iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..isuk-isuk kita wis disodori sebuah artikel yang cukup menarik dari ujung negara Jepang sana. Sebuah renderan yang dirilis oleh Youngmachine terhadap sosok senjata Honda dikelas seperempat liter dimasa depan. Menggunakan label CBR250RR-R….banyak yang meyakini Honda tidak akan tinggal diam dan bakal menggunakan gacoan barunya ini untuk mengusik ZX25R. So….apakah ini artinya geng ijo harus waspada ?

Youngmachine baru saja meluncurkan sebuah renderan yang sangat menarik karena berhubungan dengan persaingan di kelas sport 250cc fairing. Renderan ini menjadi perhatian pribadi karena menggunakan basis desain dari Honda CBR 250RR yang sudah beredar digabung dengan Honda CBR1000RRR Fireblade yang saat ini menjadi senjata Honda di ajang World Superbike. Intip bagian moncong muka yang memiliki air RAM dibagian tengah. Kemudian lampu depan sedikit sembunyi Lancip ditekuk ke dalam….

Namun beda dengan generasi CBR 1000RR-R Fireblade, untuk CBR250RR-R dicangkokkan reflektor model dual Cluster sehingga membuatnya tampil lebih sangar. Yang menarik ternyata dari imajinasi Youngmachine mereka percaya Honda akan menggunakan dual diskbrake di bagian depan. So…. tidak seperti Kawasaki yang masih mengandalkan model single disk maka pada motor 4 silinder Honda ini dijejali dua piringan dengan ukuran yang lebih kecil termasuk penggunaan kepala babi single piston masing-masing 2 kiri kanan….

iklan iwb

Selebihnya Jika kita memperhatikan secara teliti banyak poin merupakan campuran antara Honda CBR250RR dengan CBR1000RRR. Yah…. namanya wae sebuah imajinasi dan analisa, hope atau harapan dan syukur jika akurat. Kemudian untuk dapur pacu belum dijabarkan. Namun mereka percaya bahwa Honda tidak akan berdiam diri ketika Kawasaki ZX25R benar-benar sudah mengaspal di dunia. Motor setidaknya bisa tembus 46HP ?Renderan ini lahir dari sebuah analisa dan harapan yang didasari oleh history masa lalu….

Yup…. ketika di era 1980 hingga 1990 para pabrikan berkompetisi menelurkan motor terkencang di kelas 250cc 4 silinder. Honda adalah salah satu pabrikan yang sangat disegani kala itu karena sukses meluncurkan produk yang kencang dieranya. Honda pernah memiliki produk dengan mesin 4 silinder yakni CBR250RR MC19 ataupun MC22. Sebagai informasi CBR250RR MC22 dirilis Honda pada kisaran tahun 1990-1994. Saat itu motor yang dijejali mesin DOHC 4 silinder inline 16 katup ini memiliki tenaga hingga 45HP dengan torsi 21,5Nm. Yup…ledakan atasnya nggegirisi namun torsi emang jauh dibandingkan inline 2. Itulah karakter 4 silinder cak…

CBR250RR MC22 dimasanya mampu meraih top speed dikisaran 205 km/jam. So…mesin era modern 250cc sekarang dipastikan bertekuk lutut melawan CBR250RR jadul ini. Apalagi bobot kosongnya hanya 143 kg. Nah, artinya tidak diragukan Honda sudah memiliki pengalaman luar biasa garap mesin 250cc 4 silinder. Tapi jika pertanyaannya, “ Mungkin nggak Honda nyusul mengeluarkan CBR250RR dengan mesin 4 silinder ?? Diartikel sebelumnya IWB sudah memberikan sedikit informasi bahwa sebelum lahir K64A, sebenarnya Honda sudah memasukkan opsi mesin 250cc 4 silinder saat masuk RND.

” CBR250RR MC22….”

Namun setelah dilakukan survei mendalam, menurut AHM mesin 2 silinder adalah spek yang cocok untuk CBR250RR. Konfirmasi ini dilayangkan Toshiyuki Inuma (Presdir AHM) saat interview peluncuran CBR250RR beberapa tahun lalu. ” Ya, kami sempat mempertimbangkan mesin 250cc 4 silinder saat RND CBR250RR. Termasuk sasis model parimeter. Tapi kami memilih 2 silinder karena lebih efisien serta tetap powerfull. Sebab kami juga harus melihat dari sisi pricing agar tetap terjangkau. Dan ini adalah paket terbaik dari Honda untuk para konsumen…” tukasnya saat itu….

