iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..jaman memang berubah. Harga apapun juga berbeda. Bayangkan cak…dulu dengan uang 9 juta kita sudah bisa memboyong skutik merk Jepang. Sekarang ? boro-boro cak…motor termurah merk Jepang sudah nangkring diangka 13 jutaan…itupun bener-bener super entry level. Sementara motorsport ? sampeyan akan terhenyak karena dengan uang 13 jutaan sudah bisa memboyong Honda GL Max. Ahhh mosokkkk ?? sebagai gambaran gamblang….inilah harga motor tahun 2004, bukti motor makin mahal ???

Dishare oleh wak Kaji Buitenzorg, IWB ingin memberikan gambaran banderol harga motor ditahun 2004. Berbeda dengan zaman sekarang, motor dijaman itu lumayan terjangkau. Yang paling kentara tentu adalah kehadiran skutik terlaris di zamannya yakni Yamaha Mio yang dijual oleh Yamaha di Kisaran 9,9 jutaan. Saat itu Honda belum memilliki Honda Beat. Mereka masih mengandalkan penjualan bebek legend Honda Astrea Legenda yang dijual di angka 9,6 jutaan. Di atas Honda Astrea Legenda pabrikan Astra Honda Motor juga menjual Supra Fit series termasuk Honda Kirana serta Supra X yang dijual termahal diangka 12,1 jutaan….

Sementara Yamaha selain Mio mereka memiliki Nouvo yang dijual di angka 12,5 jutaan kemudian Vega R series yang dijual termahal 10,1 jutaan serta Jupiter Z yang dijual di angka 12,5 jutaan. Bebek termahal yang dimiliki Yamaha ketika itu adalah F1ZR CW yang dijual di angka 13 jutaan. Harga bebek 2-tak ini termasuk cukup tinggi karena rivalnya yakni Honda menjual Motor Sport GL MAX di angka 13,6 juta. Murahnya harga motor saat itu juga terlihat dari harga Megapro yang hanya dijual diangka 15 juta termasuk Tiger 2000 standar yang dipatok di angka 18,4 juta dan yang paling mahal adalah Honda Tiger 2000 CW yang dijual di angka 20,1 juta. Diatas itu Honda memiliki varian Honda Phantom yang merupakan CBU Thailand dan dijual di angka 31,8 juta. Bisa beli ini ? sultan cak…

Melirik kembali ke pabrikan garputala, mereka ditahun 2004 hanya punya 2 motor sport andalan yakni Yamaha RX King yang dijual angka 15,2 juta termahal dan ini merupakan versi SE spesial edition. Kedua adalah si kalajengking Scorpio yang dijual oleh Yamaha di angka 18,4 jutaan. Artinya secara posisi harga Scorpio memang head-to-head dengan Honda Tiger 2000 versi standar. Btw Suzuki juga menjual sport fairing yang sangat terkenal dengan status CBU Malaysia siapa lagi kalau bukan Suzuki FXR. Motor premium dijamannya ini dijual di angka 23,7 jutaan. Dari sini sampeyan bisa bayangkan bahwa harga Honda Tiger dengan velg racing memang termasuk tinggi yakni diangka 20,1 jutaan….

Mengintip pabrikan Kawasaki…. Ninja RR dijual oleh mereka di angka 28 jutaan sementara untuk eliminator juga dipatok di angka yang sama. Asiknya dengan duit 20jutaan Sampeyan sudah bisa memboyong Kawasaki Ninja 150 standar. Di tahun 2004 ini Kawasaki juga masih memasarkan bebek Kaze serta Blitz series yang dijual di angka 11 jutaan hingga 12 jutaan. Woowww….murah ya secara angka jika dibandingkan dengan harga sekarang. Lha sampeyan bayangin cak… motor sport 150cc standar saat ini dijual tidak kurang diangka 26 jutaan minimal. Apalagi motor skutik 150cc sekarang sudah biasa dipatok di angka 30 jutaan. Apakah dengan komparasi harga ini menjadi bukti bahwa harga motor semakin mahal dari waktu ke waktu ?

