iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..cukup banyak komentar miring perihal status New Kawasaki Ninja ZX25R yang masuk kategori premium. Komentar miring ini fokus pada sistem kunci yang jika dilihat secara kasat mata belum menganut model keyless atau bahasa patennya di Kawasaki adalah KIPASS. Namun setelah baca artikel ini sepertinya kita harus meralat komentar tersebut karena jika diperhatikan secara teliti, siapa menyangka motor Kawasaki 250cc 4 silinder ini ternyata sudah dibekali kunci anti maling. Ahhh mosok ? emang seperti apa ? simak detilnya berikut ini…

Sejauh ini cukup banyak komentar dan pertanyaan dilayangkan ke IWB dengan tema cukup menarik….” Apakah Kawasaki New Ninja ZX25R sudah dibekali kunci keyless atau KIPASS ?”….kenapa dengan harga dan posisi yang cukup premium untuk sport 250cc Ninja ZX25R masih dibekali model kunci biasa?”…itulah pertanyaan yang banyak masuk kewarung cak. Pertanyaan yang cukup bisa dimaklumi karena sejauh ini belum ada bocoran apapun terkait spek ataupun fitur dan sang 4 silinder. Makanya IWB coba bedah fakta terkait fitur ini. Dan dengan mengamati secara teliti bisa IWB pastikan ZX25R sudah dibekali kunci anti maling ? koq yakin ?

Ya…yakin cak, kan udah banyak gambar bertebaran di internet. Namun yang patut digaris bawahi mekanisme kunci anti maling tidak seperti model keyless seperti yang saat ini kita kenal. Bukan KIPASS tapi mekanisme kunci anti malingnya merupakan standar beberapa moge Kawasaki yang sudah bertebaran di pasar. Sistemnya masih tetap mengandalkan anak kunci dan inilah yang biasa kita sebut sebagai immobilizer. Yup…dari gambar terlampir bisa kita pastikan bahwa motor premium 250 cc Kawasaki ini tidak bakal bisa dibobol menggunakan Kunci T. Kenapa ?

iklan iwb
” Intip lubang kunci Z25R, ada tulisan immobilizer cak !..”
” Contoh Kunci Z800, sama-sama sudah immobilizer….”

Karena dengan sistem immobilizer dibutuhkan anak kunci yang memiliki transponder atau chip bawaan. Chip ini ditanam dalam kunci OEM. Sistem yang di Honda Big Bike disebut sebagai HISS harus menggunakan kunci bawaan pabrik untuk menyalakan motor. Karena jika kita menggunakan kunci palsu atau peralatan lain maka ECU tidak akan mengaktifkan pengapian. Itulah kenapa immobilizer sejauh ini merupakan perangkat yang sangat aman dan sulit dibobol. Dibandingkan dengan keyless perangkat ini sebenarnya memiliki cara kerja yang mirip. Perbedaannya hanya pada perangkatnya. Immobilizer lebih natural karena tetap mengandalkan anak kunci sementara keyless cukup dengan remote didekatkan. Tapi soal security keduanya sama-sama high level…

Last… fakta ini membuka mata kita semua bahwa sepertinya Kawasaki akan menjadi pabrikan yang pertama kali mengenalkan kunci immobilizer pada mesin 250cc setelah sistem KIPASS. Walau tentu kita harus menunggu dulu akan seperti apa facelift dari Honda CBR250RR yang diprediksi bakal dirilis sebelum bulan Juni 2020. So… Kawasaki Ninja ZX 25R ? Anti maling cak wisan…tenang wae…..juozzz tenan wisss ! (iwb)

iklan iwb
Previous articleModifikasi minimalis Suzuki GSX-R150, edian suspensi dan swing Arm Honda CBR250RR !!!
Next articleAgostini :”Rossi dan Marquez akan kalah melawanku.”
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!