iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cicak bin kadal tenan cakkkk-cakkkk……siapa menyangka jebule sosok mirip “Megapro” masih dipasarkan. Motor yang dianggap bandel….efisien dan irit namun jangan berharap banyak terhadap performa. Hebatnya mesin terbaru diklaim sudah memenuhi emisi gas buang Euro 3. Sik-sik…iki Megapro po maksudeeee ??

Market tiap negara memang berbeda. Karakter dan kebutuhan para konsumen harus diikuti oleh pabrikan besar tak terkecuali Honda. Nah, jika ditanah air ada Megapro Primus siapa menyangka di Amerika Latin tepatnya Ekuador memiliki sosok sport dengan bentuk yang sangat mirip dengan Megapro Primus. Sosoknya cak….shape desain yang tidak banyak berbeda ditambah beberapa sentuhan. Hhmm…jadi ingat kemarin ada sosok GL Max diluar negeri dan sekarang Megapro versi Ekuador….

Nah…beda dengan tanah air, untuk Megapro versi Ekuador ini mengusung label CB1 Star. Catet cak….labelnya CB dengan angka 1 kemudian ditambah embel-embel star. So nyebutnya CIBIWANSTAR. Mumet nang ilat susah yo. Motor ini laris manis…..dan menjadi salah satu produk yang masih bertahan hingga sekarang sejak diluncurkan pertama kali tahun 2012. Artinya CB1 Star aka Megapro Ekuador ini sudah berumur 8 tahun. Wiwwhhhh mantapppp. Pertanyaannya piye dari sektor dapur pacu ??

iklan iwb

Nahh soal ini jangan banyak berharap. Pasti sampeyan bakal tersenyum ngece karena powernya termasuk biasa saja. Nggak mengejutkan karena motor ini bukan mengejar performa namun lebih kepada efiensi dan keawetan mesin. Mengusung dapur pacu SOHC 2 katup 124.8cc Honda CB1 Star mampu memuntahkan tenaga hingga 8.5HP@7000RPM dan torsi 10.18Nm@5000RPM. Yang menarik motor ini masih karbu cak…..

Yup…pengabut bahan bakar belum injeksi alias masih karburator. Edannya walau motor laki CB1 Star juga dijejali transmisi 4 speed….wisss kayak bebek tulen. Sadisnya, motor ini bisa menjelajah hingga 274 km untuk 4.5 liter bensin. So…jika dikalkulasi seliter bensin bisa menjelajah hingga 60 km. Irittt bener. Honda CB1 Star memiliki bobot hanya 111kg….super enteng untuk ukuran motorsport. Tanki BBM motor ini mencapai 11 liter. Bayangin, sampeyan isi full tank bisa nyampe ke Semarang kalau mudik dari Jakarta…..

Last….Honda CB1 Star dijual dikisaran $ 2,299. Hhhmmm mahal juga yak. Jika kita konversi kerupiah jatuhnya 33 jutaan. Wwwwahh koq ugal-ugalan. Yah mungkin memang beda mata uang cak dengan Indonesia. Bisa saja angka segitu murah menurut biker Ekuador. So….seperti apa spek dan foto Honda CB1 Star ? intip dibawah ini…..baru tahu euy….(iwb)

 

Honda CB1 Star

ENGINE
Type of motor SOHC 4T
Displacement 124.8 cc
Maximum power 8.5 hp at 7000 rpm
Maximum torque 10.18 Nm at 5000 rpm
Feeding system Carburetor
Cooling system By air
Transmission Perfect Sync? 4 speed
start Electric and Pedal
Fuel consume 274 km / gl
Maximum speed 87 km / h
CHASSIS, DIMENSIONS AND WEIGHT
Length x width x height 2050 x 747 x 1074 mm
Seat height 759 mm
Distance between axis 1,310 mm
Weight in running order 111kg
Fuel tank 11.0 L
WHEELS, SUSPENSION AND BRAKES
Front brakes Drum 130mm
Rear brakes Drum 130mm
Tires (front / rear) 80/100 -18 Front. 90 / 90-18 Rear.
Front suspension Telescopic 117 mm
Post suspension Double damper 80mm

25 COMMENTS

        • Prank apaan..? Lu kira yg angkut R(ongsok)25 dan ninja 250 fi di Bromo gerobak..??
          Yg angkat 2 motor itu klo mesin meleduk keluar bromo ya cuma 1 motor yg sanggup..HONDA GL/MEGA PRO..!!

          Lu bayangin kuat mesin dan rangka nya huehehehe

          • Bukan krna kuat atau tidaknya bro, tp karna itu motor murah dan jadul jadi gak sayang deh buat dijadiin gerobak,, lagian itu udah dimodif pake gear belakang ukuran besar..

          • Dikampung ane motor gl/ megapro dipake bapak-bapak buat nyari rumput dan bawa kotoran sapi/kambing ?, giliran bapak mau mejeng ke kota naik vixion bro ???

          • Si Ratchet ngarang banget critane. Super hoax. Pigson di tempat ane spesialis jual gorengan. Deltadok delta seng bos_k

  1. Aduh2 merusak pemandangan mata saya puasa2. Meskipun saya FBH tapi ya ngga gini juga brita yang disodorin

  2. Motor legend n kang.. kuat disiksa buat angkut2 barang dan jalan terjal,memang bkn motor performa tp mesin bandel..mirip cb verza skrg kuat bandel irit..mau ngebut pake Dohc aja..

  3. model tangkinya memungkinkan untuk dimodif jadi trail. kenapa motor komuter diluar negri sono kubikasi cc nya kecil2 sekalipun motor model sport tapi disini kelas bebek aja makek 150cc overstroke di dohc pula? ya karena kita sendiri selalu ingin lebih dan “wah” tapi murah mengesampingkan fungsi dan etika berkendara. padahal prasarana jalanan kita tidak mendukung untuk mesin2 kencang. lak iyo ta lek??

  4. Imut nan lucu

    Jadi kebayang 2007 vixion gak lahir, motor naked diindonesia akan seperti ini wujudnya

Comments are closed.