iklan iwb

Iwanbanaran.com – Panas menyengat tidak membuat IWB urung untuk dandanin si green tukijo. Yahhh IWB sih nggak demen aneh-aneh cak, main karbon stiker wae cukup. IWB tipikel biker yang masih demen main standaran walaupun jika melihat motor modifan keren juga seneng. Nah…saat si abang stiker ngerjain green Tukijo Ninin itulah tiba-tiba datang emak-emak nunggang Honda Beat karbu. Sambil teriak kencang doi bertanya….” bang mau nutup stiker semua body motor saya ini berapa ? ” selorohnya. Siabang melirik sebentar sambil berujar…” 60 ribu aja bu….” jawannya membuat IWB terperangah. Lhaaa iki seluruh body cuma 60 ribu, kenapa IWB cuma sekuprit casing samping juga 60 ribu yak….wasyemm tenan !

Yahhh IWB nggak bisa protes karena harga tentu saja dipatok oleh si penjual. Mungkin karena dipandang biker penunggang Ninja sehingga harga dibedakan. Sah-sah aja sih…. namanya saja beda segmen. Sebuah kasus yang lazim. Seperti servis motor saja. Walaupun tindakan sama mengingat semua motor saat ini sudah injeksi tapi harga yang dipatok juga pasti bakal berbeda antara motor entry-level melawan motor premium. IWB cuma bisa nelan ludah getir, asyem tenan….kena gebuk ki.?” Masukin saja Bu motornya….” seru siabang stiker direspon si emak dengan senyuman. Emak-emak yang menurut perkiraan IWB sudah berusia sekitar 55 tahun ini terlihat energik….

iklan iwb

Badan kurus namun agresif serta terlihat ceria. Omongannya juga ceplas-ceplos serta tidak pandang bulu. Terbukti ketika duduk jejer disamping IWB, si ibu langsung nyeplos. ” Gileeee… motor keren bener bang, pasti mahal ya harganya. Belinya berapa Bang? ” pungkas siemak. IWB hanya bisa nyengir. Entah kenapa IWB seperti tercekat tidak bisa menjawab sebab pertanyaan si emak ini antara serius atau tidak…. masih meragukan. “Berapaan motor kayak gini bang harganya? ” tanya doi lagi. Wahh…. berarti benar-benar Serius cak pertanyaannya..

Enam puluh jutaan bu…” jawab IWB tersenyum. Si emak seperti terkejut. ” Busyetttttt……buat beli motor saya dapat 10 bang, mahal bener yak…” serunya membuat IWB menahan tawa. Asli cak…IWB rada bingung karena aksen emak ini mirip orang Betawi…. tapi juga ada rasa Sundanya. Hanya saja ceplas-ceplosnya mirip orang Medan yang apa adanya. Namun justru lucu dan menghibur di tengah cuaca yang begitu terik. Sibuk membandingkan harga Ninja dengan Honda Beat tunggangannya yang nyuwun sewu….sudah lawas. Honda Beat karburator yang tentunya cukup berumur. Juga terlihat dari catnya yang sudah mulai kusam….

Kenapa Bu kok di stikerin? Bukannya Bagusan cat aslinya? ” tanya IWB berusaha memecah suasana. Disinilah si emak bicara panjang lebar. ” Biar awet bang, ini motor sebenarnya mau ibu jual. Tapi belum cocok harganya. Ini motor kesayangan ibu nggak pernah rewel…. tapi motor ini yang gampang dijual dan penawarnya juga tinggi. Di rumah ada noh motor punya si bocah rewel mulu. Dari baru sampai sekarang ngeselin dan nyusahin. Udah Ibu bilang kalau beli motor jangan yang merk aneh-aneh tetep kagak percaya karena pengen gaya…..” cetusnya. IWB tertegun. Si emak curhat cak judule. Doi melanjutkan….

” Dirumah ada **** milik sibocah. Dulu ngotot banget minta dibeliiin itu ngikutin tren. Model mah lumayan bagus tapi rewel. Udah gitu di jualnya juga anjlok. Masa motor jauh lebih muda dari Beat ibu cuma ditawar 4 juta. Alasannya warnanya pink jadi nggak banyak yang suka dan susah pasarannya. Udah rewel nggak ada harganya…” gerutu si emak. Wahhh…ngono to. Btw produk sengaja IWB sensor tiwas jadi bahan gebuk-gebukan fansboy nanti. Tapi asli cak…IWB benar-benar penasaran, apa maksud rewel disini? “ Maksud ibu rewel gimana. Emang ada yang rusak? Udah dibawa bengkel resmi belum?…” tanya IWB penasaran. “ Motor sering mogok sendiri kalau dipakai. Kalau pas waras….nggak ada apa-apa. Tapi tiba-tiba mogok aja di tengah jalan. Di starter nggak bisa. Udah saya bawa ke bengkel resmi berkali-kali malah kita yang disalahin…

