iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….dunia terus berputar. Setiap masa apapun itu pasti ada ujungnya. Apalagi ketika sebuah produk….lalu muncul produk penerusnya, mustahil rasanya akan tetap dipertahankan. Alasannya simpel, produk tersebut akan membebani produksi sehingga jalan satu-satunya adalah suntik mati. Itulah yang biasanya dilakukan semua prabrikan apapun itu. Termasuk kasak-kusuk Yamaha terhadap versi Old NMax yang dilaporkan mulai jarang ditemukan didealer. Apakah ini indikasi pabrikan garputala akan menyuntik mati ???

Indikasi makin jarangnya stok Yamaha Old Nmax sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Walaupun pabrikan mengatakan bahwa mereka akan tetap memproduksi generasi lawas dan jalan beriringan secara pararel dengan new gen rasanya tidak mungkin strategi ini akan dipertahankan lebih lama mengingat mereka harus fokus pada produk terbaru. Sebuah langkah wajar mengingat jika itu dilakukan maka akan membebani produksi. Tidak mungkin mereka meracik komponen yang sama pada motor yang identik apalagi ketika generasi terbaru sudah lahir. Dan itulah yang sepertinya sedang terjadi pada Yamaha Old NMax….

Konfirmasi makin jarangnya old NMax diungkapkan salah satu dealer Sentral Motor di Bekasi. Menurut konfirmasinya walau mereka sudah memesan ke pabrik, stok generasi yang masih disukai konsumen ini nihil. “ Untuk Yamaha NMAX lama mulai susah mas unitnya, sudah All New NMAX semua. Kadang-kadang NMAX lama sudah enggak ada sama sekali mas. Soalnya pesan ke pihak pabriknya juga susah sekarang…” seru Zaidun Muktar alias Jeje via M+. Dan ternyata kenyataan dilapangan ini tidak dibantah oleh PT YIMM…

iklan iwb

Menurut Anton Widiantoro, Public Relation Manager YIMM, mereka memang sedang melakukan transisi. ” Kita akan melakukan transisi perlahan, karena permintaan NMAX lama masih ada…” serunya IWB kutip dari Motor+. Yup…. tersirat namun tidak tersurat. Pelan dan pasti indikasi kesana bakal terealisasi. Masa dimana mereka harus menyuntik mati generasi lawas Nmax. Tindakan ini sebenarnya hal yang lazim dan tidak mengejutkan. IWB masih ingat….bagaimana Yamaha Vixion generasi lama yang masih disukai pasar juga harus di suntik mati setelah muncul Vixion generasi setelahnya muncul yakni Yamaha Vixion lightning…

Saat itu transisi termasuk smooth mengingat permintaan old Vixion masih cukup tinggi. Konsumen butuh waktu untuk shifting dan akhirnya pada waktunya generasi Vixion lama pun disuntik mati digantikan dengan Lightning. Hal yang sama ketika Vixion terbaru lahir. YIMM pelan dan pasti juga menyuntik mati generasi Vixion Advance. So….wajar jika pada akhirnya sebuah model atau generasi yang disukai pasar pun harus stop produksi ketika gen baru rilis. Walaupun pabrikan tidak menyebutkan kapan namun IMHO persiapan menyuntik mati Old NMax hanya masalah waktu…

Last…IWB sarankan, jika sampean salah satu biker yang menyukai model lama ketimbang baru ada baiknya segera hunting dari sekarang. Sebab faktanya stok generasi lama NMAx 155 memang semakin sulit dicari. Sebuah model Everlasting yang entah kenapa…. dari beberapa Sisi, model lama ini lebih enak dipandang mata ketimbang generasi terbaru. Yah….model memang soale selera. Tapi larisnya old NMax 155 dan menjadi tulang punggung Yamaha selama hampir 5 tahun lamanya jelas menjadi bukti bahwa model lama tersebut memang disukai pasar. Sayang karena data AISI per-produk sudah tidak lagi dishare sejak setahun lalu, kita sekarang tidak bakal tahu apakah new NMax akan setangguh old NMax soal penjualan. Sayang sekali….(iwb)

43 COMMENTS

    • Suntik mati itu hanya sebagai Penegasan saja cak.
      Dilakukan atau tidak…ujung2nya tetap saja berakhir digudang untuk proses daurUlang.
      Pig-son contoh realnya ?

