iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Saat itu sekitar tahun 1999 IWB sedang duduk disebuah store di Denpasar Bali. Maklum cak, tahun itu IWB sudah kerja disebuah hotel kawasan Jimbaran. Ritz Carlton hotel Bali yang sekarang berubah menjadi Ayana. Jadi untuk melepaskan penat, IWB sering bepergian ke Kuta dan nongkrong bersama teman-teman. Disanalah setelah sekian lama beristirahat  dari dunia permotoran karena kesibukan, IWB dibuat terpesona dengan sosok motor cukup gambot dijamannya. Setelah IWB pelototin, wiwwwwhhhhh, namanya Yamaha TZM……

Di era 90-an Yamaha memang bukanlah pabrikan yang paling menjadi idola di kelas 2 tak Indonesia. Bahkan secara produk mereka justru terkesan di belakang Suzuki yang berani menggebrak dengan produk-produk revolusioner serta high perfomance. Intip saja bagaimana Suzuki menggebrak Pasar Tanah air dengan kehadiran sang Super Scavenging System RGR150 SSS di akhir 1989. Yamaha Motor Kencana Indonesia ketika itu hanya menelurkan motor 2 tak terbesar dengan kapasitas 135 cc untuk mengganggu pasar RGR150 lewat kelahiran Yamaha RXZ serta RZR 135….

Begitu juga di segmen Moped atau bebek. Walaupun mereka cukup berhasil dengan eksistensi Yamaha Force One serta F1ZR yang dipertahankan satu dekade lebih namun dominasi Suzuki Crystal serta Tornado ataupun Satria 120SS menjadi penantang yang cukup sulit bagi pabrikan garputala. Artinya secara standar performa mereka memang tidak lebih kencang dibandingkan dengan motor-motor Suzuki.  Tapi tidak dengan salah satu produk yang diimpor secara CBU oleh YMKI ke tanah air. Siapa lagi kalau bukan Yamaha TZM…

iklan iwb
iklan iwb

Yamaha TZM lahir sekitar tahun 1994 dan baru masuk Indonesia kisaran 1997. Pertama kali melihat motor ini dengan mata kepala sendiri IWB dibuat terpesona. Walaupun digambar tidak terlalu terlihat gagah tapi kalau sampeyan melihat langsung motor ini, TZM memiliki Aura tersendiri. Gahar dan padat. Dibekali dengan velg palang 3 dengan profil gemuk membuat TZM terlihat sangat gagah. Yup… motor ini memang tidak murah di zamannya. Ketika Suzuki RGR 150 dijual oleh Suzuki pada kisaran 8 jutaan dari sebelumnya 6,4 jutaan Yamaha TZM sudah nangkring di Kisaran 14 jutaan…

Padahal harga NSR 150 generasi awal saat itu masih berada di Kisaran 11 jutaan. Dari sini bisa sampai bayangkan bagaimana mahalnya harga Yamaha TZM 150. Hanya para sultan yang mampu membeli motor ini. Secara teknologi Yamaha TZM 150 juga termasuk canggih di masanya. Motor ini dibekali sebuah teknologi dengan label YPVS atau singkatan dari Yamaha power valve system. Sebuah sistem atau mekanisme yang akan membuka katup ketika motor melengking pada putaran tinggi….

Yup….YPVS merupakan teknologi yang mengatur buka tutup katup di lubang pembuangan secara elektronik sehingga sisa gas buang bisa diolah kembali dan menghasilkan tenaga tambahan untuk engine. Walaupun pada akhirnya justru YPVS ini justru menjadi buah simalaka ketika macet karena usia. Secara spesifikasi motor ini juga cukup membuat kita bergidik. Yamaha TZM 150 dibekali mesin 150 cc 6 speed yang mampu memuntahkan tenaga hingga 35,3HP pada 10500 rpm dengan torsi di angka 25 nm pada 9500 RPM. Lhoo koq kecil ?

Eittt jangan salah cak, bobot hanya sekitar 119kg. Jadi kalau mesin 250cc sekarang sih dikepretin TZM 150 jika dihitung PWR. Ledakan tenaga ini dibantu oleh pengabut bahan bakar mikuni VM30SS. Belum lagi frame deltabox aluminium yang membuat handling motor rigid dan stabil. So…walau secara spesifikasi sedikit masih dibawah Honda NSR 150 SP namun motor inilah yang disebut sebagai penantang serius motor dua tak legendaris Honda tersebut….

