iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….kalau melihat artikel ini secara lengkap dijamin sampeyan bakal ngowoh lan doweh. Lhaaa piyeee, banderol motor di negeri tetangga Singapura yang terkenal menjadi pemasok moge NP memang ora logis bin bikin mumet jenggot sariawan. Harganya serasa nggak masuk akal bagi biker tanah air yang biasanya disodori banderol moge yang nggilani tenan. Dilalah kondisi tersebut kontras dengan motor kecil. Contohnya ketika ngintip harga bekas Yamaha R15 V2. Motor yang anjlok pasarannya di tanah air ini siapa menyangka harga bekasnya bikin mati berdiri. Emang berapa ? simak artikel lengkapnya dibawah ini….

Singapura memang sangat berbeda dibandingkan dengan tanah air. Negeri ini tidak memiliki formula pajak mirip dengan Indonesia. Antara motor cc kecil dan besar mendapatkan perlakuan sama soal pajak. Dan inilah yang membuat harga motor bekas di sana juga berbeda sangat jauh dibandingkan Indonesia. IWB melihat konsep Singapura mirip dengan negara-negara luar negeri maju seperti Jepang ataupun Eropa dimana harga moge dan motor kecil tidak terpaut jauh….

Fakta ini bisa Kita gali dari website salah satu media Singapura yang juga menginformasikan jual beli motor bekas. Contoh yang membikin kita mati berdiri adalah harga dari Yamaha R15 versi 2 di mana motor ini ternyata dijual sangat mahal. Lha piyeee cak, harga bekas R15 versi 2 lansiran 2015 dijual di Singapura sekitar SGD$6800. Jika kita konversi ke rupiah maka jatuhnya adalah 70 jutaan. Ediannnn….harga ditanah air cuma 15 jutaan di Singapura 70 jutaan. Apakah mungkin R15 menjadi favorit sehingga harga bekasnya jadi tinggi?

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Nggak juga karena ketika IWB intip harga bekas bebek Honda yang notabene cukup jauh secara spesifikasi dibandingkan dengan R15 yakni Honda Wave 125…. harga bekasnya juga nggilani tenan. Bebek ini dijual di angka SGD$6000. Padahal motor Wave125 tersebut merupakan lansiran 2002 dengan kubikasi 125 cc serta spesifikasi hanya 2 katup. Harga bekas??? mampu terkerek hingga 61 jutaan rupiah di Singapura. Bahhhhh….nangizzz pakde…

Gilanya harga motor kecil ini terpaut cukup dekat dengan banderol moge. Sampeyan Bayangkan, superbike Yamaha YZF R1 lansiran 2005 di Singapura hanya dijual di angka $SGD 8500. Jika kita konversi ke rupiah ini berarti bandrolnya hanya 87,5 jutaan. Parah nggak coba. Begitu juga dengan harga Yamaha FZ8N. Motor berkubikasi murni 779 cc empat silinder ini dijual di angka SGD$8800 atau setara dengan 90 jutaan rupiah. Artinya dengan uang 80 hingga 90 juta rupiah Sampeyan sudah bisa mendapatkan moge keren termasuk Kawasaki Z800, Suzuki GSX R750 dan banyak moge 4 silinder lainnya. Yang justru bikin IWB surprise adalah harga Honda CB 400…

Motor 400cc 4 silinder legend ini Sepertinya menjadi favorit di negeri Singapura. Bisa kita lihat banderol yang dipasang ternyata lebih tinggi bahkan dibandingkan dengan Kawasaki Z800 sekalipun yakni di Kisaran SGD$11000. Artinya motor 4 silinder 399 cc honda ini dijual di angka 113 jutaan rupiah. Waaahhhh mahal yak disana CB400. Nah…. sekarang Sampeyan sudah tahu bagaimana dekatnya harga moge dengan motor kecil di Singapura. Kondisi yang sangat kontras dengan tanah air di mana harga moge meroket dan tidak masuk akal…

Last….tidak heran praktek penjualan moge no paper bertebaran begitu subur. Walaupun Resiko mengancam para pemilik moge NP sangatlah besar tapi mereka seperti tidak peduli. Bisa kita lihat dibeberapa toko online jual beli moge bekas yang masih menawarkan moge no paper. Mungkin kalau dilakukan razia rutin moge-moge NP ini jumlah masif cak. Kondisi yang tidak bisa dihindari di saat harga sebuah motor melejit 2 hingga 3 lipat dari harga pasaran dunia. Dan Ibarat pepatah ketika permintaan tetap tinggi Pasti moge NP tetap tumbuh subur. Sulit untuk memberantas kecuali ada revisi pajak yang membuat harga moge lebih masuk akal. Nah….sekarang wis ngerti berapa harga moge dan motor kecil di Singapura ? (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!