iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..tahun 2007 silam Yamaha membuat gebrakan dengan meluncurkan sebuah sport 150cc next generation. Yup….kita sebut generasi masa depan karena motor ini memang melompat dari jamannya. Saat motorsport lain masih mengandalkan mesin SOHC 2 katup dengan rangka model diamond, pabrikan garputala menggebrak dengan frame deltabox. Nggak heran motor ini langsung diserbu para bikers dan menjadi favorit setelahnya. Sayang motor yang sempat merajai diblantikan roda dua tanah air ini semakin tersendat. Pesonanya makin memudar setelah Yamaha meluncurkan generasi facelift terbaru. Ada apa gerangan ? berikut analisa dan saran IWB !!

Yamaha sekitar tahun 2007 membikin kejutan dengan meluncurkan sebuah motor sport yang melompat dari trend saat itu. Ketika motor sport hanya mengandalkan mesin SOHC 2 katup…. dengan frame model diamond…. pabrikan garputala menggebrak dengan mesin yang lebih maju yakni SOHC 4 katup radiator serta frame deltabox. Sejak saat itu motor ini menjadi idola. Bahkan IWB aja sangat tertarik mencoba untuk datang ke dealer hanya ingin melihat Seperti apa sosok aslinya. Gagah cak…memang keren banget ketika itu…

” Gen pertama Vixion….”

Sosok motor termasuk mungil dimata pribadi namun desainnya di atas rata-rata di zamannya. Apalagi secara bandrol saat itu juga termasuk terjangkau yakni di Kisaran 18,4 juta rupiah. Harga yang juga ditempati oleh Honda Megapro. Tak Ayal eksistensi Vixion berhasil membuat 2 favorit motor 4 tak Honda terseok-seok. Dua motor sekaligus dihantam yaitu Honda Megapro serta Honda Tiger. Dominasi Yamaha Vixion ini terus terjaga hingga bertahun-tahun. Apalagi setiap Facelift designer mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Mulai dari Vixion generasi pertama hingga generasi yang paling mantap adalah Yamaha Vixion Advance….

iklan iwb

Yup… itulah generasi yang paling cakep menurut IWB. Motor yang enak dilihat dari depan, samping ataupun belakang. Motor ini juga cenderung mudah dioprek atau di modif. Karena designnya laki banget. Sayang perjalanan sang legendaris ini semakin tertekan. Banyak yang mengatakan mungkin karena pergeseran market yang lebih didominasi oleh skutik. Walau tentu opini ini tidak mutlak benar. Setidaknya dari survei kecil-kecilan IWB Vixiy sekarang memang nggak terlalu dilirik ketika biker mencari motorsport. Desain soal selera. Ya…diluar strategi marketing yang memang juga bergeser meninggalkan ciri Yamaha yang fun, cowboy serta agresif….dari sisi produk sendiri dalam pandangan pribadi sedikit berbeda pendekatannya….

” Gen kedua Vixion….”

Generasi terbaru ini lebih kalem. Aura Vixion seperti berubah. Pada generasi ini Yamaha memutuskan menggunakan tangki full kondom. Sebuah keputusan yang sepertinya memang terlalu berani sebab tidak semua orang menyukai model cover. Desain lengkung di bagian samping juga entah kenapa terasa mencederai kegagahan sang kuda besi. Bahkan jika dihat dari depan pun keagresifan headlamp generasi Vixion Advance juga justru ditinggalkan pada generasi anyar. Termasuk stoplamp…..IMHO IWB lebih suka generasi sebelumnya. Yah….desain soal selera…namun dari beberapa obrolan dengan teman-teman Blogger lain memang desain menjadi PR terbesar pada New Vixion….

Nah…. dari sana bisa IWB simpulkan dan mapping kenapa generasi terbaru ini bahkan sulit kita temukan di jalanan Jabodetabek? Yang pertama adalah desain. Yamaha harus berani melakukan gebrakan dengan merombak total design sekarang dengan tetap berpedoman pada desain masa lalu yang udah cakep. Gunakan desain Vixion sebelumnya dengan melakukan beberapa sentuhan disesuaikan trend sekarang seperti lampu sein LED misalnya (pakai aja MT25). Buang lengkungan shape “mentimun” dibagian samping dan buatlah lebih konvensional seperti generasi Vixion Advance….

