iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….. seperti yang kita tahu bahwa harga minyak mentah dunia terus Mengalami penurunan sejak bulan Mei 2020. Penurunan yang membuat harga minyak bumi turun drastis hingga pada titik terendah. Kondisi yang memaksa negara-negara di dunia melakukan penyesuaian termasuk negeri tetangga kita Jiran Malaysia. Sementara di tanah air Pertamina melakukan strategi dengan memberikan casback BBM hingga 30%. Piye iki maksude?

Seperti yang kita ketahui, akibat COVID19 harga BBM dunia jatuh pada titik nadir. Dalam perdagangan kontrak berjangka West Texas Intermediate (WTI), harga minyak mentah sudah berada di bawah nol atau minus hingga -37,63 dollar AS per barrel. Ini adalah record yang tidak pernah terjadi selama beberapa dekade. Atas anjloknya harga minyak mentah dunia…Harga bensin di Malaysia terus turun. Bayangin wae cak….RON 95 hanya 4 ribuan rupiah !

Contohnya bensin Ron 95 atau terendah di Malaysia. Jenis bensin yang secara spek diatas Pertamax (RON 92) ini sekarang dijual diangka RM 1.25 atau setara dengan Rp. 4.441…

iklan iwb

Sementara spek diatas atau RON 97 dijual oleh Malaysia diangka RM 1.55. So…jika dikonversi kerupiah maka jatuhnya adalah Rp 5.507. Ediann murah benerrrr. Padahal spek ini nyaris mirip dengan Pertamax Turbo (RON 98) yang dijual Pertamina diangka Rp. 9.850. Begitu juga dengan diesel. Jenis BBM yang setara dengan Pertamina Dex ini dijual oleh negeri Jiran diangka RM 1.43 atau Rp. 5080. Yup…itulah update harga BBM di Malaysia. So jika IWB jabarkan secara menurun bisa sampeyan intip dibawah ini….

RON 97: RM 1,55 atau Rp 5.507 (kurs Rp 3.553)
RON 95: RM 1,25 atau Rp 4.441
Diesel: RM 1,43 atau Rp 5.080

Terus gimana dengan Pertamina ?

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menegaskan, penentuan harga BBM Pertamina menggunakan patokan harga minyak global dua bulan ke belakang. Dengan kata lain harga BBM bulan April acuannya dari bulan Februari 2020 yang notebene masih berada diangka 50 dolar/mmbtu. Itulah alasan kenapa Pertamina belum bisa menurunkan harga BBM walau semua negara luar sudah. Jadi beda sistem cak. Tapi untuk merespon kondisi sekarang, mereka menawarkan diskon atau casback pembelian BBM hingga 30 % khusus pembelian Pertamax series. Jadi Pertalite nggak berlaku cak. Terus piye carane ?

Sampeyan kudu beli BBM lewat aplikasi LinkAja dari aplikasi My Pertamina. Yup…kabar gembira walau nggak maksimal. Kenapa ? karena promo diskon selain harus menggunakan aplikasi juga diberlakukan hanya pada 2.000 konsumen/hari. Artinya sampeyan harus berebut untuk mendapatkan diskon ini dengan 2000 konsumen lain. Saran IWB sih pagi-pagi banget cak biar masih kebagian. Cashback ini konon hanya berlaku dari sekarang hingga 23 Mei 2020. Sebagai gambaran berikut harga BBM Pertamina per bulan April 2020 hari ini. Cashback 30 % ? menurut sampeyan tawaran ini juozz ora cak ? monggo berikan opininya….(iwb)

Pertalite (RON 90) Rp 7.650
Pertamax (RON 92) Rp 9.000
Pertamax Turbo (RON 98) Rp 9.850
Dexlite Rp 9.500
Pertamina Dex Rp 10.200

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

56 COMMENTS

  1. Itu di spbu spbu tertentu aja keles, lek.. Di banjarmasin gak di diskon tuh.. Mana cuma buat 2000 pembeli pertama dan harus pakai aplikasi mypertamina. Salah sasaran karena gak nyasar masyarakat kecil dan php doang.. Jangan harap yang mulia mylord ahok bener bener menurunkan harga bahan bakar.. Pretttt..

    • Setuju Tennn…… Negara kemaruk. Sebenarnya gak mampu urus bangsa sebesar ini. Tapi ya gapapa lah. Allah memaklumi.

    • Bandingkannya dengan harga semua spbu di Indonesia..

