iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Gileeee cakkk….IWB langsung ngilu melihat kiriman foto leher cak Yudhi yang nyaris celaka gara-gara benang layangan. Kejadian nyata yang baru saja doi alami memberikan konfirmasi betapa berbahayanya benang layangan. ” Bersyukur saya masih keburu ngerem sehingga tidak sampai terluka parah. Benangnya tajam banget…” serunya ke IWB. Duhhh koq serem yo cak….

IWB nggak nyangka cak, benang layangan benar-benar memberikan ancaman serius buat para bikers yang melintas. Kejadian nyata ini dialami cak Yudhi yang ngeshare pengalamannya secara khusus diwarung Iwanbanaran. Simak penuturannya berikut ini….

Siang bang Iwan. Salam kenal. Nama saya Yudhi pembaca setia blog bang iwan. Tolong share informasi untuk saling mengingatkan demi keamanan bersama. Agar jangan main layangan di sembarang tempat. Hari ini saya naik motor….tiba-tiba leher tersangkut benang…bersyukur saya masih keburu ngerem sehingga tidak sampai terluka parah…orang di bekakang saya juga ada yg kena…sampai terjatuh….

iklan iwb
Kondisi leher cak Yudhi, ngilu cakkk

Posisi TKP di jalan raya dekat Sunter danau, Jakarta utara. Semoga bisa mengingatkan kembali agar lebih berhati2 dalam berkendara…berdoa dan memakai perlengkapan berkendara yang lengkap. Juga agar tidak main layangan di sembarang tempat. Ditempat-tempat yang ramai atau di jalanan

– Yudhi/pembaca warung IWB-

Dan setelah IWB intip….alaamakkk koq sampe kayak gitu. Terlihat leher tercabik rapi seperti disayat. Benang tersebut benar-benar tajam cak…asyemm ngilu tenan pakde. Luka ini didapatkan dengan kondisi badan memakai full protector. Bayangin kalau nggak cak…” Pakai helm dan pakai masker. Ngeri banget bang. Untung rem…kalau engga bisa robek leher bang…benang tajem banget. Mungkin lebih baik buat masukan bagi para rider…pake masker yang panjang…yang melindungi sampai ke leher. Saling mengingatkan aja…kasian kalau sampai ada orang lain yang kena juga…” serunya…

Dilalah tidak butuh lama ketika IWB juga mendapatkan sharing lain perihal benang layangan. Bedanya jika cak Yudhi masih selamat. Namun tidak dengan korban di Solo. Seorang biker tewas dengan leher tergorok benang layangan viral di FB. Korban bernama Johannes Budi S berusia 21 tahun. Gileeeeee….iki sih wisss super danger cak. Kudu ada tindakan tegas buat mereka yang main layangan dekat jalanan. Ini sudah serius pakde…..harus betul-betul awas sampeyan semua kalau berkendara dijalanan..

Last…hati-hati dengan benang layangan “pencabut nyawa”. IWB sarankan buat sampeyan semua untuk selalu mengenakan slayer tebal menutupi leher disamping masker dan helm ketika berkendara dijalanan. Sebab benang layangan datangnya tak terduga cak. Jujur baru beberapa minggu lalu IWB juga sempat dibuat terkejut sebab ada layangan lengkap dengan benangnya nyantol dikendaraan IWB. Untung IWB saat itu sedang nunggang Carli J Pajero. Dan tahu nggak sampeyan, setelah nyampe rumah dan cek kondisi mobil….cover variasi acrylic serta kap luka cukup dalam memanjang hingga atap atas. Bukti benang yang digunakan untuk layangan sangat tajam. Selalu berhati-hati dan waspada cak….serem tenan ki asli (iwb)

Kondisi Carli J pasca kena benang layangan

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

72 COMMENTS

  1. Pernah kena juga.. tapi untung jalan pelan.reflek langsung tangan kiri kedepan .pecat d leher sedikit d lengan lumayan banyak. Itu kalo pengendara cewe yg kena saya yakin bakalan jatoh dari motor

      • Tuh..pake mocil aj dah disayat, gimana kalo pake 4 cylinder cak πŸ˜‚ langsung putus deh leher

    • Main layangan jangan di tempat sembarang dan di pinggir jalan raya..
      Nah kalau mainnya sudah di lapangan pinggir desa misalnya, trus layangannya putus, terus terbang tak tentu arah, turunnya nyangsang di pohon pinggir jalan dengan benang gelasannya melambai-lambai di jalanan..lak yoh podo ae..
      Mending dilarang saja sekalian itu main layangannya..

