iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk……dinamis cak, strategi memang bersifat dinamis. Hari ini A besok bisa saja berubah B, itulah strategi marketing. Diluar itu kadang ada faktor lain yang menjadi pertimbangan serius sebuah pabrikan untuk memutuskan….terus goooo or not. Nah, itulah kenapa bocoran kadangkala juga berubah. Walau IWB sukses mengendus rahasia internal misalnya, ternyata wacana A tersebut tersebut dikoreksi sembari waktu berjalan. Dan mungkin itulah yang terjadi pada Suzuki saat ini. Maksude piye kiieee….? ya…indikasinya berubah haluan cak….

Pada bulan Maret 2019 pertama kalinya kita mendapatkan gambar spyshot sosok yang diduga sebagai new Suzuki DR150. Sosok yang ternyata sangat mirip dengan bentuk adventure bike ketimbang pure trail murni. Motor yang memiliki desain identik dengan Hajoue NK150. Yup?.jika sampeyan perhatikan secara teliti bisa dipastikan basis desain betul-betul identik dengan Hajoue NK150. Mulai dari depan, samping hingga belakang?.

Dengan hanya melihat sampeyan bisa simpulkan bahwa ternyata motor ini memang bukanlah lawan dari CRF 150 ataupun KLX 150 yang bisa kita katakan sebagai murni trail. Namun DR150 lebih mendekati sebagai motor adventure dual purpose. Jika spesifikasi tidak berubah sama sekali dan benar motor didatangkan secara CBU maka bisa kita pastikan ukuran ring depan mencapai 19 inchi dengan profil ban 90/90?.

iklan iwb

Kemudian untuk ban belakang ukurannya sekitar 17 inchi dengan profil ban 110/90. Cukup mantap cak. Yang menarik sampeyan juga akan menjumpai dudukan atau behel yang di desain sedemikian rupa untuk menaruh barang di belakang. Tidak hanya itu lebar jok terbukti memang cukup lebar. Jelas motor ini bakal cocok bagi sampeyan yang menyukai motor adventure dual purpose. Speedometer juga sudah menganut model full digital termasuk hadirnya engine Kill ciri khas motor sport. Untuk lampu dipastikan masih menggunakan bohlam biasa…

Waktu terus berjalan sejak kita membahas dengan getol sosok yang diduga sebagai DR150. Kitapun bertanya, gimana progress DR150 ini?? kenapa seperti tenggelam ditelan bumi? dan apakah produk ini tidak hadir ditanah air? jawabannya?? sepertinya tidak jadi dirilis..? yup, itulah update yang IWB terima. Memang kasak-kusuk statusnya nggak official dan bersifat terawangan. Dari kasak-kusuk tersebut IWB peroleh sebuah selentingan bahwa PT SIS kurang puas dengan build quality saat pengetesan? yang notabene digarap Hajoue dengan label NK150. Artinya apa ?

PT SIS sangat fokus dengan kualitas dan ini bagus. Konon sempat tersiar mereka mencoba memperbaiki beberapa komponen yang kurang namun COVID19 seakan merenggut wacana tersebut. Termasuk potensi motor yang sepertinya bakal sulit bersaing sehingga makin kesini aromanya makin lemah. Itulah setidaknya yang IWB terima. Apakah bakal ada perubahan dimasa depan ? entahlah. Sekali lagi strategi bersifat dinamis. Tapi yang pasti dari update terbaru yang IWB terima dikatakan project trail DR150 disinyalir masih stuck dan tidak dilanjutkan. Keputusan tepat ketimbang PT SIS malah menghabiskan energi ditengah persaingan segmen penggaruk tanah yang semakin berat….(iwb)

37 COMMENTS

    • Mustinya Suzuki jual motor retro sblum benelli wr xsr dll muncul, oh iya ya pabrikan gak niat jualan sih ekekek.

      Si pabrikan raja ngekor pasti udah ancang2 tuh untuk genre retro

      • Pabrikan raja ngekor adalah yg pertama buat motor hebat di jepang kemudian dunia, sementara yg NGEKOR BENERAN pake lambang GA JELAS entah garpu sendok atau garuk pasir malah ngekor semua teknologi sang RADJA , termasuk di ajang GP500 …WALAU AKHIRNYA ZONK..!!?????

