iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….pengalaman luar biasa dan bikin IWB tbengong adalah saat melihat secara langsung kondisi parkiran di Jepang. Parkiran yang dihuni moge-moge sultan membuat IWB tertarik untuk mengulas dalam sebuah Vlog. Namun satu poin yang sukses membuat mata terbelalak adalah helm cak. Bayangin wae…helm kelas kakap Arai bertebaran diatas motor tanpa satupun diiikat atau dikunci. Pertanyaannya….apakah seaman itu kondisinya ? Apakah disana tidak ada maling helm ?

Di tanah air haram bagi kita untuk ceroboh naruh helm di parkiran secara sembarangan. Karena dari pengalaman banyak banget maling helm bergentayangan dan siap mencari mangsa helm yang ditaruh di atas motor. Apalagi jika helm branded….wisss iso dibabat tenan cak. Bahkan dulu IWB sempet mendapatkan sebuah surel dari pembaca warung bahwa helmnya raib padahal sudah dikaitkan pada motor. Ternyata maling helm sudah memotong tali menggunakan cutter…..banyak cak kejadian kayak gitu. Nggak heran para pabrikan Motorpun berlomba-lomba meracik motor dengan konsep Helm in yakni helm bisa disimpan di bawah jok motor. Bagaimana dengan Jepang?

Sangat bertolak belakang. Menjadi saksi langsung kondisi Parkiran di Motegi Jepang IWB dibuat terperangah dengan banyaknya helm Sultan bertebaran di sana tanpa pengaman apapun. Helm-helm branded seperti Arai, Shoei, AGV hanya di cantolin di stang motor ataupun tanki. Bahkan tidak jarang mereka hanya taruh di atas jok tanpa diikat dengan alat pengaman apapun. Kondisi yang pasti membuat maling helm tanah air nangis ngrokotin pintu. Lha piye cak…mereka nggak bisa nyolong karena situasi ini terjadi di Jepang. Pertanyaannya…. Apakah di Jepang begitu aman dan tidak ada maling helm?

Walaupun tanpa bukti dengan fakta tersebut bisa dipastikan iya….. sepertinya memang tidak ada maling helm. Kalau ada maling helm tentu tidak mungkin kita temukan kebiasaan biker naruh helm secara sembarangan. Mental serta kejujuran orang Jepang memang menjadi poin yang luar biasa harus kita berikan acungan jempol. Iki contoh lain ki cak….kita pernah punya pengalaman saat di atas kereta Shinkansen. Teman IWB ketinggalan uang sekitar 30 juta rupiah dalam bentuk Yen Jepang…… tertinggal di kursi. Stress luar biasa cak…wis pucat gemetar, 30 juta pakdeeee. So kita memutuskan untuk melaporkan kejadian ini pada bagian security kereta….

Setelah didata kemudian meminta karcis tempat duduk…ternyata hanya butuh sekitar 10 menit uang tersebut sudah kembali. Tidak berbelit-belit dan membuat kita heran Bagaimana uang tersebut tidak berkurang Satu YENpun. Ternyata kultur orang Jepang, selama itu bukan miliknya mereka nggak akan sentuh sama sekali. Hebattttt tenan ki mentalnya. Namun jangan salah, aman bukan berarti sampeyan juga boleh sembrono di Jepang. Karena ketika sampeyan kehilangan barang di lokasi yang dipenuhi dengan turis….. Harapan barang sampai kembali juga cukup tipis. Nasib apes pernah IWB alami ketika ketinggalan sebuah camcorder di stasiun besar di Tokyo. Hasilnya? Raib cak….hilang nggak ketemu. Dan ketika IWB perhatikan disana…ealah jebule merupakan pusat berkumpulnya turis dari berbagai negara…wissss amsyonggg…

Last…..Jepang memang berbeda dengan tanah air. Hal ini dikarenakan tingkat kemakmuran, edukasi termasuk mental ataupun kultur yang jauh berbeda. Bukan meremehkan cak…namun faktanya demikian. Kita harus banyak belajar soal itu ke mereka. Kondisi yang majemuk ditambah banyaknya orang yang memiliki kepentingan dan ego cukup tinggi. Sulit cak…..sulit. Nggak usah jauh-jauh sampeyan perhatikan saja adu debat komentator atau para fans Boy yang seperti tiada Ujung. Kalau dipikir-pikir debat yang merekaย  lakukan konyolย  dan unfaedah. Tapi toh tetap terjadi cak. Sebuah kekonyolan yang tidak mungkin kita temukan di blog-blog besar Jepang. So…helm Arai diparkiran? jangan Arai, Helm TRX aja iso diembat cak kalau disini….iyo ora wkwkwk. Nah seperti apa kondisi parkiran Jepang ? intip video dibawah untuk detilnya…..bikin maling nangis tenan cak!! (iwb)

Video Lengkap

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

71 COMMENTS

    • Ikut BOLOS Sekolah biar dibilang NGGAK CEMEN
      Ikut TAWURAN biar dibilang KEREN.
      Modif BAN CACING biar dibilang NGIKUTIN TREND.
      Ikutan KONVOI katanya biar BEKEN
      LO! tambahin sendiri deh klo ada yg kurang Coy…..