” Gen terbaru Vixion…”

Soal mesin sebenarnya tidak ada masalah Namun jika ingin menarik perhatian para bikers, ada baiknya tim RND Yamaha mulai memikirkan untuk merakit mesin DOHC supaya daya gedor lebih nampol. Suka atau tidak mesin sekarang walaupun sudah dijejali dengan mekanisme terbaru untuk mengatrol power tapi basis yang digunakan tetaplah engine 2007. Mesin yang terus di Improve hingga mencapai level seperti sekarang. Bayangin wae Vixion DOHC….kan keren cak. Btw…. ini hanyalah saran jika pengen efeknya nampol. Tapi core problem sebenarnya desain, bukan engine…

Last…. itulah saran buat tim RND Yamaha jika ingin Vixion laris kembali. Yah….. memang tidak bakal selaris seperti masa lalu yang bisa tembus hingga 30.000 unit perbulan karena market juga sudah berubah. Namun setidaknya akan membuat sosoknya terlihat lalu-lalang di jalanan Jabodetabek tidak sesepi sekarang. Btw…ini hanyalah saran. Semoga diambil intisari positifnya. Karena bagaimanapun pabrikan? yang maju adalah pabrikan yang sudi mendengar masukan secara positif bukan justru menganggap masukan sebagai hal yang negatif. Apalagi market bersifat dinamis. Sekarang A besok bisa saja Z. So…akan lebih baik fokus pada semua produk ketimbang hanya mengandalkan satu produk sebagai tulang punggung penjualan. Kalau merata lebih aman cak…iyo ora. Nah…kalau menurut sampeyan piye cak, kenapa Vixion sekarang sangat sulit bangkit disaat rivalnya justru tersenyum di segmen ini? Monggo berikan opini dan masukannya…selamat berpuasa ! (Iwb)

Vixion dari generasi ke generasi

 

210 COMMENTS

    • Ada yg mirip moge honda cb ..itu yg paling bagus menurut ane..

      • Motor Penunggu Gudang ,yang kemudian dikanibal untuk model lain serta diDaurUlang ?
        Comot bagian ini tempelin disana ,comot bagian itu pasangin kemari . Habis diRakit ,kemudian diBongkar lagi … Untuk diberdayakan , daripada Menumbuk jadi besi karatan diGudang ?

    • Maklum cak, itu desain anak SPBU.
      Slera anak2 SPBU.
      Meledosss cak..
      MuUUuhhEheheHe
      ?

    • ekekek……
      yahaha dah kapok bikin DOHC (meleduk muku)
      MuuuuUUUuuuuehehehehe………..

      • bukannyaa Yg meledukk C3Bokerr errrrr yg digeberrrr Jakarta Bandungg sampai Olieenya melerrr meler itu yaa…???

        BHahahaha

      • Lek Webe ngebahas Y satu persatu sebagai Proses membuat kenangan , bahwasanya tak lama lagi Y bakal diambil alih H karena udah gak Sanggup bayar Hutang ?

    • dulu mau lebaran selain baju baru pasti kendaraan baru terlebih buat ngabuburit sdh kyk pawai barang baru..sebenarnya yg membuat market beralih ya kesalahan RND sendiri yg bikin desain kalau saja tetap keren ya tetap laku tp kalau sdh dicederai dngn desain yg dibawah rata rata harapan yg sdh tinggi untuk facelip tp hasil jauh dari ekspektasi ya alamat sepi pembeli yg mualilah market melirik ke jenis lain yg muncul yg dirasa lebih menarik..

      • Orang berasa Lebaran dan berasa ” Baru ” itu yow mesti Beli H ?

        Beli Y itu sama saja menambah Penderitaan..menurunkan martabat dengan Part2 KW ?

      • H pake Showa Original…
        Y pake kyb KW jualan Ngastra ?
        H pake Keyless kelas Wahid
        Y pake keyless Abal2 yang tetap Kudu beli Gembox ?
        H pake Switch stand
        Y pake Switch Error Stand ?
        H memang irit
        Y ngaku2 memang irit ?

        • @Tak ada yang bisa : setau gw keyless hadno paling gembell, mau nyalain aja pake bunyi dulu segala bikin gedek dengerinnya. Trs hadno irit drimananya yak? Cbr ama r15 aja iritan r15 kencengan r15??

