iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….Saat mengendarai sepeda motor, penggunaan sarung tangan menjadi kelengkapan yang penting untuk keselamatan berkendara. Penggunaan sarung tangan ini bertujuan untuk melindungi area tangan saat berkendara jarak dekat maupun jarak jauh, serta dapat mencegah terjadinya kram pada jari saat berkendara di udara yang dingin.

Tim Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan tips dalam pemilihan dan perawatan sarung tangan untuk menunjang kenyamanan berkendara. “Banyak sekali jenis sarung tangan untuk berkendara. Para bikers perlu memperhatikan masing-masing fungsinya agar tidak salah pilih,” ujar Johannes Lucky, Safety Riding Manager AHM.

Berikut beberapa tips dari tim Safety Riding AHM dalam memilih dan merawat sarung tangan berkendara sepeda motor :


iklan iwb

PILIHAN BAHAN YANG SESUAI

Banyak sekali jenis bahan yang ditawarkan, namun terdapat 2 bahan utama yang sering digunakan untuk pembuatan sarung tangan berkendara yakni berbahan kulit dan bahan kain. Masing-masing bahan ini memiliki karakter yang berbeda. Bahan kain cocok digunakan saat udara panas sehingga dapat menyerap keringat pada tangan, namun jika berada di udara yang dingin sebaiknya menggunakan sarung tangan berbahan kulit agar hangat. “Karakteristik yang paling menonjol dari kedua bahan ini yakni untuk sarung tangan berbahan kain memiliki karakteristik yang lebih lentur. Sarung tangan berbahan kulit memiliki karakter yang lebih kaku dan sedikit mengurangi sensitifitas pada jari sehingga perlu penyesuaian yang lebih, namun lebih aman untuk melindungi dari gesekan,” ujar Lucky.

NYAMAN DIPAKAI

Pastikan sarung tangan jangan terlalu ketat sehingga sirkulasi darah dapat berjalan dengan baik saat berkendara. Sarung tangan juga harus melindungi seluruh bagian tangan dari ujung jari hingga pergelangan tangan. “Para bikers juga perlu memilih sarung tangan yang memiliki pelindung tulang agar dapat melindungi tangan secara maksimal. Dianjurkan pemilihan sarung tangan yang menutupi seluruh bagian tangan,” tambah Lucky.

MUDAH DIBERSIHKAN

Sarung tangan yang sering dipakai haruslah mudah dibersihan secara mandiri. Perawatan sarung tangan minimal dilakukan sebanyak 2- 3 kali dalam seminggu. Caranya, rendam sarung tangan di dalam campuran air hangat yang ditambahkan dengan sabun cuci tangan atau sabun bayi selama 5-10 menit. Kemudian, bersihkan perlahan-lahan dengan menggunakan tangan agar tidak merusak lapisan protector pada sarung tangan. Jangan gunakan sikat dalam proses pembersihan karena dapat mengakibatkan kerusakan pada sarung tangan. Bilas sarung tangan dengan air bersih. Khusus untuk bahan kulit, bersihkan sarung tangan tanpa merendamnya dalam air untuk menghindari kerusakan pada lapisan kulit.

Proses pengeringan, untuk bahan kain dapat dikeringkan di bawah sinar matahari. Untuk sarung tangan berbahan kulit, proses pengeringan tidak dilakukan di bawah sinar matahari dan cukup mengandalkan hembusan angin hingga benar-benar kering. Pastikan kering hingga sisi dalam sarung tangan. Tidak perlu diperas agar tetap menjaga kualitas bahan kulit.

“Perawatan sarung tangan sangatlah penting untuk menjaga kualitas sarung tangan, mencegah bau dan berkembangnya kuman di dalam sarung tangan,” tutup Lucky…(AHM PR)

Advertisements
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
10 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
ALAN
ALAN
10 months ago

Thanks infonya Lek ?

?CIBOCOR?
?CIBOCOR?
10 months ago

Pertamax pakai mesin BOCOR ??

Ak
Ak
10 months ago
Reply to  ?CIBOCOR?

Wes kentek an bahan yoooo gor kui

Pens Boi Akut jiwa Bar-Bar...
Pens Boi Akut jiwa Bar-Bar...
10 months ago
Reply to  ?CIBOCOR?

Nek gae mongtor kuh pakai minyak jelantah jurighan… Maklum ae jurighan… motorku hauz oli mezin munine kemrozhox… Injek gigi zatu lepaz kopling kebule poll…
$$$-SON jenengane jurighan… Zalam maniz rante mulur ambyar kemrozhox….

?CIBOCOR?
?CIBOCOR?
10 months ago

Sekalian cara merawat helm SUKRO wan ??

Donald
Donald
10 months ago

Punya 4pasang empat belas rebuan.. Ngah ngah

Komik nusantara
Komik nusantara
10 months ago
Reply to  Donald

Nek dipakai tulang pergelangan nongol ?? eh itu duwekku ding. Sepasang 8ewu

Kunang2 Ijo
Kunang2 Ijo
10 months ago

Sarung tangan kain 10ribuan ikut komen ah
Paling 3-5 kali pake jarak deket dah masuk antrean cucian
Kalo jarak jauh palingan 1 kali lsg cuci

Ajio
Ajio
10 months ago

Pilih sarung tangan kulit under 100k onlenan. Rasah gowo merk merk an. Suwe kpanasen yo butak warnane.

Gobleh
Gobleh
10 months ago

Saya riding gloves 50ribuan cukup sebulan sekali dicucinya. Keseringan dicuci malah cepet rusak, lha wong murah, hehe.