iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……seperti yang sampeyan semua tahu, AHM resmi meluncurkan generasi terbaru Vario series 2020. Generasi yang sudah IWB beberkan bahwa generasi ini bukanlah major facelift alias penyegeran semata. Dilalah keputusan ini banyak menimbulkan pertanyaan, terus kalau Honda Vario series 2020 hanya refreshment color…kapan versi 4 katupnya dong ?? inilah analisa IWB…!!!

Honda Vario sebelum data AISI ditutup merupakan motor terlaris dikelas 125cc dan ditopang dengan versi 150cc. Gabungan kedua varian ini memang sanggup menyumbang penjualan cukup seram dikelas skutik. Intip saja data ditahun 2018. Data resmi AISI bulan Juni 2018 mencatatkan distribusi Vario 150 lima kali lipat dibandingkan dengan rival dekatnya Yamaha Aerox 155….

Dari data distribusi semester pertama 2018 bisa kita lihat Yamaha Aerox 155 konsisten di angka 10 hingga 15 ribuan. Yup?? pada bulan Juni 2018 Yamaha Aerox 155 terjual 7.518 unit. Angka ini turun dibandingkan dengan bulan Mei 2018 yang mencapai 12.119 unit. Sebenarnya jika kita mengamati lebih dalam performa distribusi dari skutik 150 cc Yamaha ini cukup baik. Lawong liburnya lumayan panjang cak?.hampir 10 hari lho saat itu. Kondisi serupa juga dialami Honda Vario 150 yang terjadi penurunan cukup signifikan?.

iklan iwb

Honda Vario 150 pada bulan Juni 2018 menorehkan angka distribusi sebanyak 33.696 unit. Angka ini jauh dari distribusi bulan Mei 2018 yang tembus 52.067 unit. Tapi jika kita bandingkan dengan Yamaha Aerox 155, skutik 150 cc honda ini ternyata nyaris tak tersentuh. Bedanya hampir 5 kali lipat. Nahhh itu data 2018. Kenapa IWB nggak memberikan contoh data distribusi atau penjualan terbaru ?

Sebab zonk cak, setelah itu data AISI ditutup. Data distribusi tidak lagi dishare kepublik sejak awal 2019, entah apa alasannya. Makanya IWB sering utarakan kesampeyan, jika ada yang mengklaim paling laris apalagi dari para fansboy bukan data resmi pabrikan, anggap saja seperti suara jangkrik ditengah hutan. Lhaaaa piyeee…..klaim ngarang koq didengerin. Kecuali official rilis pabrikan yang dikirim kemedia atau Blogger, itu pasti resmi dan akurat. Sebab pabrikan tidak mungkin meracik data fiktif….

Sayang, hingga saat ini hanya satu pabrikan yang masih suka merilis data penjualan. Itupun jarang banget. Sedang lainnya nihil….yah memang kebijakan masing-masing. Pertanyaannya…kenapa IWB membahas ini ? apa hubungannya dengan Vario 4 katup ? sangat berhubungan. Gini cak, sebuah pabrikan akan menganggap urgent jika kondisinya terdesak. Mereka akan melakukan langkah-langkah kongkret jika produknya tergencet tidak kompetitif dipasar. Sementara Vario series?? jauh dari kata itu…

Yup…urgensinya dipertanyakan, kenapa harus ganti 4 katup jika mesin sekarang aja laris manis? kira-kira demikian. Analisa ini selaras dengan pantauan serta terawangan IWB yang belum menemukan indikator kearah sana. Mungkin kita berharap engine basis SH125/150 Eropa akan menjadi mass production engine untuk skutik ditanah air. SOHC 4 katup dengan power yang memang sangat meyakinkan. Tapi berapa persen market yang membeli motor skutik dengan pertimbangan utama power ? mungkin nggak sampai 30 % …

Last….dari analisa pribadi, mesin 4 katup Vario masih cukup jauh. Sebab segmen dimarket ini sedikit berbeda. Segmen yang lebih menyukai skutik tangguh, friendly, nyaman, efisien dan irit serta harga jual kembalinya tinggi. Artinya power bukanlah utama. Justru IWB malah mencurigai gerak Honda disegmen diatasnya yang ditempati PCX 150. Segmen yang disinyalir menjadi PR terbesar Honda untuk menekan rival utamanya yakni NMAX155. Segmen yang menjadi tulang punggung pabrikan garputala, karena motor inilah yang menjadi kunci utama market Yamaha masih bisa nangkring diangka 19% nasional. So…mesin 4 katup Honda ? jangan ngarep dalam waktu dekat, AHM sik santuy puol cak soale…… (iwb)