    • Udah banyak diulass di test langsung lapangan

      Hadnooo Palingg Buncittttt ditinggalll Sekebonnnn …????
      Motor Rrrrongsokk Bousookk daurrrr ulanggg…….

    • Kata manager si GM ABIDIN ini motor modifan pegawai SPBU…ya pantes ga laku..ga semua masyarakan itu kerja di spbu… yg beli vixion ini ya pegawai spbu doang…wkwkwk…oecat abidin begooooooooooooooook

    • Memang jelek modelnya, mau meninggalkan kesan agresif tapi desain dinamisnya gagal elegan. Tapi masih banyak yg lebih pilih ini daripada cb karena namanya.

    • Assist Sliper Clucht
      Deltabox Sasis
      Swing Arm Banana
      Power Torsi tertinggi di kelasnya ?

      Mantab Djiwa Vixion..

  1. Desaiannya gak jelas buat segmen siapa?
    Anak muda lebih pilih R15 katena jelas soprty.
    Vixion buat orang dewasa itu terlalu sporty. Lebih baik pilih verza, desain normal.

    • Perjaaaa ????wkwkwk
      ..Perja mesin ngowosssss Shokbrekerr atoss mentull mentull tambah encokkkk….itu mah buat bajak sawah aja…

    • Anak muda pilih Reject15…tapi yang laris Cbr150 ?
      Dewasa pilih Pigson , tapi kaga jadi .. yang laris Cb150?

      Trusss Y jualan apa?
      Jualan Recall ?

        • @Achingchong: bukan benci tp emg dibayar bwt ngeBC. Gak ngeBC, ga makan tu para sales. Kasian bgt hdpnya dibayar cm bwt ngehina2. Berlaku utk semua sales dari brand manapun. Sok2an pdhl Indonesia cuma bs beli. Kagak bs mandiri macem India yg trus berusaha ga kalah digempur Jepang. Konsumtif aja bangga. Prett

  2. Mending mega pro. Real fedrale bukan ngoahahem. Tangguh awet durable reliable kapabel gendong ninfi di bromo.

    • Yup.. Lengkungan mentimun itu yg bikin jelek.. Soalnya udah ada deltabox, eh diatasnya dibuat hampir sama lg bentuknya.. Jadi aneh liatnya.. Belum lagi housing headlamp yg kembali jadi sinchan versi dua, disaat sang rival mukanya tajam dan galak, eh si vixi mukanya kaya semar yang ketawa.. Kalo bagian belakang sih, ud lumayan.. Stoplamp kaya mt series, spatbor jg model gantung ala motor sport..

      • lengkungan itu mengisyaratkan agresive dan rigid…
        sejalan dengan lampinya yg berbentuk tating seperi klan kucing series…

        beda dgn tetangga sebelah tajam2 tp dibejek melehoyyy

  3. Di akui apa tidak,walaupun desain adalah selere itu betul sekali…tp kan emng generasi terakhir ini hanya sebagian kecil uumpamnya mikro sekali market yg berselera…selamat berpuasa

  4. Eksistensi vision telah punah, dengan basis mesin & frame yg sama klo pengen sporty beli aja r15, pengen naked beli aja mt15, pengen k.retro2an beli aja xsr155.

      • mana yg ngebull mana yg karatan…
        aman aman aja tuhh..

        kalau tetangga sebelah klotokk klotokkk tensioner gampang kendor rantai kemrosakkk Tralisss Protolll dll Fakta Banyak …????

    • itu mah BC Ooonda CengepeBeHa gak mempan buktinya aman …

      yg ada sesembahanya DoNgoHace Banyak Masalah

      Klotok klotokkk
      Tralis patah
      Rantai Kemrosak
      Cam Cuil
      dll

  5. Saran nya gampang: bikin desain jangan terlalu aneh. Tu headlamp kurangvtajam ama terlalu nunduk, trus spakbor kaga fungsi buat harian karna masih nyiprat ke jok belakang, sama entah knp mesin nya ga se nampol R15v3 padal mesinnya sama maybe cuman beda mapping, tangki nya yg kondom getar nya kerasa padal r15 tidak….

    Salam dari user Vixion R 2017 yg di jual ganti CB150 ?