” Kita dianggap menggunakan bensin premium padahal dari pertama saya tidak pernah isi Premium. Nggak sembuh tuh sampai sekarang. Ya udah jadi bingung….dijual enggak ada harganya dipakai sering mogok sendiri. Ibu sampai pusing. Makanya Ibu ogah Pakai motornya biarin aja si bocah yang pakai, mendingan pakai motor ini biarpun tua nggak pernah rewel. Dari baru nggak pernah nyusahin. Ngejual juga gampang. Ini aja banyak yang nanyain dan nawar. Sayang belum cocok harganya..” serunya. ” Emang dijual berapa bu motor Beatnya…” tanya abang stiker nyahut tiba-tiba. Doi ternyata dengerin secara seksama perbincangan IWB dengan emak-emak….

” Ditawar 7 juta, Ibu nggak mau karena pengennya 8,5 juta mentok….” tukasnya membuat IWB dlongop. Asyemmm….nyuwun sewu kondisi motormya termasuk enggak mulus dan bulukan dilalah masih ditawar 7 juta dan belum dikasih. Waladalahhh, Asli cak…IWB baru tahu Honda Beat karbu ternyata memiliki pasaran yang cukup tinggi. Hebatnya si emak ini terkesan puas banget menggunakan motor entry level Honda yang dikatakan jarang rewel walaupun tua. Sebuah contoh yang begitu kontras dengan caci maki di dunia maya yang begitu getol dan luar biasa masif terhadap skutik Honda. ” Kalau 7 juta saya juga mau…” celetuk abang stiker tertawa disambut siemak dengan tawa lepas. “ Yahhh sama aja dong kalau 7 juta...” tukasnya terkekeh…..

Last….itulah sekelumit pengalaman IWB yang akhirnya menjadi artikel panjang ini. Kisah emak-emak uring-uringan gara-gara motor mogok sendiri ! Pesan moralnya adalah….wajib hukumnya bagi para pabrikan untuk senantiasa menjaga kualitas serta pelayanan dan jangan pernah menyalahkan konsumen ketika terjadi masalah pada produknya. IWB yakin si emak-emak diatas tidak akan sudi kembali meminang motor yang memberinya trauma. Bisa jadi emang apes cak. Yup….motor memang tidak ada yang sempurna sebab masing-masing pabrikan memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan mungkin itulah yang membuat Honda semakin lama semakin menancapkan kukunya menjadi penguasa pasar roda dua tanah air. Pengalaman konsumen langsung yang memberikan pujian ketika mesin Honda cenderung nggak rewel ketika usianya makin tua. Entahlah……(iwb)

88 COMMENTS

  1. Dan mungkin itulah yang membuat Honda semakin lama semakin menancapkan kukunya menjadi penguasa pasar roda dua tanah air. Pengalaman konsumen langsung yang memberikan pujian ketika mesin Honda cenderung nggak rewel ketika usianya makin tua.

    • Ane klo beli motor baru mending merk H.
      Klo motor second ambil merk lain.

      Pengalaman 2 bulan lalu beli Mio 2018 harga cuma 7,3 juta. Padahal utk tahun yg sama Beat masih 11 jutaan.

      • Beli motor murah tapi penyakitan..? Mendingan mahal dikit tapi waras mesin nya bang..

      • Motor batangan yang awet itu CB150R.
        Semua makainya santuy. Max 40kmj. Lajunya santai, rantenya udah rame banget jalan segitu.
        Jadi mesinnya awet.

      • Si Pino dan keluarganya emang turunan keluarga banyak masalah . beli murah kualitas Ambyaarrrrr….?

    • Kalo yg onoh udah mesin ngebul,Kasar velggeol,kemrosak,komstir oblak,dijual anjlok

    • Dulu Mio masih pake klep ukuran imut2 tapi Beat pake ukuran agak gedean dikit.
      Mio pake pelatuk klep biasa, Beat udah pake pelatuk model roller.

    • Btw itu merk yg di sensor merk apaan ya kok **** ( 4 huruf kah? ) dan motor lebih muda dari beat karbu
      ?

    • Beli sedikit mahal terbayarkan dengan kepuasan..tidak sekedar puas pake ,tapi Puas di batin ?

      Beli murahan terpuaskan sama seseg . Jadi mahal karena waktu terbuang saat Penyakitnya kambuh kambuhan . Bilang sama bocah no buk….Kiloin aj ?