    • Nippon world leading technology caakkk
      Nippon sodara tua dari Timoer budheee
      Long live japanese
      For Prosperous Indonesia

      Jangan dilawan. Sungkem saja instead
      ๐Ÿ™๐Ÿ‘๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฏ๐Ÿ‡ต๐Ÿ’™โ™ฅ๏ธ

  1. Denger2 infonya di Jepang, dari kelas 1 sampai Kelas 3 SD tidak ada ujian akademis, yang diutamakan pada usia tersebut adalah soal disiplin, moral, sikap, bagaimana menghormati orang yang lebih tua, tingkah laku bermasyarakat, dan budaya malu bila berbuat hal yang salah.

    • betul om. dr tk sudah diajari disiplin,habis makan buang sampah,beres2 sendiri, gantung jaket dan topi di rak, taruh sepatu. semua sudah diajar sjk tk. tapi bukan brt sempurna ya, disna ada jg penjahat dan koruptor wlpn sedikit

  2. itu adab orang sana.. bukan milik sendiri y dibiarin.. orang sana jg klo dibantuin gk mau, takut merepotkan katanya.. semoga orang indonesia bs belajar dr adab orang jepang..

  3. Di negri kita Cak.., wong mlarat memang dipelihara oleh negara, makanya sila ke-5 pancasila sebaiknya dihilangkan saja.

  4. Ya jangan dibandingin cak.. Jepang negara kapir tapi beradab dan bermental jauh superior dibanding negara kita yg agamis tapi mentalnya miskin

  5. Lhaa koq helm…. lhaa iki poro sales wae podo eker ekeran mergo ora ono kegiatan…….๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    • Sotoy nih, sales klo nggak ada kerjaan disuruh ngoding kak. Kemaren sih Marning disuruh betulin bug sampe pulang malem kak.

  6. Dimari ma parah, jgnkan diparkiran yg banyak orang bersliweran.. ane pernah sore2 ketinggalan helm dicucian motor, selang 15 menit ane balik lagi helm dah raib.. padahal waktu itu ane pelanggan terakhir, gaada orang lain yg nyuciin motor disitu..

  7. Memang attitude beda jauh sih.. Di indo ada iringan begitu mah, motor2 pada nyelang yg depan.. Divideo ini sy lihat, di depan mobil ada space kosong jg di belakang ga ada motor yg nyelang ambil jalan..

    Org sini mah kebanyakan kagum doang sm budaya org luar yg apik & bagus.. Tp ttep aja kelakuan mah ga di praktekin.. Ibarat msk kuping kiri, keluar kuping kanan..

    Jgn harap maju.. Kelihatan kok perbedaannya mulai dr jalan tol aja di indo ga boleh dipakai sm moge.. Kalau diluar sana kyk malaysia, amerika, dsb, jalan tol boleh di masukin sm moge2..
    Hahaha..

    Disini moge pd ribut bahas np atau fp.. Beli np aja ga sanggup.. Malah di bawa ribut aset org lain.. wkwkwkwkwk..

    • Orang Beneran kaya mau beli Moge nggak usah pikir panjang Sobs, Suka tinggal beli Sobs, prinsip mereka ada harga pasti ada kualitas dong..

      Tapi klo Orang kaya Nanggung beli moge, mereka cari review sebanyak mungkin Sobs. Baru beli yg paling worth it.. (Termasuk cari harga diluar negri sobs, tergiur dengan harga murah diluar akhirnya beli deh tuh Moge Bodong Sobs).

      Yang terakhir nih Sobs Orang Pas-pasan beli Moge dari hasil Nabung, Cari review Motor, harga, Sparepart, Dll selengkap mungkin. Yg paling kebangetan nih Sobs, bandingin harga Moge didalam ama diluar negri juga sobs.. Tau diluar harga lebih murah dan jengkel dgn harga di dalam negri akhirnya terbesit buat beli Moge Bodong Sobs.. (Gaya Selangit Pajak Nggak Bayar Sobs). Bangsyat kan Sobs……
      Dan itupun masih KOAR-KOAR pengen masuk TOL Sobs. Malu ah klo Simi Sobs.

      Ntar alasannya Pajaknya yg ketinggian lah sobs, Fasilitas buat kaum Moge Kurang lah sobs misal akses jalan Tol, parkir Khusus, dll sobs.

      Gw bilangin ya Sobs, klo lo mau Kesohor ya lo harus Siap Tekor Sobs. Tau Pendapatan utama Indonesia dari Pajak Jangan harap pajak dimari Murah meriah Sobs..

      BTW gw ngetiknya pake CORSAIR nih Sobs…

  8. Apapun itu Baik atau buruk yang ada di tanah ini tetap saja bro ini NEGARA KITA tidak sepatutnya membandingkan dengan keadaan di negara lain.

  9. Pola pikir dan budaya sosial kemasyaraktan memang relatif kita masih “tertinggal” (tanda kutip) selangkah. Di korea atau jepang, saat tidak gak sengaja menyenggol mobil yg sedang parkir dan tergores, maka org tersebut akan meninggalkannya begitu saja, sama seperti org indonesia pada “umumnya'” dalam tanda kutip lagi, cuma bedanya klo orng jepang meninggalkan no hp pad mobil tersebut.

  10. Di mari jangankan rakyat nya yg missqueen,…pemimpin nya aja rata2 bermental maling…mulai dari keset kaki ampe kepala Rt ๐Ÿ™„๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ–•๐Ÿพ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here