iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..jaman memang berubah. Harga apapun juga berbeda. Bayangkan cak…dulu dengan uang 9 juta kita sudah bisa memboyong skutik merk Jepang. Sekarang ? boro-boro cak…motor termurah merk Jepang sudah nangkring diangka 13 jutaan…itupun bener-bener super entry level. Sementara motorsport ? sampeyan akan terhenyak karena dengan uang 13 jutaan sudah bisa memboyong Honda GL Max. Ahhh mosokkkk ?? sebagai gambaran gamblang….inilah harga motor tahun 2004, bukti motor makin mahal ???

Dishare oleh wak Kaji Buitenzorg, IWB ingin memberikan gambaran banderol harga motor ditahun 2004. Berbeda dengan zaman sekarang, motor dijaman itu lumayan terjangkau. Yang paling kentara tentu adalah kehadiran skutik terlaris di zamannya yakni Yamaha Mio yang dijual oleh Yamaha di Kisaran 9,9 jutaan. Saat itu Honda belum memilliki Honda Beat. Mereka masih mengandalkan penjualan bebek legend Honda Astrea Legenda yang dijual di angka 9,6 jutaan. Di atas Honda Astrea Legenda pabrikan Astra Honda Motor juga menjual Supra Fit series termasuk Honda Kirana serta Supra X yang dijual termahal diangka 12,1 jutaan….

Sementara Yamaha selain Mio mereka memiliki Nouvo yang dijual di angka 12,5 jutaan kemudian Vega R series yang dijual termahal 10,1 jutaan serta Jupiter Z yang dijual di angka 12,5 jutaan. Bebek termahal yang dimiliki Yamaha ketika itu adalah F1ZR CW yang dijual di angka 13 jutaan. Harga bebek 2-tak ini termasuk cukup tinggi karena rivalnya yakni Honda menjual Motor Sport GL MAX di angka 13,6 juta. Murahnya harga motor saat itu juga terlihat dari harga Megapro yang hanya dijual diangka 15 juta termasuk Tiger 2000 standar yang dipatok di angka 18,4 juta dan yang paling mahal adalah Honda Tiger 2000 CW yang dijual di angka 20,1 juta. Diatas itu Honda memiliki varian Honda Phantom yang merupakan CBU Thailand dan dijual di angka 31,8 juta. Bisa beli ini ? sultan cak…

iklan iwb

Melirik kembali ke pabrikan garputala, mereka ditahun 2004 hanya punya 2 motor sport andalan yakni Yamaha RX King yang dijual angka 15,2 juta termahal dan ini merupakan versi SE spesial edition. Kedua adalah si kalajengking Scorpio yang dijual oleh Yamaha di angka 18,4 jutaan. Artinya secara posisi harga Scorpio memang head-to-head dengan Honda Tiger 2000 versi standar. Btw Suzuki juga menjual sport fairing yang sangat terkenal dengan status CBU Malaysia siapa lagi kalau bukan Suzuki FXR. Motor premium dijamannya ini dijual di angka 23,7 jutaan. Dari sini sampeyan bisa bayangkan bahwa harga Honda Tiger dengan velg racing memang termasuk tinggi yakni diangka 20,1 jutaan….

Mengintip pabrikan Kawasaki…. Ninja RR dijual oleh mereka di angka 28 jutaan sementara untuk eliminator juga dipatok di angka yang sama. Asiknya dengan duit 20jutaan Sampeyan sudah bisa memboyong Kawasaki Ninja 150 standar. Di tahun 2004 ini Kawasaki juga masih memasarkan bebek Kaze serta Blitz series yang dijual di angka 11 jutaan hingga 12 jutaan. Woowww….murah ya secara angka jika dibandingkan dengan harga sekarang. Lha sampeyan bayangin cak… motor sport 150cc standar saat ini dijual tidak kurang diangka 26 jutaan minimal. Apalagi motor skutik 150cc sekarang sudah biasa dipatok di angka 30 jutaan. Apakah dengan komparasi harga ini menjadi bukti bahwa harga motor semakin mahal dari waktu ke waktu ?

Mungkin iya kalau kita lihat secara angka. Tapi sebenarnya secara nilai tidak cak. Yup….di zaman sekarang kita melihat angka tersebut terkesan kecil namun tidak di eranya. IWB masih ingat…. di tahun 2002 ketika memboyong Honda Megapro dengan harga 14,8 juta….kuwi jian empot-empotan cak. Maklum saat itu gaji kita hanya berkisar 1,6 hingga 1.8 jutaan perbulan. Kuwi diperhotelan lho. IMHO lumayan karena UMR Tahun 2002 DKI Jakarta saat itu hanya Rp 591,266. Padahal di tahun 2019 UMR DKI sudah mencapai 4,2 juta. Delapan kali lipat euy. So…dengan uang 5 ribuan kita sudah bisa makan telur dan ayam. Sekarang ? toilet wae 2 ribu cak…..piye jal….

Yup…..nilai uang di tahun 2004 tidak bisa dibandingkan dengan 2020. Tidak Apple to Apple jika kita komparasikan secara angka. Namun kita harus melihat nilai uang berdasarkan inflasi yang terjadi dari zaman ke zaman. Dan memang cak….angka 28 juta bagi IWB saat itu IWB seperti melihat angka 100 jutaan. Jadi ketika melihat harga Ninja RR, perut IWB langsung mules alias mundur teratur. Fakta ini mirip dengan harga motor di tahun 70-an. Bokap IWB pernah cerita untuk membeli Honda CB 100 orang harus menjual setidaknya 8 ekor sapi. Padahal harga sapi sekarang minimal 35 juta. Nahhh…sampeyan hitung wae berapa harga asli untuk memboyong satu unit motor di zaman itu….serem too…

Last… tentu saja kita tidak bisa membandingkan harga motor zaman dulu dengan sekarang karena kondisi dan nilai uang juga berbeda. Inflasi yang terus-menerus terjadi membuat harga motor terkesan mahal secara angka namun sebenarnya jika kita kalkulasi dari nilai harga motor sekarang sangatlah murah. Tidak heran setiap rumah sekarang bisa memiliki satu hingga dua motor. Sementara zaman dulu jangan harap Karena untuk membeli satu motor pun empot-empotan. Nah… sekarang sampeyan sudah dapat bayangankan harga motor jaman sekarang dibanding dulu……(iwb)

Harga Motor 2004

 

iklan iwb
Previous article[Breaking News] New Toyota Fortuner facelift 2020 siap dirilis !!!
Next article[Breaking News] Suzuki rilis New GSX-S300 Haojue DR300 versi 2020, edian kerennnn !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!