Dari sana cukup banyak pertanyaan mampir ke warung IWB, apakah Honda CBR250RR bermesin 4 silinder akan lahir ? apakah setelah Ninja 250 4 silinder Honda akan nyusul dengan mesin konfigurasi yang sama ? untuk saat ini IWB belum menemukan sama sekali indikasi kearah sana. Namun sekali lagi ini jawaban sekarang. Sementara Honda memiliki sumberdaya dan kemampuan yang sangat besar jika ingin melakukannya. Entah 1-2 tahun kedepan, semua bisa berubah. Apalagi Ninja 250 4 silinder wae belum turun, iyo ora…

Last…renderan diatas menjadi sebuah pendorong penting karena kita jadi memiliki dua analisa yang mirip dengan kata inti….Honda bisa saja tidak akan tinggal diam. Apalagi kehadiran ZX25R memang dipantau penuh Honda, itulah yang IWB tahu. Tinggal ada dua…sukses atau tidak. Jika sukses ? potensi kelahiran New CBR250RR-R pasti terbuka. Sebagai king of the king di berbagai kelas, rasanya tidak mungkin Honda akan diam saja seandainya ZX25R laris manis. Apapun itu persaingan bakal makin seru, IWB jadi penonton wae…iyo ora. So…Honda CBR250RR-R ? yeesss ora menurut sampeyan ?? (iwb)

CBR250RR

CBR1000RR-R

CBR250RR-R 4 silinder (Delution image)

Pict Youngmachine

Advertisements
iklan iwb

75 COMMENTS

      • daripada junjungan SiAlan Produk g laku laku, bedebu dan numpuk digudang apapun bentuk yg g jelas itu…

        • Buat motor Sport g jelas (G ada yg beli), buat matic error melulu, buat bebek ndak laku2.. buat gitar sama piano aja Junjunganmu Alan SiAlan baru bener..

      • Mending ninja 4silinder dripda ini. Org juga pasti bilangnya ninja jadi pioner. Honda?? Cuman ngekorrr

        • Honda dari jaman jebot udah main mesin ribet 4 tak 2-4-6 silinder disaat yg laen cuma mampu main mesin simple 2 tak..terus sekarang ada motor 4 tak 4 silinder dan lu bilang honda yg ngekor ?

          • Alayers? Lu sangka ninja bkn pioner motor sport trus ngapain cbr250 ngikut main 4 silinder? Mikir tong sblm komen pantes fanboynya otak begi smua

    • maklum mereka mainnya masih kelas cere. kawasaki dan yamaha udah 600 cc 1000 cc, yg ini masih berkutat di 150-250 cc

    • Menurut laporan Young Machine, hanya khayalan semata klo Honda bakal ngeluarin 250cc 4 silinder. Honda udah kerja keras buat bikin Fireblade 1000 RR-R 4 silinder buat kompetisi WSBK. Jd ga mungkin bikin 4 silinder 250cc. 250cc 4 silinder itu tergantung dari bagaimana km melihat dan menjual. Klo menurut saya, Honda liat respon dari market dulu. Karena harga tentu akan mempengaruhi penjualan.

  1. Saya penggemar dan pengguna sepeda motor honda, terus terang sy belum yakin honda akan mengeluarkan 250 cc 4 cyl dalam waktu dekat……soalnya mereka itungan banget…..tapi biarpun pelit…..sy ttp pake honda krn terbukti awet dan tahan lama….

  2. Design final Honda selalu jauh lebih baik dari design milik Young mechine, contohnya lihat saja double disck brake depan yg tampak wagu gak sedap dipandang.

  3. honda itu cerdas. dia biarkan yang lain berpolah tingkah dulu. trus dipantau efeknya di pasaran. kalo jeblog ya gak usah bikin, kalo bagus ya langsung bikin yang lebih bagus.
    simalakama bagi pabirkan gurem. kalo gak berpolah tingkah maka dia akan bangkrut. kalo berpolah tingkah maka produknya akan jadi pantauan honda dan siap2 dihajar habis.
    liat saja mio, ketika sukses langsung dibabat abis sama beat. tapi ketika lihat tricity gak laku maka honda gak merasa perlu bikin motor anak2 ( roda 3 buat anak2 latihan naik sepeda ) itu.

    • trus ngpain honda berpolah tingkah bkin spacy, genio, yg akhirnya ga laku dan pabrikan lain pun ga ada yg pingin niru ?
      ada lg niru polah pabrikan lain dgn bkin supra GTR , malah zonk. wkwkwk

      • untuk produk2 yang bukan tulang punggung macam spacy dan genio, istilahnya cuman buat main2, ngisi jeda akan munculnya produk baru atao facelift.
        kalo GTR memang buat regenerasi bebek legendaris supra yang sudah kadung punya nama besar. laku gak laku yang penting honda masih punya basis di kelas ini.
        ingatkah dengan honda kirana? revo AT? supra XX? cs1? blade? itu adalah produk yang istilahnya cuman buat “main2”, sedangkan saat itu main core bebek honda adalah astrea dan supra. bahkan honda emoh ngeluarin nova dash nya.

  4. Jaman sekarang gak kayak dulu, sebelah bikin motor bagus, jadi iri ikutan buat yang lebih bagus. Sekarang gak begitu, harus liat pasar apakah saingannya laku apa tidak, kalo gak laku ngapain di lawan.
    Kita liat nanti kawasaki untung berapa dari jualan zx25r: {harga on the road – (harga off the road + pajak)} x total unit terjual.

