iklan iwb

Iwanbanaran.com – Njlebut cak…mawut ora karu-karuan pokoke segala sektor akibat Korona. Tapi jujur IWB nggak menyangka efek terhadap penjualan motor bekas bener-bener super parah. Penurunan penjualan dibeberapa dealer Motkas Jakarta bahkan hingga 90 persen. Waaaaaaaaaaaaaa….iki sih ora turun cak, wis nyungsepppppppppp !!!!!

Siapa menyangka penjualan Motkas bener-bener terpuruk akibat Korona. Nggak heran para pabrikan lebih demen mengerem produksi motor baru ketimbang bernasib sama dengan para dealer motor bekas. Lha piye cak, seperti lansir Kompas konon COVID19 berhasil memporak-porandakan penjualan motor bekas. Lek boso Jowone nangis nggero-nggero tenan pakde. Emang anjloknya kayak apa ?

Kita ambil contoh dari penjualan dealer motkas Yosia Hermanto, pedagang motor bekas dari showroom Talenta Motor di Palmerah Barat, Jakarta. Lewat Kompas, doi memastikan penjualan motor bekas ditempatnya mengalami penurunan hingga 90 persen. Padahal biasanya cak, jelang puasa dan lebaran naik iki malah nyungsep…

iklan iwb

Saat ini orang lebih mementingkan kebutuhan pangan sepertinya, karena kendaraan kan bukan kebutuhan wajib, dan jalanan juga sudah sepi di mana-mana. Penurunan omset, parah banyak. Biasanya ini mau puasa dan lebaran itu ramai tapi sekarang sepi sekali, bulan ini saja (April) baru keluar satu motor, itu pun dari online...” serunya. Gileeee cak, sebulan cuma satu unit motor, parah iki sih..

Senada dengan Yosia, dealer lain Songsi Motor di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan juga bernasib sama. Menurut Darwin Danubrata, mereka betul-betul kesulitan dengan dampak COVID19. Untungnya omset penjualan tidak separah Yosia yang mencapai 90 persen. ” Semua terkena dampak, penjualan menurun. Mungkin di tengah pandemi ini banyak yang lebih penting dibeli selain motor. Penurunan per tanggal 15 April ini sekitar 50 persen..” serunya…

Last…konfirmasi diatas sebenarnya nggak mengejutkan cak. Sekarang mana kepikiran kita beli motor. Yang ada hanya wait and see dan lebih cenderung menyimpan uang supaya stabil. IWB sendiri cukup yakin penjualan motor baru juga mengalami tekanan yang cukup hebat seperti motkas. Sayang kita nggak tahu data sahih perihal itu. So…buat mbak dan mz-mz sales yang sabar nggih, insyaallah setelah Korona berakhir kondisi akan kembali seperti semula. Mari berdoa dan selalu opmitis…amin YRA (iwb)

36 COMMENTS

    • Obral dimasa pandemi, semua dealer pasti melakukan…
      Yang paling menyakitkan bagi dealer & sales adalah dari berbagai varian produk yang dijual cuman laku satu produk doang itupun ditolong dengan program promo potongan sana sini padahal yg jadi andalan produk all new error…

      • Sultan sept H saja Drop…apalagi kasta2 bawah sept Y S K ?
        Tapi baiknya Sultan H adalah :
        Masih memiliki tabungan yang bejibun – Bunga Bank dari kanvaz Rem beat feat Vario ? jadi masih bisa eksis sampe 4 – 5 tahun keDepan.
        Lah disebelah udah mpot2an dari bulan kemaren…. jangankan buat ngejar biaya operasional standar ,buat makan besok aj udah kaga ada ? belum lagi biaya2 lain serta Hutang2 yang mesti dibayar.

        Semua pasti kena Dampak Korona , hanya saja… Sebelum ada korona para tetangga udah dijepit habis2an sampe makan keringat…ditambah korona pendemi ini ? Hmm….. Semakin Hancur Lebur ?

