iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk….ternyata masih cukup banyak pertanyaan mampir ke warung IWB perihal kans Suzuki membawa GSX-250R ketanah air. Mereka-mereka yang percaya dengan kualitas dan durability Suzuki. Apalagi seperti yang kita tahu pada pertengahan 2019 kemarin pabrikan S sudah merilis warna baru. Pertanyaan bagaimana kemungkinan kearah sana ? berikut faktanya cak….

Pada pertengahan tahun 2019 ini Suzuki meluncurkan warna baru GSX-250R. Setidaknya ada 4 warna yang ditawarkan oleh Suzuki pada mesin seperempat liternya yakni biru, hitam, putih serta dual tone color black white. Nah… untuk warna biru Suzuki menawarkan dalam dua varian yakni standar serta racing Blue. Yang terakhir merupakan MotoGP Edition untuk mempertegas eksistensi mereka di ajang paling bergengsi balap dunia. Sementara biru kedua merupakan campuran warna hitam yang membuat karakter Suzuki GSX250R lebih keren. So…yang murni biru hanya pada versi MotoGP….

Begitu juga warna putih yang dikombinasikan hitam dan yang terakhir adalah black metallic. Terus bagaimana dari sisi mesin? Ternyata tidak ada perubahan apapun. Sport semi touring berbentuk fairing tersebut masih mengandalkan mesin 248 cc paralel 2 silinder SOHC yang memuntahkan tenaga sekitar 24PS dengan torsi 2.2kg-m/6500RPM. Tangki bahan bakar juga masih sama yakni 15 liter yang artinya generasi ini memang betul-betul tidak ada perbedaan apapun. Ukuran roda masih 110/80 depan dan 140/70 belakang 17 inchi…

Power yang cukup kecil untuk ukuran mesin 250cc cukup dimaklumi karena Suzuki GSX 250R mengusung basis mesin dari Suzuki Inazuma yang lebih berorientasi touring. Oleh karena itu jika kita membandingkan motor fairing Suzuki ini tentu tidak akan Apple to Apple dengan Kawasaki Ninja 250 FI, CBR 250RR ataupun R25. Artinya apa ? dari gali informasi dengan pejabat tinggi PT SIS…..mereka tidak tertarik membawa motor ini ketanah air. Pertama adalah sisi produk dan kedua mengenai pricing. Lho emang kenapa ?

Banderol tidak akan kompetitif. Seperti yang kita tahu pajak import dari Cina termasuk tinggi. Apalagi di Jepang motor ini sudah dibanderol diangka 59 jutaan. Bayangkan kalau masuk sini bisa berapa. Yang kedua, menurut survei fairing turing kurang diminati. Maklum cak….R dibelakang angka untuk Suzuki memang lebih berorientasi turing. Jadi jangan heran kalau engine GSX-250R common dengan GW250 aka Inazuma dengan letupan tenaga dikisaran 25HP. Yang ketiga market 250cc yang stagnan….

Pasar roda dua seperempat liter yang ternyata cukup sulit bagi hampir seluruh pabrikan membuat Suzuki berpikir ulang fokus dikelas tersebut. Setidaknya untuk sementara waktu mereka nggak terlalu memprioritaskan kelas sport 250cc karena justru akan membebani produksi di tanah air. Bahkan SMC sepertinya tahu betul kondisi market sport fairing 250cc yang senin kamis. So…bisa dibilang, lupakan sementara GSX-250R karena PT SIS sedang fokus kelas lain yang lebih prioritas cak…..

Last…Pasar 250cc yang semakin menciut dengan segala keterbatasan sumber daya yang dimiliki memaksa Suzuki untuk berpikir realistis. Mana yang harus didahulukan ? Market yang lebih besar atau pasar yang potensinya cukup kecil? Penjualan Yamaha R25 yang berdarah-darah….. serta Kawasaki Ninja dan CBR 250 yang terus mencoba untuk survive ditanah air seakan membuat Suzuki berpikir 10 kali lipat untuk terus maju. So….kans Suzuki dalam waktu dekat meracik mesin 250cc? lupakan cak termasuk import GSX-250R, dari sini roger dicopy 86 ? (iwb)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

69 COMMENTS

    • sudahlah daripada prod disini…sebaiknya adain aja ORDER ONLINE di web nya buat motor2 250cc suzuki khusus yg djual dluar negri bebas pilih order varian trus suzuki kasih harga lah berapa gtu…buat muasin para suzuki lover biar eklusive
      sekalian buat tes antusiasme prod nya kalo bnyk order baru lah dipikirin diprod disini..

    • Tampilan keren, tapi performa terlalu jauh sama Ninja 250 FI bahkan kalah sama Ninja 250RR Mono.
      Memang fokus Suzuki indonesia seharusnya dipelayanan bengkel resmi. Aku sih gak tau pelayanannya kaya gima krn blm pernah tapi sering liat bengkel suzuki kumuh kaya bengel biasa, seengaknya suzuki belajar dari bengkel resmi Yamaha.