Mungkin iya kalau kita lihat secara angka. Tapi sebenarnya secara nilai tidak cak. Yup….di zaman sekarang kita melihat angka tersebut terkesan kecil namun tidak di eranya. IWB masih ingat…. di tahun 2002 ketika memboyong Honda Megapro dengan harga 14,8 juta….kuwi jian empot-empotan cak. Maklum saat itu gaji kita hanya berkisar 1,6 hingga 1.8 jutaan perbulan. Kuwi diperhotelan lho. IMHO lumayan karena UMR Tahun 2002 DKI Jakarta saat itu hanya Rp 591,266. Padahal di tahun 2019 UMR DKI sudah mencapai 4,2 juta. Delapan kali lipat euy. So…dengan uang 5 ribuan kita sudah bisa makan telur dan ayam. Sekarang ? toilet wae 2 ribu cak…..piye jal….

Yup…..nilai uang di tahun 2004 tidak bisa dibandingkan dengan 2020. Tidak Apple to Apple jika kita komparasikan secara angka. Namun kita harus melihat nilai uang berdasarkan inflasi yang terjadi dari zaman ke zaman. Dan memang cak….angka 28 juta bagi IWB saat itu IWB seperti melihat angka 100 jutaan. Jadi ketika melihat harga Ninja RR, perut IWB langsung mules alias mundur teratur. Fakta ini mirip dengan harga motor di tahun 70-an. Bokap IWB pernah cerita untuk membeli Honda CB 100 orang harus menjual setidaknya 8 ekor sapi. Padahal harga sapi sekarang minimal 35 juta. Nahhh…sampeyan hitung wae berapa harga asli untuk memboyong satu unit motor di zaman itu….serem too…

Last… tentu saja kita tidak bisa membandingkan harga motor zaman dulu dengan sekarang karena kondisi dan nilai uang juga berbeda. Inflasi yang terus-menerus terjadi membuat harga motor terkesan mahal secara angka namun sebenarnya jika kita kalkulasi dari nilai harga motor sekarang sangatlah murah. Tidak heran setiap rumah sekarang bisa memiliki satu hingga dua motor. Sementara zaman dulu jangan harap Karena untuk membeli satu motor pun empot-empotan. Nah… sekarang sampeyan sudah dapat bayangankan harga motor jaman sekarang dibanding dulu……(iwb)

Harga Motor 2004

 

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

90 COMMENTS

    • th 97 saya beli RX King 5,5 juta…dolar 2000. artinya saya beli motor itu 2750 dolar. coba duit dolar itu dibawa ke sekarang, kira kira 40 juta. rx king tahun 97 itu harga setara 40 juta sekarang. v-ixion berapa sekarang 30 juta? murah….

    • Harga motor dulu 10 jutaan, tapi UMR cuma 500 ribuan.

      Sekarang 17 jutaan, tapi UMR udah 4 jutaan.

      Dihitung2 murah yg sekarang leek.

      2004 beli motor termurah harga 20 x UMR

      sekarang motor termurah cuma 4 x UMR

      Pantesan jalan makin semrawut

      Ruweettt…. Ruweeetttt…… Ruweeeetttttt…….!!

      • Setujuh banget nih Simi, jangan lihat Mahalnya cuman dari Nominal doang Sobs TAPI lihat juga daya beli masyarakat pada waktu itu Sobs..

      • Betul lebih murah harga motor sekarang.
        2004 UMSK sektor 1 Kabupaten Bekasi 670 rb untuk bisa beli motor bebek termurah harus nabung semua upah selama 15 – 16 bulan.
        Sementara sekarang dengan menabung
        3,5 bulan UMSK saja sudah bisa beli motor baru

    • 2004 saya beli perumahan di surabaya pinggiran harganya 30jt.. berarti rumah = 2 rx king.. bersukurlah anda penikmat motor hidup di jaman ini

    • coba posting harga motor tahun 1996 lek, ada nsr 150 r yang udah nangkring diharga 9,1 jt sedangkan tiger 2000 dan ninja 150 R diharga yang sama 6,3jt.