      • Benar sekali , Sultan H punya multi Produk yang laris manis selama ini.. ( metik + batangan + mocil + moge ) Y sebelah cuman ngandelin 1 produk yang levelnya masih sejaban dengan Vario 125 ? dan sejaban itupun pada bulan juni tahun Lalu ( 2019 ) setelahnya ? Amsyooooong Kabeh ?
        Udah jatuh dihempasin Tangga !
        Kayak itulah Y sekarang , baru mluncur produk DaurUlang versi 2…eh dihapus oleh Korona ?
        Baru aja dijual , ehhh…langsung diskon bahkan bebas Cicilan hingga 2 bulan. Dan sekarang ? Semua produknya diObral !
        Dp bayar min 500 ribu..Tenor cicilan dibayar Sesukanya ? sikaaaaaattt…bisa kredit 10 tahun !

    • Bener… Bener…
      Gak produk baru, gak produk seken… Merk motor garpu mleot memang gak laku dipasaran… Tuh numpuk stok motor seken garpu mleyot banyak bener, sampai ikut nyempil produk ngondah segala, tetep aja numpuk…
      Ajiibb…

    • Liat Pr0duk Fby makin hancurr hrganya.

      Ngejar scuupi begal aja lngsung ngebuL.
      ??

      • Makanya gua bingung ?
        110 rasa 125 atau 125 rasa 110 ?
        Dan…. 4 kelep rasa 2 kelep ataukah yang 2 kelep rasa 4 kelep? ?
        Tech H yang canggih atau tech Y yang Abal2 ?
        ?

    • Pensboy jiwabarbar
      Jangan jangan itu check engine motor skutik bongsor karena mendeteksi korona
      Wkwk

    • Sikattt….? Semakin banyak kejual , semakin leluasa H berkontribusi untuk kemanusiaan..terkhusus dimasa Pendemi korona ini ?

    • Ms H sekarang cuma 25 persen ? trus ms Y kemana?
      Nol koma Nol nol nol koma sekian ?

    • Alhamdulillah cak
      Semoga setelah korona bisa beli yg lebih bagus sebagai pengganti (mungkin zx25r bisa dilirik cak)

    • Sukurlah bisa laku , disebelah Pabrikan Y kagak bisa jual motornya malah ? rebutan jual sama konsumennya yang terlanjur beli.. yang mau beli Sopo ? Orang2 lagi sibuk menahan Pengeluaran seIrit iritnya…karena Korona entah kapan mau Perginya ?

    • Udah gak ada yang Cakar2an ? karena Sales2 Y sudah dirumahkan , Dealer dan bengkel pada tutup….imbas Pabriknya yang Tutup ?
      Yang masih tegak Salesnya ya H doang…itupun jualan udah lewat jaringan Langit .

  1. Kalo yg 79 % turun 90 jadi -20
    Kalo yg 20 % turun 90 % jd brapa cak… ncurrrrr
    Belum lagi rekolan… ncurrrrrrrrr ?

  2. Hampir seluruh lini bisnis kena cak
    Yg masih rada stabil dan oke kayaknya sembako, secara mol mol jg suepi kabar2 e

    Ya 15jt buat beli motor skrg milih buat beli sembako dan kebutuhan sehari2 cak

    Semoga enggal beres pirus-pirusan iki, dan setelahnya bisa lebih sehat jiwa raga buat kita semua

    • Amiiiinnn….
      Karena ini memang masalah Dunia , bukan Indonesia saja.. jadi yang Sakit memang Dunia ? so….udah Sakit begini janganlah kita bikin tambah Sakit…pake yang Pasti2 saja dan ingat…. Efesiensi tingkat tinggi ,contohnya : 1 liter bisa 40 50 km ?

  3. sayang data AISI gak di publish lagi,
    tapi kalau melihat market share mobil yg juga anjlok gara-gara Corona tapi mobil LCGC tetap laku, karena diduga calon pembeli yg tadinya mau beli MPV pada pindah ke LCGC yg lebih murah (terbukti dari penjualan Innova yg nyungsep tapi anehnya penjualan Sigra malah naik)

    nah mungkin di motor juga sama kasusnya, calon pembeli yg tadinya ngincar motor 150cc akhirnya pindah ke motor entry level (Beat?)

  4. Sendal swallow bekasku juga belum laku pak,
    soalnya cuma sekeping doang yg gak hanyut pak,

  5. Opo jal untunge wong2 iki mbelo HYK, ABCDE. Dodolane akeh sing untung yo pabrikan ra dodolan song bondol yo pabrikan, la sing tukang komen mung menyemarakan tok ra uman opo2 kecuali sing komen kui ndue dealer lan dealere laris, miris cak

Comments are closed.