iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…..persaingan dikelas 250cc akan bakal semakin sengit. Setelah sebelumnya bisa kita pastikan Kawasaki akan merilis Ninja ZX25R pada tanggal 10 Juli 2020, aroma kompetisi antar pabrikan khususnya Honda vs Kawasaki kembali mencuat. Dan sekali lagi dalam artikel ini IWB kembali tegaskan….Siapa bilang Honda coret opsi CBR250RR 4 silinder !!! lhooo maksude??

Pada bulan November 2019, Rumor datang dari Blogger kondang Jepang kojintekibikematome yang mengaku mendapatkan isu semriwing dari lingkungan ajang motorshow 2019. Yes betul cak, Blogger Jepang yang juga sering mantau rumor dari Iwanbanaran tersebut kini mendapatkan beberapa rumor menarik perihal geliat Honda yang konon disebut sudah mulai meracik mesin 250cc 4 silinder. Ada beberapa poin yang menjadi pokok bahasan. Yang pertama dengan lahirnya Honda lewat new CBR1000RR-R….

Triple R dipercaya tidak akan berhenti pada mesin 1000cc namun kemungkinan besar bakal menjadi nama yang juga diturunkan pada mesin 250cc 4 silinder CBR250RR. Jika twin mengusung nama CBR250RR maka untuk CBR250RR 4 silinder terbuka menggunakan nama CBR250RR-R. Hhhmmm….menarik juga analisanya. Kemudian perkara progress mesin. Honda isunya mulai mengembangkan mesin 4 silinder 250cc. Mesin ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak 2009 yang saat itu dibekukan karena alasan harga…

iklan iwb

Kemudian isu perihal 4 silinder 250cc Honda juga kembali nongol di tahun 2017. Tahun yang juga pernah IWB bahas ketika presdir AHM Inuma san sempat menceritakan perjalanan development CBR250RR yang awalnya ada dua opsi yakni 4 atau 2 silinder dan akhirnya dipilih 2 silinder. “ Kami sebenarnya diawal pengembangan (K64A) memiliki 3 opsi mesin yakini 2 silinder inline atau V-Twin serta 4 silinder inline. Namun pada akhirnya mesin 2 silinder inline kami anggap paling pas karena lebih efisien dan cocok saat ini…” serunya ke IWB saat itu. Nahhh jadi memang mudah cak kalau Honda mau, lawong draw paten mesin 4 silinder 250cc sempat mereka racik. Yang cukup menarik dari quote kojinteki adalah pernyataan berikut ini….

うろ覚えですが、カワサキが出したのであれば、(業界のトップとして)ホンダもやらねばならないって感じの事を仰っていました。

※2169さんが聞いた話ですと既にエンジンが出来てるってお話ですが、個人的にはまだまだ先かなと感じました。それから東京モーターショーでお話してて、車両に関する具体的な話は聞けませんでしたし、開発中とか、ある程度出来てるとか、そういう話は全く出ませんでした。時期とかも。
そうなると、現状は企画があるぐらいの段階か、開発初期段階とかそんなもんかなーって思いました。

Jika diterjemahkan…

” Jika Kawasaki rilis produk, dia mengatakan (sebagai pemimpin industri) Honda pasti juga melakukannya. Menurut informasi **** yang aku dengar lagi, mesinnya sudah dibuat (250cc 4 silinder). Tapi aku rasa masih cukup jauh karena saat di TMS aku tidak mendapatkan informasi detil perihal itu (CBR250RR 4 silinder). Mungkin belum waktunya. Jadi aku pikir, situasi saat ini adalah tahap awal dari segala pengembangan..”