Gambaran penjualan Vario 150 vs Aerox 155 semester satu 2018

2018 Vario 150 Aerox 155
Januari 37.840 16.587
Februari 30.109 9.569
Maret 25.999 14.027
April 45.289 12.119
Mei 52.067 10.005
Juni 33.696 7.518
TOTAL 225.000 69.825

79 COMMENTS

  1. Vario 150 vs Aerox 155…
    Beda kelas kawan…
    1 kelas sama Aerox 155 tu , Honda Air Blade 150… Ini sama Vario adehhh

    Ini seperti ngadu. Brio Satya LCGC vs Nissan March /Mirage atau ,Ignis… Memang sama” 1200 CC ,tapi beda kelas

      • Contoh simple …
        Sebelah dan lainnya dah gak kuat jualan 100an cc , H masih santuy bahkan 100an Cc nya meRAJAi.
        bayangkan…jualan 100an CC nya ( beat ) mampu menyamai jumlah jualan sebelah secara TOTAL ?
        Indikasi vario 4 klep tidak sepenuhnya nihil ,karena tahun depan bakal ada Vario Advance…setelah Pcx 4 klep hadir. Sebenarnya tahun depan akan sangat banyak hal2 menarik yang digelontorkan H ?

      • Dulu sempet koar2 klo Aerox itu Vario killer, giliran kalah ngeles klo Aerox itu bukan beda kelas sama Vario.

        Hahahaaa…

      • Dulu sempet koar2 klo Aerox itu Vario killer, giliran kalah ngeles klo Aerox itu bukan lawan Vario / beda kelas sama Vario.

        Hahahaaa?

      • DATA 2018 MASIH DIPAKE EKEKEKE 2020 UDAH KEBALIK MAKANNYA GENCAR BANGET BECENYA EEKEKE

      • DATA 2018 MASIH DIPAKE EKEKEKE 2020 UDAH KEBALIK MAKANNYA GENCAR BANGET BECENYA EEKEKE

      • berarti selama ini mbing cuma koar2 tanpa data bilang paling laku? ngoahahaha si cak aja cuma punya data 2018 muehehehe 2020 mungkin ms ngondah tinggal 20% josss cak

    • Isi artikel terlalu melebar kemana-mana kak, menurut Simi kurang relevan dengan judul artikelnya. Atau memang ada sesuatu yg lain nih, ehemmm…

      • Selama sebelah banyak yang mendem d gudang dan hanya bisa daur Ulang plus…jualan Total nya masih setara jualan Beat , maka H akan selalu Santuy ..namun untuk Pcx dan Vario Advance gebrakan tahun depan yang jitu ??

    • Cuma pake 4klep sblh jadi keliatan loyo…apalagi tambah vtec…ketinggalan 5kecamatan

  2. Honda saya akui selalu bikin produk yang ” Cukup ” bukan Advance. Cukup dalam arti pas utk stop n go performa harian, ketahanan, Perawatan, Efisiensi, harga part. Saya dirumah punya 3 merk jepang dg tahun yg tidak jauh berbeda. Honda & Suzuki yang punya ‘ Keandalan ‘ optimal saat penggunaan. Dan kalo vario 4 valve keluar, saya pasti beli. Karena matic paling jarang rewel ( kecuali ndredek-nya ) itu ya Vario saya hehe..

    • Tumben anggak ada statement “kalo Honda bikin mesin 157cc 4 katup sebelah mau jualan apa cak.”

    • Dear kanjeng penggemar sendal swallow yg budiman,

      untuk saat ini mesin yg anda idam2kan tsb baru memasuki tahap perancangan bentuk baut & sekrup nya aja pak,

      Dimohon bersabar dikit ya sobs, Ciaooo…

  3. Bilang ke ahm lek,, jgn sombong spt mio,, mereka ttp kekeh terkuat ketika beat lahir,, tp apa lambat laun,, nangis sendiri,, saya harap vario4 katup segera d racik,,

  4. Fansboy sama sales nya ngaku produk nya yang paling laris ??, ngimpi atau ngigau kurang sarapan lawong dari pabrikan yang produknya di jualin sama di Puja aja takut buka berapa angka pasti nya.
    Note: ini untuk semuanya.