    • anda blunderrrr mengganti Vixion dengan C3Bok klotokkkk

      karena tenaga Keiritan dan Handling tidak akan anda dapatkan lagi…

      justru banyak owner CeBok pada beralih ke Vixion puas dan menyenangkan tiap hari kangen untuk mengenderai Vixionnnya..

      • Beralih ke vixion?

        Klo pengguna CB beralih ke vixion logikanya penjualan vixion yg naik, CB turun.

        Tapi kok fakta di lapangan penjualan vixion makin ga laku sedangkan CB makin laris ya?

        Ini yg ngibul siapa?

  6. Kebodohan terbesar Yamaha meluncur kan model kaya gini,memalukan bner2 memalukan, saya jg pengguna Vixion,
    Vixin model ini mah aib bat dah

      • Vixion gagal ini , dari gen 1-NVA modelnya agresif,lah begitu keluar all new kok malah jadi kalem desainnya. Apalagi diliat dari belakang jadi cungkring ?. Lhawong saya aja 2 taun lalu beli NVA bekas ketimbang Vixi R ,gara? gak sreg sama modelnya. Ibarat kalo mobil mercy ,ini perubahan dari w204 ke w205. Dari sangar/sporty ke kalem/fancy

        • Tail End cungkring itu tren masa kini
          lihat MT series Xsr buntut ramping

          selain itu mengikuti aerodinamis dan Subframe yg lebih rigid…

  7. Biarlah yang jaghilliyagh memang gak bisa nerima hal baru.
    Time will tell ’em all daaagh…..

  8. Deltaseng kalah sama tralis lek..??

  9. yamaha sering blunder dengan desain yang baru
    jupiter burhan vs sekarang
    scorpio vs versi terakhir
    vixion
    vega r
    mio gt vs sekarang 125cc
    jupiter mx 4 speed vs jupiter mx 5 speed
    byson
    rata2 update desain motor baru yamaha tambah jelek

    • malesss kalau terlalu bagusss ntar dijiplakk Tetangga sebelahhh lagi

      yg sekarang dilihat langsungg Bagusss bagusss aja ttuh ….malah modelnya gak cepet bosen….

    • Vixion generasi pertama juozzh anti vampir oli, kekurangan komstir gampang kenaa.. Vixion gen setelah nya demen banget fogging???

    • Tangki kondom bukan bearti full kondom
      .didalamnya masih ada Plat Logam tangki..

      justru dgn ada Kondom jadi Have Fun Safety….
      terhindar dr sinar matahari
      suhu tetap terjaga
      anti Goress
      dll…

  10. Gen1 paling indah. Jatuh cinta pas pertama motor ini muncul. Langsung saya rekomendasikan buat adik saya saat itu biar nggak nyamain saya yg pake El Tigre

    • Karena waktu itu petinggi H nggak mengakomodir keinginan konsumen honda buat melokalkan CBR 150, coba sandingkan gambarnya kedua motor itu hehe. mirip secara dimensi

      • Udah diakomodir bro pake megapro ,tapi lama kelamaan kok makin ambles megapro sampe bener? gak dilirik kalo mau beli motor sport. Krn desain megapro terlalu “bapak?” menurut ane. Makanya buat saingan sama vixi dibuatlah cb150r

        • mangsudnya coba waktu itu honda bikin motor naked dengan basis disain CBR thai, dengan twinspar dan disain yang sporty, mungkin masih bersaing di tahun2 itu. Banyak yang ingin CBR tapi regane ra nguati 🙂 begitu ada yang setype dan harga murah yo langsung laris cak

