iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…tanpa sengaja ketika membuka-buka artikel lawas, IWB dibuat tersenyum. Ya…teringat masa lalu, sepuluh tahun lalu ketika IWB tanpa sengaja mergokin sosok motor naked dengan aura yang cukup gagah dimasanya. Motor yang diberi label Prisma PE200….sebuah motor yang memiliki desain CBR150R CBU serta CB1000R. Betul cak, motor yang konon diracik untuk mengganggu pasar CBR150R Thailand 1st gen serta Minerva saat itu. Dan inilah napak tilas penampakannya yang membuat IWB tersenyum….

Masa lalu persaingan motor Cina melawan Jepang memang luar biasa cak. Diawali dengan masa sulit moneter 1998 yang membuat harga motor melambung tinggi. Ditengah sulitnya ekonomi, bertebaranlah motor Tiongkok dengan label aneh-aneh. Dari Jialing, KTM Inul dan masih banyak lagi lainnya. Walau banyak yang mencibir, motor-motor keluaran cina tetap eksis dipasar tanah air. Setelah Minerva mengklaim bahwa mereka telah meninggalkan part dari Cina dan menggandeng SACHS Jerman sebagai gantinya, hal itu tidak serta merta menghilangkan opini yang berkembang bahwa kualitas masih jauh dari motor-motor Jepang yang telah ada. Toh motor-motor tersebut tetap laris manis….

Hal inilah yang membuat banyak pabrikan lokal tetap gigih menelorkan produk-produk baru dari Cina. Salah satunya adalah Prisma Evolution R200. Tampilan gahar ditambah finishing yang tidak kalah dari Minerva, Prisma ER200 bisa dijadikan alternatif pilihan buat biker yang ingin tongkrongan gagah ditahun itu. Yup…tahun 2010 cak….sebuah masa dimana IWB masih setahun menjadi Blogger. Saat itu IWB wira-wiri masih mengandalkan Honda Megapro lansiran 2002 ketika tiba-tiba mata terpaku pada sosok motor berwarna merah di parkir disebuah dealer gado-gado. Motor ini memiliki bentuk headlamp bak CB1000R. Waaah sangar juga euy. Diparkir jejer dengan Honda CBR150R Thailand CBU, motor yang akhirnya terpantau sebagai Prisma PE200 ini ternyata dijual sangat miring…..

iklan iwb

Jika kita melihat secara asli, Prisma PE200 benar-benar menggoda. Dijual cukup murah sekitar 15,8juta, mesin 200cc SOHC ini sudah dilengkapi ban tumbless merk Duro, monoshock dan speedometer digital. Motor yang di produksi oleh PT. Maju Bersama Surya Indah Motor ini telah mengadopsi shockbraker upside down, belakang monoshock. Walau berpendingin angin design dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat seperti kotak radiator yang ada kisi-kisinya, cukup pintar dan hasilnya enak dilihat. Ketika IWB periksa semua chasing dan bodynya kelihatan kokoh. Finishing juga lumayan rapi tidak kalah dengan produk Minerva….

Malahan kalau boleh jujur seri Prisma PE200 pengerjaan sedikit diatas Minerva 150r yang sudah banyak beredar dijalanan. Cuma kalau kita longok kebagian sasis pengelasan masih perlu ditingkatkan lagi karena agak sedikit kasar sambungan-sambungannya. Tersedia 3 varian pilhan warna yaitu hijau muda, hitam dan merah. Dimensi dan sasis dasar mengambil dari Honda CBR150. Mirip sekali???Hanya sayang spek detail tidak bisa IWB jelaskan karena dari pihak dealer sendiri saat itu belum mempunyai brochurenya. Dengan harga jual dibawah minerva 150vx, siapa menyangkap Prisma PE200 saat itu akhirnya tenggelam tidak mampu berbicara banyak…

Last…itulah sekelumit artilkel lawas yang sukses menunjukkan kiprah sebuah motor Tiongkok yang entah kemana sosoknya sekarang. Mungkin sudah menjadi rongsokan karena tidak terdengar lagi setelah IWB berlalu dari dealer tersebut. Artinya apa ? tidak bisa dipungkiri, brand Tiongkok masih sulit untuk bersaing di roda dua tanah air. Hal ini karena kehadiran mereka yang seringkali kurang serius dan tidak membuktikan sebagai motor berkualitas yang bisa eksis hingga bertahun-tahun. Prisma PE200 ? sebuah motor masa lalu yang mampu membuat IWB tersenyum sebab satu dekade ternyata begitu cepat berlalu. Cepatnya dunia ini cak. Nah disini ada yang pernah punya Prisma PE200 nggak? monggo share testimoninya pakdeee….(iwb)

38 COMMENTS

  1. knp ya motor2 china dgn sangat mudahnya pake usd …. sedang kita kok di sini motor2 susah bgt produksi langsung pake usd …

  2. Hancur di aftersales kalo non jepang cak
    Temen2 beberapa pernah punya minerva susah nyari yg plek2an, akhirnya ya swap comot sperpart sana sini

    Sedihnya suzuki isunya jg begitu skrg, dari bberapa owner infonya part memang murah dn berkualitas, tapi buat dapetin yg SGP susah, mau ke beres suzuki yg reliable aja jarang. Beda ama H dan Y, yg udah kalo di kota besar tiap kecamatan mgkn ada 1 atau lebih, di daerah tiap kota ada beres

    Tp jadi rejeki bengkel “kaki lima” jg kalo di daerah si dg langkanya beres

    • Ngehina bingitz ma bangsa sendiri.
      Luck nut sungguh anak ini.
      Alam kita kaya raya cuiy, bisa dijual buat beli moge segudang
      Terkunyuk… Enjaahhhh kau…..!

