iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…siapa yang nggak kenal Marchesini. Pelk Sultan yang juga digunakan oleh para tim Motogp. Bagi orang awam mungkin pelk Enkei lebih familiar. Enkei yang merupakan pabrikan besar memang lebih sering kita dengar dibanding pelk yang kedengarannya aja susah diucapin dan cukup nyleneh namanya bagi orang awam. Tapi jangan salah karena Marchesini adalah perusahaan yang tergabung dalam group Brembo, bermarkas di Italia. Kelebihannya yang mampu membuat pelk berkualitas tinggi menjadikan pilihan bagi para pabrikan besar sebagai pemasok utama pelk untuk motor prototype sekelas motogp ataupun motor produksi masal. Btw pabrikan mana saja yang memakainya…???

Marchesini sangat terkenal dikalangan motor besar sebagai pemasok pelk berkualitas tinggi. Perusahaan Italia yang sudah berdiri hampir 40 thn lalu ini sangat terkenal dengan design, kualitas dan performa. Gabungan bahan pelk dari aluminium dan magnesium merupakan andalan produk utama mereka. Bahan ini terkenal sangat ringan dan kuat. Dengan kualitas pelk bagus diyakini akan memberikan handling lebih pada motor-motor besar yang rata-rata mempunyai mesin liar. Sekilas prestasi Marchesini…

Di Tahun 2006 pabrikan tsb dipilih Yamaha sebagai pemasok utama pada Yamaha YZF-R1SP. kemudian ketika Ducati meluncurkan Desmosedisi versi jalanan pada tahun 2008 Marchesini juga menjadi penyuplai pelk seri tersebut. Pada Desmosedisi mereka membuat pelk magnesium tempa palang 7. Sementara untuk Motogp tidak tanggung-tanggung hampir semua team memilih Marchesini sebagai castwheel utama motor mereka. Seperti Yamaha team, Repsol Honda team, LCR Honda team, Ducati team, Suzuki Ecstar, Pramac racing, Aspar Ducati dll. Tidak terkecuali Superbike teams juga kepincut dengan performa si Marchesini. Diantaranya Althea racing, Squadra Corse Italia, Ducati Aruba team dll….

iklan iwb
iklan iwb

Dalam perjalanannya didunia racing Marchesini pertama kali digunakan oleh Ducati pada tahun 1988. Kemudian pada tahun 2000 saham perusahaan tersebut diambil alih oleh Brembo sekitar 70%. Sistem manajemen dan kepemimpinan ditata ulang. Inovasi Marchesini maju pesat ditangan Brembo sebagai pemegang saham tertinggi. Salah satu tehnologi diperkenalkan oleh mereka pada tahun itu yaitu pembuatan pelk dengan sistem tempa bahan campuran dari aluminium dan magnesium alloy. Tehnik ini memungkinkan pelk lebih ringan (hampir 40%), lebih kaku serta kuat secara siknifikan….

Tiga komponen ini sangat berpengaruh pada kestabilan handling ketika motor keluar tikungan dikecepatan tinggi serta pengereman mendadak. Semakin membaiknya manajemen serta inovasi kualitas dari pelk Marchesini maka Brembo terus meningkatkan kepemilikan saham hingga 100% (Tahun 2002). Kalau dibandingkan dengan Enkei bagus mana? masing-masing produk punya kelebihan dan kekurangan. Enkei lebih terjangkau karena menyesuaikan market yang dibidik. Walaupun banyak cabang didunia,  dipastikan produk ini secara quality kontrol tetap diawasi oleh Enkei pusat….

Sementara untuk Marchesini, produk ini cenderung buat kelas premium motor bercc besar dan pabrik dilakukan sepenuhnya di kantor pusatnya yaitu di Jerago con Orago wilayah Varese Italia, baru kemudian mereka mendistribusikan produknya keseluruh eropa dan sebagian Asia melalui distributor-distributor yang dibentuk. Pemilihan region atau negarapun tidak sembarangan karena Marchesini memilih negara yang kental dengan suasana balap serta motor besar. Jadi Marchesini..??? ternyata milik Brembo cak, pantes muahalllll……(iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

27 COMMENTS

  1. jangan lupa kang IWB, kita dulu juga punya velg racing legendaris
    MORODADI
    zaman kala itu motor baru ga ada yg pake velg racing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here