iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – ” Cak….ini apa-apaan komentator di warung…” cetus Irwan dari JuraganWP (IT Warung). Maklum cak, doi memang selalu mantau perkembangan naik turunnya hits sebab berhubungan dengan kekuatan server. Berkibar tidaknya koneksi tergantung dari kepiawaiannya. Tapi kali ini IWB dibuat terkejut dengan komen doi ke IWB. “ Emang komen warung ada apa wan? ” tukas IWB penasaran. “ Lha ini komen dijawab sendiri tapi nama berubah-ubah….” seru Irwan ngakak. Dan saat IWB intip…ladalahhhh jebule Seperti inilah kelakuan komentator di warung IWB, lawak cak iki !

IWB emang paling males ngintip komen di warung. Sebagai empu warungpun….setiap baca komen malah bikin ndas mumet. Hardik, debat….nyerang dan yang paling bikin ngakak kalau fansboy merasa produknya disentil dikit udah kayak alis kebakaran jenggot. Kobong cak…IWB dimaki-maki…dituding ora netral, dituduh sengaja nggiring opini…artikel bayaran dan buanyakkk lagi lainnya. Jadi maunya yang bagusssss semua cak, wangiiii maka sampeyan akan disanjung-sanjung setinggi pohon kelapa. “ Nahhh ini baru netralllll…” komentarnya setelah brand pujaannya dianggap ulasannya bagus. Padahal kuwi wis basi alias wis mambu cak gayane…

Makanya IWB males dan enggan ngintip komen warung tiwas bikin cekot-cekot. Mau ditutup kolom komentarnya kok jadi kaya tabloid. Blog jadi sepi tanpa garam….garing tanpa interaksi juga hambar. Padahal kelebihan online adalah interaksi secara langsung. Sebelum Irwan komen dengan fakta mengejutkan. ” Ini komen dijawab sendiri tapi nama berubah-ubah. Maunya diapain neh wan…” seloroh Irwan. Dan saat coba IWB intip…weladalahhhh, kurang kerjaan tenan cak. Emang kalau IWB kumpulin…..90 % yang suka komen dengan menggunakan nama ganda dengan IP yang sama diwarung adalah satu fansboy yang sekarang cenderung liar membabi buta…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Jadi mereka mencoba menciptakan image yang komen banyak padahal orangnya itu-itu aja. Nama aja dibuat beda biar terlihat banyak dan sahut-sahutan (oalahhh….ngono amat yak). Dan ujungnya artikel seperti ini pasti akan direspon reaktif oleh golongan ini….komen ngeles seolah-olah merekalah yang menjadi korban. Fansboy sebelah yang salah…..bahasanya dibolak balik….bersilat kalimat dengan tujuan membenarkan kelakuannya dan menyalahkan IWB. Lalu membandingkan Blog lain dengan harapan supaya IWB mengikuti style yang sama yakni…kalem….main aman…..berharap pro ke merk pujaannya dll. Padahal IWB is IWB….dan selamanya tetaplah akan menjadi IWB yang apa adanya. Blog kan kayak diari…..apa yang ada dalam otak dikeluarin. Lihat aja komen-komennya setelah ini…wis ketebak cak. “ Sampeyan ada solusi nggak ? ” tanya IWB ke Irwan akhirnya….

” Komen multi name dengan IP yang sama….”

” Gini wan, gua akan coba racik formula supaya komentar akan dibuat dua jendela. Jadi yang nyampah-nyampah kayak gini biarin aja nanti kita pisah. Sementara yang benar-benar ingin komen kita buat sendiri….mungkin bisa kita koneksikan ke FB. Identitas jelas dan termonitor. Kasihan soalnya yang bener-bener pengen berinteraksi dan bertanya di Blog loe. Gua akan coba pikirin deh sistemnya bisa nggak…” tukas Irwan. Hhmm….jadi bikin kerjaan lagi tuh cak gara-gara komen sampah. Nggak tahu deh….kayaknya mereka emang sengaja ngotorin warung kali yak. Jadi walau sering nyerang IWB juga, mereka terus setia balik ke warung Iwanbanaran. Asyem tenan emang…

Last….ulah nick name ganda dengan IP berbeda membuat kita berpikir untuk merekonstruksi kolom komentar supaya nyaman buat pengunjung yang serius ingin berinteraksi. Mereka-mereka yang membuat malas…entah haters, fansboy militan, buzzer ataupun siapapun itu. Herannya cak, Korona-Korona koq nggak tobat….mbokya rehat dulu buat perenungan urip. Nah…kalau sampeyan sendiri piye cak (IWB nanya visitor beneran bukan yang lawakan yo), keberatan nggak kalau komen sign menggunakan FB ? atau ada ide lain? soale kalau sampeyan nyuruh IWB nyortir satu-satu nggak ngatasi waktunya cak. Monggo berikan komentarnya sebagai bahan pertimbangan…gazzzz (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!