      Ongkirnya aja mahal lek ke seluruh pelosok ndonesia harga di SPBU harus sama..
      + Ongkir 2000 per liter
      + pajak pajak 15-20%
      + Laba 10%

    • Lha orang beeggoo coment…
      Yg bisa atur pertamina itu dirutnya si nicke…
      Ahok itu komisaris ga bisa atur2 harga dll kerja dia cuma mengawasi apa si dirut dan jajaranya bekerja secara SOP ga ada penyelewengan dll.. macam KPK lah… kan sangat buuueeegggooo kalo KPK suru turunin harga sembako? Paham dek? Makanya sekolah yg ointer biar ga asal ceplas ceplos mulutnyyaa… jadi ketauan beeeeeeggggggooooooooonnnnyyyyyaaaa….

  2. Paling cuma sekali transaksi ya cak?? Kaua yg ojol lmrn 50% tp hny sekali transaksi..
    Pake linkaja pula…iklan ujung”e…

  3. Kalo minyak dunia naik hari ini malemnya harga langsung di naikan diam2,gliran minyak dunia turun skrng harganya ngikutin rumus harga minyak dunia 2 bulan lalu… pintar sekali org2 ini..

    • Ya gitu lahhhh…… Mereka kan mantan bakul semua. Mental bisnis dominan caakkk. Yang mantan jendral pun pengen belajar bisnis.

  4. kadang lucu lu pada ,, mau harga sama dgn Malaysia, tapi ga liat sikon yg berbeda antara negara ,, Pertamina itu dr dulu jadi perusahaan sapi perah negara, belum lagi sekarang musti ngadain BBM satu harga buat seluruh Indonesia ga peduli lu dikota atau di pelosok perbatasan yg biaya pengiriman di tanggung Pertamina, semua itu diperparah dgn manajemen amburadul khas orang2 +62 , tempatnya penampungan org2 yg ingin melanggengkan garis keturunan keluarga,
    perusahaan monopoli yg punya 200 jt ++ konsumen tapi masih saja merugi,

  5. Memang mantap negara , suku kandungku niee…
    Rakyat di buat ,hidup nyaman…Pantas Kaye Malaysia,,

    Berjaye lah Negare Melayu… Kelak Tuhan menggumpulkan kite lagi… Thailand selatan ,Malaysia ,Brunai , sebagian selatan Filipina, sumatera dan sebagian kalimantan
    Salam dari Melayu , Sumatera Timur…utk sodara kandungku.

  6. Giliran minyak turun gk mau turun harga..giliran naik cepet bgt..ganti komut gak ngaruh..cuma balas budi aja..percuma..gk ada prestasi..

  7. konon katanya dengan kehadiran si sipit akan membumi hanguskan mafia.toh kenyataannya tambah gk jelas dam amburadul

  8. Tetap Alhamdulillah ada penurunan harga…
    Namun…
    Subhanallah…… Koq yoooooooo mesti di undi….

    Tetap bersabar untuk semuanya…

    • Kangen zaman yamaha masih 2klep,honda belum ndredek.. Ekonomi bener2 meroket, blm blangsak kayak gini..

  9. Pelanggan Total 92 nyimak wae aku cak…
    Kalo pelayanan di spbu gede2 atau spbu luar jakarta pada ramah si merah, kalo di jakarta raya hmm kita bayar tapi kita juga dicuekin. Prinsip yg ramah2 dulu (5-10 tahunan yg lalu) uwi apa lupa aku cak, yg 3 S, salam sapa santun kalo nggak salah skrg kaga diwajibkeun sih. Jadi ogah ku aing kecuali kefefet kudu ngisi di si merah

  10. My Pertamina dgn saldo Link Aja.dgn syarat Link sudah Full service.aduhai untuk upgrade Ke FS susah bagt..
    Menurut sy gk tepat sasaran.

    • Semoga kena azab aja perusahaan minyak plat merah yang masih mempermainan harga di saat harga minyak turun..

  11. Tahun 1998 harga bbm rp 700-1200 perliter ump dki jakarta rp 198,500 per bulan
    Tahun 2020 harga pertamax rp 9000 -9200 ump dki jakarta 3,9 jt – 4,2 jt per bulan
    Harusnya sih bersukur ya..

    • Lo kira gajinya dipake beli BBM doang? Apa kabar harga sembako? Apa kabar harga listrik, air, harga2 lainnya? Mikirrrrrrrrrrr

  12. Gak Ada pengaruhnya sih. Wong sebulan ini baru isi bensin sekali.

    Soal bandingkan sama Malaysia ya kejauhan. Pertamina ini py biaya distribusi yg besar sekali.