      • Makanya….jangan liat bandrol Brosur ?
        Motor atau mesin itu dibuat untuk dipake…bukan buat Pajangan Gudang atau teras dealer ?
        Liat noh siIbu ,sampe muntah dia pake motornya . Berapa tahun tahun tuh dia udah pake , masih sempet2nya gak mau kalah sama Lek webe nyamperin tukang stiker . Bukan nyamperin bengkel kayak sibocah tiap saat ?

        Tapi ada yang sedikit mengganggu benak gua Lek , jangan2 dia tau disampingnya ini adalah seorang Blogger kondang dan berharap sebuah Respon Surprise buat dia , menunggu..barangkali ada tawaran dari Lek Webe untuk membelikan 1 set full body baru buat beat dia …yah , palingan 1 set 300 ribu . Yah anggap saja itu give away dengan bentuk berbeda. ?
        Tapi barangkali maksud tsb tidak terbaca sama Lekwebe…namun , saat siIbu membaca blog iwanbanaran yang juozzzganduoozzz… Si Ibu sudah cukup terpuaskan dan masih berasa dapat hadiah Istimewa ?
        Back to inti.. ” memiliki barang yang gak waras , berarti orang yang memiliki barang tsb juga kaga waras ?

    • Ow iya lek….sekedar bocoran dri gua terkhususnya jabodetabek .
      Dalam 1 bulan terakhir , dimana ada pandemi korona… Prestasi terbaik diraih lagi oleh penjualan maxi skuter Pcx , ajibnya lagi….si Adv juga ikutan moncer ?

    • motorku yamaha dah 7 tahun cet masih mulus pemakain obrokan tiap hari, ga rewel juga, suka mati emang kadang kadang sih tapi ga ganggu amat krn bgt distarter langsung ok lagi…tampilan luar klo dibandingin dgn motor seumur dgn merek lain, masih kelihatan lebih bagus, cetnya awet…lari masih kencang..kalau harga embuh ga ngecek…krn saya beli motor untuk saya pake, bukan untuk dijual lagi…

  2. Pasti motor yg sering tiba2 mogok
    Jenis mesin yg sama kyk yg saya punya dulu Mi* mesin bluec*re
    Dan sama, saya ga mau beli merk itu lagi
    Sekarang saya punya Suzuki Nex II, ga pernah rewel,, mantap dah,

  3. setau ane motor yang ada varian warna pink MI0 M3 sama MI0 S wkwk, gak kaget sih kalo yamama rewel

  4. Udah punya dari merk H,Y,S,tinggal K yg belum….gak yg gak puas….semua oke,tinggal ngrawatnya aja gimana…

  5. gak rewel, velg awet, getaran mesin gak sampe ke stang, irit, lewat jalan rusak relatif lebih nyaman ?, aku pernah selingkuh tapi akhirnya kembali lagi ke dia ??

    • Numpang nanya ni om , baru nebus mio soul gt 125 bekas suka karena empuk dan bagasi luas.tapi kok kadang aneh pas tarik gas malah kaya mau mati padahal aku tinggal di subang kan serem pas tanjakan ,udah di servis tetep aja adakah solusi?

      • coba cek tps nya. kadang kotor atau rusak harus ganti. throtle position system adalah sensor yg mengatur jumlah bensin yg ditembakkan. cbr 150 saya yg uda 50rb km dulu seperti itu. ditarik gaspol malah melempem. kalo narik gasnya ga pol ga keluar masalahnya.

      • Cek juga tangki bensin, filter bensin, fuel pump, Patokannya kalau tekanan normal bakal menunjukkan angka 300 kPa, alhamdulilah punya soul gt 125 led blue core tahun 2015 odometer 86.900 belom pernah masalah di kelistrikan aki juga masih bawaan lom ganti.

      • Kurangnya Xeon GT n Xeon rc itu boros sekali bensinnya .tapi soal lari paling kenceng di kelasnya pada jamannya

  6. Beat karbu ini enak buat miring2 dibanding Beat injeksi. makanya di Roadrace kebanyakan pake Beat Karbu.

  7. Ane sprtinya tahu merek yg dimaksud, taunya dr bbrpa kasus yg posting di post di FB group info cegatan, solo, jogja, smrang, dll. Kbanyakan tiba* mogok dijalan.
    banyk jg yg balas post solusinya, ada yg didiemin bentar, di cabut busi lubang ditutup kain trus di diengkol, dll.
    Merk yg satu itu, kebanggaan para netter karena ketebalan plastik dan cat nya, tp mereka lupa bahwa mesin motor adalah komponen lebih utama drpd itu ?, tp di dunia nyata, lumayan sulit jualnya dan harga jatuh, kecuali satu seri trtentu. ?