Sayang karena krisis moneter kehadiran Yamaha TZM 150 yang sudah terkoreksi hingga 24 jutaan terakhir membuat penetrasi motor ini semakin sulit. Kondisi ini memaksa pabrikan menghentikan penjualan. Dalam kiprahnya tersebut TZM sangat langka karena diperkiran populasi hanya sekitar 290 hingga 300 unit secara total. Sebuah motor legendaris yang mungkin tidak setenar Suzuki RGR150, Kawasaki Ninja 150 ataupun NSR 150 namun sempat mengisi pasar Indonesia sebagai motor yang kencang, berwibawa serta ganteng……(iwb)

Spesifikasi Yamaha TZM 150

Engine : 2 Tak, Single Cylinder, Liquid Cooled, Reed Valve, Yamaha Power Valve System (YPVS)
Kapasitas Silinder : 147 cc
Bore x Stroke : 59 X 54 mm
Rasio Kompresi : 6,0 : 1
Penyuplai BBM : Karburator Mikuni VM30SS

Max Power : 35,3 HP @ 10.500 Rpm
Max Torque : 25 N.m @ 9,500 Rpm
Starter Sytem : Electric Starter
Lubrication System : Wet Sump
Transmisi : 6 Speed, Penggerak Rantai

Dimensi

Panjang : 1,965 m
Lebar : 0,685 m
Tinggi : 1,1 m

Jarak Sumbu Roda : 1,33 m
Tinggi Jok : 0,765 m
Berat Kosong : 119 Kg
Suspensi Depan : Telescopic,Coil Spring, Oil Damped
Suspensi Belakang : Swingarm, Coil spring, Oil Damped
Rem Depan : Full Floating Disc, Kaliper 2 Piston
Rem Belakang : Disc, Kaliper 1 Piston
Ban Depan : 90/80 -17 46S
Ban Belakang : 110/80 – 17 57S
Pengapian : Electronic CDI
Kapasitas Tangki BBM : 13 Liter

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

114 COMMENTS

    • kenapa ya motor Y dulu gk operpret soal kubikasi mesin
      beda dg sekarang (YMIMIM) kepengen kuwenceng tpi CC melebihi Kmpetitornya
      muuuuUUUuuuuehehehe……

    • mang,, Tzm 150 ini…dulu di buat untuk lawan NSR 150 Astra… Cari info lagi dah bukan utk lawan NSR SP.

      NSR 150 ada banyak seri..
      NSR 150 terus NSR 150 r , – NSR 150 Astra – new NSR RR150 Astra Baru NSR 150 sp

      Dari harga sama , Arm Masi kotak…11-12.
      Tzm 150 vs New NSR RR150 Astra dulu.

      Yg 1 kelas sama NSR SP.. Kawasaki Serpico dan RGR 150 gamma.. ( skrng yg mahal si gamma) dan paling mudah cari suku cadangnya di indo, Si Serpico..

      Jaman itu saya cuma kebeli, Honda Ls 125 THN 2002.. motor jaman SMU ..sampai skrng Masi ada

      • Motor keluaran akhir 90’an ini ternyata mampu tampil Eksotis namun tetap tanpa Menghilangkan aura khas 90’an loh Brosist. . .
        Apaan sih Maksudnya ?
        Coba Brosist tengok tuh Desain beserta Lekukan Fairingnya. . . Aura Eksotisme & Futuristik Tingkat Tinggi sangat jelas terasa di TZM 150 ini (Perhatikan deh, Mirip seperti Ninja RR 2005 keatas kan ? Cmiiw). . . Sementara bila kita bergeser ke Sektor Buritan, Maka kita akan melihat desain Khas motor sport Tahun 90’an dengan Desain yang Kaku, Stoplamp Bulet & Model yang menggembung disana-sini. . . Hasilnya Desain TZM 150 pun mampu Tampil Klasik nan’ Futuristik. . . Ajibb !!!

      • Kencang kemana?
        Gak ada dulu cerita crash sport 150 cc 2 stroke. Klo pun kencang itu cuma motor nya. Bikernya so so aza. Kalah sama rider ninfi. Berani crash Wus Dher mak PeRoLLL di jakal jogja n pawukon surabaya and di tempat laen. Real speedfreakerz asli

    • Susah sih org tau nya RGR 150 , yg mesin jadulnya Masi pendingin udara,. Dan lupa mesin RgR 150 ada yg pendingin cairan

      Yg status IU nya, NSR Sp, RGR gamma, Dan Serpico , yg perna ngaspas di indo.. org kaya jaman melenium lah yg punya..
      NSR sp 40 hp (pro arm). Serpico 40 hp (model banan ke bawah), gamma 37 hp ( arm banan sebelah kayak cagiva Mito) ..

      Di sene model Suzuki Paling kekar?, beda dgn skrng serba cuilik tenan.

    • Dari dulu hingga sekarang tetap saja jadi kasta bawah yang berada dibawah ketiak Sultan H ?
      Apalagi sekarang… Part2 import Kw bagian dari dagangan ngahaem dan dipasok buat mesin2 DaurUlang Y ?