Nahh menarik tenan tooo. Kuwi rumor dari Jepang langsung pakde. Artinya kemungkinan Honda merilis new CBR250RR dengan spek 4 silinder tidak sepenuhnya tertutup. IWB setuju soal ini yakni Honda mantau pergerakan Kawasaki ZX25R. Dan jelas rumor ini hanya awal cak. Sebelum sampeyan berharap new CBR250RR-R akan benar-benar keluar. Sebuah proses yang tidak akan singkat alias butuh bertahun-tahun…

Stage awal disebut membutuhkan waktu setidaknya hingga 3 tahun. Mulai dari exhibition awal mesin prototype hingga benar-benar masuk massproduction. ” Jadi secara pribadi, aku pikir itu (4 silinder 250cc) akan menjadi model konsep dalam 3 tahun..” tutur sumber dari Jepang. Hhmm….klop wis. Karena IWB hingga detik ini juga belum mengendus kode project apapun perihal new CBR250RR 4 silinder. Justru yan nongol versi facelift CBR250RR twin yang kemungkinan bakal lahir sebentar lagi. So….mesin 4 silinder dicoret ? nggak juga. Tapi nggak dalam waktu dekat…kira-kira demikian..

Last…itulah yang IWB ingin tegaskan kesampeyan semua. IWB tidak pernah mengatakan bahwa Honda coret opsi CBR250RR 4 silinder. Jadi jangan salah persepsi. Namun sekali lagi tidak dalam waktu dekat, itu aja. Dan IWB selalu percaya project betul-betul berjalan ketika IWB sudah menemukan kode project. Jika belum IWB anggap masih jauh. Dilalah hingga sekarang aroma kode tersebut belum terendus…yang artinya, IWB anggap terlalu prematur kita ngubek-ngubek kehadirannya. So…masih ribut soal Honda CBR250RR 4 silinder sekarang?? saran IWB ketimbang lumutan, mending kita bidik aja New CBR250RR 2 silinder yang jelas-jelas lahir sebentar lagi (ehemmm, bocoran neh). Dari sini wis paham to cak hehehe….(iwb)

Advertisements

68 COMMENTS

      • Artinya tahun depan atau setelahnya .. karena 4 tahun dari 2 tahun yang sudah berjalan.
        Sangat Cerdik…pintar…sekalipun hari ini detix ini H bisa brojolin 4 cylnya .. namun takkan dilakukan, karena Sultan punya Prosedur klasik dan paten .
        H menunggu semak belukar dan hutan belantara itu dibuka oleh kawak atau mungkin pabrikan lain yang nimbrung…setelah itu , H pun menunggu , kapan Karpet Merah dibentangkan K Y atau lainnya…untuk sang Sultan menuju Panggung Istana Baru ?

      • Omong opo ? cebong 250 er er numpuk digudang gitu, padahal udah paling kenceng, didiskon, ada riding mode tapi tetep amvasssss KAGA LAKU ??????? panggung apaan ? gudang maksudnya ??????

      • Tzm 150 96-98 ..35 PS..
        NSR 150 96-98 .. 31 PS..

        NSR 150 baru menang , Pas TZM 150 ( Yamaha ) Uda GK niat maen 2 tak..

        NSR 150 SP THN 2002 baru brojol
        Salam akal Sehat..

      • Ya itu maksud tulisan gua diatas.
        Kasta2 bawah itu akan selalu jadi Tumbal dan percobaan bagi sang Sultan ?
        Moso Sultan harus turun tangan langsung ngobok2 air Got…ada kasta bawah yang memang bertugas melakukan itu. ?

      • Hahaha emang apa yg harus di lihat dr produk penjualan 250cc Yamama ?
        New facelift R25 ? Ngaco kamu lan lann..

        Menghibur diri sendiri tau nya

    • akan jadi Produk yg diproduksi di jepang langsung…. nyerah sama harga jualnya nanti

      zx25r memang pure jualan motor pake ini, klo cbr250 i4 kayaknya hanya akan jadi brand image biar tetap jaga prestige.

      tinggal pilih, mau pake i4 250 buat harian & literally “dipake” ya kawasaki.
      klo i4 250 buat hobby / boys toys ya cbr dr jepang nanti yg harganya akan wow

      (mas iwan, OOT itu cb400sf gak ada rencana ckd apa? atau Produk rakitan campur Japan Thai indo… biar murah dikit.? daripada 250i4 mending mesin jadul CB yg dibawa lokalan)

    • Sebetulnya ini peluang buat yamaha untuk melahirkan kembali mesin lawas 4 silinder Fazer 250 cc. Dengan tuning ulang, power setting di 52 PS real tanpa S&K berlaku. Part juga harus branded (kualitas), showa, enkei dll. Baru bisa kompetitif.

