iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk….ternyata masih cukup banyak pertanyaan mampir ke warung IWB perihal kans Suzuki membawa GSX-250R ketanah air. Mereka-mereka yang percaya dengan kualitas dan durability Suzuki. Apalagi seperti yang kita tahu pada pertengahan 2019 kemarin pabrikan S sudah merilis warna baru. Pertanyaan bagaimana kemungkinan kearah sana ? berikut faktanya cak….

Pada pertengahan tahun 2019 ini Suzuki meluncurkan warna baru GSX-250R. Setidaknya ada 4 warna yang ditawarkan oleh Suzuki pada mesin seperempat liternya yakni biru, hitam, putih serta dual tone color black white. Nah… untuk warna biru Suzuki menawarkan dalam dua varian yakni standar serta racing Blue. Yang terakhir merupakan MotoGP Edition untuk mempertegas eksistensi mereka di ajang paling bergengsi balap dunia. Sementara biru kedua merupakan campuran warna hitam yang membuat karakter Suzuki GSX250R lebih keren. So…yang murni biru hanya pada versi MotoGP….

Begitu juga warna putih yang dikombinasikan hitam dan yang terakhir adalah black metallic. Terus bagaimana dari sisi mesin? Ternyata tidak ada perubahan apapun. Sport semi touring berbentuk fairing tersebut masih mengandalkan mesin 248 cc paralel 2 silinder SOHC yang memuntahkan tenaga sekitar 24PS dengan torsi 2.2kg-m/6500RPM. Tangki bahan bakar juga masih sama yakni 15 liter yang artinya generasi ini memang betul-betul tidak ada perbedaan apapun. Ukuran roda masih 110/80 depan dan 140/70 belakang 17 inchi…

iklan iwb

Power yang cukup kecil untuk ukuran mesin 250cc cukup dimaklumi karena Suzuki GSX 250R mengusung basis mesin dari Suzuki Inazuma yang lebih berorientasi touring. Oleh karena itu jika kita membandingkan motor fairing Suzuki ini tentu tidak akan Apple to Apple dengan Kawasaki Ninja 250 FI, CBR 250RR ataupun R25. Artinya apa ? dari gali informasi dengan pejabat tinggi PT SIS…..mereka tidak tertarik membawa motor ini ketanah air. Pertama adalah sisi produk dan kedua mengenai pricing. Lho emang kenapa ?

Banderol tidak akan kompetitif. Seperti yang kita tahu pajak import dari Cina termasuk tinggi. Apalagi di Jepang motor ini sudah dibanderol diangka 59 jutaan. Bayangkan kalau masuk sini bisa berapa. Yang kedua, menurut survei fairing turing kurang diminati. Maklum cak….R dibelakang angka untuk Suzuki memang lebih berorientasi turing. Jadi jangan heran kalau engine GSX-250R common dengan GW250 aka Inazuma dengan letupan tenaga dikisaran 25HP. Yang ketiga market 250cc yang stagnan….

Pasar roda dua seperempat liter yang ternyata cukup sulit bagi hampir seluruh pabrikan membuat Suzuki berpikir ulang fokus dikelas tersebut. Setidaknya untuk sementara waktu mereka nggak terlalu memprioritaskan kelas sport 250cc karena justru akan membebani produksi di tanah air. Bahkan SMC sepertinya tahu betul kondisi market sport fairing 250cc yang senin kamis. So…bisa dibilang, lupakan sementara GSX-250R karena PT SIS sedang fokus kelas lain yang lebih prioritas cak…..

Last…Pasar 250cc yang semakin menciut dengan segala keterbatasan sumber daya yang dimiliki memaksa Suzuki untuk berpikir realistis. Mana yang harus didahulukan ? Market yang lebih besar atau pasar yang potensinya cukup kecil? Penjualan Yamaha R25 yang berdarah-darah….. serta Kawasaki Ninja dan CBR 250 yang terus mencoba untuk survive ditanah air seakan membuat Suzuki berpikir 10 kali lipat untuk terus maju. So….kans Suzuki dalam waktu dekat meracik mesin 250cc? lupakan cak termasuk import GSX-250R, dari sini roger dicopy 86 ? (iwb)

iklan iwb
Previous article” Salah jika kamu berpikir mudah mengalahkan Marc Marquez !!” seru Hernandez
Next articleWowww, Honda rilis PCX 150 dengan ban Pirelli !!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!