      • Ditahun 2001 uang 500 perak bisa beli Bakso Sobs. Beneran nih Sobs Simi gak bo’ong.

      • Semua operator udah Kong Kali Kong kak, buat naikkin harga PAKET DATA mereka, mending nunggu XIAOMI aja deh yg jadi Providernya. He.. He..

  1. Resiko memakai mata uang ( uang kertas) nilainya terus turun. Beda dengan uang asli (Dinar/emas) yg dr zaman dahulu selalu sama. Karena uang kertas itu produk awal riba. Manusia di paksa menukarkan uang aslinya( emas dan perak) dengan mata uang kertas yg tiap saat mengalami inflasi.

    Contoh : orang2 di paksa manukar uang emas dengan kertas ke Bank yg klo d total misalnya 100juta. Lalu uang itu di putar/di pinjamkan ke masyarakat lagi dengan bunga Misalnya 5% maka jumlah keseluruhan adalah 100jt +5jt =105jt.
    Lalu selisih 5 jt itu d cetak lagi uang kertas sebesar 5 jt agar jumlahnya menjadi 105jt. Tapi emas yg ada saat itu tetap 100jt. Maka uang kertas yg beredar 105jt saat itu nilainya tetap yaitu hanya 100jt. BEGITU SETERUSNYA HINGGA SAAT INI. hingga uang kertas itu tidak ada nilainya. Dan suatu saat akan meledak menjadi NOL tidak bernilai lg. Makanya Amerika paham betul mereka mengeruk semua emas yh ada di dunia ini dan d tukar olehnya denga uang kertas Dolar mereka. Ketika semua emas sudah mereka kuasai maka mereka akan menarik uang dollar mereka di ganti dengan uang emas lagi seperti dahulu. Maka negara lain akan menjadi budak2 mereka. Itulah jahatnya RIBA. Yang pelakunya akan di perangi oleh Allah krn dosanya sangat besar

      • Uang kertas awal mula RIBA?
        Yakin Sobs?
        Sebelum ada uang kertas, riba udah ada Sobs, mau pake Dinar/Dirham juga bisa riba kok Sobs. Karena esensi riba sendiri melebihkan jumlah pinjaman pada waktu pengembaliannya Sobs.

        Lu pinjem ke gw 5 Dirham dgn tempo 6 Bulan, Tpi waktu jatuh tempo lu harus byar ke gw 10 Dirham Sobs. Pahamkan lu Sobs…
        Sebetulnya riba bukan masalah uangnya Sobs, tpi mekanisme didalamnya Sobs.
        Uang kertas itu juga dijamin negara kok Sobs, negara gak boleh asal cetak uang Sobs
        Klo nggak pengen senasib kayak Zimbabwe tempat Simi tinggal dulu Sobs..

        Mungkin penjelasan gw kurang detail nih Sobs, Sorry ya Sobs gw males ngetiknya Sobs, soalnya gw nggak pake Corsair Sobs..
        Buat catatan aja nih Sobs, gw juga nggak suka Riba kok Sobs.

    • itu emang betul sih, tapi di negri kita yang notabene mayoritas islam pun pertumbuhan bank syariah nya malah masih kalah jauh dari konvensional.
      terlalu banyak orang yang menggembar gemborkan ekonomi islami, tapi banyak juga lemah dalam usaha mewujudkannya.

      • Agama sudah jadi infotaiment bro. Penting luarnya saja. Radic-nya /fondasi nya hilang

      • bank syariah itu cuma nama kinerjanya sama aja dgn yg konvensional..beda beda dikit di luarannya, tapi dalamnya ga syariah juga….

      • ya jelas bedalah bank syariah sama konvensional walau mekanisme ada kemiripan. Contoh, ayam bisa halal bisa haram walau sama2 disembelih, tahu kenapa?

