iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…dalam beberapa hari terakhir kencang bereda berita bahwa Pertamina memiliki wacana untuk menghapus BBM Premium dan Pertalite. Semua media besar membahas perihal ini. Alasannya adalah, dengan emisi gas buang yang makin ketat dibutuhkan BBM yang ramah lingkungan. Emisi gas buang ini identik dengan nilai Oktan. Semakin rendah Oktan maka biasanya hasil pembakaran juga tidak seramah oktan tinggi. So…benarkah BBM Premium dan Pertalite berpotensi dihapus ?

Dalam beberapa hari terakhir beredar informasi yang cukup kencang bahwa Pertamina akan menghapus dua jebis BBM yakni Premium dan Pertalite. Berita ini IWB pantau secara seksama cak. Kenapa ? maklum pakde, biker masih demen dengan Pertalite karena diangap lebih miring ketimbang Pertamax. Selain itu dengan oktan 90 dipandang cocok buat mesin yang sedikit “sepuh”. Nah lahirnya wacana ini tentu menyita perhatian IWB. Pertanyaannya…benarkah Premium dan Pertalite akan dihapus ?

Sebelum membahas secara detil, ternyata biang lahirnya opini ini berkat jawaban yang dilontarkan Direkur Utama Pertamina, Nicke Widyawati atas pertanyaan Webinar Rakyat Merdeka. Pertanyaannya adalah….apakah Pertamina akan melakukan penghapusan Premium, Solar dan Pertalite yang dinilai tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) Np 20 Tahun 2017 ?

iklan iwb

Jawaban yang dikemukakan adalah…penyederhanaan produk di mana sesuai regulasi Pemerintah dan kesepakatan dunia tentang lingkungan, seluruh negara harus berupaya menjaga ambang batas emisi karbon dan polusi udara dengan standar BBM minimal RON 91 dan CN minimal 51. Penyebutan ambang batas RON 91 inilah yang membuat opini berkembang Pertamina akan menghapus BBM RON 88 dan 90 yakni Premium dan Pertalite. Benarkah demikian ?

“Ibu Nicke tidak pernah berbicara soal mau menghapuskan. Tidak ada kalimat bahwa bu dirut akan menghapuskan. Bu dirut hanya mengatakan bahwa memang ada aturan dari KLHK dengan pengendalian polusi udara, emisi dan sebagainya. Tapi kita sekarang ada beberapa jenis BBM yang belum sesuai dengan itu. Jadi sesuai ketentuan itu, Pertamina akan memprioritaskan produk-produk yang ramah lingkungan….

” Apalagi tentu juga kita telah merasakan di masa PSBB langit lebih biru dan udara lebih baik. Untuk itu, kita akan teruskan program yang mendorong masyarakat untuk menggunakan BBM yang ramah lingkungan dan mendorong produk yang lebih bagus..…” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman. Artinya Pertamina masih menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium sebagaimana penugasan yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014….

Last…dari pernyataan diatas bisa kita simpulkan bahwa Pertamina masih tetap akan memasarkan BBM Premiun dan Pertalite karena mengikuti Perpress no 43 tahun 2018 sebagai BBM penugasan. Namun bukannya harga mati karena menurut informasinya Pertamina sedang berkoordinasi dengan pemerintah untuk menyederhanakan produk. “Kita akan simplikasi produk, karena jumlah produk ini nanti akan memudahkan distribusi dan dengan harga yang lebih affordable..” seru direktur Pertamina Nicke seperti dilansir Detik. Hhmm jadi memang masih ngambang cak. So BBM Premium dan Pertalite berpotensi dihapus ? kita lihat saja perkembangannya dimasa depan cak….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!