    • dulu juga pernah kena benang gelasan layangan. untungnya waktu itu tahun 90 an, masih jaman helm cakil, jadi benangnya nyangkut di bagian cakil helm dan putus duluan, jadi gak sampai kena leher.
      tapi lumayan deg-degan pas berhenti dan lihat ada bekas benang gelasan di helm, langsung bersyukur berkali kali karena masih dikasih selamat.

      padahal waktu itu lagi kenceng jalannya (maklum jaman masih pakai motor 2 tak 133 cc), tapi mungkin karena kenceng itu jadi benang nya yg kalah duluan.

  2. Dulu di tahun 2000-an karena banyak korban benang gilasan sehingga pemerintah membuat aturan bahwa siapa saja yg membuat benang gilasan akan dipidana dgn hukuman penjara

    • Makanya …dimotogp rider2nya pada nunduk karena takut kena benang gelasan πŸ˜‚
      Jadi jangan diledekin kalo bawa motor kecil gayanya udah nunduk ala marques ,karena d8a kudu selamat dari benang gelasan πŸ˜‚

    • Heran deh Simi sama hukum di negri ini, masak pelaku kasus penyiraman air keras kepada Bapak Novel Baswedan hanya dijatuhi hukuman 1 tahun penjara, alasannya karena penyiraman dilakukan dengan tidak sengaja.
      WTF…. Asli kesel banget deh Simi waktu baca beritanya kak.

    • Persis kejadian di tempat sy lek….
      Di gang kecil anak sekolah naik motor kena senar lehernya dan anaknya sampai jatuh
      Ngeri pokoknya lek …

  3. Apalagi kan ada layangan yang pakek benang yang tajem, yang biasa aja udah tajem lek apalagi itu dan biasanya pemotor kalahnya dia kenceng kalau pemotor kan gak kelihatan,dan kalau kena apa enggak 😫

    • Kasih winshield biar rada aman , kalau perlu kayak vespa punya..yang tinggi sampe kekepala πŸ˜‚

  4. betul cak saya kemaren kena juga pas lagi jalan sama istri, pada saat itu saya sama istri boncengan dan sempat ngobrolin soal anak2 kecil main layangan di pinggir jalan komplek ehh tiba2 ada benang layangan memalang tepat di tengah jalan…sontak saya kaget dan berhenti buat nyingkirin benang nya…

  5. pengalaman pribadi kang, posisi depan rumah jalan raya juga sering ada kejadian kayak gitu, apalagi pas musim angin banyak anak-2 main layangan. sering putus larinya ke jalan raya, emang bahaya tuh kang benang layangan kalo kena leher .. serem kang …

    • Rider pigson melaju tertimpa patahan dahan kering yang jatuh, pas nancep leher. Karena fatal sang rider meninggal di lokasi.
      Kemuliaan beliou di hadapan Tuhan yang maha kuasa.

      • Daripada primitip mending arogan brorr…… Mo maen speed power or loud muffler… Monggo…..
        Sipjospold

    • Paling tidak ini infonya langsung sampai ke kita-kita yang motor bike anthusiast. Jadi langsung bisa mulai berhati-hati setelah membaca artikel ini. Indahnya berbagi & saling mengingatkan.