    • H gak ada Apa Apanya dibanding Y yang selalu melegenda

      Y itu konglomerat
      Sultannya sultan , bukan ngaku2 Sultan kaleng kaleng seperti H… gede bacotnya doang…

      • Yamaha TZM 150 adalah sebuah Mahakarya Yamaha di medio Tahun 1996-1998 an (Okesip, EA baru kelas 1 SD ? ). . . Motor ini sendiri diboyong ke Indonesia melalui jalur Import/CBU yang saat itu dijembatani oleh YMKI. . . Yang mengejutkan adalah, , ternyata Si TZM 150 ini dibuat dengan mengacu pada si Super Yamaha TZR250 loh. . . Alias si TZM 150 ini memang didevelop mengacu pada Gen Balap yang sangat kental alias menjadi “Mini TZR250” (Wuihhh). . .

    • Sales GK bakal tau bro…( Taunya NSR 150 ya Sp )
      Padahal,, Tzm dulu vs NSR rr Astra…

      Dia kira mesin NSR 150 sama semua x ya???.

      • Sultan ngeBece kasta bawah itu Lumrah ,kasta bawah ngeBece Sultan dah pasti Dengki dan tak mampu ?

        • kebalik cung
          seorang Sultan itu gak iri dan dengkian…karena udah punya segalanya

          lah situ sering BC berati situ bearti ada rasa ketakuan dengan dan tak mampu …

          ????

    • Yamaha Mencangkokkan Mesin 2-Tak, 150cc, Liquid Cooled yang dibalut bersama Frame Double-Cradle a.k.a Deltabox yang Kokoh. . . Tunggu dulu, Gak cuma itu saja loh Brosist, , , TZM 150 juga dilengkapi Yamaha Power Valve System (YPVS) Persis layaknya yang digunakan oleh TZR250 Plus Karburator Spesial VM30SS yang dibekali Powerjet buatan Mikuni asal Jepang (Biyuuhh, Mantapp pisan nih). . . Untuk itu jangan heran bila Output Power Maksimalnya Mencapai 36 PS (35,3 HP) @ 10.500 Rpm, , , Belum lagi Power Bengis tadi dipadu dengan Berat Kosong yang hanya 119 Kg saja….. Walhasil 160 Km/h pun dilahap TZM dengan sangat Mudah….
      Waooww,, Mantapp Jossss !!!

    • Mantap buat ukuran pabrikannya sendiri ? bukan untuk dihadapin sama Sultan H.
      Owya … Zaman itu efek fairing bisa nambah 8 kmh sudah berlaku apa belum ya? Mana tau udah bagian dari Blue Oceannya?

      • elekekekek

        Itu baru sebagian sedikit inovasi Y belum all new aja bikin H kelabakan…
        Sultan abHal abHal pantesnya dimainin seperti bola ping pong…

        BHaHaAhA??

  1. Ini dulu motor idaman tapi harga ga notot lek…buat obat iler biar ga netes lagi terobati dengan dengan diboyongnya rx king kerumah…Alhamdulillah

    • 2 stroke yamaha masih wara wiri di jalan,kawak juga dengan ninja 150,juki dengan satria 2 stroke…..2 stroke ngondah sepi peminat ??

      • Fix ni motor udah gak ada owner y, kalau pun ada, kondisinya udah paling bawah dari produk legend 2tak lain y… Mungkin pretelan brangkas y udah kelebur di pabrik cakung…

        • komen anak TK jaman now.. gak tau sejarahnya gak usah bacot su.. itu motor lahir lo msh di awang2..

  2. kalo tahu harga TZM juga mahal, pakah Mbhekye akan teriak2 Overpret, monkey bussiness, konspirasi elit gombal dll seperti yg mereka koar2kan di artikel NSR & Satria????
    Ekekekekek

  3. Karbu NSR ukuran 28 power 39hp
    Karbu TZM ukuran 30 power 35hp

    ooohhh tidak bisa, harus lebih gede power TZM dong.

  4. TZM 150 ini bisa dibilang adalah Motor Produksi dengan Eksotisme Tingkat Tinggi. . . Tercatat hanya NSR150SP & KRR SE yang mampu melawan si Cantik TZM, Itupun dengan catatan NSR SP adalah Produk “Racikan” Team HRC yang Terkenal Sedangkan KRR SE PDK adalah Produk “Racikan” Team Balap PDK & Tsukigi Thailand. . . Dengan demikian maka dirasa Layak dan Patut lah apabila Tagline pada Yamaha TZM 150 yaitu :

    ” TZM 150, The Beauty & The Beast ”

    • Masa iya mau lawan tzm nurunin hrc juga…..kek ngondah WSBK….keok mulu di bantu hrc itu juga tetep keok ?

