iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…..tidak bisa diingkari, Honda NSR250 adalah motor yang eksotis dan legendaris. Sepak terjangnya diera 2Tak cukup menyeramkan karena motor ini sulit dikalahkan diajang balap. Yup…NSR family, sebuah karya Honda pada mesin 2Tak yang sangat disegani. Walaupun pada sejarahnya Honda adalah pabrikan yang getol memasarkan mesin 4Tak, namun sekalinya meracik mesin 2Tak…semua bubar cak. Dan itulah kenapa IWB cukup tertarik untuk mendapatkan informasi…sebenarnya berapa sih Honda menjual sang legendaris NSR250 dimasanya. Hingga IWB menemukan artikel lengkap Jepang untuk NSR250 lansiran 1989. Disanalah IWB pengen loncat…..asliiii pengen harakiri pakdeeee. Emange kenapa ?

Honda NSR250 adalah sebuah legenda motor 2 tak yang sangat ditakuti dieranya. Motor yang pertama kali dikenalkan pada tahun 1987 lewat nama kode MC16. Kemudian dilanjutkan dengan MC18 sekitar tahun 1988. Dan terakhir dirilis pada tahun 1996 dengan kode MC28. Berikut beberapa generasi Honda NSR 250 dari masa ke masa yang bisa share kesampeyan sebagai bahan pengetahuan….

MC16

1987 NSR250R MC16

iklan iwb

1987 Ignition System: CDI
1987 Swing-Arm: Straight with Rear Brake Lug

MC18

1988 NSR250R
1988 NSR250R MC18 R2j
1988 NSR250R SP R4j Rothmans MC18

1988 Ignition System: PGM-I
1988 Swing-Arm: Straight with Rear Brake Lug

1989 NSR250R MC18 R5k
1989 NSR250R SP MC18 R6k

1989 Ignition System: PGM-II
1989 Swing-Arm: Straight (Rear Brake Arm used, so no lug)

MC21

1990 NSR250R MC21
1990 NSR250R SP MC21
1991 NSR250R MC21
1991 NSR250SE MC21
1992 NSR250R MC21
1992 NSR250R SP MC21
1992 NSR250SP Rothmans MC21
1993 NSR250SE MC21

1991-93 Ignition System: PGM-III
1991-93 Swing Arm: “Gull Arm” Right side curved to accommodate exhaust pipes

MC28

1994 NSR250R MC28
1994 NSR250R SP Rothmans
1994 NSR250SE MC28
1995 NSR250R SP HRC
1996 NSR250R SP Repsol
1996 NSR250SE MC28

1994-96 Ignition System: PGM-IV
1994-96 Swing-Arm: “Pro-Arm” single sided.

Nah….pada masanya, NSR 250 memang tidak sebanyak yang kita pikirkan. Sebab dari era ke era penjualan motor ini sedunia hanya berkisaran ribuan. Kita ambil contoh saja NSR250R MC18 lansiran tahun 1989 yang hanya terjual 16.300 unit sedunia. Kita pun bertanya, bagaimana motor sekeren itu dimasanya hanya terjual 16 ribuan? ternyata setelah IWB intip secara seksama adalah harganya cak..

Dimasanya NSR250 bisa dibilang motor sultan. Nggak banyak orang bisa beli karena sang kuda besi yakni MC18 dijual Honda pada kisaran 599,000 Yen. Sik-sik, berapa kurs yen ke rupiah waktu itu? nahhh ini yang menarik karena nilai kurs saat itu 1 Yen = Rp. 13. Tahun 1989 harganya berarti 7,8 jutaan, sebuah angka yang bikin bergidik. Kenapa ? sebab ditahun itu dengan uang 500 rupiah sampeyan sudah bisa makan sepiring nasi dengan lauk yang mantap (dikampung IWB). Tidak hanya itu, banderol motor baru ditanah air untuk tipe bebek tidak sampai satu jutaan. Itupun belinya kayak mau nangis cak karena perasaan muahallllll. Orang tua harus jual padi selumbung tuh…

