iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..isu memang terus bergulir. Isu yang datang dari Eropa serta kasak-kusuk yang terus didengungkan oleh “silent whispering” (syemmm sangar bener sebutannya). Kasak-kusuk yang menyebut bahwa Honda terbuka akan menjadikan basis mesin SH155 terbaru sebagai new Engine untuk New PCX nanti. Mesin 4 katup yang secara spek diatas New NMax 155. Pertanyaannya….Gimana nasib NMAX 155 jika Honda rilis new PCX dengan mesin 4 katup ??

Yamaha NMax menjadi idola ketika lahir di tanah air secara lokal. Sulitnya pabrikan garputala bertempur dikelas low entry matic setelah Mio terjungkal membuat mereka harus kreatif membuka pasar yang belum tergarap secara serius. Yup…saat itu AHM memang sudah memasarkan PCX 125 CBU import Thailand. Namun karena harga yang tembus 38 jutaan ditambah harus inden hampir 3 bulan lamanya membuat kelahiran Nmax ABS yang kala itu dibanderol 27,4 sontak menjadi idola baru. Tahun 2015 menjadi cikal bakal kelahiran produk yang menjadi tulang punggung YIMM….

iklan iwb

Pelan dan pasti cengkraman NMAX 155 semakin mengakar kuat. Jargon mesin powerfull dengan VVA-nya sukses membius para biker termasuk IWB. Yup…IWB adalah salah satu Blogger pertama yang mungkin sudah memiliki NMAX sebelum sampeyan semua punya. Lawong rilis malam itu langsung inden via YIMM langsung. Pitu likur yuto….27 jutaan, muraahhhhhlah dibandingkan PCX 125 yang saat itu memang hanya pantas buat kaum sultan. Status CBU membuat pajak melambung tinggi dan berhasil membuat urung mayoritas biker untuk meminangnya. Apalagi IWB melihat AHM kurang serius garap segmen ini…berleha-leha cak…indennya suweeee…

Nah…selang beberapa bulan pasca versi ABS lahir yang saat itu dirilis sekitar Februari 2015, kalau nggak salah tanggal 22 Juni 2015 Yamaha akhirnya meluncurkan versi non ABS. Kelahiran versi ini jelas memperkuat line up yang sudah ada karena saat itu nmax non ABS hanya dijual di angka 23,5 jutaan. Bayangin wae…mung 23 jutaan. Alhasil Yamaha NMax 155 menjadi idola baru di segmen Maxi Scooter. Pelan dan pasti motor ini Laris Manis karena menawarkan sebuah desain Maxi dengan harga yang sangat terjangkau. Ketika itu Honda PCX CBU malah terkerek naik dan pada puncaknya tembus di angka 40 jutaan….

” Launching pertama kali NMAX 155….Februari 2015..”

Jargon powerful dengan VVA terus didengungkan sebagai penekan kekuatan dari NMax. Strategi Marketing yang tepat karena Rival mereka masih menggunakan engine 2 katup. Sementara NMax dengan harga yang lebih miring karena diproduksi di Indonesia dengan spesifikasi 4 katup VVA dijual lebih murah. Pertanyaanya….apakah 4 katup dan VVA hanyalah gimmick marketing? IWB pastikan tidak. Pertama kali menggunakan di jalan raya dan menggunakan secara agresif ledakan tenaga matic ini memang memuaskan. Saat itu IWB cukup surprise sebab pernah geber-geberan melawan rider Vixion dijalan Margonda NMax mampu nempel ketat….

Karakter mesin yang sedikit kasar namun powerfull yang merata dari low hingga high RPM seakan menjadi benchmark baru bahwa skutik tidak hanya fungsional. Skutik bukan hanya untuk berjalan santai tapi juga bisa buat kencang. Yup…ditahun 2015 NMax menjadi cikal bakal persaingan yang akhirnya mulai direspon oleh AHM dengan lahirnya Honda PCX lokal. Sebuah generasi yang nyaris berubah baik dari frame ataupun mesin. Karakter PCX Thailand yang santai serta lebih fokus pada kenyamanan sedikit dirombak ulang supaya lebih agresif dan powerfull. Walau dalam pandangan IWB perubahan yang dilakukan oleh Honda pada generasi lokal lumayan signifikan namun tidak cukup membuat para Rider NMax lantas beralih haluan. Kenapa demikian ?

