iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..akhirnya ketakutan itu terjadi juga. Isu kuat yang sebelumnya sudah IWB beberkan kesampeyan terbukti sudah. Yup…Nissan Motor Co., Ltd, Jepang resmi mengumumkan penutupan pabrik mobilnya di Indonesia per 2020. Setelah mereka mengalami masa sulit….terpuruk diberbagai belahan dunia, pabrik yang berdiri di Purwakarta Jawa Barat resmi ditutup. Pertanyaannya gimana nasib sparepart dan konsumen yang memiliki mobil Nissan?

Seperti yang sampeyan semua tahu Nissan betul-betul dlosor ora karu-karuan setelah serangan Pandemic Korona. Kondisi keuangan yang sudah sulit sejak sebelum wabah melanda seperti kena bom atom setelah COVID19 datang. Upaya penyelamatan dilakukan dengan cara melakukan restrukturisasi operasional perusahaan dan memangkas biaya secara keseluruhan. Seperti dilansir Kyodo News, pabrikan nomer tiga terbesar di Jepang ini ternyata sedang mempersiapkan strategi perampingan kembali…

iklan iwb

Yup….setelah mereka sudah memecat 12.500 karyawan di 14 basis produksi seluruh dunia, mereka kembali menyiapkan formula PHK untuk mengurangi beban perusahaan. Informasinya setidaknya Nissan butuh 15 % pengurangan dari 139.000 karyawan yang tersebar diseluruh dunia. Artinya mereka akan memecat tidak kurang 20 ribu karyawan. Tidak hanya itu. Sulitnya kondisi dan kemerosotan bisnis yang semakin dalam, diperburuk pandemi mendorong Nissan melakukan langkah-langkah reformasi tambahan. Opo kuwi ??

Penutupan pabrik di Spanyol serta Indonesia dan beberapa pasar negara berkembang lainnya, termasuk penghapusan secara bertahap sub-merek Datsun. Yup….penutupan pabrik di Indonesia diumumkan secara resmi oleh Nissan Motor Co. “ Rencana transformasi kami bertujuan untuk memastikan pertumbuhan yang stabil. Kami sekarang akan berkonsentrasi pada kompetensi dan meningkatkan kualitas bisnis kami, sambil mempertahankan kondisi keuangan dan fokus pada pendapatan bersih per unit untuk mencapai profitabilitas….” seru CEO Nissan, Makoto Uchida…..

Nah….setelah mereka menutup pabriknya di Indonesia produksi akan dialihkan ke Thailand. Disanalah basis produksi kawasan Asean akan dilakukan. Jelas ini pukulan yang cukup terasa. Pertanyaannya kenapa justru pabrik yang ada di Indonesia ditutup bukan Thailand? sebab di Purwakarta sebelumnya adalah pabrik Datsun. So…dengan disuntik matinya sub brand ini maka mati pula pabrik yang sudah eksis. Walaupun pabrik ini juga sempat memproduksi Grand Livina…Datsunlah produk terakhir yang diproduksi sebelum ditutup permanen….

Last….ditutupnya pabrik Nissan dipastikan tidak akan mempengaruhi tanggung jawab pabrikan terhadap ketersediaan sparepart. Hal ini diungkapkan Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia Hana M…” Buat konsumen, tidak ada dampaknya,” serunya. ” Kami terus berfokus untuk memperkuat merek Nissan di Indonesia dengan terus menghadirkan model-model baru. Kami ingin menegaskan kembali komitmen berkelanjutan kami untuk menyediakan rangkaian produk Nissan dan memberikan layanan penjualan dan purnajual terbaik kepada pelanggan kami di sini..” tutup Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi. Duh tetap was-was juga sih,…ada yang punya Nissan nggak disini ? (iwb)

iklan iwb
Previous articleWowww, Honda rilis PCX 150 dengan ban Pirelli !!!
Next articleDiberikan waktu hingga Juni, Karir Valentino Rossi diujung tanduk ????
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!