iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk….siapa yang nggak kenal perangkat racing Puig. Perusahaan kondang asal Spanyol ini memang menjadi acuan paling penting aksesories racing dengan fokus pada eksternal aksesories alias lebih kebody. Nah…..Puig kali ini baru saja memperkenalkan sebuah gebrakan dengan merilis winglet untuk Yamaha YZF R6. Komponen yang dipercaya akan mampu membantu sisi Aerodinamika sang kuda besi dirilis dalam 3 varian color. Puig mengklaim jika motor ditempeli winglet buatan mereka….makin kenceng makin nempel. Ahhh mosokkkk ? yukkk sampeyan intip detilnya dibawah ini….

Sepertinya slogan power is nothing without control bukan hanya milik Michelin. Namun secara keseluruhan memang faktanya demikian. Boleh saja kita memiliki kuda besi dengan tenaga yang sangat powerfull namun tanpa handling mumpuni tentu saja hal itu akan sia-sia. Lha piye cak…motor kayak celeng susah belok lak yo mumet ndase sampeyan. Nah….selain suspensi, perhitungan geometri alias frame serta aerodinamika memegang peranan sangat penting untuk mendongkrak kestabilan motor. Tidak heran balapan terbaik sedunia MotoGP saat ini juga berlomba-lomba meningkatkan sisi aerodinamika dengan desain fairing yang dibuat sedemikian rupa….

Dimulai dari Ducati yang memperkenalkan sayap dengan desain yang cukup aneh dan kemudian diikuti oleh hampir seluruh pabrikan dengan penambahan winglet khusus yang dipercaya bakal menambah downforce atau daya tekan ke bawah ketika motor melaju pada kecepatan tinggi. Itulah yang saat ini sedang disasar oleh pabrikan aksesoris racing Kondang Puig. Mereka memperkenalkan spoiler tambahan pada fairing kiri kanan Yamaha YZF R6 yang fungsinya mirip dengan winglet MotoGP. Sayap ini diklaim bakal membantu kestabilan motor…. bahkan data-data dirilis oleh pihak Puig ketika R6 ditempelin spoiler buatan mereka….

iklan iwb

Dari data yang dirilis oleh Puic downforce akan selaras dengan kecepatan motor. Yang artinya semakin kencang motor maka perangkat ini akan bekerja dengan baik. Dan dari data yang di-share oleh pihak Puig…. bisa kita simpulkan spoiler baru akan bekerja setelah kecepatan menginjak 80 hingga 100 km per jam. Downforce akan terus membesar dan mencapai titik maksimal sekitar 5.8 kg/f pada kecepatan 300 km per jam. Artinya dengan sodoran ini bisa kita pastikan ketika motor di bawah 120 km per jam nyaris efeknya sangat kecil kurang dari 1 downforce kg/f…

Makanya cak……jika banyak motorsport bercc kecil diluaran sana ditempelin aksesories winglet tambahan mayoritas hanyalah variasi dan tidak akan memberikan pengaruh signifikan terhadap aerodinamika. Mung gaya thok ben ganteng cak…kuwi judule. Btw….Puig memperkenalkan spoiler garapannya dengan empat varian warna yakni hitam, biru, merah dan hijau. Produk ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun kemarin. Namun pemasarannya mulai masuk kawasan Asia baru tahun ini….

Last….selain Yamaha R6, Puig sebelumnya juga sudah merilis Spoiler untuk Superbike Kawasaki Ninja ZX10R, Honda CBR1000RR, Suzuki GSX-R1000 ataupun BMW S1000RR. Artinya semua motor kencang sepertinya dibidik oleh Puig. Saat IWB perhatikan bahan yang digunakan sepertinya akrilik sehingga seharusnya kuat dan tahan bentur cak. Sebagai informasi Puig membanderol Spoiler R6 dikisaran 138.3 Euro atau setara dengan 2.2 jutaan. Ediann mantap harganya cak….cuma tempelan padahal……sadizzz. Risetnya neh yang bikin mahal euy… (iwb)

Motor lain

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

26 COMMENTS

      • Elektronik yg nmpel Di R1 lebih bnyk daripada di motor2 superbike lainnya. Power without control is nothing. Ex: CBR1000RR-R. High Power Less Control. Downgrade RC213V just on the Bore and Stroke. Tagline total control. Nyatanya kek celeng. Stang kanan CBR150R aje mentok tanki bbm. Itu nmny total control ?. Cuih. Cuman menang padet rasio gigi doang. Giliran ada yg nyamain rasio giginya diem doang wkwk 🤣🤣🤣

  1. ciberuk conrod protol kok enggak ada cak? enggak dianggep ya gara2 kualitas conrod protol muehehe

    • Conrod protol dimane?
      Emangnya udah ada kasus?
      Kl engine check error dan komstir oblak… udah gak kehitung kasusnya coyyy.
      Aplg yg knalpot ngebul vampir oli 😂

  2. Makin kenceng, makin kuat tekanan downforce, makin keras tekanan trhadap fairing dan dudukannya, bisa cepet kendor fairingnya, geter2.
    Demikian analisa ngawur saya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here