Sebagai perbandingan sampeyan lagi….tahun 1991 atau dua tahun setelah tahun 1989, dengan uang 29 jutaan sampeyan sudah bisa membawa pulang mobil Kijang Jantan 1991 short Super Gress dari dealer (terlampir brosurnya). Lhaaa iki….banderol NSR250 adalah 7,8 jutaan rupiah. Ini berarti dengan membeli 3 NSR250R sampeyan sudah mendapatkan mobil Kijang Jantan anyar. Nahhh wissss dapat gambarankan banderol NSR250R dieranya?

Last….jaman memang berubah. Dulu adalah dulu dan sekarang adalah sekarang. Dimasa itu seluruh dunia teknologi memang masih mahal. Seluruh material masih mahal nggak hanya Indonesia namun dunia. Ketika pengerjaan motor kebanyakan masih manual dikerjakan orang bukan robot. Ketika HP pun belum ada kala itu. So….bisa dipastikan, ketika sampeyan membeli NSR250R ditahun itu, sama saja dengan kita membeli diharga 90-100 jutaan. Sebuah angka yang kala itu tidak semua orang mampu membelinya sebab keterbatasan daya beli masyarakat dunia yang pendapatan perkapita cukup rendah dibandingkan sekarang…..(iwb)

 

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

36 COMMENTS

  1. Makanya simpan Logam Mulia jangan simpan uang di bank, inflasi nya dari tahun ke tahun jelas nyata. Terlihat sekali riba nya uang kertas ya meskipun di kehidupan kita saat ini / sehari” mau gak mau haru menggunakan uang kertas heeeee jadi nya kita terkena debu” Riba !

    • sayangnya simpan logam mulia bukan termasuk inpestasi mas broo,, hanya tidak kena inflasi doang.
      punya dana lebih baik ditaro dalam bentuk aset, bisa berupa lahan.

      anggap lah 1 gram emas dulunya 10rb, jika dijual sekarang 500rb, tp ketika mau beli emas lagi tetep kaga cukup dana hasil penjualan emas.

      tp kalau kalau lahan, dulu beli anggaplah 10jt,,, sekarang dijual bisa 50jt, dengan dana 50Jt kita bisa cari lahan yang lebih luas dari lahan sebelumnya.

    • Semoga tulang sampeyan kaga keseleo gara2 locat Lek πŸ˜‚ tapi sukurlah..jika diamati , sampeyan masih sehat walafiat , beda kejadiannya saat sampeyan solo jarak deket depok Sentul dengan XStraReject…kok bisa sampe segitunya tulang sampeyan Rontok Remuk hingga gk berdaya sampe 4 hari πŸ˜‚ kesehatan jangan buat coba2 Lek…
      Mesin Sultan dilihat dan dinilai dari sislsi manapun tetap juempol bintang 5 πŸ˜‚

      • Tak ada yang bisa aka klonengan Sifiliscation tempat dan waktu dipersilahkan bacotannya …πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      • Gak ngaruh cuy BC kalian…

        malah tambah lihat sering di jalanan…..tu lihat jadi bahan modif

    • Mc 28 terkencang tercanggih dizamannya…koncinya pakai kartu pakai pro arm yg skrng dicontek ducati…kalo sblh mentok 35ps saza

    • Belum pernah sekalipun liat dijalan, yang tiap hari lewat juga rx king, ninja, f1zr πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    • 250cc jadul nsr terkencang tetcanggih
      250cc zaman now cbr terkencang tercanggih
      Beda sama yg mentok 35ps coy

      • tercanggih terkencang ??? akakakak
        melehbdulu ada Kawasaki KR Yamaha TZM Suzuki juga ada…

        lue klonengan nickname mentok 35 ps yaaa…buahahaha…
        cuci muka dulu cbr 250 mentok 35 ps…hahaha

      • Kckckc BC GK ada data yaa gini kayak ngebeha …
        250 CC 2 tak terkencang ..
        Kawasaki KR-1 S. 65 Hp..
        NSR 250 mc28 dan Yamaha TZR 250 Masi di 60 HP..