  5. Aerox laku itu dulu cak.. sekarang bener2 anjlok penjualannya.. Saya jamin gak sampe 2 ribu unit/ bulan

    Vario 150 juga turun tapi masih di atas 15 ribu unit/ bulan

      • @alan,,,,,klo g bikin loe bully ,loe bilang pabrikan g bisa bikin mesin 4 katup…..
        giliran bikip 4 katup,loe menggonggong sana sini,takut tersaingi sesembahanmu kalah laris manis……kayak kasusnya mio sm vixion…..

      • Kasihan lu , lan….betul2 kasihan..

        4 klep..4 klep…penjualan 1/5 dari 2 klep..

        AKHIRNYA 4 KLEP, KELELEP..!!??????

  6. Dari bentuk Aerox pake Punuk dan harga beda jauh. Kayaknya beda segmen jni kang.
    Aerox pantesnya Airblade vs Skywave Vs Nouvo (jaman dulu).

    Skrg disamakan berdasarkan CC. Jadinya ntar Satria FU vs Vario haha…

    • Ane nggak setuju ama opini ente bro. Komparasi ttp masuk krn sama2 skuter 150cc dng range harga sama

      Klo satria vs vario bru mabuk tuh kyk ente blng

    • Betul, kue marketnya saling beririsan,,,pasti komparasinya kesono,,,kyk gue sblm bli aerox bandinginnya ama vario150

      • Yup sebenernya beda kelas… bukan 150cc dan 155cc tapi tipe nya…
        Tapi (lagi) karna disini matic 150cc dengan bentuk sporty itu cuma vario 150 dan aerox, ya banyak yg akan bandingin kalo mau beli (sebenernya gak usah terlalu lama banding2 ngin, bandingin dikit udah yakin, beli salah satu atau dua dua nya, masih ragu? Gak usah beli dulu)

    • Harga beda 500rb doang mz disini.. ane juga mikirnya mending aerox apa vario dan akhirnya milih aerox soalnya uda bosen dari dulu vario terus yg di garasi ane

    • @miko
      Lu mabok ya? Jangankan sesama skutik, xmax250 aja dibenturkan dengan sport250 dual dilinder oleh kanjeng m0m0k? Dan fine2 aja tuh, gak ada fb yg protez? Betoel?

  7. Kalo sekarang ya ga mungkin cak kan baru kemarin brojol Vario, kemungkinan facelift pada 2021 cak, secara Vario sudah 3 tahun masanya facelift

    • Alasan tidak beli vario :
      Slider piece gampang longgar dan bunyi kletek kletek saat gas di puntir setelah melambat sesaat (seperti kalo ada poldur) gas lagi buat lanjut jalan, bunyi deh kletek kletek

      Model terlalu pasaran (buat yg anti mainstream pasti ogah)

      Selara masing2

  8. Yg di untungkan adalah konsumen yg memilih teknologi paling advan, gak peduli motornya laris atau gak.

    Konsumen cerdas pilih value of money dengan teknologi terbaru.

    Mau honda n yamaha sama sama motor yg beda konsumen cerdas dan yg belum mengerti teknologi.

    Semoga honda hadir dengan gebrakan baru, teknologi baru, FBH udah bosen di kasih 2 klep

    • Mendarat itu di tanah aja pak,

      Kalo di air mah namanya menyemplung,

      Sedangkan sendal swallow kalo di air ngambang pak,

  9. Ya iyalah…
    Prinsip efisiensi pabrikan…
    Se urgent apa? Se darurat apa?
    Kalo memang masih banyak peminat nya, ya pabrikan juga gak akan buru2 ngeluarin yang baru

  10. trialnya tetap ke versi murahnya. trial produk ke kelas bawah. kalo gagal banyak yang tak faham. kemudian diperbaiki, dianggkat jadi new produk ke PCX.

    kalo begini carane bukan bodohi konsumen kan?