  1. Suzuki sadar pasar 250 cc disini kecil, daripada capek2 masuk k.indo tp gak laku byk mending gk usah sekalian 🤔

  2. ayo Suzuki bangkit lagi. Main di kelas trail and klasik mantap itu hadirkan kembali TS. Berharap ada TS150 basic mesin FUFI beruara klasik adventure. Trailnya dapat, klasiknya dapat. Maju terus Suzuki

    • Orang taunya cuman SOHC/DOHC kak, detail dalemnya juga pasti planga plongo. Beneran deh Simi gak bo’ong.

    • Ini yg mesin nya satu silinder mas. Bukan yg 2 silinder. Gsx 250r : r dibelakang cc itu beda
      Gsxr 250 : baru 2 silinder .

      • 2 silinder lah kan basisnya dari suzuki inazuma. Kalo yang satu silinder namanya suzuki Gixxer 250 SF

  3. Lebih baik Suzuki GSX R150 yg di facelift
    . jok boncenger lebih lebar dan lebih nyaman
    . jok lebih empuk
    . di buat nyaman utk dailyuse tapi gak ngilangin jiwa racy nya
    . desain fisik di segarkan
    . besar ban di sesuaikan dgn 2 kompetitor

    Selainnya gak masalah, udh perfect

    • Susah kalo ngomong sma pabrikan suzuki kyk ga niat bikin motor mreka
      Istilahnya hidup tak segan mati tak mau
      Padahal mesin gsx r150 udah bagus tinggal rombak dikit desainnya

  4. Mau laku… Suzuki bikin adventure bike 150cc, bisa jadi v-storm 150
    Dia akan berenang sendirian dikolam besar, pasti laku saat ini banyak rider yg demen

  5. Lebih baik ngeluarin Maxi Scooter 150cc ini Suzuki pasarnya besar. Tapi desain harus selera Indonesia kalau nggak jangan harap laku. Kasus Bandit kan, mesin bagus tapi desain hasil recycle ya gitu jadinya.

  6. udahlah…
    bawa vstrom aja…
    versys sama crfrally bosen berduaan…
    mereka ingin orang ketiga…
    wkwkwkwk…

  7. Motor nya keren, tapi sebenarnya Suzuki Indonesia itu mau ngejar di sekmen apa sih fokusnya kemana. Kesan ogah jualan masih kerasa banget. Pokoknya semangat aja lah

    • Mau ngejer jualan tapi gak niat buat….
      Contoh kecil aja nih
      Desain gsx s150 kok cuman lepas fairing doang.
      Desain bandit kyk ga niat pdahal gambar rumor dah bagus mnurut gw

    • Ini daftar motor keren Sobs, biar lu gak tanya-tanya lagi nih sobs.
      1. Yamaha T-Max
      2. Yamaha R1M
      3. Yamaha MT-07
      4. Yamaha Aerox 155
      5. Honda CB125R
      6. Honda CB300R
      7. Honda Rebel 500 old
      8. Kawasaki Z800

      • 9. Kawasaki ZX10R
        10. Honda CBR1000RR-R
        11. Suzuki GSXR 1000R
        12. Honda CRF Africa Twin
        13. Yamaha MT-09 Tracer
        14. BMW S1000RR
        15. Ducati Panigale V4

  8. Jgn dibawa kesini kurang laku..
    . Ceboker aja ga laku fbh belinya mbeat
    . R25 ga laku cuma fby beli namax syukurnya R25 laku di export
    . Ninja pun penjualannya biasa aja apa lagi skrg nunggu zx 250 ..
    … ..

  9. kelen kelen ini tolol apa gimana sih? udah dibahas berulang2. 250 inazuma ga bakal di bawa Kemarih!! ga usahla Minta blog ini nulis artikel ini Lagi. buang2 waktu Iwb aja kelen ini.

  10. Harus bikin mesin baru. yg setara SL lah. Yg penting model bagus, sm keyless. Klo 150 cc bisa 18 HP, harusnya 250cc 1 silinder bisa 30HP.

  11. Suzuki india jd besar krn maruti.
    Di taiwan jg krn partnernya nge-gas.

    Klo SmC, kyknya isinya aki² semua.
    Inovasi teknologi suzuki utk motor cc kecil dah renta

  12. Motor yang mesinnya gak jelas mau di mana.. 2 silinder pakai radiator tapi menang suara doang sama 1 silinder, main ama 2 silinder power jauh, main sama 1 silinder torsi kalah jauh.

    Terus dikentutin ama Suzuki india mesin baru 1 silinder pake pendingin oli doang udah di atas spek ini mesin yg pendingin cairan sendiri.

    Gaada alasan beli motor mesin ini mah wkwk kecuali fans fanatik

  13. diliat dari stangnya over yoke, ini sport touring. tapi market sini mana ngerti? ngertinya motor fairing harus nunduk bawanya.

  14. Fokus ke volume maker? Lah maxi skuter dari awal lagi anget gosipnya sampe sekarang akhirnya hilang tak berbekas gimana tuh?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here