      • Hitung pakai jari ceker ayam berapa Trophy Gelar WSBK yang dikuasai Garpu Tetanus…
        Ngelawak kok habis shubuh…

    • Bisa sept Sultan H itu hanyalah impian bagi pabrikan Kasta bawah sept Y ?
      Sultan kudu mengkebiri diri supaya para Kasta2 bawah bisa menggapainya…itupun harus berusaha lebih keras ,lebih keras dan lebih keras lagi ?

  5. TZM,KRR SE PDK GOLD,NSR SP,RG GAMMA
    yang menang NSR SP kedua TZM,KRR DAN GAMMA KALAH TAPI GAK JAUH..
    TREK LURUSSS

  6. NSR sp brojol tahun di atas 2000…

    Tzm brojol di bawah THN 2000 mirip seperti NSR RR Astra…

    Dan di kira sales mesin NSR 150 sama semua 39 PS ???..

    • ekekekekeki

      udah dr orokk Sales H Tukangg Kibull Hoaxs Ngelesss dsb sebagai ciri khas mereka
      Konsumen aja banyak yg Kecewa…

      kalau gak ngibul dapur gak ngebulll ketahuan Orokkknya….

      BhaHahAhAh

    • Kalau kisaran 39 Hp ya sama semua .
      Tipe RR dan Sp hanya penambahan Part ?
      Tzm ini hadir sebenarnya buat nggempur RR atau Sp . Tapi apadaya…cukup dijabani nsr astra ?

      • @Tak ada yang bisa : nsr sp keluar tahun brp, ini motor kluar tahun brp. Kecuali lu emg iq nya jongkok pasti lu paham lawannya sapa

  7. Bis ini…bahas bebek super 2strokenya kang…sape rajanye,tp di lnjutin dlu sportnye …yg adil smua pabrikan…ocreeeee nuhun kang

  8. Motor ini memang mmpesona d jamNnya sempat ngumpul2 duwit untuknya.
    Tp minat jd musret setelah teman cerita ke rewelan motor ini.
    Akhirnya th 95 jatuh hati ama rxz 125 masih dlm gudang sampai sekarang.

  9. Pernah punya medio 2001, ini motor keberatan sasis bukan handling mantap. Akhirnya jual dituker guling tzr 250 dey clutch ex suporrting race sentul 1997. Cuma seharga Suzuki smash baru plus 3 jt waktu itu wkwkkwk….

    Sama NSR astra aja enakan astra dipakenya. Ini tzm cuma menang vlawan Mito doang diadu sama Aprilia rs125 sih udah kaya L2super huhehhehe

    • Maklum Om , motor kasta bawah emang kaga enak kemana mana. Zaman naw saja beli motornya kudu sepaket sama Param Kocok pkus Gembok ?

  10. Konsumen Netijen udah pada cerdas …
    apalagi 2 tak lovers membantu mencerahkan fakta dilapangan…

    banyak yg begini tp males menanggapi para Kaum BaniBani yg seringkibul hoaxs di media artikel…

    ???

  11. Kok gua jadi jijik banget ya liat komenan sales Honhon, padahal gua FBH juga.

    Lu bayangin itu sales ngetik komen sambil pake baju honhon ala sales, monyong2 di depan android sambil nongkrong di pinggir jalan. Temennya lagi bagiin brosur di gang sempit. ?

  12. TZM lebih menggida dr pada nsr apalagi nsr ngastralll …..

    buktinya TZM jadi tren kolektor Item dimana mana

  13. Y banyak motor Sang legenda
    Real Sultan + Real The King

    Beda dibanding H motor Bosokk cuma gedhe di Congorrrr ternyata…???

  14. Oalah cak…sampeyan pernah kerja disana toh? Yg owner nya pak rudi suliawan dan ibu yoko kawano? Yg dibelakang ada resto honzen ya cak?

  15. Lihat lamgsung motor ini di era balapan pasar senggol alias road race di jl. A Yani Blitar. Di tunggangi Momo Harmono kalo gak salah..raja nya memang..

    Lawannya jaman segitu ya RGR…kalo NSR kayaknya sedikit banget yg pake…

    Terasa tua kalau ingat jaman itu

  16. Selamat datang di motor tercepat buatan yamama,tapi…. Bo’ong
    Selamat datang di pabrikan terlaris di dunia,yamama. Tapi… Bo’ong..
    Selamat datang di hayalan fby yang katanya desain bagus,padahal kayak gerobak jelek(nmax,lexi,freego cuma Aerox yang lumayan bagus) ini baru fakta..
    Dan kata para fby yamama paling cepat,liat dulu balap resmi jangan liat balap alay kampung,trek pendek.. fby kebanyakan halu n suka menghayal.

  17. Wis mantep nih motor kang, pernah liat beberapa kali dulu, body bikin napsu, disaat NSR Ama RGR bodynya ramping, dia gambot sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here