      • fakta nya? klo jual sana sini lu dapet apaan oon? yg kaya ya petinggi2 elite kunyuk itu, lu cuma dapet haus doang koar2.. sempaklu

  3. Cb1000 buatan 2008, moncongnya dicontek mocin, eh buntutnya dicontek mentah2 sma yamaha nva/nvl, (catet: udah bukan ngekor lagi)
    – pegangan boncenger tersembunyi dibawah jok, sama persis
    – stoplamp segilima mengerucut tajam, plek ketiplek sama persis.

    @alan kalo lagi nyontek diem2 bae
    @alan, si tukang contek yg teriak2 pioneer

  4. Bro yang nickname TAK ADA YANG BISA, coba kalau komen 1x aja, jangan menonjolkan sampeyan terlihat bodoh. Gue ngerti ente cinta produk H, atau mungkin sales. Tapi buat muak seluruh pembaca, mungkin juga berpotensi merk H jadi jelek karena kebodohan ente sendiri. Motor H tetep laku tanpa komentar sampeyan. Tolong komen dijaga ya, kebanyakan malah buat muntah. Cinta boleh bodoh jangan.

      • Itu karena ente para efbenyek dan sales yamimi kalap jualan sbahan terganggu.. padahal emang low quality. Niru fitur side stand switch aja gak becus, sok2an bilang follower ?

    • ha3.. apalagi klo artikel ttg motogp di blog sebelah,ntah yg dibahas apa, komen nya sampe berbusa2, ga beda ma bala kurawa laen nya

    • Kang iwb sampe ngelus dada keknya commentnya gitu2 mulu. Mau di filter atau diapa2in jg susah… Kwkwkwkwk

  5. Dasar tukang jiplak… Cbr ane diblng Minerva sm temen2 jd bahan canda’an…
    Cbr 2007 ane anteng2 aja dijln… Low kilomtr,dirawat pula, masih enak dipake… Coba mtr jiplakan, mungkin dah Ambyarrr kalii..
    Wkwkkkk

  6. Gua punya cak gua akui kualitasnya lumayan dibanding motor lain… Tarikan nya nendang .. gigi 4 nya gilaakkk… Panjang puoolll… Perawatan gampang , gak yang kayak diomongin orang orang… Gua punya cak??????? intinya kalo onderdil memang harus di BLANDREK… Tapi gua akui bagus dari sektor mesin kalo bisa megang lho,.

    • Suara mesin nya halussss apalagi pas baru barunya.. haluss bener .. kalo pake knalpot loss bisa jedug jedug.. bukannya saya memihak mihak tapi pengalaman saya selama ini… Nggak semua pabrik Sono seburuk itu citranya…hanya tertentu saja.

      • Nah sepakat
        Abang ane penah miara mocin jg, ga kalah jauh ama jepangan
        Kawan ane pernah pake minerva, tenaga cukupan lah
        1 aja ya sperpat itu yg kudu ngepas2in ama jepang punya

        Dan hal ini berlaku jg ama motor indihe, tenaga dan durabilitas cukupan lah
        Sperpat ama bentukan doang yg jadi batu ganjelan org mau beli

        Menurut ane

        • Jauh bedalaah…mocin dn sjnisnya kualitas beda jauh sm mopang….nah klo jnis pulsar,tvs mah brani d sjajarkan ama mopang lokal bhkan mngkin stu step lbih baik…mnrut pnglaman sy(ngebengkel),yg sama antra mocin dn indihe tuh di sparepart aja…brsyukur skrg bs cr di onlen…tp mocin te2p syusah

          • Kalo gt abang ane termasuk untung yak, katanya mirip2 tenaganya ama mopang (dia ambil yg bebek 110cc,, jd ga wow2 banget sih)

            Artinya menurut penjelasan abang, lebih worth to buy indihe yak
            Mau ngincer pulsar 180 apa 200 nih buat santai2 lukot
            Pegel dn bosen pake metik, tp mau ambil mopang masih mayan harganya (indihe di sekitaran 5-7 jt dah bagus soalnya, hehe)

  7. Kalo gak salah di tahun itu minerva keluarnya R150 VX y, banyak juga yg pake waktu itu kalau di p. Jawa.

  8. Dulu pengen banget tuh shroudnya (sayap samping) Minerva Prisma + head Sonic 125. gak ketemu seller spare partnya, order via dealer gak ditanggapin. dipasangin di CBR150R Karbu, biar makin langsing dan beda, sebelum munculnya Era CB150R, khan saat yg bersamaan cuma ada Vixion yg naked sport 150.

Comments are closed.