iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Migren….asli IWB sampai harus menahan rasa migren di mata sebelah kiri karena ingin menyelesaikan video tentang bedah serta kupas tuntas Sirkuit Suzuka Jepang. Sebuah sirkuit legendaris yang sempat menjadi sejarah kelam bagi pembalap Jepang Daijaro Kato. Pembalap kebanggaan negeri matahari terbit yang harus meregang nyawa akibat kecelakaan saat doi berlaga di GP500. Dan dalam video ini IWB juga beruntung mendapatkan kesempatan langka bertemu dengan Honda NSR 500….. sebuah motor 2 tak terkencang sejagat karena berhasil mendominasi balap GP 500 di tahun 1990 an. Dan inilah video yang IWB racik khusus buat sampeyan semua. Bertemu mesin 2Tak terkencang Honda NSR500 dan bersihnya Suzuka Circuit !

Siapa yang tidak kenal dengan Sirkuit Suzuka. Sirkuit legendaris karena sirkuit ini dibangun pada tahun 1962 dan menjadi satu-satunya sirkuit tertua yang masih sangat terawat kondisinya. Asli cak… kalau sampeyan melihat dari dekat pasti tidak menyangka bahwa sirkuit ini umurnya sudah hampir mencapai 6 Dekade. Dioperasikan oleh mobilityland dan merupakan sirkuit yang dimiliki oleh Honda…. panjang sirkuit ini mencapai 5,8 km. Dari Catatan sejarah pembalap yang berhasil menorehkan waktu terbaik di atas mesin Fi adalah Lewis Hamilton dengan mesin Mercedes. Sementara untuk motor sendiri ditorehkan Kousuke Akiyoshi di atas mesin TSR Honda CBR1000RR. Memang seperti apa jika kita melihat dari dekat ?

Seperti bukan sirkuit lama. Bersihhhhhhh banget cak. IWB betul-betul surprise dengan perawatan yang dilakukan oleh Mobilityland terhadap Suzuka Circuit. Sebuah sirkuit yang juga menyatu dengan wahana atau tempat bermain anak-anak ini begitu terawat. Fakta ini sangat mengejutkan. Aspal yang rapi tidak kita temukan adanya retak hampir keseluruhan area… termasuk bunga-bunga yang ditanam terlihat sehat akibat perawatan para gardener. Bahkan toilet untuk ukuran sirkuit cukup outstanding karena begitu kinclong dan bersih seperti Hotel. Tidak hanya itu….. tempat sampah yang ditaruh di area sirkuit juga nyaris tanpa noda….

Tidak ada rasa jijik karena kaleng atau tempat sampah bahkan sangat-sangat kinclong membuat IWB terbengong-bengong. Wediannnn….pantes wong Jepang awet urip cak, gimana nggak sehat kalau begini sih. Sing jelas kuman dan bakteri males mampir pakde….lawong clean super clean. Semua area IWB jelajahi sehingga tidak terasa kaki rasanya kayak mau “pothel”. Dan tentu saja tempat yang paling menyenangkan untuk dioprek adalah museum Sirkuit Suzuka. Sebuah gedung yang berisikan berbagai macam motor-motor legendaris dan bersejarah termasuk Honda NSR500….

Yup…. mesin 2Tak terkencang sejagat yang sukses IWB pelototin dari dekat. Siapa menyangka motor 2Tak 500 CC 4 silinder ini tidak sekecil yang kita kira. Dimensinya mirip dengan Honda RC211V Valentino Rossi. Bedanya jika buntut Honda RC211V nungging meruncing, maka NSR500 lebih membulat dan cenderung seperti buntut tawon. FYI Lewat Mick Doohan NSR500 menjadi legenda ditahun 1990an. Pengembangan mesin dilakukan terus menerus oleh HRC. Tahun 1992 Honda menemukan ide revolusioner pada mesin V4nya yaitu pembakaran 4 silinder dengan derajat kemiringan 65-70 derajat rotasi crankshaft biasa disebut mesin “Big-bang”…..

Lewat balancing shaft untuk menetralisir  efek giroskopis pada single crankshaft, NSR500 1992 adalah sebuah terobosan teknologi. Doohan menggunakan sistem baru ini untuk mendominasi jalannya balapan hingga memenangkan juara dunia 5 kali kelas 500cc. Memenangkan 12 kali dari 15 race di tahun 1997, memecahkan record kemenangan terbanyak pada satu musim yang pernah ada sejak 1972. Sejarah mencatat NSR500 lewat Mick Doohan memberikan 54 total kemenangan dikelas 500cc, merupakan record yang tak terpatahkan oleh rider manapun dikelas 500cc…

Sekitar tahun 1997 NSR500 kembali menggunakan mesin ” Screamer”. Hal ini atas permintaan Doohan yang lebih menyukai mesin liar walaupun dengan konsekuensi lebih susah dikendalikan. Pasca mundurnya Michael Doohan dari kancah motogp, NSR500 masih bertaji hingga tahun 1999 lewat Alex  Criville Honda jadi juara dunia lagi. Dan inilah motor yang di depan mata IWB. Generasi buatan tahun 1999 milik Alex criville. Sebuah bukti mesin 2 tak terkencang sejagat. Beda pembalap ternyata NSR500 tetap tak terkalahkan. Hingga di tangan Valentino Rossi NSR500 masih menjadi The Killing Machine. Valentino Rossi sabet juara dunia secara meyakinkan mengalahkan Max Biaggi…

Last….. semua perjalanan bedah dan kupas tuntas Sirkuit Suzuka Jepang sudah IWB racik dalam sebuah video terlampir. Vlog yang akan menambah pengetahuan kita semua seperti apa Sirkuit Suzuka. Tidak hanya melihat dari televisi yang hanya menyorot dari permukaan namun Vlog kali ini akan membawa sampeyan untuk melihat dari belakang Seperti apa sirkuit legendaris yang begitu bersih dan menyenangkan. Penasaran ? Intip vlog Iwanbanaran dibawah ini…..Jepang memang luar biasa, saluttttttt ! (Iwb)

NEW VLOG Sirkuit Suzuka Jepang (Behind view)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

22 COMMENTS

  1. “Bahkan toilet untuk ukuran sirkuit cukup outstanding karena begitu licin dan bersih seperti Hotel.”

    Harus nya KESET cak. Bulan LICIN, klu licin artinya ga pernah dikosrek bisa2 bikin org kepeleset

  2. Honda punya Motegi sama Suzuka. Yamano punya sirkuit apa ya kok belum pernah denger.? Keliatan sekali beda mana Sultan mana Kacung.

    • Sirkuit Y yaitu :
      5 km pantura… Dimana bisa tes motor secara Illegal dijalanan dan berharap ada papparazi kolotan ngintip2 pake hp dengan mental cemen yang selalu takut ketahuan .

      • Ni orang katrok pa gimana. Di Plant AHM aja punya sirkuit test sendiri. Yang kata Wak Haji sampe berhektar hektar.

      • Lah, gatau ya? Wkwkwk, di indonesia jg ad sirkuit tes proofing ground kali, bukan cm jepang, hahaha, kasian deh Y

  3. Sendal swallowku juga udah dicuci bersih kinclong sehabis nyari keong di sawah pak,

    Kalo berminat mau dibikin artikel monggo hubungi asisten ajudan aku pak,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here