iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….Suzuki memang pabrikan yang cukup susah ditebak. Mereka bergerak dinamis dan itulah yang membuat kita sulit untuk memastikan kemana mereka akan bergerak. Dilalah yang terbaru mereka baru saja mendaftarkan sosok mesin yang diduga menganut model paralel inline. Nah yang menjadi pertanyaan, inilah calon mesin 250cc yang powerfull dengan label GSX-R250 ?

Suzuki terendus mendaftarkan mesin anyar 250cc. Mesin ini dipastikan mengusung kapasitas 250cc. Sebuah mesin yang sudah dibekali model twin bukan single. Weeihhh iki cak. Apakah mesin ini adalah calon new GSX-R250 ? sebuah mesin powerfull untuk melawan Ninja, R25 ataupun CBR250RR ? itulah yang sepertinya harus sampeyan kubur dulu. Kenapa ?

Sebab jika diteliti dengan seksama gambar paten tidak banyak perubahan dibandingkan dengan current 250cc engine. Maksude?

iklan iwb

Betul cak, kalau diteliti gambar mesin dalam paten mirip seperti GSX250R, V-Strom 250 ataupun Inazuma. Intip saja crankcase, posisi catalic dan konstruksi knalpot. Suzuki hanya menambahkan beberapa poin untuk membuat mesin lebih ramah lingkungan. Sistem pembuangan baru ini dilengkapi dua sensor lambda, satu di atas dan satu di bawah dengan tujuan mengejar emisi gas buang Euro 5. Selebihnya ? nggak banyak perbedaan…

Yup, paten diatas adalah mesin Suzuki GSX-250R ataupun V-Strom 250 bukan calon GSX-R250 yang sedang kita tunggu-tunggu. Perbedaan posisi R memang membuat varian ini juga berbeda pula. Sebenarnya Suzuki pernah mendaftarkan paten mesin 250cc dengan konstruksi berbeda tahun lalu. Gambar paten yang sudah dirilis Suzuki Eropa waktu itu menunjukkan sebuah konstruksi engine baru yang diduga adalah mesin 250cc 2 silinder double Cam….

Konstruksi yang sangat mirip dengan beberapa engine 250cc yang sudah beredar baik dari Kawasaki, Yamaha ataupun Honda. Intip saja posisi filter oli yang berada di depan bawah (angka 15). Yang menarik sampeyan juga akan melihat ada lubang di samping filter oli yang diduga merupakan oil cooler. Dari depan sampeyan juga bakal menemukan adanya dua lubang pada silinder head yang biasa kita sebut sebagai manifold exhaust tanda konfigurasi mesin 2 silinder?

Lalu di angka 18 kita akan menemukan konstruksi water pump tanda bahwa motor ini juga dibekali dengan radiator. Ediann?.jadi ada dua pendinginan sekaligus cak?radiator dan oil cooler. Tanda mesin baru ini memiliki kompresi tinggi? Disinyalir demikian. Nah? beda dengan mesin GSX 250R yang sudah beredar dan dipasarkan di Cina di mana motor tersebut menganut model SOHC, maka dapur pacu dari gambar terbaru ini dipastikan sudah DOHC. Bisa termonitor dari konstruksi hadirnya dua poros shaft pada silinder head…

Last….bisa dipastikan gambar paten pertama beda dengan gambar paten kedua. Itulah kenapa gambar ini diduga bukanlah calon mesin dari new GSX-R250. Sedang potensi paten kedua lebih terbuka kesana. Apapun itu project produk baru memang jauh lebih lambat dari perkiraan. Justru sekarang yang menjadi pertanyaan…apakah Suzuki akan meneruskan project 250cc dengan mesin yang lebih powerfull ? dengan kondisi tidak menentu seperti sekarang, memang sulit untuk memastikan…..(iwb)

28 COMMENTS

  1. Udah pada mau ke 4 & 3 silinder dia masih aja mau brojolin 2 silinder, untuk nglawan njnja mono kali ya awokwokwokwok

  2. Market ra ana isine, mending dodolan burgman 180 disek.

    Kebiasaan SIS gk niat dodolan.

  3. Mesin 2 cyl double cam menurut saya lebih condong ke mesin 400cc ngikutin ninja 400 atau diatas itu, mungkin utk moge Genre adventure moge.

  4. Tiba2 pas udah launching ternyata pake lampu depan monyong punya satria lengkap sm lampu belakangnya yg desainnya beneran bikin jijik

  5. Ayo dong suzuki mana 250cc 4cyl aja skalian
    Pasti mantab tuh

  6. Tolong sizuka, jok belakangx ga usah terlalu jomplang tingginya.. kayak cbr250rr tuh pas tingginya.

  7. Situasi aman terkendali aja suzuki gak mampu brojolin produk baru, apalagi sekarang lagi musim korona gini… Udah jangan pada ngimpi…..

Comments are closed.