iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…..persaingan dikelas 250cc akan bakal semakin sengit. Setelah sebelumnya bisa kita pastikan Kawasaki akan merilis Ninja ZX25R pada tanggal 10 Juli 2020, aroma kompetisi antar pabrikan khususnya Honda vs Kawasaki kembali mencuat. Dan sekali lagi dalam artikel ini IWB kembali tegaskan….Siapa bilang Honda coret opsi CBR250RR 4 silinder !!! lhooo maksude??

Pada bulan November 2019, Rumor datang dari Blogger kondang Jepang kojintekibikematome yang mengaku mendapatkan isu semriwing dari lingkungan ajang motorshow 2019. Yes betul cak, Blogger Jepang yang juga sering mantau rumor dari Iwanbanaran tersebut kini mendapatkan beberapa rumor menarik perihal geliat Honda yang konon disebut sudah mulai meracik mesin 250cc 4 silinder. Ada beberapa poin yang menjadi pokok bahasan. Yang pertama dengan lahirnya Honda lewat new CBR1000RR-R….

Triple R dipercaya tidak akan berhenti pada mesin 1000cc namun kemungkinan besar bakal menjadi nama yang juga diturunkan pada mesin 250cc 4 silinder CBR250RR. Jika twin mengusung nama CBR250RR maka untuk CBR250RR 4 silinder terbuka menggunakan nama CBR250RR-R. Hhhmmm….menarik juga analisanya. Kemudian perkara progress mesin. Honda isunya mulai mengembangkan mesin 4 silinder 250cc. Mesin ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak 2009 yang saat itu dibekukan karena alasan harga…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Kemudian isu perihal 4 silinder 250cc Honda juga kembali nongol di tahun 2017. Tahun yang juga pernah IWB bahas ketika presdir AHM Inuma san sempat menceritakan perjalanan development CBR250RR yang awalnya ada dua opsi yakni 4 atau 2 silinder dan akhirnya dipilih 2 silinder. “ Kami sebenarnya diawal pengembangan (K64A) memiliki 3 opsi mesin yakini 2 silinder inline atau V-Twin serta 4 silinder inline. Namun pada akhirnya mesin 2 silinder inline kami anggap paling pas karena lebih efisien dan cocok saat ini…” serunya ke IWB saat itu. Nahhh jadi memang mudah cak kalau Honda mau, lawong draw paten mesin 4 silinder 250cc sempat mereka racik. Yang cukup menarik dari quote kojinteki adalah pernyataan berikut ini….

うろ覚えですが、カワサキが出したのであれば、(業界のトップとして)ホンダもやらねばならないって感じの事を仰っていました。

※2169さんが聞いた話ですと既にエンジンが出来てるってお話ですが、個人的にはまだまだ先かなと感じました。それから東京モーターショーでお話してて、車両に関する具体的な話は聞けませんでしたし、開発中とか、ある程度出来てるとか、そういう話は全く出ませんでした。時期とかも。
そうなると、現状は企画があるぐらいの段階か、開発初期段階とかそんなもんかなーって思いました。

Jika diterjemahkan…

” Jika Kawasaki rilis produk, dia mengatakan (sebagai pemimpin industri) Honda pasti juga melakukannya. Menurut informasi **** yang aku dengar lagi, mesinnya sudah dibuat (250cc 4 silinder). Tapi aku rasa masih cukup jauh karena saat di TMS aku tidak mendapatkan informasi detil perihal itu (CBR250RR 4 silinder). Mungkin belum waktunya. Jadi aku pikir, situasi saat ini adalah tahap awal dari segala pengembangan..”

Nahh menarik tenan tooo. Kuwi rumor dari Jepang langsung pakde. Artinya kemungkinan Honda merilis new CBR250RR dengan spek 4 silinder tidak sepenuhnya tertutup. IWB setuju soal ini yakni Honda mantau pergerakan Kawasaki ZX25R. Dan jelas rumor ini hanya awal cak. Sebelum sampeyan berharap new CBR250RR-R akan benar-benar keluar. Sebuah proses yang tidak akan singkat alias butuh bertahun-tahun…

Stage awal disebut membutuhkan waktu setidaknya hingga 3 tahun. Mulai dari exhibition awal mesin prototype hingga benar-benar masuk massproduction. ” Jadi secara pribadi, aku pikir itu (4 silinder 250cc) akan menjadi model konsep dalam 3 tahun..” tutur sumber dari Jepang. Hhmm….klop wis. Karena IWB hingga detik ini juga belum mengendus kode project apapun perihal new CBR250RR 4 silinder. Justru yan nongol versi facelift CBR250RR twin yang kemungkinan bakal lahir sebentar lagi. So….mesin 4 silinder dicoret ? nggak juga. Tapi nggak dalam waktu dekat…kira-kira demikian..

Last…itulah yang IWB ingin tegaskan kesampeyan semua. IWB tidak pernah mengatakan bahwa Honda coret opsi CBR250RR 4 silinder. Jadi jangan salah persepsi. Namun sekali lagi tidak dalam waktu dekat, itu aja. Dan IWB selalu percaya project betul-betul berjalan ketika IWB sudah menemukan kode project. Jika belum IWB anggap masih jauh. Dilalah hingga sekarang aroma kode tersebut belum terendus…yang artinya, IWB anggap terlalu prematur kita ngubek-ngubek kehadirannya. So…masih ribut soal Honda CBR250RR 4 silinder sekarang?? saran IWB ketimbang lumutan, mending kita bidik aja New CBR250RR 2 silinder yang jelas-jelas lahir sebentar lagi (ehemmm, bocoran neh). Dari sini wis paham to cak hehehe….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!