    • elleeehhh banyak lah kau ceramah disitu…

      makanya pintar pintar klo ga mau merasa dibodohin…

      orang bahas harga motor kok melenceng ke riba diperangi allah…

      arab aja raja minyak dunia transaksinya jga gmw pke uang mereka..

      kau pergi umroh pergi haji bayar pke dinar pke emas kah?

      mana mau arab terima…

      org klo hidupnya susah mesti ngmg riba riba riba… coba klo kaya kenyang uang mana ada ngmg riba riba

    • Mata uang sekarang nilainya berdasarkan permintaan, jadi kalo ekonomi negara kuat kayak industri atau sektor jasa bagus negara lain jadinya pengen beli hasil dari negara itu, permintaan mata uang negaranya jadi banyak dan semakin tinggi nilainya

      *Silahkan ralat

    • Harga emas itu juga bisa naik turun,, kalo semua ttansaksi pake emas, mau bumi ini dikeruk sampe abis juga ga akan cukup nilainya, dan yang untung ya para penambang emas. Mereka simpan sendiri emasnya sampe langka dan ketika ada orang mau nuker barang dengan emas, ga bisa karena ga ada yang punya emas akhirnya harga barang yang mau dituker jadi murah (atau emasnya jadi mahal). Atau mau barter? Barter itu tergantung kemampuan negosiasi,, orang jawa yang kebanyakan pendiam kalo barter sama orang luar cuma bisa dikibulin aja,,

      • Mana ada emas turun. Coba cek jaman rasulullah harga domba itu 1 dinar. Sekarang jg 1 dinar. 1 dinar = 4 1/4 gram emas

    • Jangan cuma bisa bilang Riba dan Dinar tanpa memberikan solusi.

      Adakah bank sariah yang memberikan pinjaman dinar?
      Memberi gaji karyawannya dengan dinar.

      Tetep aja ujung ujungnya pakai uang kertas lg

      • Sebenernya pemerintah dan ahli ekonomi paham betul. Tapi sistem yg ada saat ini gak mampu mereka lawan. Jangankan indonesia. John F kenedi saja d tembak saat putusin klo yg berhak mencetak uang adalah bank negara. Bukan bank swasta. Coba aja bayangin kapan lunasnya utang amerika setiap 1 dolar uang yg d cetak adalah hutang kepada bank swasta pencetak uang

  2. Klo Duitnya dikonversi ke emas harga saat itu, maka harga motor jaman dulu itu mahal banget. Bayangkan saja harga motor Rp. 2jtan aja saat harga emas masih Rp. 20rban/gram, maka harga motor itu sama dengan berapa gram emas….

    • Gak kok. Nilai emas tetap. Tapi mata uang kertas tetap berubah. Karena penopang nilai uang kertas adlah cadangan emas

  3. Rentang 2004 s/d 2020…
    Umr naek 800%, harga motor cuman naek 50%…
    Harga motor sebenernya makin murah, gak kebeli juga…
    Fix makin miskin masyarakat.

    Kapan indonesia punya motor sendiri cak?

  4. Dulu saya sekeluarga bisa dibilang fby lho.. Pernah punya super deluxe, alfa 2r, force 1, f1zr, vega, jupiter burhan, sama vixion gen 2.. Bisa juga dibilang fbs; pernah punya shogun kebo, shogun r, shogun 125, sama shogun sp. Sekarang bisa dibilang fbh; punya beat, vario 125, scoopy, cbr, sama crf.. Yg bekum pernah punya ya motor kawasaki..

    • Cakk gue masih SD ini kelas 5 🤣🤣 dulu bapak gw fansnoy honda. Dari asbul lampu kotak. Trus pindah ke supra. Pindah ke suprafit. Trus pindah lg ke revo ( terakhir).

      setelah gw tamat kuliah 2014 dan dpt kerja baru dh bisa beli vixion second lampu runcing desain lama. Bahagia cak pertama beli motor pake uang hasil kerja sndiri lansung ambilnya moge sport 150cc Merah (dit4 gue semua motor kopling dgn tangki depan disebut moge). Vixion bertahan hanya 2 taon cak sampai si new cb150r led muncul. Begitu nampak dijalan motor pertma pke led. Sang bixion lansung gw jual buat beli NCB ini.

