iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…pertanyaan ini sering terlintas dibenak kita, apakah oli bisa basi jika kendaraan nggak dipakai lama? apakah sifat oli bisa basi seperti bensin ? nah, untuk menjawab ini mari kita simak ahlinya berdasarkan dari beberapa referensi berikut ini…

Seperti yang kita tahu bensin adalah salah satu unsur yang dianggap bisa basi jika motor tidak dipakai lama. Hal ini dipastikan oleh punggawa BRQ cak Hans yang melontarkan ciri bensin yang sudah tidak layak dipakai dan biasanya tidak maksimal kinerja..

” Bensin bisa basi…sangat bisa. Yang paling kentara dan cukup mudah dikenali bensin basi adalah baunya yang tidak lagi menyengat. Dan bensin basi biasanya membuat pembakaran kurang sempurna bisa menimbulkan kerak-kerak diruang pembakaran...” seru pak Hans. Nah kuwi bensin cak. Pertanyaannya piye dengan oli ? apakah nasibnya akan sama dengan bensin jika motor tidak digunakan dalam waktu lama ?

Untuk menjawab tersebut kita coba mengutip pernyataan dari ahlinya cak. Apakah oli bisa basi dan gimana efek terhadap motor ? sebenarnya motor dan mobil sami mawon. So…boleh kita berpatokan pada Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto yang memastikan bahwa oli tidak bisa basi….

” Enggak basi. Oli mesin punya lifetime hanya kalau dipakai, karena dia akan kontaminasi dengan karbon pembakaran. Tapi kalau basi karena kendaraan enggak dipakai, itu enggak ada…” serunya kemedia. Namun yang patut menjadi perhatian bukan basinya tapi justru pengendamannya yang dikuatirkan. “ Oli mesin bakal menumpuk di bawah carter (bak penampungan oli), sehingga dikhawatirkan oli akan menimbulkan slush (lumpur), dan akan mengganggu operasional mesin saat ingin dikendarai,” tambahnya…

Lhooo terus gimana supaya tidak terjadi slush saat kendaraan lama nggak dipakai. Jebule simpel cak yakni memanaskan engine wae. “Saran mesin harus dinyalakan 3 hari sekali supaya listrik di baterai enggak habis. Jadi alternator dan dinamo ampere-nya bisa terus nyuplai daya ke aki. Hidupkan mesin 10 sampai 15 menit dan putaran mesin dijaga di 1.500 rpm atau lebih,” saran Budi. Nahh jadi memanaskan ki fungsinya double pakde. Selain menjaga aki juga menjaga oli mesin nggak mengendap dicarter. Nah dari sini roger wis paham ?  semoga berguna cak….(iwb)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

19 COMMENTS

  1. Sludge kayanya lebih tepat wak alias lumpur. Bukan slush. meskipun artinya sama lumpur tapi sludge lebih cenderung endapan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here