iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….pasti sampeyan heran dengan judul diatas. Yup….itu sebenarnya adalah sebuah title yang IWB buat ketika garap artikel peluncuran Yamaha Lexam, sebuah bebek skutik yang diracik untuk mengikuti Honda Revo AT. Yup…bebek matic yang dirilis oleh AHM pada bulan Juli 2010 kemudian diikuti YMKI (saat itu sebelum melebur menjadi YIMM) dengan Lexam di Januari 2011. Sebuah project yang IWB anggap terlalu berani. Kenapa ?

Sekitar tanggal 14 Januari 2011….YMKI saat itu melakukan soft launching betik Yamaha. Bersama Jorge Lorenzo di Kasuari Lounge, JCC Jakarta secara resmi Lexam dirilis bersama  para petinggi pabrikan garputala pak Dion, pak Paulus dll. Lewat artikel sebelumnya akhirnya banderol harga yang diatas kompetitor juga terbukti. Yamaha dengan percaya diri menjual betiknya dikisaran 16,4juta. Sungguh harga yang fantastik jika kita melirik Honda Revo matic yang ketika itu dijual AHM diangka 15,8 juta OTR Jakarta…..

Tapi dengan diplomatis pabrikan garputala mengatakan target market Lexam memang diperuntukkan buat kalangan ekskutif. Issue dilarangnya mobil memakai BBM bersubsidi dipercaya bakal merubah pola kebiasaan kaum ekskutif muda yang mencari alternatif kendaraan roda dua menggantikan roda empat mereka. Dan Lexamlah jawabannya..!!! motor yang didaulat bakal menjadi alat transportasi handal karena nyaman, minim getaran dan mudah dikendarai dipercaya bakal bisa memuaskan si pemakai….

iklan iwb
iklan iwb

Ditahun itu, IWB menjadi saksi penjabaran kehadiran betik (bebek matic) Yamaha yang diklaim menggunakan teknologi baru bernama YCAT (Yamaha Compact Automatic Transmission) layaknya T-Max dibenamkan padanya. Fungsinya..?? minimize vibrasi dan membuat mesin lebih awet. Hanya itu..?? tidak cak. Lexam juga menggunakan V-belt (racing type) dengan ukuran lebih pendek sehingga accelerasi dijamin makin galak. Makanya jangan heran jika performa dan  durability Lexam diklaim bakal diatas kompetitor (Average use penggantian mencapai 40ribu km – klaim pabrikan)….

Sisi keunggulan lain betik dibanding matic adalah ground clearance yang tinggi plus wheel base lebih panjang…so ini artinya kelelahan akibat berkendara jarak jauh yang sering ditemui pada matic tidak akan kita dapatkan diLexam…sebagai generasi betik.  Yang kedua dari segi fitur juga telah dilengkapi shutter magnet key dan rear brake lock…..parking safety purposes. Lewat slogan Yamaha Lexam “Live The Difference” pabrikan garputala mematok target penjualan dikisaran 1500-2000 unit dalam satu bulan….

Jika kita memperhatikan semua informasi diatas, jelas Lexam diposisikan sebagai motor semi premium di jamannya. Pricing yang setara dengan new MX bakal mempersempit market sibetik. Coba tanya saja pada para biker muda seandainya mereka mengantongi doku 16,4juta…mana yang dipilih antara bebek 5 speed MX dibandingkan Lexam..?? kita yakin bebek underbonelah yang dipilih. Sekali lagi…Yamaha pastinya sudah mempertimbangkan untung ruginya memposisikan Lexam dilevel tersebut. Seperti yang pak Paulus (GM Marketing YMKI saat itu) yang mengatakan….

” Siapa menyangka matic akan sebooming seperti sekarang……maka dari itu kami optimis bahwa betik juga bakal bisa diterima masyarakat!!” ujarnya saat itu. Yup….semua memang kudu dibuktikan dulu. Lewat kelebihan yang ditawarkan bisa jadi Lexam mencuri hati biker. Jujur…betik Lexam dari sisi desain memang ciamik. DNA body hampir mirip dengan Jupiter MX. Satu lagi yang bikin nggak “kuku”…..rear lamp design berbentuk horizontal. Mengingatkan kita akan lampu motor modern yang tanpa kompromi…..uniknya menjadikan kuda besi  malah menjadi enak dipandang mata…

Itulah sekelumit artikel IWB lawas IWB. Sebuah artikel yang menjadi saksi nyata proyek gagal sebuah pabrikan. Sebab tidak hanya Yamaha, Honda saat itu juga mengalami kesulitan dengan Revo AT hingga nasibnya juga sama. Ya…Lexam terlalu berani ketika tren penjualan Revo AT yang sudah dirilis lebih dahulu kurang berdenyut. Apalagi banderol yang dipilih juga termasuk tinggi dimasanya hingga nasib Lexam semakin terpuruk. Motor ini kurang laku dan memaksa pabrikan menghentikan produksinya  tidak lama setelah peluncuran…

Last….jangan pernah ngedrive pasar jika tidak diperhitungkan secara seksama. Sepertinya tim RND lupa kelebihan dan kenapa skutik saat itu disukai karena dek lebar sehingga fungsionalnya bisa diandalkan. Terbukti usaha konversi bebek AT tidak berhasil dan akhirnya menjadi sejarah menarik yang perlu IWB share dalam sekelumit history buat para followers setia Iwanbanaran. So…Yamaha Lexam ? walau gagal saat itu Lorenzo lho yang rilis, keren ora cak….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

76 COMMENTS

    • teLEk.. XAMpah…
      Produk gagal terlahir dari penamaan yang tidak sesuai primbon, celoteh kanzheng zebod kuncen yamimi…

      • FBH Goblok gak ngaca kalo hondut banyak banget produknya yg gagal, dari Revo AT, CS1 domba garut, supra xx, supra helm-in, spacy, kirana, cbr jomblo, beat pop, dll… wkwkwk

    • Coba dikasih fitur klotok-klotok. Makin rame tuh….. Wkwkwkwkwk pengen ketawa tapi takut ga bisa mingkem

      • Sudah coba berbagai motor ,tiada Senikmat mengendarai Adv , bagai menerbangkan Pesawat Tempur …. Wuuuuuzzzzzzzz ?

