iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..Yamaha meluncurkan generasi terbaru R15 yang biasa kita kenal versi 3. Setidaknya ada tiga warna anyar yang diperkenalkan pabrikan garputala yakni biru, hitam dan thunder Grey atau boso enaknya abu-abu. Namun siapa menyangka pada versi 2020 ini justru power sang kuda besi makin lemot. Waaahhh koq bisa ? yuk kita bahas sama-sama….

Yamaha India beberapa bulan lalu secara resmi memperkenalkan new R15 versi 2020. Namun siapa menyangka untuk generasi terbaru ini justru sampeyan akan tercengang jika melihat spesifikasi di mana untuk mesin baru kendati sudah menggunakan VVA power dipaksa turun alias semakin lemot. ..

Fakta ini ditemukan pada saat memperhatikan spesifikasi dimana untuk mesin generasi paling fresh dari Yamaha R15 India ini memiliki power sekitar 18,6 PS alias terjadi penurunan hingga 0,7ps. Itu belum termasuk bobot yang kini juga semakin membengkak menjadi 142 kg dari sebelumnya 136 kg…

iklan iwb

Tentu kita bertanya kenapa kok powernya turun cukup signifikan dari sebelumnya 19,3 menjadi 18,6 PS? ada apa gerangan ? Ternyata setelah IWB teliti untuk generasi paling baru power tercekik oleh adanya regulasi emisi gas buang. Generasi sebelumnya disebut masih memenuhi syarat emisi gas buang BS4….

Sementara untuk versi 2020 jauh lebih ramah lingkungan alias sudah memenuhi syarat emisi gas buang BS6 (sebutan di India bukan Euro). Tidak heran bobot motor jadi makin tambun dan ledakan tenaga juga terkebiri. Hhmm….kita masih beruntung belum ada pengaplikasian atau pengaturan emisi gas buang pada level yang lebih tinggi dari sekarang karena jika itu dilakukan berpotensi akan berpengaruh pada spesifikasi tunggangan sampeyan. Kuwi pasti cak…

Sebagai informasi untuk Yamaha new R15 versi India memang sedikit berbeda dibandingkan dengan tanah air. Untuk menekan harga sampeyan perhatikan saja absennya suspensi USD. Btw Warna biru India temani dengan warna abu-abu kombinasi hitam serta hitam murni….

Dengan segala sodoran informasi di atas bisa kita pastikan bahwa semakin ketat emisi gas buang Maka motor juga akan semakin lemot. Kudu siap-siap neh jika suatu saat nanti Indonesia melangkah ke Euro yang lebih tinggi. Sebagai gambaran berikut spesifikasi lengkap Yamaha new R15 versi 2020 India. Bejone sampeyan cak Indonesia ora melu-melu, jadi power tetap penuh. Tapi jangan ngiri yo, di India harga New R15VVA cuma 27 jutaan, miring tenan. Nah seperti apa sosok new R15 BS6? Intip fotonya dibawah ini…..(iwb)

 

Spesifikasi R15 V3 India 2020

Liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valve
Displacement
155 CC
Bore & stroke
58.0 mm × 58.7 mm
Compression ratio
11.6 : 1
Maximum horse power
13.7kW(18.6PS)/10000 RPM
Maximum torque
14.1 Nm (1.4 kgfm) @8,500 RPM
Starting system type
Electric starter
Transmission type
Constant mesh, 6-speed
Clutch type
Wet, multiple-disc
Fuel system
Fuel injection
Frame type
Deltabox
Front suspension system
Telescopic fork
Rear suspension system
Monocross (link suspension)
Brake type (Front)
Disc brake (282 mm)
Brake type (Rear)
Disc brake (220 mm)
Front tire
100/80-17M/C 52P – Tubeless
Rear tire
140/70R17M/C 66H – Radial Tubeless
Inner tube (diameter of front fork)
41.0 mm
Overall Length
1,990 mm
Overall Width
725 mm
Overall Height
1,135 mm
Seat height
815 mm
Wheel base
1,325 mm
Minimum ground clearance
170 mm
Weight (with oil & a full fuel tank)
142 kg
Fuel tank capacity
11 L
attery
12V, 4.0Ah
Headlight
LED
Auxiliary light
LED
Brake/tail light
LED
Speedometer
Digital
Tachometer
Digital
Fuel gauge
Digital
Gear position indicator
Equipped
Fuel consumption indicator
Equipped
Shift timing light
Equipped
VVA indicator
Equipped
Clock
Digital
VVA
Equipped
Side stand engine cut off switch
Equipped
Dual horn
Equipped
ABS
Dual channel ABS

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!