  11. Desain selera. Tapi kalau mesin dan teknologi, jelas all new Vixion lebih unggul. Tipe std, mesin udah pake assist slipper clutch (yg bahkan blm pernah dipake di sport 150cc lain), headlamp stoplamp led, full digital speedometer (ada sapaannya), hazard (pertama di sport 150cc), dan spakbor belakang bisa dilepas (tanpa harus pk undertail). Masih kurang? Yamaha nyediain all new vixion type R (mesin 155 VVA Assist slipper clutch 6 speed), velg R15V3 (blkng 4 inchi, terbesar dikelasnya), arm alumunium, dan shiftlight. Part modifikasi, banyak (apalagi yg type std, banyak kesamaan part2 dgn NVL NVA), tipe R banyak kesamaan dgn R15V3. Sbnrnya yg tipe std jg uda cukuplah buat harian, nyaman, torsi gede, perawatan mudah murah. Kalau mau performa lebih, tp tetep nyaman dgn harga yg (masih) terjangkau, bisa ke tipe R. Sbnrnya Yamaha uda cukup tepat menghadirkan 2 tipe Vixion, supaya konsumen punya pilihan. Mau ekonomis atau performa lebih? Kembali lagi. Pun ga mau Vixion, sport fairing ada R15, Naked high class (diatas Vixion R), ada MT15. Mau sport dgn aura motor jadul tp ttp high tech, ada XSR155 (dgn performa mesin MT15). Masih kurang? Mau buat terabas2 offroad? Ada WR155R (mesin pake R15V3). Mau yg metikan aja? Ada NMax dan Aerox. Sptnya memang skrg2 ini udh bukan eranya vixion lagi ya, karna yamaha jg punya banyak varian selain vixion. Opini pribadi sih, CMIIW

  12. ganti genre aja saran ane… ymi blm punya mini tourer bike .. mesin pake mt25 body kyk versys or Cb500X kyknya bisa jadi opsi yg bagus

  13. Terima kasih cak. Berkat artikel ini aku jadi tersadar, bahwa ternyata selama ini ada tanda strip diantara V dan I.

  14. Saya malah lebih suka desainnew vixion krna jd menambah bukti kegagalan yamaha dlm mengembangkan desain produk yg ada setelah mio, jupiter z, vega zr, scorpio, byson, xride, r15, r25 dan sprtinya skrg akan lanjut di new nmax, seharusnya lakukan sepeeti generasi rx king dr awal sampai disuntik mati desainnya tdk byk berubah.

  15. Ganti aja modelnya jadi R15 V3 tap yg naked, d jamin laris dengan swingarm dan model R15 naked tap tanpa fairing, d jamin laris

  16. Hoorra bakal di dengar lah… Lah wong masuk blacklist musuh bebuyutan yg paling di depan… Sabar cak iwan..mudah mudahan mereka segera mendapat hidayah dari alloh swt.. Ato suruh pulang aja K jepun kl mokong

  17. pergeseran market ke arah skutik bagasi gede & selonjoran. Btw yamaha mau masukin enggak ya yamaha smax / majesty ke indo??

  18. sekarang kebalikannya : Tiger Revo seangkatan Vixion malah harganya melambung
    kenapa all new Vixion terseok-seok?karena anak muda sekarang pilih RX King,gass sithik langsung njengat ..mosok pabrikan gak paham kalo RX King masih favorit?mangkane gawe desain motor ora usah ala motojipi motojipi atau sok futuristis ,gawe desain sing timeless wae kayak King,ning ojo koyok W175 ..elek

  19. Jujur saya mantan pemakai vixion hitam seperti pic pertama saat 2007 dan dilego 2018 lalu. Desain vixion terbaru paling jelek. Harusnya pakai tuh desain awal tapi diupgrade lampu LED,digital speedo, upgrade mesin terbaru mgkn bakal up lagi. Scr desain itu long lasting.

    • Klo ngikutin desain awal dibikin macem cb125r sih oke kak, tpi klo cuman pengen lampu bulat, lampu bulat, lampu bulat, lampu bulat, lampu bulat…
      Monggo ambil cb650, xsr 900, atau Rebel 500.
      Itu motor cakep yg pake lampu bulat kak.

  20. New V-ixion Advance udah mantep padahal. Gen V-ixion yg sebelumnya ban standar dan body slim berubah jadi gambot di NVL. NVL yang lampu Sinchan dan spakbor daun pisang diperbaiki oleh NVA yang lebih sporty dan proporsional. Sayangnya, desain NVA yang udah bagus dibikin amburadul lagi di All New V-ixion.

    Kalo masalah desain dan ergonomi itu ngaruh enggak, lirik motor Sijuki.. mesin bagus, material yang katanya juga bagus, tapi desain n ergonominya aneh, ya yang minat ya konsumer tertentu aja jadinya.