  8. Itu kayaknya Motor yg sering rewel fuel pumpnya, tau kalo motor yg ini…kok Jadi nyalahin bensinnya, Hihihi…harusnya udah masuk recall sih. Sering nemui kasus yg sama di motor yg sama

  9. dan sparepart nya mudah didapat kang, om saya baru jual murah Xeon 125 tahun 2013 gara2 susah nyari sparepart nya, sampe ngubek2 seluruh dealer resmi jg ndak ada

  10. Bear karbu memang bagus,ane punya th 2011,babetnya atos..beda sama yg injeksi…Standar tengah banyak yg macet ga bisa distandarin kalo dipaksa dudukkan standarnya patah…

  11. Yang di maksud rewel itu gimana dulu, gk nyalahin penguna juga karena ada juga model asal jalan rusak baru uring uringan sama bengkel resmi karena bengkel resmi juga kadang ada yang kurang bagus juga pelayanan nya, kalau ketemu lagi itu ibu saranin ke bengkel pinggir jalan yang sudah terpercaya sama itu harga jual di setiap daerah beda beda loh ya

  12. 60rb mah murah cak, adik saya pasang full buat new Vixion-R nya nyampai 800rb area Sidoarjo

  13. Apapun merk nye bijimana kagak ancur kalau udah dimodif abis ama si otong ngikutin arus style ala abegeh tik tok

  14. Siap siap diserang nick yang bisa membelah diri…
    Penggiringan opinilah,amplop lah…
    Selalu fitness tuh fbenyek

  15. Beat-Vario emang mantep (hanya) Gen 1nya, gen berikutnya udah “mulai2”
    Liat aja di jalan, klo ketemu, mulusan mana, alusan mana..

    Ky Suzuki, banyak motor lawasnya masih mulus2 krn awet2.. yg paling gak awet cuma smash(imso)neken budget

    Mio Gen 1 juga oke

    • Beat ku generasi pertama th 2007 wis kadung tak jual….
      Iki sik onok vario techno karbu 2011, kenyamanan karo kualitas cat jauh mengalahkan vario generasi berikutnya.
      Sebab punya yang 125 dan 150.

    • mio gen 1 rewel gan ibu sy punya.. susah distaterlah, indikator bensin ngacolah, oli rembeslah, boros bensin..

  16. Suatu kenyataan yang tak bisa dipungkiri adalah motor2 tua yang masih banyak berlenggak lenggok di jalan raya hingga saat ini adalah produk Honda. Dari C70 hingga CB100 dan S90 semuanya masih banyak yang bugar.
    Lha wong supra 110 dan beat 1st gen aja sampe bodynya ancur dan jalannya miring2 aja nyetaternya lancar dan masih bisa lari.

    • mumpung enggak ada ide buat artikel akhirnya dapet email pembaca buat modal bece muehehe

      • Sakitttt…hatikuuuu…mu3heheheheheeggege….sakit hatikuuuuu…
        Sakit hatiku…braukakakaka

  17. Kumpulan kisah – kisah emak – emak uring-uringan gara-gara motor – motor di rumahnya sering mogok-mogok ! Akakakak

  18. Mau mesin awet tuh CB150R. Semua orang yang makai santuyyyy……. Jalan 40kmj rantenya rame banget. 60kmj super kemrosak.

  19. Aku ngerti merk motor kui cak, aku pernah pake 2 tahun, selama pemakaian terjadi 2 kali peristiwa mogok ketika enak2 dipakai, yaitu tiba2 loss compression dikecepatan tinggi, langsung mogok, kirain seker jebol, ternyata dibawa ke bengkel resmi ketahuan kalo loss comperssion, nggembos, biang keladinya adalah ketika dikendarai, tiba2 klep masuk dan buang membuka bersama-sama maka nggembos lah kompresinya, mogok, dan sayangnya tidak bisa distater lagi, harus dibawa ke bengkel….

    • Caranya copot busi, masukan oli pakai selang kecil lewat lubang busi, setelah itu di engkol beberapa kali smp terasa mulai ada kompresi lagi, setelah itu pasang busi kembali dan nyalakan.

  20. Tinggi amat bu.. Disini beat karbu udah pada rontok bu, pasaran cuma 4-5 juta. Best karbu lbh irit dr pada yg injeksi, beat karbu lbh kencang dr injeksi, cuma bodinya anjrit hancur dah, cat nya bulukan.. Beat karbu mesin bagus tp yg lain hncur total, kalau ada yg punya masih bagus dipastikan itu pemakaian ibu ibu, kalau pemakaian laki mah udah pada rontok mesin dan bodi,, di rumah dua duanya ada generasi awal.

