iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….Suzuki boleh saja memiliki market share sekitar 2 persen ditanah air. Namun soal eksport, pabrikan S memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Nggak heran banyak produk luar negeri merupakan buatan Suzuki Indonesia. Salah satunya adalah Suzuki GSX-R125 Jepang buatan anak bangsa, Made in Tambun neh !

Sebuah foto dari Jepang memperlihatkan GSX-R125 warna putih buatan Indonesia masih terbungkus plastik. Menurut informasi Autoplaza Jepang, motor ini adalah salah satu favorit karena memiliki mesin yang kencang dikelasnya…

GSX-R125 M0 モデル入荷です!
このモデルからハザードスイッチが
標準装備となりました!
ゴールドキャリパが映えますね
こちらも早いもの勝ちぃぃぃぃ!

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Yup…kalau sampeyan perhatikan nyaris tidak ada perbedaan antara GSXR versi Jepang dan Indonesia. Diracik dipabrik Tambun Indonesia,  warnanyapun identik. Triple clamp dilabur warna matt titanium grey, pelk biru termasuk striping juga biru. Untuk putih ini konon memang menjadi warna favorit di Jepang. Herannya walau banderol cukup tinggi yakni berkisar 43 jutaan, GSX-R125 Jepang ini masih dibekali kunci Shutter magnet biasa bukan keyless. Mungkin karena jarang ada maling disana….

Pencapaian Ekspor Suzuki 2W

Dari data yang dirilis Suzuki, mereka memang sukses mengekspor kendaraan roda dua sebanyak 181.473 unit dengan 46 tujuan Negara ekspor selama tahun 2019 termasuk Jepang. Angka tersebut terdiri dari 53.073 unit completely built-up (CBU) serta 128.400 unit completely knock-down (CKD) yang memberikan kontribusi sebesar 72% dari total penjualan kendaraan roda dua. Di pasar ekspor, peningkatan pendapatan suku cadang resmi Suzuki untuk roda dua mencapai 35%. Jiannn ngacirrr kayak mesin DOHC cakkkk….

Untuk tahun 2020, Suzuki menargetkan untuk meningkatkan kinerja ekspor dengan menambah negara tujuan ekspor, di antaranya Malta dan Paraguay dan mencapai target di angka 248.000 unit baik dari segmen CBU maupun CKD. Sayang pandemic membuat target ini sedikit meleset. Mungkin tahun depan kangbro….

Last….Indonesia menjadi basis produksi untuk GSX-R125/150, Satria F150 dan beberapa produk lain yang nantinya akan dieksport kedunia. Hal ini karena produksi engine DOHC 125-150cc berbasis Satria memang sudah dilakukan di pabrik Tambun sehingga jangan kaget jika sampeyan melihat motor-motor ini didunia merupakan hasil karya anak bangsa. Nah seperti apa sosok dari GSX-R125 Made in Indonesia yang dieksport ke Jepang ? monggo intip beberapa fotonya dibawah ini….hhmm, kita 30 jutaan sudah dapat 150cc, Jepang 43 jutaan baru dapat 125cc. Pancet bejo kita cak…iyo ora hehehe (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!