” IWB tes Sentul…..NMAX 2015..”

Ada pride ketika motor mereka lebih kencang terutama biker muda. Para biker muda yang suka speed merasa bahwa NMAX lebih superior dibanding PCX. Dan kenyataannya dari pengetesan PCX memang belum mampu mengalahkan top speed NMAX155. Mesin 4 katup VVA dengan kubikasi lebih besar jelas menjadi kelebihan maxi Yamaha yang terus didengungkan diberbagai kanal online ataupun offline. Apalagi mayoritas segmen yang dibidik oleh Yamaha adalah kaum muda yang doyan kecepatan. Yang kedua adalah desain. Menurut mayoritas biker, desain NMax 155 lebih sporty dan anak muda. Nah soal ini tentu menjadi tantangan tersendiri untuk tim RND Honda. Dan jika mereka mampu melakukannya tidak menutup kemungkinan posisi berbalik…

Yup….jika Honda betul-betul meracik maxi skuter dengan spek mesin sama yakni 4 katup, bisa saja tantangan Yamaha makin berat. Ketika tes adu drag hasil berbalik tidak seperti sekarang….PCX unggul dari NMAX155, master speed mulai rontok maka lambat laun komunikasi VVA dan 4 katup bisa saja makin layu. Tidak instan memang tapi pelan-pelan. Apakah kuncinya hanya performa? oooh tidak cak. Itu saja nggak cukup. AHM juga dituntut mampu meracik desain yang sporty dimata para biker tanah air. Karena disegmen ini elegan tidak terlalu dominan alias lebih pada sisi agresif, kompak dan sporty. Jadi jangan sungkan untuk meninggalkan elegant factor pada maxi skuter 150cc. Style dapat, mesin kencang….ditambah kekuatan masspro sehingga banderol bisa ditekan. Jelas akan menjadi persaingan yang bakal akan sangat sengit…

AHM bukanlah lawan YIMM soal resources jika mereka berani tampil all out. Disokong grup raksasa seperti Astra, daya gedor mereka bisa cukup mengerikan jika digarap serius. Lha piye cak…leasing pendukungnya wae ngeri pakde, FIF kangbro. Intip saja sejarah masa lalu ketika AHM sudah serius menggarap sebuah segmen. Satu persatu posisi yang dulu dikuasai rival diambil alih dengan pasti. Mulai dari pasar skutik entry level hingga sport 150cc. Bagaimana digdayanya Mio dan Vixion harus menyerah ditangan Beat dan CB150R. Pertanyaannya…apakah dimasa depan NMax bakal menjadi target serius ? jika menilik pergerakan Eropa sangat terbuka. Apalagi dari pengalaman AHM memang selalu berhasil bukan pada produk pendobrak namun setelahnya…

Last….persaingan bagus untuk kita karena pada akhirnya pabrikan akan memberikan yang terbaik. Khusus untuk maxi skuter, IWB melihat AHM sepertinya cukup santai karena lumbung padi mereka ada pada Beat dan Vario series. Namun kasak-kusuk beredar bahwa mereka mempertimbangkan mesin PCX 4 katup untuk next facelift ditahun 2021 memang kencang cak. Yahh…siapa tahu tahun itu Yamaha responsif dengan menaikkan spek mereka agar lebih superior lewat mesin DOHC 155 misalnya? siapa tahu pakde karena seringkali mereka enggan head to head spek. Dari pengalaman masa lalu ketika Honda sudah menelurkan dengan spek identik, head to head dengan rival biasanya pelan-pelan market mulai bergeser. Btw semua hanya analisa pribadi dan biarlah pasar yang menjawab kelak. Kita buka kembali dimasa depan, apakah dengan kemunculan New PCX 4 katup NMax masih menjadi penguasa ? Monggo berikan opini dan analisanya cak….(iwb)

 

