iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..cukup menarik ketika IWB coba komparasi power kedua produk satu pabrikan yang memiliki kubikasi berbeda. Satunya 400cc dua silinder dan satunya adalah 250cc 4 silinder. Adu power on wheels Kawasaki Ninja ZX25R vs Ninja 400 by Akrapovic dengan hasil yang cukup mengejutkan. Berapa kira-kira hasilnya ? simak detilnya dibawah ini…

IWB sengaja langsung melakukan komparasi dengan Ninja 400 sebab ketika IWB lakukan perbandingan dengan mesin 250 cc Kawasaki Ninja ZX 25R terlalu Superior. Dan pada artikel ini agar adil tentunya IWB mengambil data komparasi berdasarkan testing Akrapovic seperti hasil Ninja ZX25R. Dengan mesin yang sama….kondisi yang sama pula di sini kita mendapatkan gambaran berapa perbedaan ledakan tenaga antara mesin 250cc melawan 400cc beda konfigurasi tersebut. Berapa hasilnya ?

Dari data yang dishare Akrapovic untuk Ninja 400 memiliki Power on wheels maksimum sebesar 45 HP pada 9650 RPM. Kemudian untuk torsi maksimal mencapai 36,6 nm pada 8050 RPM. Dari sini bisa kita pastikan bahwa motor ini ternyata memiliki power standar yang tidak terlalu jauh dibandingkan dengan Kawasaki ZX25R. Dengan metode pengukuran dan mesin yang sama seperti yang kita tahu Ninja ZX25R mampu meledakkan tenaga hingga 42 HP. Wowww hanya beda 3HP cak…

Tapi perbedaan signifikan karakter kedua mesin ini tentu saja adalah akselerasi. Kawasaki Ninja 400 dengan kapasitas engine yang jauh lebih besar yakni 400 cc konfigurasi 2 silinder membuat motor ini mampu mengail pada RPM yang jauh lebih rendah yakni di Kisaran 9650 RPM untuk meraih 45 horsepower. Sementara Kawasaki Ninja ZX 25R membutuhkan kailan RPM yang cukup tinggi yakni di Kisaran 15.350 RPM. Begitupun dengan torsi. Walaupun tenaga atas Ninja ZX25R mampu nempel cukup dekat Kawasaki Ninja 400, namun hasil berbeda jauh dengan torsi…

Yup…. maksimal torque Kawasaki Ninja 400 mencapai 36,6 nm pada 8050 RPM. Coba sampeyan bandingkan dengan ninja ZX25R yang berada di Kisaran 20,8 nm pada 12.700 RPM. Jauh cak…spontannya cukup jauh. Tidak ada yang bisa menggantikan diplacement yang besar plus inline dua yang berkitir lebih ringan….tentu saja kondisi ini tidak bisa dibantah. Namun ketika mesin 4 silinder bangun….tidak ada yang juga bisa membantah bahwa 2 silinder bukan lawan soal power. Dengan kepastian bahwa ledakan tenaga mesin 250cc Kawasaki ini mampu nempel ketat motor yang notabene memiliki kapasitas mesin 400 cc jelas ini sebuah performa yang cicak bin kadal tenan…

Last….ini hanyalah sekedar data diatas kertas. Sementara ketika dilapangan bobot motor akan memberikan pengaruh signifikan terhadap performa asli nanti. Tapi suka atau tidak bisa kita pastikan bahwa Ninja ZX25R bukanlah lawan mesin dua silinder 250cc untuk performa atas. Tentu saja mesin 4-silinder juga memiliki sedikit kelemahan dari sisi torsi. Itu sudah wajar karena secara teknis pun pasti demikian. Namun IWB yakin para biker yang membidik motor ini tidak hanya sekedar mengejar spesifikasi namun suara 4 silinder yang IMHO menjadi daya tarik terbesar disegmen ini. Nah….sekarang sampeyan bisa bisa bayangin kan power on wheels ZX25R?? monggo berikan opininya cak….(iwb)

Kawasaki ZX25R power on wheels

 

Kawasaki Ninja 400 Power on wheels

 

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

62 COMMENTS

      • Selagi masih dibawah 200 kmh by Gps…artinya 250RR gua ysng 38 koma HP masih bisa jabanin cak .
        Kelebihan +- 80 jt buat beli suara saja , sama tarik2an buat salip2 rombongan truk 😂

      • para mbing mulai kebakaran jenggot ngoahahaha motor masterpisnya yang hora payu siap2 jadi ampass ekekeke

    • yg cuma ngejar suara ga usah beli motor ini …
      beli aja r25 kasih speaker suara moge …. itung2 naekin penjualan Y …. hemat pula

      • Yg di bahas Kawasaki..