        Terkencang ke 2 , Suzuki RGV 250 , 63 hp..

        Malu oi malu, ngaku ngaku terkencang

    • perasaan artikel ini diulang ulang tentang NaSiR ..
      hahaha lucu

      buat guyonan aja πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      • Bukan diulang ulang, tapi memang membahas Sultan itu kaga ada habisnye πŸ˜‚
        Moso yang d bahas yang gantung diri di Gudang bro? πŸ˜‚

      • Yah tahu sendiri NSR emang motor 2 tak paling sering muncul di blogsphere πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚, tp ya itu motornya kagak pernah ada dan gak pernah liat dijalan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    • Bentar lagi dijejeli berita kawak sampe 4cyl tsb launching…bisa muntahhh sampeyan πŸ˜‚

      • Ngaku ngaku SULTAN ???

        iya bahas gantung diri tu sesembahanmu udah mau KOIT

        Malu maluin cuy…

  2. nsr biasa biasa sazaaa kalau yg keren versi Double Swing Arm Banana…

    tp YaMaha TZM 250 lebih menggoda
    dan Kawasaki KR Top Speed Gilanik

  3. Cak..omongin apa 250cc 2tak jagoannya yamaha yg dipake Doni Tata..bosen NSR mulu…biar fby ga sakit jiwa..muehehe

  4. ngeri euy, sekarang hampir tiap 1 artikel ada artikel ninja ZX-25R yang muncul, males lama lama buat buka blognya

  5. Sbg perbandingan, 1989 modal nikah cuman 1jtaan n bensin seliter Rp. 150, bakso semangkuk Rp. 200 (lagunya Melissa “Abang Tukang Bakso”
    Motor 7,8 juta saat itu bisa dipake nikah 7kaliπŸ˜…πŸ˜…πŸ€£πŸ€£..

  6. tahun2 segitu, dengan Rp 1000 sudah dapat nasi komplit dengan ayam goreng plus es teh manis di daerah sekitar kampus di Sukolilo Sby.
    maklum anak kos. mau makan harus hitungan dulu jadinya keinget terus sampai sekarang.
    dan waktu itu harga Yamaha RZ-R 135cc baru gres kinyis2 dari dealer sekitar Rp. 4.1 juta.
    ( CMIIW )
    berarti harga motor 250cc hampir 2X lipat dari harga motor 135cc.

  7. Padahal org 2 tak pada tau..
    250 CC 2 tak merek Jepang terkencang , Ya Kawasaki KR-1..

    Kawasaki Twin parallel 65 Hp..
    Suzuki V Twin RGV 250 63 HP..
    Honda NSR dan Yamaha Tzr 250 .. sama ” V-Twin sama ” di 60 HP..

    Dijaman itu , org Indonesia lebih milih Aprillia 250 coy,, Krn rajanya di moto GP 250.. terus ada logo di sigitiga atas , EMBOSS Aprillia di blkngnya ada Tulisan Made in Italia,, Gengsinya dapat..terbukti Aprillia 250 paling lama di pasarkan di Indonesia..dari era body kotak sampai Buntut tawon..

    Pede x blng NSR 250 MC28 terkencang ckckck,, ngebeha ngibul kelewatan

  8. Lihat di mbah gugel, tahun 1989 satu dolar setara sekitar Rp 1.763. Kalo dibandingkan sekarang yg satu dollar sekitar Rp 15rb, yaa valuenya hampir sama sih kaya motor 250cc saat ini, 70jt an

  9. Pertanyaan orang awam pakai 2T kepada bengkel.
    A : Om, bisa dikencengin ga larinya?
    B : Bisa.
    A : Om, ko jadi boros BBM?
    B : Pengen kenceng resiko boros BBM.
    A : Bisa ga Om dibikin irit?
    B : Pengen Irit pake Supra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here