Advertisements

193 COMMENTS

      • Semenjak hadir pcx lokal… Nyemex mulai gak berdaya dan perlahan mulai betah digudang ? bulan berakhir tahun akhirnya Pcx semakin jadi saingan berat bagi nyemex hingga kesini akhirnya nyemex jadi tulang punggung pesakitan.
        Kesalahan fatalpun terjadi saat Y menggaungkan all new yang bakal hadir ,Kesempatan tsb nemberikan peluang semakin besar bagi Pcx untuk men ghempaskan dan mengambil alih posisi. Tidak sampai 2 tahun bagi Pcx untuk membalikkan keadaan.
        Dan pada akhirnya nyu nyemex muncul namun…..
        Namun tidak sesuai dengan harapan , nyu rasa facelift… dengan begitu ” Banyak Kelemahan – Kesalahan ” … Membuat kehadirannya menjadi hambar .
        2021 hadir all new engine dari matic2 H yang tanpa Vitech pun sudah sangat ganas.. ( v tech buat 2030 ? )
        Nah, efek SUARA dari ” Project H 2021″ sudah langsung dirasakan Y semenjak hadirnya all nyu rasa Facelift dengan Fitur ” banyak Kelemahan dan keSalahan ” tsb.
        Respon konsumen yang sangat biasa datar…plus ditambah dengan penyakit dunia korona , membuat Y makin terpuruk. Jangankan buat cari untung , tuk menutupi biaya bulanan pabrik saja mpot2an…dan akhirnya terpaksa di OBRAL… ?

      • Awas update mesin pake vtec harga naik 40juta. Ntar bodi ditipisin makin tipis deh

      • PCX RECALL diam2 bae, numpuk di gudang kemarin pasang discount gede2an, gmn mau laku mesing vario 2 klek ngedek2. skrang mau ngekorr, muka di taroh di mana kk, honda cuman bisa ngekorrrrr… justru nmax penjualan nya stabilll blum lagi d hajar sama nmax baru yg sudah banyak di jalanan hehe.. gimna kbr ADV hampir tdk pernah liat di jalan, numpuk di gudang kk.

      • AHM sedang ATM (amati, tiru dan modifikasi) YMMI, kalo PCX 150 4 valve benar diproduksi, maka NMAX akan terkikis.

      • ngakak bacanya wkwkwkwkwk soal mesin Honda selalu pioneer.. banyak” baca artikel teknologi.. miris wkkwkw

    • Nasibnya makin HANNNCURRRRRRR BERKEPING KEPING …MENJADI DEBU
      HINGGA TIADA YANG TERSISA…
      Seperti Nasib FBY yang MISKIN HARTA LAGI MISKIN HATI..

      • Gak lama lagi Y beralih jadi Pabrik biji limbah Plastik , Masker dan jualan Paket data ?

      • Kenapa bisa begitu?
        Yah ….
        Bebek hancur
        Sport hancur
        Metik hancur
        Dan sekarang metik tulang punggungnya hancur
        ?

      • semakin lo jelek2 kin yamaha tetap aja penjaualan nomor 2 setelah honda. yamaha tetap saja laku. Honda sebenarnya ketar ketir menghalau inovasi yamaha, honda sebenarnya di muka sok santai tp dalam hati dah ketakutan suatu saat akan di salip sama yamaha. muemuehehehehehehhe

      • Omong gede smua lu fanboy ga jelas blom liat hasilnya dah bilang keok lah ginilah. Liat nanti siapa yg makin keok
        Ngomong gede gak ada hasil percuma

      • wkwkk ada anak kecil baru belajar komen hahaha dek dek. masih aja fanboy”an. punya motor dr kapan dek? udh tau seluk beluk Honda sejak di pegang federal group dan sejak Yamaha dulu numpang Produksi di Plant Honda blom? pasti belum kan wkwkwk dulu yamaha plant Yamaha cuma 1 sisanya numpang di Honda hahahahha

        emang faktanya gitu,, bayangkan aja, di atas kertas 155 VVA yamaha kalah sama 157cc standar Honda.. cuma beda 2cc tnpa Embel” VVA/Vtech.. power di atas kertas udh bisa beda 1 koma HP dan Torsi lebih besar. think smart

      • Mana ada picex kalah penjualan skrg ini?
        Itu data MS diumpetin karena apa coba kalau bukan karena malu ketahuan numplek digudang? ?