        Kacung H..kok panas ..
        CBR 250 RR hasil dyno cuma 31 Hp,, yg nulis 38 Pede x….
        R25 , 28,86 Hp…. Pantas Masi bisa beri perlawanan di balapan resmi,, Masi bisa juara di beberapa seri..
        ( Kawasaki perna juara , terus Yamaha juara , baru sejak CBR 250 RR Honda juara)

        Sedangkan zx25 R .. 42 Hp.. lubilang jual suara 🤣🤣.. Panik x

      • +++
        para kachung memang tidak ada yang waras kayanya juga cuma akun klonengannya tak ada yang bisa ngoahahaha
        Rongsok 35ps
        tak ada yang bisa
        jonySIr
        thailancung
        vamp irOli
        somplak again

      • @rongsok 35ps ,, pastiin motor Ceboker RR-R lu nggak protol di conrod,, malu lah, motor kelas wahid kualitas ampas

        Kan tulul
        Wekekekek

      • Ceboker 250 rr makin banyak digudang , diskon 3 juta gak kebeli,

        Yang beli bukan kaum FBH , tp yang FBH cuma bisa ngridit Revo

        Wkkwkwk

      • Udah lah, ga usah nge troll. Kalau beneran lu punya motor yang lu sebut, dan lu selalu bangga banggain motor lu, artinya lu ga mampu beli ZX.
        Lu jangan ngumbar ketidakmampuan lu sendiri.

        Orang waras mana sih yang ga mau upgrade dari 2 silinder ke 4 silinder.

        Udah beda kelas punya lu sama ZX. Terima aja. Harganya aja bisa 2 kalinya. Lu tahu diri lah.
        Lu perlu naek jabatan atau;
        Lu perlu ningkatin revenue bisnis lu.

        Ga usah bangga banggain juga tembus sana tembus sini lah. Ga ada yang peduli.
        Lu malah malu maluin yang punya RR yang lain.

      • 2 cylinder jadul… Model cbr membosankan… Jd culun gt klo make…tajemnya terlalu lebay…😅😂

      • Pas awal launching, waaw ini keren ( cbr 250rr ) pas setahun pake?
        Anjir cepet bosen wkwkk..jual dah

    • Jangan pamer kebodohan lah. Malu.

      Bukan masalah nyali. Ini masalah kelas.

      Terima aja, 2 silinder inline sama 4 silinder inline (dengan cc yang sama) itu dah beda kelas, harganya juga beda jauh.
      Ga pantes disama-samain.

      Banyakin baca jangan banyakin bacot.
      Kalibrasi ulang logika lu.

  1. ekekek

    jd inget cebokere 500 udah offside 200 cc masih ditabok bolak balik sama R3 dan ninja …

    apalagi yg kelas 250 ..ngakunya cebokere pakai 250 ehhh ternyata 300 …

    apalagi itu dah mewek minta r25 disunat

    BHahAhah

  2. Kini para pansboy honda lagi halusinasi untuk produk ceboker 250rr-rr-r

    Udah dari zaman cb150r FBH itu pada halu sama produknya,,
    Wajar sih orangnya pemikiranya standart dibawah rata2

  3. kok tiba” Haters Honda rajin Ngetik wkwkwk

    yg d bahas apa tiba” bahas CBR, lalu bawa” masalah recall cbr1000rrr yg cuma Preventif maintenance dan blom terjadi kasusnya. Lucu ih hatersnya. ketahuan gobloknya wkwkwk

    • Kritik juga yang goblok bandingin, sama samain RR sama ZX. 2 inline dan 4 inline dah beda kelas, jangan ngerecokin lapak orang. Malu maluin.

  4. Kalo saya pribadi mengetahui Power dan torsi zx25R sudah Cukup cak…

    Ga perlu Yg gede bgt toh jg di indonesia Jarang bisa buat kenceng

    Paling juga lari rata” 80 km/h skrg

    Yang menjadi Poin Penting buat meminang ZX25r itu ya Apalagi kalo bukan 4 Cylindernya

    😁😁😁

  5. berita ini bagai pedang bermata dua bagi kawasaki, bernilai positif untuk di tanah air karena membuktikan dengan membeli zx25r bisa mendapatkan performa yg nyaris sama dengan motor 400cc, sebalik nya negatif untuk calon pembeli di luar negri, karena zx25r masih kalah tipis dibanding ninja 400, yg notabene adalah ninja termuraah di lkuar negri…lalu bagaimana menjustifikasi harga zx25r yg katanya bakalan diatas ninja 650? akan kah zx25r tdk laku diluar negri? laku lah tp terbatas kalangan kolektor menurut alu sih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here