      • Oreo Supreme kemaren jadi di kasih ke Blacky nggak Sobs, soalnya gw males banget makannya Sobs.. Mending nunggu GoodTime Cardinal aja gw deh Sobs.

  5. Berarti lebih murah:
    Dulu kredit motor bebek 12jt tapi gaji cuma 600rb/bulan, jadi setara 20x gajian
    Lah sekarang gaji 2-4jt/bulan beli nmax 30jt cuma setara 7-15x gajian dan motornya lebih bagus
    Bensin premium rp.2000 = gaji 600000 = 300 liter
    Bensin pertalite rp.7650 = gaji 2-4jt = 261-523 liter (premium masih ada tapi jarang dan harus beli pagi2 sebelum jam 8)

  6. Khusus metic jaman skrg sebenernya overprice.
    Akibat banyak permintaan. Mahal aj laku…ngapain diharga wajar.

  7. Persis kayak yang tak bilangin kemarin,
    Mereka eksploitasi kita konsumen. Pakai tagline seolah paham dengan hati kita.
    Dan kita memang suka diapusi.

    • Gw waktu SMA temennya MakmuGintang Sobs, Arek Putat Wetan Mburi Polsek Bomas Hobi minum Miras.
      Asli gilaa banget deh tuh bocah..

  8. Berpikirlah secara kaffah. Dulu dan sekarang ada plus minusmya. Bersyukur lah. Bersyukurlah dengan ikhlas tanpa mengharap balasan berlipat. Maka yang tak terduga akan kita terima. Rahmat Nya berubah menjadi berkah. Aamiin

  9. Jadi teringat punya motor pertama kali Megapro tahun 2004 seharga 14,8jt.. itupun bukan yg cast wheel..

  10. Jaman dulu murah tp jarang yg punya motor, jaman sekarang motor mahal tp hampir setiap rumah pny motor…

    • jangan dilihat nilai rupiahnya, tapi dilihat nilai aslinya.
      kalau dilihat dari nilai aslinya, sebenarnya jaman dulu motor mahal, makanya jarang yg punya.
      jaman sekarang motor murah, makanya jalanan penuh sesak dengan motor.
      apalagi sekarang banyak leasing dengan DP 0%.

      misalnya di tahun 90 an awal (menurut ingatanku, maaf kalau salah),
      harga baru Ymh Alfa sekitar 1.5 jutaan,
      harga baru Ymh RX King sekitar 3.5 jutaan,
      harga baru Ymh RZR sekitar 4.1 jutaan,
      harga Toyota Kijang baru Rp. 30 jutaan,
      harga emas Rp. 20 ribuan pee gram,
      harga helm Shoei paling murah Rp. 30 ribuan,
      harga filter K&N buat motor Rp. 30 ribu pas,
      harga bensin premium Rp. 300 per liter,
      harga nasi ayam goreng & es teh di warteg Rp. 1000 pas,
      harga gado-gado pinggir jalan Rp. 250,
      sekali naik angkot paling mahal bayar Rp. 100,
      dst.

      kalau dibandingkan dengan harga emas saja, motor bebek tahun 90 an setara dengan 75 gram emas, sementara motor bebek jama sekarang cuma setara dengan 25 gram emas.
      jadi gak bisa dibandingkan harga dulu dengan sekarang.

