iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…tanpa sengaja ketika membuka-buka artikel lawas, IWB dibuat tersenyum. Ya…teringat masa lalu, sepuluh tahun lalu ketika IWB tanpa sengaja mergokin sosok motor naked dengan aura yang cukup gagah dimasanya. Motor yang diberi label Prisma PE200….sebuah motor yang memiliki desain CBR150R CBU serta CB1000R. Betul cak, motor yang konon diracik untuk mengganggu pasar CBR150R Thailand 1st gen serta Minerva saat itu. Dan inilah napak tilas penampakannya yang membuat IWB tersenyum….

Masa lalu persaingan motor Cina melawan Jepang memang luar biasa cak. Diawali dengan masa sulit moneter 1998 yang membuat harga motor melambung tinggi. Ditengah sulitnya ekonomi, bertebaranlah motor Tiongkok dengan label aneh-aneh. Dari Jialing, KTM Inul dan masih banyak lagi lainnya. Walau banyak yang mencibir, motor-motor keluaran cina tetap eksis dipasar tanah air. Setelah Minerva mengklaim bahwa mereka telah meninggalkan part dari Cina dan menggandeng SACHS Jerman sebagai gantinya, hal itu tidak serta merta menghilangkan opini yang berkembang bahwa kualitas masih jauh dari motor-motor Jepang yang telah ada. Toh motor-motor tersebut tetap laris manis….

Hal inilah yang membuat banyak pabrikan lokal tetap gigih menelorkan produk-produk baru dari Cina. Salah satunya adalah Prisma Evolution R200. Tampilan gahar ditambah finishing yang tidak kalah dari Minerva, Prisma ER200 bisa dijadikan alternatif pilihan buat biker yang ingin tongkrongan gagah ditahun itu. Yup…tahun 2010 cak….sebuah masa dimana IWB masih setahun menjadi Blogger. Saat itu IWB wira-wiri masih mengandalkan Honda Megapro lansiran 2002 ketika tiba-tiba mata terpaku pada sosok motor berwarna merah di parkir disebuah dealer gado-gado. Motor ini memiliki bentuk headlamp bak CB1000R. Waaah sangar juga euy. Diparkir jejer dengan Honda CBR150R Thailand CBU, motor yang akhirnya terpantau sebagai Prisma PE200 ini ternyata dijual sangat miring…..

iklan iwb

Jika kita melihat secara asli, Prisma PE200 benar-benar menggoda. Dijual cukup murah sekitar 15,8juta, mesin 200cc SOHC ini sudah dilengkapi ban tumbless merk Duro, monoshock dan speedometer digital. Motor yang di produksi oleh PT. Maju Bersama Surya Indah Motor ini telah mengadopsi shockbraker upside down, belakang monoshock. Walau berpendingin angin design dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat seperti kotak radiator yang ada kisi-kisinya, cukup pintar dan hasilnya enak dilihat. Ketika IWB periksa semua chasing dan bodynya kelihatan kokoh. Finishing juga lumayan rapi tidak kalah dengan produk Minerva….

Malahan kalau boleh jujur seri Prisma PE200 pengerjaan sedikit diatas Minerva 150r yang sudah banyak beredar dijalanan. Cuma kalau kita longok kebagian sasis pengelasan masih perlu ditingkatkan lagi karena agak sedikit kasar sambungan-sambungannya. Tersedia 3 varian pilhan warna yaitu hijau muda, hitam dan merah. Dimensi dan sasis dasar mengambil dari Honda CBR150. Mirip sekali………Hanya sayang spek detail tidak bisa IWB jelaskan karena dari pihak dealer sendiri saat itu belum mempunyai brochurenya. Dengan harga jual dibawah minerva 150vx, siapa menyangkap Prisma PE200 saat itu akhirnya tenggelam tidak mampu berbicara banyak…

Last…itulah sekelumit artilkel lawas yang sukses menunjukkan kiprah sebuah motor Tiongkok yang entah kemana sosoknya sekarang. Mungkin sudah menjadi rongsokan karena tidak terdengar lagi setelah IWB berlalu dari dealer tersebut. Artinya apa ? tidak bisa dipungkiri, brand Tiongkok masih sulit untuk bersaing di roda dua tanah air. Hal ini karena kehadiran mereka yang seringkali kurang serius dan tidak membuktikan sebagai motor berkualitas yang bisa eksis hingga bertahun-tahun. Prisma PE200 ? sebuah motor masa lalu yang mampu membuat IWB tersenyum sebab satu dekade ternyata begitu cepat berlalu. Cepatnya dunia ini cak. Nah disini ada yang pernah punya Prisma PE200 nggak? monggo share testimoninya pakdeee….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!