    • ” Layangkan surat ” pake benang lagi deh πŸ˜‚ kalau bisa di ” paket ” biar kaga melayang..jika melayang ,tar ujung amplopnya kena mata pulak πŸ˜‚

  6. Playing or flying kites is permainan whoch is yang menyatu dengan alam. Sangat baik buat anak-anak. Needing adequate skill. Sayanggg…………. tanah lapang pada hilang. Vanishing ditelan the perumahans. Tje pemerintah lebih memohak ke bisnis pengembamg. Money-eued bingitz dehhhh, so dyancyukkk either developer or governer. Ain’t have no heart for children

  7. Pernah juga kena.untung benang biasa tanpa pecahan gelas, dan sempat ngerem…waktu itu anak2 kecil sengaja pasang dijalan. Di omel2in emak sampai hampir nangis

  8. Dl teman saya d pontianak jadi korban benang layangan maz iwan,, bukan lagi segaris leher, tp sampai k tulang leher, benangnya masih nyangkut d leher, darah uda kyk habis mndi keluarnya,, dan mash bnyk lagi korban benang layangan…
    Kalo d kampung saya, main nya d tanah lapang dekat hutan,, jadi benang kemungkinan kecil bahkan tidak pernah ada yg jadi korban akibat benang layangan,, tapi susah juga kalo para oknum tidak memperdulikan keselamatan orang lain, ga anak kecil, tua muda juga ikutan main..
    Miris bngt,, semoga tidak ada lg yg jadi korban akibat benang layangan..

    • Pendidikan itu dimulai dari Rumah.
      Jika d rumah ortu cuek dan tiada memberikan pelajaran dan pemahaman…maka sianak tiada cerdas2nya kayak Ortunya πŸ˜‚ tumbuhnya pola pikir cerdas sedari kecil berasal dari rumah.

  9. Kasihan…..
    Kasihan anak-anak tidak punya tempat main layang-layang seperti dulu kala.
    Akhir 70s & awal 80-an adalah ujung hidup alami sekaligus awal penggenjotan pembangunan fisik

    • Yang jadi masalah bukan tempat bermainnya, tapi benangnya, coba kalo mainnya tetep di jalan tapi pake benang katun biasa ya aman aman aja

  10. Bikin layangan online/virtual kan bisa cung maen lewat gawai di dalam kamar gak kepanasan ga ganggu orang.

    • Betul ,kasi kipas atau Ac dan sianak2 tsb semakin betah jadi anak ‘ rumahan ‘ saatnya aktifitii di luar langsung alergi dan gaya hidup dah kek cewe .
      Ujung2nya indo melahirkan generasi2 yang sudah bejibun dengan generasi ” melambai ” πŸ˜‚

  11. Saya jg pernah kena kang, kondisi benang gelasan masuk ke kolong kaca helm.
    Ane emang pake fullface tp salahnya kaca dibuka jadi gelasannya masuk alhasil batang hidung sama kelopak mata lecet ngegaris kaya yg difoto (alhamdulillahnya langsung nutup mata pas ada gelasan n bisa ngerem sampe berhenti).
    Sebenarnya yg buat bahaya nya itu bukan pas lagi ada bocil main layangan toh pasti bikin kita makin aware soalnya ada yg main layangan, tp ada layangan yg kalah n gelasan atau senarnya masih nempel n melintang d jalan.

    • Iya juga sih mas , tapi kalau Roti yang melintang dijalanan dah pasti jadi tempat kerumunan πŸ˜‚

  12. Layang layang yang ku sayang
    Layang layang yang ku sayang
    Jauh tinggi sekali melayang layang
    Layang layang benang panjang
    Layang layang benang panjang
    Ku tarik kencang sekali putus di tangan
    Layang layang layang layang yang ku sayang
    Jauh tinggi melayang akhirnya jatuh di hutan
    Benang panjang benang panjang ikut melayang
    Hancur lebur berantakan karena datangnya hujan

      • Nahhh…. Naik moto aman dari benang layangan adalah saat turun hujan. Tapi aspal licin. Tep kudu awareness

    • Layangan kudu dilestarikan. Sarat kearifan local soale. Anak-anak pendiri google pun gak boleh pegang getjret. Mereka tetap ngasih permainan tradisional, misalnya saja, Lepetan, cublak-cublak suweng, jethungan, gobak sodor, trus engkling yg pake kreweng, dolanan egrang…. Dolanan dakon… Dan seabreg lagi. Itu melibatkan otot, kreatifitas & rasa solidaritas sejak dini, sesuai tumbuh kembang anak2. Juga ada kompetisi.
      Tapi apa sekarang yang terjadi?