  11. ….. siapa yg inget jual tanah buat beli motor ….. thn 1992 umr jabar bogor -/+ Rp215.000,00 …thn 1995 black astrea grand ekor bebek cash Rp 4.5 juta resi Honda federal dewi sartika, klw di invest beli emas bisa dpt mobil baru sekarang

  12. Sing kondo sopo cak…cak…biyen arep tuku motor kudu ngedol kebon / sawah sekk, saiki ibarate wong ngarit nganggo ninja cak…cak…

  13. Jangan hanya lihat bilangannya Cak.., tapi lihat juga nilainya (bilangannya dikit tapi nilainya guede) ditahun itu saya kerja gaji sebulan baru dapet 800 rebu, kebayang kan. Kini di 2020 penghasilan saya rata-rata 4-5 juta sebulan ( bilangannya guede tapi nilainya podo wae)

  14. Menurut saya motor sekarang makin murah, dulu abang yang pertama saya beli GL Pro seharga 500 bata sawah, jika melihat nilai tukar sekarang sekitar 600juta.

    Abang yang kedua beli Tiger 96, dulu harganya setara dengan ongkos naik Haji

    Jaman sekarang cukup dengan 70 jutaan udah bisa bawa pulang Yz125

  15. Coba perbandingan hargane jangan pakai Rupiah cak, tapi dikonversi dulu ke harga emas,
    Dulu harga motor xxx setara 15gr emas, skrg harga motor xxx setara 12gr emas,
    Biarpun secara nominal rupiah lebih tinggi, tapi sebenarnya lebih murah.
    (Meskipun harga emas juga munggah-mudun)
    Tapi mungkin sedikit lebih adil

  16. Terus dengan harga sekarang yang jauh lebih murah aja disebut ada kartel harga? Jaman dulu gimana, lebih super kartel lagi berarti ya?

  17. Yang jelas jaman dulu kalo punya motor pasti dah punya mobil dan motor cuma buat ke warung ama ke sekolah

  18. Gua beli motor harga 30jt tahun kemarin butuh 10 bulan gaji dengan perbandingan harga emas 730.000/gram.

    gak kebayang itu yg udah 30jt di 2004 mau nabung berapa lama biar kebeli wkwkwkwk..

  19. Kelo emang murah jaman sekarang ,ok saya minta PABRIK BIKIN MOTOR YANG KUALITAS MATERIALNYA SAMA PERSIS KAYAK TAUN 2004 tan ,tapi harganya gak berubah aliaS tidak ad kenaikan,bisa gak

  20. Kartel otomotif dipegang oleh mereka, dan kacung2 sales motor saling menjelekan karena digaji oleh hasil penjualan harga yg menjirat leher..
    Apalagi harus beli kredit leasing makin terbelit hutang warga kita, beli second aja harga murah dan gak menjirat leher..
    Untuk sales kacung gak usah lebay argument pihak salah 1 dari kalian lebih laku dll.. Semua juga namanya kendaraan pasti rusak dan ada perawatan gak mungkin anti rusak..

  21. Jaman tahun 60an n 70an sepeda motor adlh barang mewah krna cm segilintir yg punya, alm bapak saya beli honda 90z ditahun uangnya dr hasil jual sebidang tanah yg saat ini sedang dibangun apartemen krna lokasinya yg strategis didaerah cipulir pinggir jln cileduk raya.

  22. Jaman dulu cari duit susah lik.
    Gaji kecil.
    Yg punya motor hanya orang2 kaya.
    Skrg alhamdulillah dah merata perekonomian.
    Dulu jomplang banget.
    Yg kaya tambah kaya yg miskin tetep miskin.

  23. 2004 shogun 125 1st gen Rp 12.6 juta, jual th 2007 6.5jt
    2007 Tirev cw Rp 23.5 juta, jual th 2018 ambrol2an 7jt
    2019 Lexi s Rp 22.5jt isih digass cak…

  24. Masalahnya kualitas jg parah bgt skrg, masak ia motor udah 40jt. Kualitas catnya g’ tahan lama,part2 besi g’ ada yg dichrome lg biar awet,malah dikasih doff biar cepat karatan terus rusak. Plastik kulit jeruknya tll byk, tll lebay up harganya dgn kualitas yg skrg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here