  1. Wkwkwk lumutan nunggu mending yg sudah ada 4 silinderlah. Paling 5 tahun lagi tuh,setelah yamaha. Kawasaki kyknya gak tinggal diam diikuti,saat keluar tuh motor zx25r bakal upgrade segalanya.

    • Ambil dululah kawak om ?
      Sultan H kaga bakalan pingsan atau mati suri jikapun harus hadirkan 4 cylnya 10 tahun lagi. ?

    • Cbr 4 cilinder berojol 5th+ itu adl keuntungan buat kita
      Berarti uang di deposito 5th+ semakin banyak jumlahnya
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

  2. Saya termasuk fanatik honda, cuma ga percaya aja kalau dlm waktu dekat ngeluarin 250-4 cyl…..honda itu produsen yang terlalu banyak ngitung……peace….

    • Diatas itu komen fanatik honda smua wkwk
      Emg honda itu terkenal lama soal riset
      Cb150r exmotion yg banyak peminat ga mau di launch kan aneh? Bilang liat peminat pasar lah apa lah kebanyakan basa basi

  3. Apakah sesuai dengan prediksi saya yang akan lahir 4cyl…???
    Kita tunggu aja, yang pasti saya ga sanggup beli…

  4. penguasa pasar bebas ngapain aja wkwkwkwkw. cbr 250 rrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr kgqk laku. ekspor diambil thailand. mesin cetak 2 silinder numpuk di gudang. nyebuttt butttt buttt, udahlah takdir honda hanya di beat vario aja. sadar woyyy

  5. klo mau maen 4cyl juga mending cepet2 rilis setelah zx25r, kan pasar baru nih.
    dlu cbr250rr rilis telat banget, mindset orang2 udah keburu pindah ke matic bongsor.

    • mau gimana lagi cak metic bongsor mereka porsa 250 aja hora payu muehehe makannya mereka cari pasar lain ngekorrr kawak setelah ciber250ererer mereka gatot ekekeke

  6. Hondah : Pabrikan yang sering ngekor pabrikan lain tapi (hampir) selalu menang soal penjualan.
    Kawasaki Yamaha : Berani keluarin sesuatu yang baru biarpun gak selalu sukses.
    Suzuki : Berani tampil beda, tapi gak tau kenapa sekarang melempem.

      • Kalo bkn ngekor apa?? Nih gw sebutin kalo honda ngekor
        Supra gtr ngikut mx king
        Sonic ngikut satria
        Forza ngikut xmax
        Cbr250rr ngikut r25
        Mana inovasi nya ga brani keluarin inovasi sendiri apa?? Dikit2 rival launching apa ngondah ngikut

  7. Menurut saya 250 CC 2 silinder saat ini harganya sudah ga masuk akal,alias kemahalan…..makanya peminatnya sedikit dan banyak numpuk di gudang…..masa 250 CC tembus 75 JT, Fu*k siapa yg mau beli….
    Pabrikan ingin balik modal cepet,tapi mengorbankan konsumen dengan harga jual yg sangat overprice….

  8. honda gak seberani dulu cak…
    sekarang sukanya main aman…
    sukanya wait & see…
    padahal honda itu kaya dari sisi finansial, aset, pengalaman, maupun sdm…
    pengen rasanya merasakan perang pabrikan jepang di era 60-80an…
    era dimana banyak pabrikan motor yg saling bersaing ngeluarin produk tandingan kompetitornya yg rilisnya itu gak terlalu lama…
    gokil parah sih era itu…

  9. Ninja 250 2 silinder berkembang ke 4 silinder saja sudah butuh riset 8 tahun (2008 – 2020) malah ditengahnya lahir ninja mono/SL
    Kira kira begitu lamanya kalo menanti CBR250 4cyl reborn ?

  10. Katanya Sultan ??? tp kebanyakan ngeekoorrrr

    masih terlalu mikirrr perhitungaan …kayak orang lagi susah aja…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here