    • Nulis tu yg bener , nak…mana ada CBRR250RR…

      Mending lu tambahin mesin potong rumput utk R(ecall )25 …agar KEMCANG DIKIT DAN ADA AROMA RACING nya.

      Bukan SANTUY JALAN2 SORE…????

  5. Tunggangan dimek yang diskors gak boleh ikut moto2. Ehh malah dapat spek di atasnya.
    Cieeeee……… Ojok iri yoooww……..

  6. CBR 250 RR-R 4cyl WAJIB :
    1. sasis twin tube frame/perimeter
    2. lengan ayun pisang / pro arm ala VFR400 atau NSR150/250SP
    3. doubel front disk brake

  7. tipikal Efbeha, motor blm kluar , dbkin aja blm udh koar2.
    cm gara2 pabrikan lain jd 1st mover lgsg kepanasan berharap pujaanya ngluarin motor yg bisa nyaingin,, nanti klo ga dbkinin akhirnya ngeles ” honda males bkin motor gtuan ngpain , ga laku kok… ”
    wkwkwk

      • @jabrix emang gt, pdhl jujur aja ya di matic low end sy ada pkai scoopy 2015 & mio GT, scoopy jauh lbh nyaman dan enak. mio ancur dah pegel smua bdan geter.

        lalu sy ada nmax 2020, sbnrnya pingin ambil pcx tp udh byk yg make di jogja. bosen, ternyata keren jg nmax new ini dr blkg. bsk klo pcx udh pake mesin baru insyaAllah sy beralih ke pcx krn mesin baru jelas lbh powerfull.

        di kelas hobi sy mantan pengguna ninja 250 dan er6 (2012).

        cm jujur aja ya.. sy eneg liat efbeha yg overproud.. over bgt muja2 brand nya, kyk produk nya honda ga ada jeleknya, lha wong adik ipar sy ambil vario 150 2018 ndredek bkin emosi kok ga direcall. tp ya wajar sih stiap pabrikan punya celah/kekurangan.

        cm mkir aja dapet apa ssih mereka. pdhal plg pake nya mtr embit.

        klo efbeye sih, serah emg udh nasib nya dibully krn nyebelin jg yamaha ngluarin byk produk nanggung, salah satunya mt25 nanggung amat..pdhal kmrn pingin ambil mt25 klo buntut nya bgus.

    • Efbeye itu mestinya ngacaaaa..
      Pabrikan sembahan ente tuh, sampai kapanpun hanya bs ditelapak kaki honda. Jd gak usah banyak bacotttt..
      Krn sekali aja honda totalitas mau nginjek yamalu, gak bakalan ada perlawanan.
      Emang fensboy-nya modal belagu doang.. kagak ngerti sembahannya cuma pabrikan suling mau ngelawan honda? Ngimpiiiiii..
      Ngerti ente? ?

  8. Motor 4 cylinder bikin bagus ya bagus sekalian, …mahal ya mahal sekalian….. Biar jadi idaman”dreambike” Dan sedikit yg punya, Market sportbike ya mentok segitu2 saja, yg beli juga orang itu2 aja…….saya mah beli ekstraknya saja…..

  9. Keren sih, tapi gausah lah, cbr 250rr sdh cukup karena potensi mesin nya masih bisa diupgrade jadi 45ps 20000rpm harga bisa mentok 100jt…

    Huahahahaha…

    Btw ga usah juga kali ya, coba tengok jalanan di indonesia apalagi musim hujan gini pada ancur jalan…

  10. Gak mungkin kayaknya $$$ ngeluarin itu. $$$ menurut ane, produsen paling maen save.
    Krn d masa depan targetnya motor listrik dgn torsi yg luar biasa. Tidak bising. Soal limbah sbenernya sama aj. Skrg emisi dr minyak bumi, motor listrik limbah baterai. Tp klo suatu negara dah kuat pendaurulangan baterainy, motor listrik baru bisa disetujui pemerintah.

  11. Honda itu di kenal dengan matic sejuta umatnya, pengendara moge mau beli honda jadi mikir 2 kali nanti dikira motor murahan.. ?? Yg beli kawasaki cuma karena gengsi aja, biar ga dikira motor murahan.. ?? itu rata rata jawaban dari beberapa user kawasaki yg gw temui..

  12. w ga bisa koment dah. liat motor setiap taon makin bikin ngiler. yah mo ya si yamahal.ya hon.mo kwk. smua bikin motor sport teknologi terbaru..

    sayang w tukang ojek. blom bisa ikutin motor sport..

    kpn yaa bisa kredit tu motor..
    tp bakal kena depkolektor paling pas 3 bln.

  13. Kenapa ya gua lebih demen desain motor sport fairing jadul kek foto diatas, desainnya abadi dan elegan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here