    Biaya kapal tankernya, biaya truck bbmnya. Mana ada kebijakan satu harga bbm.

  13. Wkwkwk..kpn majunya n pertamina,.petronas aj terang2ngan turun harga blm lg sponsor f1 dan motogp..dagelan politik yg koar2 lgsg maen tangkep😂😂..kita rakyat jelata berharap ad perubahan total..

  14. Ah elah ribet amat timbang dpet kesbek 20rebu aje. Mirip prakerja, org susah habis phk kudu muter otak buat bikin akun trus dipaksa nonton pelatihan pke kuota sendiri. Ahirnya gila deh. Insentif ga cair2

  15. Pejabat Korup Susah Utk Nurunin.g Berani Nurunin Scr Mudah Bukti nya Hrs Pake Aplikasi dan di Batasi Jmlh dan Tgl nya … Satu Slm Buat Pejabat … Blendes Rakyat e

  16. Turunnya harga minyak dunia tdk lepas dr geopolitik antara Rusia vs Mamarica. Saudi sbg market leader minyak dunia banting harga atas komando siapa? Mamarica lah dibelakangnya.
    Dgn harapan spya minyak dr Rusia kagak laku, kolep dan akhirnya bangkrut.
    Gitu kira2, om

    Jadi klo pertamina ikut perang harga yaaa ikut bangkrutlah. Tp minimal jual harga pokok ajalah… Jgn ambil untung saat susah begini. Kasihan rakyat.

  17. NETIZEN TOLOL ASAL BACOT GA PAKE OTAK.

    dri Dulu Sistem Perubahan Harga Pertamina Memang 2 Bulan Sekali Cok.

    Negara Kita Luas, sampe Pelosok” di Tuntut satu Harga walau cuma beda Tipis.

    Coba aja sistem Dibuat 2 minggu setelah Perubahan Harga Minyak dunia Global. apa yg Terjadi? PERTAMINA BANGKRUT.

    bayangkan, Dri Pusat di Kirim Ke Desa” dalam 1-2 minggu terutama di Timur Papua sana. BBM baru sampe Papua tiba” Harga BBM turun.. Lalu Harga Langsung turun?? Dasar goblok, Bensin yg baru Nyampe Papua selama berhari” itu saat Di beli harganya misalkan 10ribuan, sedangkan Harga Baru BBM dunia 7ribuan bru berubah, Kan Ga Mungkin BBM yg sudah di beli Pertamina 10rb di ubah jd 7rb.. BBM dunia yg baru berubah Harganya jg Belom di beli. Krna yg nyampe Papua itu Ya Stock Harga Lama. Akan Sangat Tolol NETIZEN yg Nyalahin Ahok yg cuma Sebagai Pengawas alias Komisaris. Dikit” Ahok, dikit” Jokowi.. Dasar Otak Udang. Alurnya aja Lu Pada Ga tau. Seakan” Semua yg kerja Presiden maupun Ahok. Pejabat Lain kerjaannya apa???? Sebelum KOAR” ga Jelas Mending Diem aja, Pahami dulu Alur Perubahan Harga dan kenapa indonesia diterapkan 2 bulan.. Malaysia itu 2 minggu krna Negara Kecil, Jarak Antar Daerah Tak sejauh Indonesia yg sampe Papua.

    KRITIK BOLEH. TAPI PAKE OTAK.

    Beli MOTOR MAMPU, BELI MOBIL MAMPU. BELI BENSIN PROTES.

    Heran

    • Terus gunanya TOL LAUT untuk apa? 6Tahun ngapain aja? Terus yg buat kebijakan satu harga & ikut harga dunia siapa? Kan bego sendiri…

    • Coba lu orang pinter Pantengin dua bulan lagi kalau Harga pertamax 4000 berarti emang lu pinter dan tidak dibodohi, kalau sebaliknya harga tidak turun 4000 berarti emang lu bodoh dan mau dibodohi

  18. 1.2M minimal setau gw pegawai pertamina membeli rumah lalu di renovasi lagi dgn biaya 2M, berikut anak2 disekolah mahal plus cicilan Honda CRV turbo sampingan jualan kolak pisang meski buat don’t kawasan perumahan dia saja.

  19. Beli cuman Rp. 2.314 dijual Rp. 9.000.
    Sudah tau di SPBU dilarang hidupkan HP, eh diskon pake Aplikasi HP.
    Gagal paham ane…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here