        4 cyl ? ..belum butuh , Adv 250 ? Siap inden ??

    • tiap ngahaem jd pioner, yamama jd folower malah gagal total.
      contoh lain pioner domba garut, penjualannya domba garut aka cs1, jg gak bagus

  1. Kira kira di gudang pabriknya masih Ada ga ya ? Kira kira lagi nih seandainya Ada para kolektor minat ga ya?

  2. Pernah nyoba tes revo at punya kawan, saat itu masih mayan baru unitnya
    Sebenernya unik sih, cuman ya saat itu ada metik2 yg bagasi gede dan anti nyiprat di kaki
    Yg kurang ok sih pas turunan suara mesinnya nggerung mayan kenceng

    Tes agak panjang cuman sekali, terus tu motor dituker yg punya ama revo biasa

  3. Revo AT tak senyaman lexam, rek kami hilang tinggal kaki kanan menggantung di footstep, Yamaha terbaik dah dibanding honda, cuma masalahnya itu motor nanggung perawatan ribet dalem mesin ada cvt pendek

  4. pernah coba lexam & revo at saya cak…
    22nya hampir identik sih feel berkendaranya…
    cuma mereka emang motor nanggung…
    sama2 gagal dipasaran…
    kalo menurutku sih mending pabrikan sekarang reborn skutik yg mirip nouvo gitu cak…
    pasti rame pasarnya…
    honda setau saya udah ada airblade…
    tapi sayang gak masuk sini hmmm…

  5. Misal dijual mesinnya aja bakal lain cerita ya kang, bisa dipasang di vega, jupiter dsb, dgn metode “tukar mesin” biar keabsahan surat2 jg aman ???

    • Lebay dari mana cung..? Ga kebalik tuh, picek mukanya kaya tikus got lampunya panjang2 memenuhi mukanya jd seperti pasar malam yg sedang keliling kampung..? Ahh parabeha mbeat mbeot kalau komen ngelantur..

  6. Yg aku tau..honda bikin mesin motor lek.. dari dulu.. dahulu kalaaa… kok sekarang banyak yg bikin yaa… ?

  7. Kalau lambang garputala diganti dengan sayap pasti laris manis tanjung kimpul, barangnya laris duitnya kumpul. .

  8. Sebenerny kesalahan fatal berani ngasi harga diatas revo at krn mslh konsumsi bbm,,yup lexam lebih boros krn msh karbu&revo at ud injeksi…dtaunny siapa yg brani maen injeksi&skrng akhirny smuany jd follower…intiny klo H itu pasti soal fitur lebih duluan dbanding Y

  9. Gimana kalo mesin nya dipindah ke motor sport low commuter, mesin tegak, pake rantai tapi matic, kayaknya lebih cocok walopun awal2 pasti akan dibilang banci… Ya mirip2 dulu Honda Win pake mesin bebek, akhirnya malah jadi masterpiece

    • Sasaran teknologinya dah tepat bebek cvt
      Honda Yamaha jgn ditanya kalo bikin motor ga peduli siapa duluan
      Cuma sasarannya ga direspon
      Mkn mnrut org indo bebek y bebek
      Matik y matik
      Jd bebek matik kedua merk ini perawatnya jd double kurang praktis dlm hal perawatan
      Dah ngurusin mesin .cvt ngurusin Rante jg

  10. salah satu alasan bebek matik gak laku karena ribet.
    selain punya CVT, juga punya rantai.
    nambah satu set item lagi yg harus di maintain kalau dibandingkan dengan bebek biasa atau skuter matik biasa.

  11. Aku masih punya LEXAM.. dan oke2 aja.. karena buat orang tua gua.. catnya premium sekelas cat Suzuki. Mereka suka karena lain. Minim getaran juga bener. Anteng motornya.. ?

  12. Menghakimi memang mudah bung Iwan.
    Tapi coba kita evaluasi kebelakang,berapa product yg kita anggap nyleneh tapi justru menjadi booming kedepannya???

  13. Cak, kontruksi mesin & perpindahan daya gear dpan blkang menarik buat bahan modif matic , ?,
    Keren kalo ada yg modif ala2 T-Max

  14. Bukan sekedar Lexam yg berani, tp emng pabrikan Yamaha yang berani tampil beda bukan kayak sebelahnya yang selalu ngekorrrr

  15. Ane masih peliara atu aja ….ntuh motor ada 2 filter busanya dengan harga kanpas koplingnya sejuta lebih belum sama jasa tahun lalu ….motornya enak tarikan enteng kalau part sehat semua lbh baik drpd mio atau beat …. semoga yg baca tahu nih motor teknologi mirip matic kymco yg dipakai cloning kawasaki …produk gagal pemasaran dilokal sini.

  16. Yang bikin gagal itu bukan teknologi nya, tapi modelnya yang jelek. kenapa Yamaha buang milyaran casting untuk bikin model baru? harusnya pakai saja model jupiter mx, sudah bagus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here