iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….pada bulan Februari kemarin Honda resmi memperkenalkan skutik entry level berlabel DIO 2020 di India. Motor skutik yang secara posisi mirip dengan Beat di tanah air ternyata memiliki beberapa perbedaan komponen yang mencolok ditanah air. Asli cak….suspensinya jian unik tenan. Lha piye cak…jebule Honda Dio menggunakan suspensi merk Gabriel. Termasuk tutup tangki yang berada di bokong. Wahhhh….

Seperti yang kita tahu Honda India resmi meluncurkan Honda Dio versi 2020 pada Februari kemarin. Motor matic yang memiliki desain cukup agresif ini ternyata memiliki keunikan yang cukup menarik. Yang pertama adalah posisi tutup tangki di mana penempatannya tidak wajar seperti halnya motor-motor matic yang sudah bertebaran di dunia. Honda Dio memiliki tutup tangki yang berada di bokong alias buritan dekat behel belakang. Tidak hanya itu suspensi yang digunakan pun tidak seperti umumnya motor Honda yang menggunakan Showa ataupun Kayaba…

Honda Dio ternyata dijejali suspensi merk Gabriel. Tentu ini sedikit melenceng dari kultur atau budaya Jepang yang biasanya lebih memilih brand Jepang sebagai penyuplai vendor untuk semua produknya. Mungkin hal ini karena kondisi market yang berbeda dibandingkan dengan beberapa negara dunia. Sebenarnya ini bukan hal baru karena di masa lalu Honda CBR 250R India juga menggunakan kaliper rem merk Bybre bukan Showa. Sebagai informasi Bybre sendiri dipercaya sebagai anak perusahaan Brembo Italia….

” Tutup tanki dibokong….”

Sekilas mengenai Honda Dio motor ini memiliki mesin dengan kapasitas 109,51 cc yang mampu memuntahkan tenaga hingga 7,79 PS pada 8000 rpm dengan torsi mencapai 9 nm pada 4750 RPM. Sama halnya seperti di tanah air, engine yang diusung merupakan turunan dari ESP teknologi yang sudah dijejali dengan ACG starter. Tidak sama dengan Indonesia untuk Honda Dio sampeyan juga akan melihat ukuran velg yang mungil. Sampeyan betul cak… ukuran velg hanya 12 inchi dan itulah yang membuat Honda Dio ini justru disukai di pasar India. Lincah dan Eropa style….

Last…. Honda Dio 110 dijual di angka INR 60.542 atau setara dengan 11,9 jutaan. Waaahh murah tenannn. Yang atraktif lagi Honda membekali lampu signal pada bagian tebeng stang dan berfungsi layaknya DRL. Nah… Seperti apa sosok dari Honda Dio 110 intip beberapa gambarnya di bawah ini. Piye apik ora cak ? (iwb)

” Suspensi di suplai Gabriel…”

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

50 COMMENTS

  1. Sebenarnya ini bukan hal baru karena di masa lalu Honda CBR 250R India juga menggunakan kaliper rem merk Bybre bukan Showa.

    Ngga salah nih Om?

    • Pemotoran dalam negeri lagi paceklik.
      Ini kolom komen juga disesuaikan. Lebih leluasa satu email banyak nick.

  2. Nice
    Klw ada Disini yg make ABG ABG buat nongkrong. Atau Mamah muda yg wlwpun dikasi boil tp ttp ga khatam markir jmput anak skolah. Ke minimarket atau buat asisten rumah tangga.
    Jual disini asal merk honda kasi pricetag 12 jt.
    Laku lah 5000 unit per bulan

  3. Kalo tangki bensin penuh sama ada penumpang yang beratnya berlebihan bisa ngedongak tuh motor 😀 . CoGnya Kacau banget 🤣

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here