    • Hadeh motor nya aja msh halu beha udh menceleng picex gegap gempita bakal ngalahin new namax, udh lupa kalau 4 klep itu fitur ga guna kata beha.

    • Ia lah…mana pernah yamaha head to head vs honda…bisa keok…contohnya:….
      – jupiter 105cc vs supra 100cc
      – jupiter z 115cc vs supra x 110cc
      – jupiter mx 135cc vs karisma 125cc
      – vixion r 155cc vs cb 150cc
      – scorpio 225cc vs tiger 200cc
      – mio m3 125cc vs beat 108cc yg skr 109cc
      – nmax 155cc VVA vs pcx 149cc non VTEC
      See??? Kata orang motor yamaha kenceng2…ya emang lah secara dia selalu nambahin cc??
      Coba liat kalo cc sama apa yang terjadi?
      – vixion 150cc vs cb 150cc…KO vixion
      – r15 v2 150cc vs cbr150cc …KO r15v2
      – mx king 150cc vs supra gtr 150cc KO mxking
      – r25 250cc vs cbr250rr 250cc jauh ketinggal R25
      Memang yamaha kalo mau saingin honda harus pake cc lebih besar ato pake tambahan VVA. Kalo head to head pasti kalah. Kalo jadi pcx 157cc masuk, nmax pasti jadi 160cc + VVA baru bisa saingin honda.

      • Ngekor? Jd yg pertama kali pake injeksi di supra 125, side stand switch, parking brake dan ssg ente bilang ngekor?
        Ente bangga dgn sembahan ente yg hanya bermodal embel2 smart?
        Fix ente ketusuk garpu karat ?

      • Bagi H , kalau emang niatnya untuk menghancurkan fan membinasakan rival….itu sudah terjadi dari dulu. Namun H tidak begitu.. H perlu Curut2 buat latihan pengembangan Skil terkam dan mbanting ?

      • Biarlah nmax tetap nmax..PCX tetap PCX …jangan di adu head to head,mahal brow sparepart e……

      • Fbh jilat ludah,dulu sering hina nmax dibilang offset,eh ngekor juga offset nya kebanyakan lagi…awok awok

      • ups,,,!!!!
        kata sales ngonda,
        haram pakai mesin 4ketup,,,
        haram cc offset
        haram ngekor,,,,!!
        ???

      • lha ini mungkin AHM njawab nyinyiran ente, gimana kalau ccnya hampir disamain, opo masih songong kayak sekarang kalian?? Lebih kenceng dikit aja songongnya tujuh turunan

    • Gimana nasib nya ???
      Secara jadi tulang punggung Y akan mengalami osteosporoses penyempitan tulang belakang. Syaraf kejepit. Aktivitas terhambat. Gamblangnya dealer tutup dimana mana. Di tempat ane satu dealer rontok, setelah genio mengaspal
      Wkwkwkwkwk kesian.

    • Sebenarnya tetap bagus sih Y itu tetap ada jualan…artinya part2 yang dipasok Ngastra ke Y tetap laku.. sekalipun itu Part2 Kw ? mintanya Kw yow dikasih Kw lah .

    • skarang itu menyebut motor spesifik
      seperti halnya menyebut Matic Kecil = Mio
      Matic Gede = Nmax

      itu sudah tertanam dalam sanubari masyarakat

      • Sy malah tdk nganggap nmax itu metik gede..
        Krn pas ngeliat, langsung ngebayangin mio yg digembrotin. Xmax aja skrg udah banyak dpake angkut gas sama antar galon ?

  1. Koyoke ga ngaruh secara model tetap nmax masih diminati yg kemaren aku kepikiran ambil pcx dilalah setelah 2 dilihat dan dibandingkan koq kepincut nmax lagi…koyoke mesin opo ae sing digawe model motor tetep no siji lek

    • Namekz tuh tulang punggung Y pakkk
      Ga cuma ke produk imbasnya. Tapi ke Pabrikan…….
      Yang seneng sizuki pakkk…. Ada teman nyungsepnya soale….. Wkwkwkwkwk kesian bapaakkkkk……..

