iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….akhirnya terbongkar juga power on wheels Kawasaki Ninja ZX25R. Sebuah motor 250cc 4 silinder yang sempat dites secara internal oleh Kawasaki di Sentul beberapa hari lalu. Dan sampeyan akan terkejut karena power pengukuran dari roda ini menghasilkan ledakan tenaga yang amsyong gede banget untuk ukuran mesin 250cc. Emang berapa ? berikut data yang dirilis oleh Akrapovic……

Seperti yang sampeyan semua tahu Kawasaki bekerjasama dengan Yoshimura untuk mengembangkan knalpot khusus bagi Ninja ZX25R. Knalpot yang digunakan oleh mereka untuk turun dalam pengetesan di Sirkuit Sentul tersebut menyisakan rasa penasaran yang cukup besar….piro sih power motor ini ? dilalah rasa penasaran sampeyan akan segera terjawab. Produsen knalpot kondang Akrapovic sedang melakukan riset terhadap Ninja ZX25R. Data sahih yang dirilis oleh Akrapovic perihal power on wheels dari mesin 4 silinder Kawasaki ini bocor dan membuat kita akhirnya mampu meraba berapa power secara keseluruhan. Berapa ?

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
” Power on wheels ZX25R….”

Dari data yang dirilis oleh Akrapovic, bisa kita lihat ledakan power maksimum yang dihasilkan oleh Kawasaki Ninja ZX25R dari pengukuran roda menghasilkan tenaga hingga 42 HP pada 15,350 RPM dengan torsi mencapai 20,8 nm pada 12,700 RPM. Lhooo….koq cuma segini ? Eittt Tunggu dulu cak ini pengukuran power dari roda bukan crank. Artinya hasil ini setelah motor digeber di atas mesin Dyno. Dan jika kita mengacu dari beberapa motor yang sudah beredar, pengukuran on Wheels pasti jauh lebih kecil dibandingkan dengan crank…

Power on crank ini biasanya digunakan pabrikan untuk mencetak spesifikasi data di brosur. Sebagai contoh adalah Yamaha R25 yang di klaim pabrikan memiliki power crank mencapai 36PS. Namun dari hasil pengukuran rata-rata on wheels standar biasanya mendapatkan Power sekitar 26 hingga 27HP. Sementara untuk Honda CBR250RR yang diklaim memiliki power 38 PS…. pengukuran di atas mesin Dyno biasanya berkisar di angka hingga 30-32 HP (tiap mesin dyno memiliki kalibrasi berbeda walau tipis). Itu sudah jamak karena pengukuran roda tidak akan sebesar on crank akibat terbuangnya tenaga ke rantai, gear, velg hingga ban….

” Hanya sebagai gambaran power on wheels CBR250RR dan R25 by dynojet….”

Makanya dengan data yang dirilis oleh akrapovic bahwa Kawasaki Ninja Ninja ZX25R di Kisaran 42 HP dan torsi 20,8 nm secara standar, menunjukkan bahwa motor ini memang kenthir tenan soal power. Sebab jka kita kalkulasi kasar secara umum penurunan antara Power on Wheels vs Power on crank, ini artinya potensi Kawasaki Ninja ZX 25r mendekati on crank kisaran 50 PS Sepertinya bakal terkabul. Asli cak…bakal seruuuu tenan kieee, kenthirrrr….

Last…. dari data yang dirilis oleh Akrapovic menunjukkan bahwa torsi Ninja ZX25R ternyata juga cukup baik alias tidak selemot yang kita kira. Dengan angka di kisaran 20,8 nm ini berarti torsi on wheels dari Kawasaki Ninja ZX25R setara dengan mesin dua silinder Honda CBR250RR Sport + riding mode. Bahkan dari beberapa pengetesan lain torsi Honda CBR250RR ataupun R25 hanya berada di Kisaran 18,5 Nm (intip komparasi hasil dynojet dibawah). So…power on wheels 42HP dan torsi 20.8NM on wheels Ninja ZX25R ? taruhan sandal swallow prediksi IWB motor ini on crank tembus 50PS, monggo berikan prediksi sampeyan…bubarrr celengannn !! (iwb)

Akrapovic ZX25R

Sound Test ZX25R Standart vs Akrapovic

ZX25R Sentul Internal Test

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!