    • Kuambil bulu sebatang
      Dari tempat yang terlarang
      Kupintal dan kusambung jadi benang
      Buat main layang-layang

  13. dulu pernah kena juga, untung jalan pelan. reflek tangan kiri langsung ke depan. baret d leher sedikit,d lengan tangan banyak. kalo yg kena biker cewe kemungkinan bisa ndlosor. kalo pas kenceng bisa parah & mungkin bisa meninggal kaya itu.

  14. Penciptaan layangan dan motor beserta jalan raya itu lebih dulu yg mana sih?
    Keduanya baik dan ada kekurangannya.
    Kusnudzon dari kedua pihak
    Seperti berita hari ini, di jl. Imogiri barusan mobil pecah ban dan nabrak rumah cukup parah. Kemarin ada juga truk nabrak rumah. Ada polisi disinyalir habis minum alkohol nyetir mobil crash kena rumah, seorang nenek di dalam jadi korban.
    Kecelakaan bisa dimana saja. Di tempat kerja n di dapur juga.

    • Betul , semua harus dikondisikan . Tak perlu menyalahkan. Tapi kalau ada yang gak bisa makan… Nah perlu ada yang disalahkan. πŸ˜‚

  15. Saya juga pernah ngalamin, untung benang nyangkut di headlamp motor aja, g smpe kena leher.. Tapi ttp aja bikin mau jatuh..

  16. Ngerii emang liat video yg rider ninja itu leher amp mau putus mas.. benang gelasan hrsny jgn djual bebas..semoga kita semua selalu selamat dlm perjalanan Aamiin..

    • Makanya motor sport itu stangnya kudu Racy..kaga dangak πŸ˜‚ supaya nunduk dagu nempel di tanki jangankan benang kena debi juga kelilipan.

  17. Minggu lalu saya juga kena cak. Untungnya yang kena spion saya. Plastik cover spion robek, sama rangka besi nya juga sedikit keiris.

  18. Makanya saya selalu pake jaket sampe leher atau protektor leher lainnya. Bahaya banget, daerah sendiri aman tapi daerah lain belum tentu.

  19. Baru kemarin pas berangkat kerja masuk area perumahannya, ada benang layangan melintang, ketauan sm kurir paket dr arah berlawanan. Alhamdulillah msh selamat. Dulu waktu msh banyak tanah lapang, jarang ada kasus begitu, krn layangan putus nyangkutnya jg ga jauh dr tanah lapang atau pohon2. Skrg tanah lapang udh sedikit, bocah jd main sembarangan di mana aja. Para orang tua dan warga harus saling mengingatkan. Ga perlu lapor polisi beginian mah, polisi indo mana mau ngurusin layangan, kesadaran masyarakat aja.

  20. Parah emang. Ngilu euy lihat foto di atas. Di lain sisi, anak2 kehilangan lahan bermain juga sih. Saya udah 2x ngalamin internet trouble gara2 layangan nyangkut di kabelnya. Bukan apa2, selain kerjaan sy terganggu(ini masih bisa sih dibackup pake wifi hp), kasihan mas2nya yg dateng jauh2 panas2 buat benerin kabel putus gara2 begituan. Selain itu, gak jarang setelah pulang dari riding, voila! Dapet bonus benang layangan nyangkut ruwet di roda n gear belakang

  21. Aku juga pernah kenak bg, waktu itu naik motor dan hasil nya sama kap depan motor rusak baret garis dalam persis di mobil seperti di mobil sampeyan, lokasi medan, tolong viral kan karna ini sangat bahaya

  22. Bener cak tangan saya pernah kena waktu naik motor padahal pakai sarung tangan bisa tembus sampe berdarah darah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here