      • Adepe150 makin meraja di jalanan. Pcx 150 dah mendewa sampai gang buntu pun ada.
        Nmex hilang di dealer yang pada tutup. Numpuk di zamban
        Wkwkwkwkwk

    • Harusnya laku keras..agar pembayaran atas Pembelian part2 yang dimakelari sultan H untuk Y dapat terbayarkan dengan lancar….
      Jika Y seret bayar… Sultan H juga terganggu muterin Modal .
      Efeknya ke SiAlan dkk juga…lembur dengan gaji diRapel tahun depan dan tahun depan ?

    • Dealer nya saza udah jarang
      Maen n jalan2 tong
      Jangan di rumah aja
      Biar gak goblok

    • Harusnya emang laku ,wong yang baru di Suntik Silikon saja Dp Nol fc ktp dan cicilan tenor Suka2 , apalagi yang lama reject eropah ? jualan apa sedekah ?

  1. New nmax sudah banyak yang berseliweran.. terutama warna hitam.. yang banyak disukai masyarkat.. saya juga melihat dengan tipe sama tapi kalo warna hitam kelihatan lebih ganteng..

    • Lebih syuka old nmax drpd yg baru pertama krn sing anyar mahall..kedua lampu sein oldmax lebih keren drpd newmax apalagi kl diganti led joss eye catching ngono lah…

    • Coba2 itu butuh dana besar dan riskan…
      3 produknya yang baru nongol anyep cuma jadi hiasan di teras dealer sebelum melantai diGudang untuk kembali di DaurUlang ?

  2. Klo mio m3, z sama gmn nasib nya?
    Mending lokalkan qbix, bikin produk baru basis frame freego. Misal body smax di buat kecil biar pas di frame freego.
    Atau masukin smax, sy suka dek rata

  3. Dealer nya saza udah banyak yang tutup/mati.
    Motor suntik mati
    Dealer anestesi
    Goblokkk mu gak ketulungan

    • Memang beberapa yang gua lihat ada yang udah jadi toko bahan bangunan… Minimart dan toko ban mobil.
      Eks fby sekarang banyak dan berbondong bondong lagi melamar ke Ngastra ?

      • Dealer Y dibeli taipan ind_o_ngampret sekalian salesnya. Lo juga goblok.
        Ngastra sibuk nempel fotokopian brosur di pot2 pinggir jalan
        Goblok dahhhh……
        Semangat jenghis khan 700 tahun lalu bisa terlaksana. Utusannya yang dipotong daun telinganya oleh Raden Wijaya pendiri Majapahit itu sungguh menyakitkan bangsa tirai bambu lintas generasi.

  4. Saya ngarep yamaha jenggah, kluarin motor 250cc 2 silinder CP2, 4 silinder 250cc,moge lokalnya digeber juga. WR155,ntar saya tes ride ya,video besok

    • Betul om , berharap Y jengah… Namun ngeluarin modal harus berdampak tepat. Jangan sampe brojolin produk yang berakhir d gudang ?
      Ayo Y… Ilmu Blue oceannya dikeluarin.
      Blue ocean : bagi mereka fb (Y) sebagai istilah paten agar dianggap sebagai Pelopor.
      Namun bagi fb H … Blue ocean itu adalah Pelarian yang tak pernah usai .
      Digetok H disini lari k sana ,ditimpuk disana kabur kesono… Dikepret disono nyungsep kemari..di kekep dimari lari lagi dan lagi dan lagi ?

  5. Jadwal Launching Kawasaki Ninja 250 4 Silinder, Bisa Langsung Inden
    Simak di mongtopelus gaesss
    Haregene bahas namex, bodoo dahhhh

  6. Bro iwan, pilih2 kata2nya agak dibagusin dikit lah, masa “suntik mati” kaya narapidana narkoba wae, kesan nya negatif gtu lho

Comments are closed.