    • Selamat, hindari lobang…poldur..dan siapkan balsem dan braket getar dan kram ,awas genangan air apalagi lumpur.
      Dan yang terpenting adalah tetap punya gembok tambahan ?

      • Sales H ngedumel ga jelas.
        Baca spek diatas kertas dong menang siapa
        Youtube juga dah banyak tes NMAX VS PCX
        Ditonton jgn koar2 aja dah jelas2 menang NMAX DODOL

      • Si Beat 2 katup itu emang laris manis sih kak, beda sama kakaknya PCX yang nasibnya nyungsep

      • Gak perlu bahas si beat , karena sibeat itu jualannya setara dengan jualan Total Y ?
        Untuk maxi skuter udah digenggam sama Pcx dari Juni tahun lalu..dan kayaknya , Y bakal susah bisa bangkit lagi dengan nyu nyemexnya ? selain korona…tentu juga karena ” Project 2021 H “

    • Harga itu sesuai…makanya cari tau dulu Spek dari tiap2 item – Part dan fitur…jangan mengAmini yang tampak luar saja ?

      • Hahahaha tak ada yg bisa piaraan bloger e bos Ben rame trus mbalesi oleh rupiah komentar rame Mesak ne bloger e wes surut ora payu hahhahah

    • Mahal Overprettt karena buat gali lobang tutup lubang…

      makanya banyak produk H disuntik mati..selavi Hora payuu juga beban produksi

    • Shock itu luka lama Y yang bikin robek lagi ? saat dimana Hantaman Pertama muncul .
      Dan hantaman pertama dari Pcx tsb mampu jadi Shock therapy bagi Y.. dan efeknya bisa kita lihat sekarang , Y modyarrrr ?

      • Itu orang dungu yg kurang membaca. Tdk ngerti apa itu triple rate spring..
        Karena yamimi hanya dpt shock kw3 ?

    • Semua yang 149 cc jadi segitu..termasuk Vario dan nanti ada Scoopy ?
      Tekh H itu bukan tekh Abal2… Bisa menanamkan 4 klep namun masih mampu memberikan keefesienan konsumsi bbm ala 2 klep ?
      Waspada… Beat makin nampol2 155 Pea ( kalau masih ada 255 Pea yang masih hidup )

  2. klo gak salah ingat, sejak maret 2015 terjadi lonjakan jumlah biker2 arog4n di jalan raya, ciri khasnya suka maen serobot tanpa peduli org laen, sok nge-moge….. dan sekrg jadi semakin bnyk lagi sejak ada pesaing yg bukan lagi CBU

  3. lebih afdol jika menanyakan nasib kacung ngahaem saat terjadi wabah corona, krn mereka yg bikin hits blog ini dg komentar2 sampahnya.

  4. Kalo ngondah pcx masih gredeg akut mah yamaha santai aja,
    Capek juga ane komplain and claim, claim sdh ditangani dan diservis belum dua minggu kumat lagi. Kata sales dan karyawan ahass “emang gitu pak, punya saya juga gitu”….

  5. Lohhh kang iwb trnyata udah punya nmax dri dulu hahaaa kirain cm beli pici x . Bukannya ADV tuh udah matic honda yg dudesain sporty ya, tp rsanya ngebosenin. Nih nmax gen 1 udah ngaspal di tahun ke 6 tp ttp enak dilihat. Entahlah, kesannya mmg gagah, kokoh namun mngalir serasi.
    Mesin jg oke.

  6. 147cc vs 155cc=beda 8cc power jg beda sak crit
    skr 155cc vs 157cc udah disalip lg
    pdhl udah ada vva ttp kalah power

    vva cuma sebatas 2cc nya honda ?
    yg bilang atasnya vva garang bakalan bungkam sama mesin overborenya esp+, cukup gitu aja udah keok vva, itu blm keluar versi vtecnya lho

    • wkwkwwk

      Yang ada cukup lawan Yamaha pakai 125 cc

      Fakta dilapangan ditinggal sekebonnn..???