  21. Emang ambur radul ko ni vixion terbaru…
    Tp lbih hncur lg si bandit..dg mesin yg enak..tp desain ancur..jd g laku jg

  22. Malah tertarik dengan vixi gen pertama dengan code mesin 3C1 yang jelas lbih bgus materialnya dari yang sekarang.

  23. Sport 150 cc yang bikin kurang nampol masalah harga yang udah hampir menyentuh 40jutaan,emang pabrikan gak mikir ya kalau harga hampir menyentuh segituh pasti sepih peminat,lihat aja motor2 CBU dari thailand kayak pcx sedikit sekali peminat karena range harga segituh

    • Klo sport fairing kisaran harga emang udah 35 juta keatas kak, kecuali punya suzuki. Klo sport naked masih banyak yg under 30 juta kok kak.

  24. Mereka udah coba koq bikin dohc150…
    Tp blum berhasil..
    Sejak abis meledug di tanjakan sumatra, gak ada kabarnya lagi. Kapok kalii ?

  25. Kalo menurut saya sih mesinnya menggunakan vva aj mesin yang satandar di hapus aj dan design nya di ganti yang agresif seperti yang dulu” lah tapi dengan harga yang terjangkau, oh iya nggk make swingarm banana jg gpp sih make yang biasa aja mungkin bisa mengurangi biaya kan bisa jadi murah hehehe

  26. Udah ganti sekarang jadi motor matic , jadi new vixion r matic , semua org semua pindah sama matic . Bukan masalah vitur nya vixion r sohc atau dohc nya . Sekarang org semua suka sama motor matic . Coba ganti jadi matic top speed nya 135 km/ jam torsinya 20 nm di rpm 5000 , udah yakin pasti laris manis , semoga jadi kenyataan….Amiiiinnnn

    • NVA aja top speed 135 km/h wkwk. Orang sekarang kalo pengen sport belinya fairing ,kalo pengen nyaman beli matic kyk nmax/aerox. Naked bike gak terlalu dilirik lagi

  27. H pakai 200 cc dan 160 cc

    YAMAHA cukup dilawan Pakai 150 cc

    H selalu Melebih lebih kan, kalau Head To Head Keokkkkk ….

    • ngarang wkwkwkwk. Justru yamaha yg Pendatang baru, kok melebih”kan wkwkwk tololnya ni orang. Tiger dan Megapro lebih dulu hadir dengan 160cc dan 200cc, ga ada kata melebih:kan,. tolol bener wkwk vixion datang dgn sendirinya 150cc. klo maslaah H2H dri performa masih unggul megapro 160cc dan tiger 200cc.. scorpio laku cuma krna Bentuknya ramping dan desainnya memang saat itu dibilang futuristis. setelah jaman Beat hadir, yamaha yg malah Melebih”kan dan keok,, Skutik Honda 110cc yamaha lawan 125cc, Supra/blade 125cc di lawan jupi 135cc, honda ngeluarin 150cc series ( 147cc tepatnya ), Yamaha yg kalah tenaga mesin 150ccnya malah di up jdi 155cc VVA .. yg melebih lebihkan siapa ya ??? pgn ngakak tau ga sih huahahahah fansboy sih fansboy tp fakta ya jgn di kaburkan, jgn keliatan bodohnya

      • Ekekekkeke Jangan terlalu O.oondah

        fakta H megap megap kalau Head To Head..mesti dilebihkan

        Yamaha aja cuma 150 cc tp H ngos ngosssan pakai 160 dan 200 cc
        Supra Blade 125 cc itu dilawan Jupiter Z seriess 115 cc …
        lah malah Jupi MX itu 135 cc, H bikin Bebek 150 cc…
        Yamaha baru modal +5 cc aja udah kelejotan…itupun pakai 150 cc udaah superior

        ?????

  28. NgePBeHaaa masihh Halu naik motor Kerenn…

    lha wong sportnya raasa bebek
    C3BoKkkk disalip Matic ….???

  29. masih mending Vixiooon..

    lahh Cebokkkk mesin perjaaa didaurrr ulang

    bore stroke nya mirip cuma ditambiin penampungan air pendingin biar otaknya gak jeblukkkk….????

  30. Setelah aku coba hayati lebih dalam, sebetulnya desainnya bagus & keren, jika dilihat sambil memicingkan & mengucek mata.

Comments are closed.