iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….heboh cak. Pabrikan S yang biasanya selalu dibelakang duo brand besar Jepang Honda dan Yamaha…dibulan Mei 2020 ini mereka berhasil mengalahkan duo raksasa. Data AISI total distribusi dibulan Mei memang mencatat kondisi yang akan membuat sampeyan tercengang….opo kuwiii ? simak detilnya dibawah ini….

Suzuki Indonesia di tengah pandemic yang sangat sulit ternyata berhasil menjadi pabrikan terlaris mengalahkan Honda dan Yamaha pada bulan Mei 2020. Konfirmasi ini berdasarkan data AISI wholesales di bulan tersebut yang sangat miris. Penurunannya sangat signifikan dan anjlok pada titik terendah selama pabrikan Jepang eksis di era modern. Bayangkan saja, penjualan motor ambruk pada bulan Mei hingga 99,7%. Ini adalah tamparan yang sangat luar biasa sebab dibandingkan dengan bulan sebelumnya pun, Mei ini jauh lebih rendah….

Nah…. tersendatnya distribusi ataupun penjualan ternyata membuat pabrikan Suzuki menjadi penguasa. Suzuki pada bulan Mei 2020 berhasil menjual sebanyak 564 unit motor. Kondisi ini membuat Suzuki berhasil mengungguli Honda untuk pertama kalinya. Sementara Posisi kedua ditempati oleh Astra Honda Motor yang berhasil mendistribusikan sebanyak 443 unit. Sebuah raihan penjualan yang kontras ketika pada kondisi normal dimana pabrikan yang bernaung di bawah Astra group ini biasanya selalu di atas 400.000 an unit/bulan…

Kemudian mengikuti di belakangnya yakni Kawasaki yang berhasil mendistribusikan sebanyak 398 unit. Siapa menyangka geng ijo ternyata masih bisa bergerak lincah walaupun mereka tidak menjual skutik seperti seperti pabrikan Jepang lain. Dan di belakang mereka tentu pabrikan lain yang terdaftar sebagai anggota AISI. Siapa lagi kalau bukan Yamaha dan TVS. Tapi yang paling terpuruk tentu saja TVS sebab pabrikan India ini memang tidak terlalu fokus di market tanah air…

Yup….pabrikan TVS pada bulan April hanya menjual 6 unit motor. Sementara di bulan Mei sedikit terkoreksi menjadi 3 unit motor. Walahhh iki dodolan motor opo jet tempur cak…. mosok secara nasional cuma 3 unit, ediann tenan. Memang tidak mengejutkan mengingat TVS saat ini sebagian besar mengandalkan market ekspor ketimbang lokal. Dengan sodoran data diatas bisa dipastikan bahwa Mei merupakan titik terendah penjualan motor roda dua di tanah air. Dengan melonggarnya PSBB menuju transisi diharapkan pada bulan Juni penjualan motor akan kembali berdenyut….semangatttt (iwb)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

45 COMMENTS

  1. Ibarat balapan motoGP, kemenangan tim suzuki diluar kebiasaan ini pas lg kondisi super wet race.. yg jago lintasan basah bs survive dan menang.. hehehe

      • Woowww selamat, inilah yang gua suka..ada kejutan 😂
        Moga dibulan bulan berikutnya selalu moncer ,karena tempat yang layak dipos 2 harus draih.

  2. Wkwkwkwkwk mau ngakak. Emang sih unggul cuma tetep kalo ditotal jualan suzuki tetep ngampas dibanding yg lain. Bisa aja ne yg punya warung dagelannya

  3. Data AISI kan data distribusi, jadi wajar aja sih kalau Honda diposisi 2. Soalnya ada beberapa type yang dari sebelum puasa barangnya sudah kosong tidak ada pengiriman. Contohnya Vario 150, PC 150, ADV 150 sama warna tertentu untuk Vario 125, Beat, sama Scoopy juga tidak ada pengiriman ke dealer. Mungkin efek pandemi aktifitas produksi dan distribusi jadi terkendala.

  4. Wajar lah soalnya selain permintaan berkurang karena stabilitas ekonomi terganggu, juga hampir seluruh manufacturing kendaraan pada tutup karena PSBB

  5. Honda tanpa kredit bisa apa.
    Buat Yamaha selama Desain produk masih buruk mana mungkin dibeli, penggemar lo waras, kaga bakalan menggelontorkan dana cuma-cuma demi sebuah kepanatikan.

  6. Penjualan motor di Mei 2020 via AISI yang sebesar 1.390 unit tersebut terbagi atas 5 pabrikan dimana Honda memperloleh 443 unit unit, Yamaha tidak diketahui, Kawasaki 398 unit, Suzuki pimpin penjualan motor dengan raihan angka 546 unit dan terakhir pabrikan asal India, TVS yang mencatatkan 3 unit.

  7. padahal yamaha masih bisa jualan 10rb motor…..makanya ga disebutin angkanya…..yah suka suka yg punya warung ajalah kwkwkwkwkwk
    maklum dia kan nganuuu

  8. Masih akan tetap sulit kang, banyak dealer berganti fungsi, ada yg jadi benelli, ada yg jadi bank, respon terlambat dari suzuki, belum akan berhasil.

  9. Cak Iwan, kiat2 Suzuki iso ngono piye?padahal yak dilogika kudune tetep sak ngisor e Honda-Yamaha..realita ne malah bedo..iki pencapaian yang jempolan..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here