      Fakta emng menyakitkan lihat aja Di youtube …cukup di lawan 125 cc…ekekekek

      • hahaha
        mesin nmax sekarang itu cuma standar euro 3 bro cuma 15an ps
        sedang esp+ itu udah euro 5 udah 16an ps

        kebayang gak klo misal mesin nmaxnya dijadiin standar euro 5? bisa2 cuma dapet 13-14 ps doang

        yg pntg konsumen yg untung klo ane mah, masak iya produsen doang yg untung

  7. Alan bilang Honda kalah teknologi
    Lahh wong buat Vixion 4 klep aja gak bisa dari dulu
    Buat mobil yamalu gak bisa
    Mikir woyyy
    Hahahahaha
    Otak mana otak

  8. Salah judulnya lek….

    Judul yg bener tuh…
    ‘Setelah PCX 4klep hadir, gmana nasib perut para sales yamaha’

    Jawaban pasti…

    LAAVAAARRRRR CAAAKKKKK

    NGOAHAHAHAHAHAHAHA

  9. Honda
    Motor banyak
    Mobil Dimana mana
    Robot punya
    Mobil F1 ada
    Pesawat Honda jet siap

    Lahhh yamalu punya mongtor bosok dibanggakan hahahha

  10. Yg paham mesin n bodi si tahu yg mana yg terbaik,jangan disamain cak beda kualitas,dan durabilitas

  11. Analisa yang salah kaprah dan memang disengaja, spek 4 klep lebih tinggi pcx wong tanpa vva koq, diatas kertas topspeed katanya lebih besar dikit dari nmax karena mesin baru Honda ccnya offside, bicara cb150 mengalahkan Vixion itu bohong hanyalah pasar naked 150cc beralih ke matic 150cc dan naik kelas ke sport 250cc bahkan scooter Maxi 250cc

    • Saya sependapat. Memang analisanya seperti salah kaprah.. apalagi tentang naked150cc.. padahal banyak yg beralih ke metic dan naik ke cc yg lebih besar bahkan ke mobil LCGC.
      Memang secara design sy tidak suka dgm new Vixion. Analisa saya memang sepertinya yamah sengaja mengalihkan deman ke motor lain (xabre,MT15,Xsr155,wr155)

    • Betullll sekali bro.. Tapi parabeha mbeat mbeotnya dablekkk.. Teriak2 terus.. Kalau memang kaya raya dan sudah punya nama, kenapa ga jadi pionir behhhaa..?? Ga malu parabeha mbeat mbeot..? Sukanya teriak2 maling.. Kapoknya kapan parabeha mbeat mbeot..? Kaya si muke gile, tak ada yg tak bisa, dan yg fotonya motor muka tikus got penuh warna seperti pasar malam warna merah..

      • Honda bukan ngekor.. tp ngebiarin pabrikan tolol merambah semak2 trus dihajar smpai remuk.. ?

  12. Apa 4 katup itu ya yg dicari peminat pcx? Kok kayaknya gak banyak ngaruh ya, kalau perbaikan penambahan fitur di sektor lain dan perbaikan desain lebih oke kayaknya