    • strategi menerapkan teknologi baru dari segmen bawah ke atas bukan honda bgt mz. itu seperti strateginya yamaha. berdasarkan yang lalu2 sih

  11. Analisa y masuk akal mas…kebiasaan honda pasti y mau paling depan bukan didepan klo didepan pasti y no 2 tpi klo pling depan pasti no 1..seperti pilosopi honda indonesia ada keyakinan yg diubah pasti pcx so dri teknologi ud kalah telak dari nmax klo penjualan y g tau siapa yg menang so pcx sekarang udah bayak juga di jalan sama byak ama nmax malah lebih kaya y

  12. Jadi kesimpulannya? Masih jauh vario 4 katub, 2 katub aja masih laris…gitu yo Lik?

  13. Untuk di samarinda Yang beli vario 150 125 mikir harga jual kembali itu cuman segelintir orang(ga tau kota lain). Kenapa saya tulis gini karena faktanya di showroom mokas jarang banget nemunya (kecuali saat pandemi ini di jual beli facebook). Yang banyak justru malah macam beat, scoopy.
    Demikian pula alasan kenapa orang ambil v125/150. Jujur karena desain cakep, irit, dek rata enak buat ngojol. La mau gaya ngambil desain cakep, kencang tapi boros kayak aerox ato nmax buat gaya? Gaya sih gaya tapi kebanyakan ngeluh boros. Silakan mau bilang hoax orang banyak ojol yg make aerox ama nmax sendri klo ketemu ngeluh boros.

    • ya iyalah dari segi power n teknologi aj beda, nmax n aerox power lbh gede drpd vario, trus vario cma 2 klep, vario tu cba lu gas poll, boros jga n tnaga,a kya ngeden, kyak nyndul* gtu.. msh enk aerox, wajar boros sesuai sma power mesin, n tngan smpean haha

  14. Vario yg sat ini irit dan mesinnya halus. Kalau vario pakai 4 katup, dual shock, jok empuk, lha merk sebelah mau jualan apa?

    • haaa.. mesin halus, srius lu,, yg halus tu hnya starter mesin,a pas nyala suara nya kasar n gredek*?,, xn hnya menang bc aj buat jtuhin Yamaha, scra teknlogi aj jauh,, yamaha bru pke sohc, lw ud dohc, iykwm.. lwan dohc suzuki dlu deh tu cbr150r, nyungsep..

  15. Utk kls vario..g usah aneh…
    Yg beli kbnyakan org dg mobilitas tinggi…yg penting desain ok fitu kepraktisan ok n spare part bejibun..
    Gredeg2 aja dlu di benerin..

  16. Yg utama dilihat itu desain lek..
    Harapn sy sebagai FBH…kususnya utk vario rider..
    1.vario facelift WAJIB rdb
    2.suspensi blkg (kalo bisa) pindah posisi jadi center monoshock.. Jangan side monoshock.

    Itu saja.

  17. Gue mantan pengguna vario beralih ke aerox, ada plus minusnya. Tp yg paling mengganggu di Honda adalah harga sparepart yg tinggi dan inden lama kalau yg tinggalnya di daerah, cvt sering bunyi sek-sek, mekanik Beres sering salah pasang part tidak memperhatikan kode. Selama setahun pakai aerox Alhamdulillah tidak pernah ganti part (bearing dll.) s.d. km 16000 cuma pernah ganti busi dan filter saringan udara. Dulu pakai honda km 15000 sudah ganti bearing pulley belakang 2 kali, komstir, silde piece.

  18. Bak luka yang ditetesi perasan jeruk nipis… periihh… senut senut… aucchh…

  19. Kebiasaan H itu fitur baru akan masuk di segmen atasnya dulu baru diwariskan ke bawah seperti ACG dan ISS yang mulai di Vario series turun ke Beat series. Jadi mari kita tunggu next PCX 157 atau Forza 157?

  20. Kesimpulan dari artikel ini, jika H merilis engine matic4 valve u upgrade matic yg ada sekarang, berarti angka penjualannya belum maksimal.

  21. Intinya klo mau keluar metic honda 156,9cc 4 katup. Seluruh pemilik vario150 harus ganti nmax/aerox dlu. Gw sih punya honda. Mmg diakui, lemot dibanding yamaha. Tp bukan berarti gw akan beli yamaha. Krn pemakai nmax/aerox klo jalan santuy gw liat ngabisin tempat. Kayak bagong

Comments are closed.