iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….Suzuki boleh saja memiliki market share sekitar 2 persen ditanah air. Namun soal eksport, pabrikan S memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Nggak heran banyak produk luar negeri merupakan buatan Suzuki Indonesia. Salah satunya adalah Suzuki GSX-R125 Jepang buatan anak bangsa, Made in Tambun neh !

Sebuah foto dari Jepang memperlihatkan GSX-R125 warna putih buatan Indonesia masih terbungkus plastik. Menurut informasi Autoplaza Jepang, motor ini adalah salah satu favorit karena memiliki mesin yang kencang dikelasnya…

GSX-R125 M0 モデル入荷です!
このモデルからハザードスイッチが
標準装備となりました!
ゴールドキャリパが映えますね
こちらも早いもの勝ちぃぃぃぃ!

iklan iwb

Yup…kalau sampeyan perhatikan nyaris tidak ada perbedaan antara GSXR versi Jepang dan Indonesia. Diracik dipabrik Tambun Indonesia,  warnanyapun identik. Triple clamp dilabur warna matt titanium grey, pelk biru termasuk striping juga biru. Untuk putih ini konon memang menjadi warna favorit di Jepang. Herannya walau banderol cukup tinggi yakni berkisar 43 jutaan, GSX-R125 Jepang ini masih dibekali kunci Shutter magnet biasa bukan keyless. Mungkin karena jarang ada maling disana….

Pencapaian Ekspor Suzuki 2W

Dari data yang dirilis Suzuki, mereka memang sukses mengekspor kendaraan roda dua sebanyak 181.473 unit dengan 46 tujuan Negara ekspor selama tahun 2019 termasuk Jepang. Angka tersebut terdiri dari 53.073 unit completely built-up (CBU) serta 128.400 unit completely knock-down (CKD) yang memberikan kontribusi sebesar 72% dari total penjualan kendaraan roda dua. Di pasar ekspor, peningkatan pendapatan suku cadang resmi Suzuki untuk roda dua mencapai 35%. Jiannn ngacirrr kayak mesin DOHC cakkkk….

Untuk tahun 2020, Suzuki menargetkan untuk meningkatkan kinerja ekspor dengan menambah negara tujuan ekspor, di antaranya Malta dan Paraguay dan mencapai target di angka 248.000 unit baik dari segmen CBU maupun CKD. Sayang pandemic membuat target ini sedikit meleset. Mungkin tahun depan kangbro….

Last….Indonesia menjadi basis produksi untuk GSX-R125/150, Satria F150 dan beberapa produk lain yang nantinya akan dieksport kedunia. Hal ini karena produksi engine DOHC 125-150cc berbasis Satria memang sudah dilakukan di pabrik Tambun sehingga jangan kaget jika sampeyan melihat motor-motor ini didunia merupakan hasil karya anak bangsa. Nah seperti apa sosok dari GSX-R125 Made in Indonesia yang dieksport ke Jepang ? monggo intip beberapa fotonya dibawah ini….hhmm, kita 30 jutaan sudah dapat 150cc, Jepang 43 jutaan baru dapat 125cc. Pancet bejo kita cak…iyo ora hehehe (iwb)

Advertisements

49 COMMENTS

    • Saya sempat naksir dengan gsx r tapi berubah pikiran setelah nyoba lansung punya temen.

      Mungil cak kalo diliat lansung. Hanya sedikit aura sport fairingnya.

      Opini loh ya,

    • Hemmm…..
      DOHC memang sangat menjengkelkan bagi
      Kaum COWOK ber DASTER (SOHC)
      MuuuuUUUuuuuehehehe……….

    • Iya Lek disana emang mahal 43 juta, tapi effort dapetinnya duit segitu kayak beli motor beat second tahun 2009. Bandingkan dengan fimarih dapetin duit “cuma” harga 30jt an tapi effortnya berat bgt sampe2 dibela2in kredit segala biar bs beli nih motor.. huhuhu

    • Woy bang ALAN, biar kata itu motor Jepang balik ke Jepang, masa ente kaga senang buat di Indonesia, berapa banyak orang Indonesia yang terbantu dengan produksi di negaranya, dari karyawan, sales, subcon sampai tukang nasi uduk depan kontrakan karyawan nya semua kebagian rejeki. Emang ente sudah berkontribusi sebanyak apa sama rakyat Indonesia ???

    • ALAN kebanyakan nyium aroma fogging sohc 4tak rasa 2tak (ngebuell nya doang) tenaga mah loyo.. buat bajak sawah aja mendingan drpd malu2in jalan

    • GSX 19ps asli loh…….
      Bukan abal2 (KEK SEBELAH) 19,3ps aslinya 16ps
      MuuuuUUUuuuuehehehe……..

    • Jepang is the best
      Our elder brother from the East
      Long live Japanese
      For Prosperous Indonesia
      Laris manis motornya
      Sejahtera karyawannya
      Boss pun bahagia
      Bisa buka lapangan kerja
      Jepang the Highest
      Jepang the only one we are proud of and do sungkem

  1. 30jt vs 43 jt kok bejo mas iwan? Tergantung kl carinya 150cc ya bejo. Kalo carinya 400cc ke atas ya amsyong cak.

  2. Simi mau nanya nih bang, klo komponen motor zx25r diracik di Indonesia misal Velg, Mesin, Ban, Body Cover, Knalpot sama Sasis. Kemudian tuh komponen dikirim ke Jepang buat dirakit disana jadi Motor. Udah selesai itu motor dikirim lagi kemari. Itu namanya CBU bukan bang?

  3. Harganya biarpun mahal, gaji pegawai biasa disana maksimal 2-3 bulan udah cukup (ga makan tapi).
    Disini biarpun murah, harus 1 tahunan ga makan baru cukup buat beli yang katanya murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here