  13. Saat honda baru mau pakai 4 klep vtceh
    Yamaha sudah mengembangkan mesin dengan turbo charger hahahaha

    Yamaha pabrikan dengan inovasi

  14. Parabeha mbeat mbeot pada teriak maling padahal mereka yg malingnya.. Nmax lebih 5 cc parabeha mbeat mbeot nyinyir dan teriak2, giliran picek opset 7 cc parabeha diem2 bae malah teriak2 maling.. Nmax dipake lebih enak dan bonceng lebih nyaman parabeha mbeat mbrot bilangnya ga nyaman, giliran picek sudah jelas dipake dan bonceng ga nyaman bikin kapok dibilangnya nyaman.. Parabeha mbeat mbeot gimana sih..?? Picek desain muka tikus penuh lampu seperti pasar malam dan buntut kaya monyet dan desain alakadarnya dan kualitas mesin alakadarnya dibilang bagus, parabeha mbeat mbeot pada mabok nih.. Kalau yamaha disebut ngekor, kalau honbul disebut dicontek, parabeha mbeat mbeot gimana sih ngelantur terus..?? Teriak2 terus..?? Udah jelek desainnya, mesin alakadarnya, masin ngeden, ngorok, kasar dibilang kok halus..? Behaaaa behhha.. Mau ngalahin NMax..? Yg cuma faktor lising yg super kaya dan nama merk doang honbul bisa ngalahin yamaha.. Katanya pabrikan kaya dan besar..? Kenapa sering ngekorrrr yamaha..? Terus malah parabeha mbeat mbeotnya nyinyir terus.. Giliran yamaha sedikit ngikut honbul, widiiiiih parabeha mbeat mbeot teriak2nya kaya setan.. Ga malu lu pada..?? Ada pengakuan yamaha untuk memberi diskon nmax biar ga numpuk, karena ada korona ehhh dibilang ga laku.. Lha giliran picek kalah secara desain, mesin, kualitas dan harga eeeehhh parabeha mbeat mbeot diem2 bae seribu mulut dan bibir tertutup.. Kapokmu kapan..? Sadarmu kapan..? Kapan parabeha mbeat mbeot buka mata dan telinga untuk membuka hati dan pikiran, bahwa ada yg jauh lebih baik dari merk honbul..
    Silakan untuk parabeha mbeat mbeot nyinyir dibawah.. Bagaimanapun parabeha mbeat mbeot susah untuk dikasih tahu dan diperbaiki, mereka lihatnya hanya nama Merk dan bantuan lising.. Haduuuuuuhh.. Kapokmu kapan behaaaaaaa behhhhhhaaa..!!

  15. Yg aku tau dari dulu honda itu pabrik motor ato bikin mesin2 .. kalo yg lain aku kurang tau lek… sekian lek.. salam yay!

  16. koq yg ditanya nasib nmax..??
    bgmn nasib kacoeng2 ngahaem akibat corona..??
    bukannya mereka yg bikin blog ini hit

    • Kacungnya ahm mana ada?
      Yg ada para fbh hanya nikmati kesenangan ngeliat efbenyek kalap termasuk salesnya.
      Kan lucu aja ngeliat kaum mending alay dikerjai karena bacotnya sendiri ?

  17. hallo teman2 yg kerjanya nyampah dimari memuja merk sesembahan
    apa kabar…???
    apa pabrik sesembahan kalian memikirkan nasib kalian.???
    semoga kita semua selalu mendapat keselamatan dan kesehatan. amin

  18. Wes kandung over price matic honda cak.
    Ganti mesin mau SENGEBUT APA TO JONN ?
    Yg jelas pasti lebih mahal atau = ADV.
    Ttp masyarakat pasti milih harga=nilai trbaik.
    Intine podo uangel cak nyelip pnjualan maxi yamaha.

  19. Apa yg terjadi? Kapan terjadi?

    Selama COVID-19 aktif, saya pikir dunia permotoran akan lesu.

    Belum lagi PCX dan NMax berujung menjadi Ojol. ?

    Jan!

  20. Yamalu tukang ngekor
    Honda pertama buat injeksi di Supra x 125 tahun 2004
    Yamalu nongol di piksi 2007
    Sampe sekarang piksi cuma dua klep
    Gak bisa buat 4 klep
    Honda buat Scoopy yamalu ngekor buat Fino
    Honda buat CBR 150R
    Yamalu R15
    Honda buat Tiger yamalu ngekor buat Scorpio
    Honda buat motor standar samping mati
    Yamalu juga ngekor
    Honda buat PCX tahun 2010
    Yamalu ngekor nemex 2015

    Udah bosok tukang ngekor
    Payah Yamalu

  21. Klo hanya 4 katup tanpa di barengi bukaan katup variabel macem VVA nmax jgn harap bisa nandingi nmax dri segi performance, kecuali dinaikan kapsitas silinder diatas nmax tpi konsekuensi msin lbih boros, atau naikan kompresi tpi konsekuensi msin cepet panas dan komponen cepet aus, mau gk mau pcx harus pake teknologi VTec klo mau mlawan nmax tpi harga pasti jdi melambung,

  22. Pertama nasibnya nanti bakal dilihat dari desain mana yang bisa lebih cermat mengikuti desain selera pasar mayoritas itu yang akan laris karna menurutku salah satu nilai jual NMAX itu desainnya universal cocok untuk konsumen pria dan wanita sedangkan PCX lebih condong untuk wanita.