    • Emak2 lu lawan.

      Apalagi ngajak ribut emak2 yg kelas jutaan.

      Hahaha… Gak banget deh….. Ribut motor kelas sampah….

      • Nah itu dia, motor apa pun kalau ibu? yg pake pasti than lama karena bawa motor alakadarnya bisa jadi tuh motor anaknya rewel karena sudah dimodifikasi tau sendiri kan anak abg pake motor? Lucunya kenapa si anak masih suka make tuh motor dan kaga dijual trus beli beat?

  21. beat karbu emang harganya relatif stabil cak di sekitar 7-8jt
    beat FI 2016 juga masih 9-up

    sedangan mio J 6-7
    mio m3 7-8
    kalo di daerah purwokerto

  22. Motor saya Mio j 2014 dari awal beli gak pernah rewel…padahal buat angkut2 pulang pergi pasar…dan pertama beli Ampe sekarang gak pernah service di dealer…karna service sendiri di rumah…

  23. emang sih kalau mio j bukannya ngejelekin merk sebelah tp emang bener sering mogok tiba-tiba mati ajah kalau pas jalan distater gak nyala-nyala pdhl seminggu baru service udh banyak part yg udh diganti ,beat karbu beli dari 2010 sampai sekarang cuman pernah ganti aki sekali,ban, sama roller ajah itu pun gak sering, heheheh
    gak tau kalau mio generasi sekarang?

  24. Ga ada motor yg sempurna,namanya buatan manusia ada kekurangannya krn saya orang bengkel jadi tau semua merk

  25. Sdh pernah pya Merk H K Y trus ke H lg
    Alhamdulillah semua pernah bli dan dijual setelah puas Pake smua tergantung yg perawatan si
    Klo yg pernah punya semua merk pasti lebih tau kurang lebihnya

  26. Artikel kayak gini sensitif kali sama market suatu perusahaan, Aku kepengen beli yamaha freego jadi mikir2, jdi rancu, karna bnyak yg bilang kualitas mesin yamaha buruk..

    Alhasil tambah gak laku motornya cak, katanya mau pasar motor ini seimbang.

    Menurutku jalan terbaik melalui japri, atau bicara 4 mata sama org penting yamaha, klo di blog blm tentu di baca, meracuni org awam pasti, blm lagi komentatornya tukang racun…

  27. kalo produk honda diatas 2012 saya percaya sm kualitasnya cakk..
    beda sama yg skrg kayanya orientasinya lbh ke bisnis.. ga sebandel dulu mesinnya,
    tengok mesin k56 series yg bnyak masalah,, grupnya rame terus, masuk postingan bulian Hujat Otomotif Indonesia di FB dan @hujatbaper di IG..

  28. 4 digit minta pertamax. Punya anak. Pasti EPYU lah.
    Dan pasti dah jd mainan kuli bangunan. Makanya mogak mogok mulu.

  29. saya beli beat baru seminggu kopling ganda remuk minta garansi alesannya berbelit belit
    akhirnya harus ngerogoh kocek ratusan ribu dimasa sulit begini hadeuuhh
    jadi apanya yang bagus honda??
    sama aja…..beli.motor klo pas dapet apesnya ya gini

  30. Ane dulu pengguna be*t injeksi kayanya penyakitnya sama tuh. Lagi jalan tiba2 mati ga bisa distater elektrik atau kick stater. Bawa ke 3 bengkel resmi ga ada yg bisa kasih solusi. Malah suruh turun mesin. Sharing2 sama temen kerja ga taunya ada 2 orang juga dengan motor yg sama dan tahun produksi yang sama dengan penyakit yang sama. Bedanya ane pindah ke merk kompetitor yang laen upgrade ke merk yang sama dengan kasta lebih tinggi.

  31. Di rumah ane ada beat tahun 2010,jajan Mulu cak,blok dan cilynder udah di bore up,pinion udah di ganti,area cvt sudah pada di ganti,karbu dah ganti.masih aja ngen dan gak kuat nanjak kalo ber 2.tiap 2 bulan jajan Mulu.

  32. Aku pake M**J tahun 2013, pake angkutan, segala medan, aspal, sawah, pedesaan dan aman-aman saja, nggak pernah rewel juga. Intinya motor otu kayak jodoh kalau jodoh sama pemiliknya dijamin aman nggak rewelan, kalau nggak jodoh ya apes mulu. Tak peduli itu merk apapun.

Comments are closed.