  1. Sayang sekali, padahal kalau saya melihat suzuki dr150 ini blm ada pesaing kalau masuk Indonesia soalnya yg ada di pasar merk? kompetitor jenisnya lebih ke trail yg jok-nya ga nyaman kalau dipakai harian. Cuman agak aneh juga sama suzuki kenapa ga meniru yamaha saja pakai basis mesin keluarga gsx 150, kan yamaha wr juga pakai mesin keluarga yamaha naked 155cc.

    Terus menurut saya daripada suzuki masukkan model baru seperti saluto atau matic bongsor, mending facelift bandit pakai lampu bulat dan bikin address yg pakai water cooled. Sama saran tolong bengkel resmi suzuki tolong lebih diperbaiki kondisinya soalnya di tempat saya bengkel resmi Suzuki kesannya malah seperti gudang barang bekas, banyak barang misal kursi yg karatan kaca jendela yg sdh buram. Lantai yg kusam dll. Yg bikin orang service motor jadi ga betah

    • Gsx dohc bro. Mesin untuk motor jenis ini sohc lebih joss.. Yamaha itu mesin ny sohc. Honda aja gak pake mesin cbr.

    • Terlalu berat pake mesin gsx, stroke terlalu pendek buat trail, ganti gear pun gak bakalan segalak trail tetangga.
      Ane pake gsx s150 kalo lewat polisi tidur yang agak tinggi kadang harus ke gigi 1 dulu biar ada torsinya, lain cerita kalo jalan kosong enak banget limiternya jauh dan gak getar2 minta oper gigi.

  2. Palannya di ganti trail bebek Filipina atau mirip vstrom 250 kayaknya udah cakep.
    Tapi kalo Suzuki menilai build quality nya gak sesuai standar mereka yang terkenal tinggi, betul jangan di masukin.
    Fokus ke matic aja dulu

  3. Spek mesinnya jangan sama dengan kompetitor dong
    stroke 57,8mm crf150,
    stroke 58,7mm wr155r
    Pake stroke 48,8mm spek mesin satria fu fi atau gsx r150 untuk versi spesial engine.

  4. Seperti biasa pemirsa…haojue >< hajoue.

    Yg penting kalo pake sendal swallow jangan kebolak balik ya pak,

  5. Sizuku kenapa gk masukin van van aja ya buat ngelawan xrs sama w157? Kalo masuk, aku beli satu..

  6. Suzuki … motor trail ya TS125 … mantap Joss
    Ini calon muncul lawan TRAIL merk lain .. suzuki DR150 … tapi kok body kurang sip, kurang ganas, kurang inovatif … trail lain bodynya sesuai dg trail .. mohon kalo memang mau muncul DR150 mesti bergaya TRAIL benar … kalo gak mendingbTS125 aja

  7. Kalau seandainya ini kena sama pabrikan sayap mengepak

    Pasti dibilang motor bencong dan motor gagal

    Seperti yang terjadi sama si domba garut

    Yang wujudnya perpaduan

  8. Mengapa Suzuki kalo buat mesin gak pernah main di torsi, selalu main di horse power mulu?
    Padahal motor cc kecil butuhnya torsi untuk operasional harian.
    Sama model tuh model dibenerin jadiin selera Indonesia.

  9. Mending SIS aja dh yg ambil project motor barunya.. Ane yakin, SIS udh riset banyak sama selera pasar Indonesia..

  10. Titip ngomong aja mas iwb, kalau saran dari mas iwb kan sering didengar pabrikan 1 ini
    Kalau memang taktik nya mau comot model dari haojue, mending haojue dr160s
    Atau haojue df160. Model nya lebih selera indonesia, cuma ubahan jadi injeksi aja untuk df 160, dan power nya dibagusin, saya yakin seharus nya bakal lebih bisa diterima pasar daripada trail adventure yg nyeleneh ini

    • Kan udah disebutin ama kang iwan, kualitas haojue itu kurang bagus. Gak memenuhi standar SIS. Masih aja maksa. Kang, lebih baik minta SIS stop pikirin produk haojue kalo gak bagus daripada konsumen kecewa. Karena Suzuki lovers itu pilih suzuki karena kualitas.

  11. Suzuki masih bingung sendiri aja, bikin trail mau masuk kelas angin sepoi-sepoi bisa pake mesin FU kalau mau masuk kelas high end bisa pake mesin FUFI.

    Dua-duanya masih terlalu minim profit? Pake mesin Gixxer 155

  12. Mending dr150 dr pada bandit….udah mo setaun blom launching jga…padahal dah test dijaln

Comments are closed.