    Untuk mesin Honda bisa menyamai pakai 4 klep + variable valve juga karna lahirnya belakangan bisa ngasih performa lebih, tapi apa yakin mau dibanderol sama persis seperti PCX sekarang? Aku yakin akan lebih mahal lagi harganya bukan gak mungkin tembus 40jtan.

    Matic DOHC? Itu sih produk yang lagi dikhayalkan para fanboy Suzuki.

    Terakhir untuk bisa atau tidaknya bersaing dipasaran tetap butuh backing yang kuat seperti yang dijelaskan IWB diartikelnya, lihat aja Suzuki yang harus berjuang keras sekuat tenaga untuk tetap relevan di pasar +62.

  23. Klo diliat dari basic engine sdri yg merupakan punya r15 vva. Saya rasa potenasi asli mesin nmax skrg masih bisa di up lagi. Wong yg sportnya tembus 19hp. Seharusnya logika max power dg konfigurasi engine rebah bisa up hingga 16,9hp. Seharusnya lho ini

  24. Yamaha ben dadi pelopor thok ae kang.. bukak pasar anyar neh lek kas laris honda kari gawekne saingane ra yo penak to..gak usah riset okeh okeh..

  25. Mau numbangi NMax? Beraaat cak. Secara cak IWB sudah ngomong duluan kalo NMax udah “berakar kuat”. PCX harus punya racun istimewa untuk matikan NMax. Secara konsumen lokal masih mentingin spek lebih dibandingkan kefungsionalannya guna apa gak…

  26. Fby yang kepanasan ke warungnya permana triaz aja sono, ada artikel mirip lek iwan, tapi isinya penggiringan opini, dijamin seneng kalian ?

    Tinggal tunggu zunzungan fby paduka triatmono buat artikel juga ??

    • Salah maksudnya triatmonyong ??

      Kasian si triaz, ngetik panjang panjang blognya gak laku ?? duoongo sih penjilat bokong yamaha??

  27. Tlg tanyain donk, kpn qbix pake mesin lexi keluar. Jgn tanggung² klo bikin motor di mari.
    Mio dah wafat, ga ada yg suka.
    Atau qbix pake nama Mio Qu mesin mio 125 gpp, tp hrga qbix standar pepetin scoopy/freegoS

  28. Pengen ketawa liat komenan dari FBH dan FBY dah kaya anak kecil aja ?
    Pada nggk malu apa ya gontok”an kaya gitu ?

  29. Konsumen memilih motor biasanya mempertimbangkan banyak faktor, anggaplah spek mesin mereka tak terlalu utama, faktor kenyamanan , desain oke, tarikan gesit dan mudah dirawat merupakan beberapa faktor utama, mengalahkan spesifikasi pabrik. Kadang mereka nggak peduli klep nya ada berapa, nggak peduli apa itu fungsi teknologi dari pabrikan ntah itu vva, entah itu cbs,entah abs, dll.,bahkan ada teman saya yang nggak tahu kalo maticnya ternyata ada radiatornya.. Sing penting penak, tarikan enteng, perawatan mudah ,efisien , dan harga cocok….tinggal yamaha dan honda ,siapa yang bisa nuruti napsu napsu nya kebanyakan konsumen di tanah air.

  30. Jgn lupa 157cc…pcx 157 vtec..hehehh ngerilah..
    Nmax bisa jd new nmax 155 vva abs y-connect dohc + monoshcok..mkin pnjang nmnya..
    Suzuki burgman…au ah..peteng

  31. Maaf cak, komentar kelakuan fans fanatik tolong ditinjau ya. Ga pantas komentar begitu. Saya hanya malu, kok udah tua pada komentarnya kaya bocah smp ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here