat 5 tahun dari sebelumnya mengikuti tanggal lahir. Informasinya aturan masa berlaku SIM anyar sudah diberlakukan sejak akhir tahun lalu. Kabar bagusnya aturan ini bersifat nasional cak….mantap wisss…(iwb)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

56 COMMENTS

  1. Sebenarnya sistim lama juga baik, tgl lahir itu mengingatkan kita akan masa perpanjangan sim tsb.
    Dan jika sebut2 angka 5 , langsung ingat jualan H itu berkitir diangka 5.5 jt Rpm πŸ˜‚

    • Itu jualan masih dibagi2 lagi sama pemegang saham hondo terbesar yaitu astro jardine chinoπŸ˜πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    • 5.5 juta tapi Bo.Oon

      Pabrik KoIT Tutup…uangnya lari kemana ???

      ini si Satification klonengannya kaumm Bani H
      Govloknya slalu diumbar…di blog ini..gempur terus
      malu maluin sazaaa

      haghagahag

    • ternyata Salah Satu Buzzer H …

      pandai ngarang berita memutar balikan fakta Fitnah BC Ngeles dan Ngibul..

      kalau jualan mlm doktrin dll

    • Kalo udah smart, bayar perpanjangan SIM
      harusnya cukup melalui ATM.. Terus polisi dimodalin alat NFC untuk ngecek masa berlaku SIM saat razia, jadi gak perlu ganti SIM setiap perpanjangan kecuali hilang

    • Ya gitu dah buzzer ngebeha…

      Kalo sesumbar sok Pakek data..
      Giliran kalah di data, alasan nya apalah sebuah data ckckckc…

      Pantas lapar terus… Hidupnya di bawah garis Normal.

  2. hanya awal pembuatan aja sih, ada yg kurang ada yg lebih dr 5 tahun.
    Contohnya jika tanggal lahir kita Bulan November
    kita bikin SIM bulan Februari 2020. Otomatis Jika Masih Mengikuti cara lama. Abisnya ya November 2025, Alias ada bonus lebih 9bln 🀣
    kalo aturan sekarang ya jadi abisnya ttp Februari 2025

    • Pakai nmax all new bisa setting notipikasyen masa update SIM n pajak motor cakkkk
      Koltok-koltok euiyyy

    • lah mau nya kyk gimana omm?
      gretongan ngarep aneh2
      bikin artikel sendiri lah kalo merasa punya bakat nulis

  3. emange setelah 5 tahun skill mengemudi menjadi menurun? aturan opo cakkkkk… sim yo seumur hidup

    • mengemudi itu kan butuh skill & kemampuan bro,.. bisa saja kemampuan mengemudi menurun karena cacat / penyakit. makanya SIM itu ada masa berlakunya, bukan seumur hidup.

      • iya bener..SIM itu keterampilan masalahnya,bukan seperti KTP..jd gak bs jg diberlakukan seumur hidup..coba jng 5 thn ya..8 tahun gitu heheheh

      • Masih ada orang ga punya sim meskipun skil diatas rata-rata
        Masih ada jg orang punya sim tapi skil goblok luar biasa
        Nah kk gua ga becus motor dia punya sim c

  4. pengalaman bikin sim A 7 tahun yg lalu. Bulan lahirku februari, aku nggawe sim bulan desember otomatis masa belaku SIM ku cuma 4tahun 2 bulan πŸ˜€

    • Tapi saat perpanjangan jadi rugi, itu yg difoto apa betul 5 tahun? Tgl lahir feb, perpanjang januari, rugi lah

  5. apanya yang mantab, klo kita sempetnya bikin pas sebelum tanggal expire brarti kita rugi hari.. dan klo diakumulasi ya silahkan dihitung aja selisih berapa hari

  6. Bikin sim C sama tes psikologi, tes kesehatan, gak nyampe 200 rb kok kalo ikuti prosedur.

    Dibagi 5 tahun ya 40 ribu setahun.

  7. Jelas-jelas buat masyarakat lebih menguntungkan sistim lama. Gak jelas apa alasan sebenarnya kepolisian merubah kebijakan.

  8. Aku malah rugi ki cak wkwkwk

    Bikin Maret 2016, berlaku sampe Juni 2021 karena lahir di bulan Juni. Kalo ngikutin yang baru sekarang malah mendek jadi Maret 2021

  9. wah akhirnya kebijakan baru. tanggal lahir 1 januari dan dari dulu gabisa ngurus tanggal 1 karena libur. kalo diurus besoknya harus tes ulang. jadi mau gak mau ngurus desembernya dan masa berlakunya jadi cuma 4 tahun dari 1 januari 2016 sampai 1 januari 2020. bertahun tahun masa hidup sim saya dipotong 1 tahun

  10. wah..gk knek diakali cak..
    aku kelahiran desember cak..pas gae pertama kali iso meh gnep 6 tahun..mergo gaene bulan januari

  11. Malah ribet. Harus bikin reminder dll. Kalo lupa perpanjang, urus ulang dari awal dengan tes yg ala tes untuk sirkus

  12. POKOK E TETAP TANGGAL LAHIR YANG TERBAIK : gampang di inget, apa mungkin dibuat gitu biar pada lupa trus buat baru lagi ya lur

  13. Masa berlaku sim saya yg seharusnya habis tgl 19 februari 2020, tapi saya mumpung ada waktu ngurusi SIM bulan Januari. Akhirnya masa berlaku sim saya habis di bulan Januari 2025, 5tahun mendatang. artinya saya sudah rugi 1 bulan. Nah, 5 tahun lagi saya bisanya ada waktu ngurusi SIM bulan Desember 2029, akhirnya masa berlaku habis di bulan Desember 2034. Nah kan rugi lagi 1 bulan…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here