iklan iwb

Iwanbanaran.com – Heran nggak ketulungan cak, IWB sebagai Blogger yang sering dijalanan IWB belum pernah sekalipun melihat New R25 ataupun New MT25 dijalanan. Nggak hanya Jakarta pakde, tapi sudah mencakup Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang dan Bekasi…..zero…bener-bener belum pernah sekalipun. Kenapa gerangan ??

Yamaha resmi meluncurkan New R25 di bulan Oktober tahun 2018. Motor yang ternyata masih menggunakan mesin lama. Bisa kita lihat spesifikasi yang diumbar oleh mereka di mana untuk power New R25 2019 masih berada di Kisaran 26,5 KW atau setara dengan 36 PS. Dari data sementara diatas, Yamaha hanya melakukan sentuhan kosmetik serta fitur yang semakin lengkap dibandingkan dengan gen lawas. Sentuhan pada area muka tepatnya cak….

Beberapa sentuhan tersebut yakni suspensi yang sudah menggunakan suspensi USD, hadirnya tuas lampu hazzard, speedometer full digital, tuas engine starter sistem geser seperti MT family series serta lampu Full LED. Selain itu desain fairing yang baru diklaim mampu membantu aerodinamika sehingga top speed meningkat 8 km per jam. Ukuran suspensi sendiri mencapai 37mm. Oh ya?satu lagi cak, gen baru juga tetap mempertahankan monoshock tanpa link alias belum monocross?

iklan iwb

Sementara sport 250cc lain adalah New MT25. Satu tahun setelah kemunculan New R25 atau tepatnya Oktober 2019…. Yamaha Indonesia resmi meluncurkan varian terbaru naked 250cc MT25. Klop dengan bocoran sebelumnya motor ini mendapatkan beberapa ubahan dan sentuhan di bagian depan. Moncong Yamaha MT 25 terbaru rubah layaknya adiknya MT 15 dengan lampu projector. Namun sekali lagi cukup disayangkan berupa depan yang sudah gahar sedikit terjadi di bagian belakang yang masih mempertahankan bentuk lama. So…sekali lagi pula perombakan hanya dibagian depan…

Waktu terus berjalan. Tapi yang unik, 2 tahun tidak membuat New R25 mampu menampakkan batang hidungnya dijalanan. Asli cak….sejak tahun itu hingga sekarang IWB belum pernah menemukan satu R25 baru sekalipun melaju dijalanan Jabodetabek. Kondisi ini beda dengan Kawasaki New Ninja ataupun CBR250RR. Begitu pula New MT25. Kalau New MT15 IWB udah pernah mergokin sekali. Apakah saking jarangnya ? atau memang IWB belum rejeki? atau ada faktor lain ?

Nah, menggali informasi dari dealer Yamaha yang IWB kenal ternyata biangnya ada dua, permintaan emang nggak banyak. Yang paling kencang pabrikan garputala hingga saat ini hanya maxi skuter yakni NMax. Sementara untuk sportnya memang sulit sehingga dealer juga enggan. Yang kedua, supply dari pabrikan juga nggak banyak. Sepertinya mereka paham kondisi market sehingga produksi sport 250cc juga direm. ” Supply hanya 5 unit kadang sampai 2 bulan, makanya kalau mau beli kadang harus inden. Itupun hanya dikirim kedealer besar..…”seru narasumber IWB. Waaah pantesss…

Last…dari kondisi tersebut bisa disimpulkan Yamaha nggak terlalu serius garap kelas 250cc. Mungkin karena persaingan yang sangat berat dan tekanan para rival yang memiliki senjata lebih superior. Praktis strategi mereka mencoba all out pada market empuk seperti Maxi skuter solusinya. Yahhh inilah sulitnya tanpa data AISI. Kita jadi tidak tahu perkembangan real dan tren yang berkembang. Apakah sport 250cc benar-benar sudah menciut jauh atau hanya satu pabrikan yang kesulitan ? nggak bisa dipastikan dan hanya berdasarkan pemandangan didepan mata. So…. Yamaha New R25 dan MT25 ? sampeyan pernah lihat dijalanan nggak cak, monggo share dikolom komentar…..(iwb)

165 COMMENTS

      • Mau beli juga malu pak dhe…

        Mosok beli motor yg terlemot dan terculun di kelasnya…

        Itu sih aib namanya

      • Beberapa sentuhan tersebut yakni suspensi yang sudah menggunakan suspensi USD, hadirnya tuas lampu hazzard, speedometer full digital, tuas engine starter sistem geser seperti MT family series serta lampu Full LED. Selain itu desain fairing yang baru diklaim mampu membantu aerodinamika sehingga top speed meningkat 8 km per jam. Ukuran suspensi sendiri mencapai 37mm. Oh ya?satu lagi cak, gen baru juga tetap mempertahankan monoshock tanpa link alias belum monocross?
        Hahahhaahaha……pingin Ketawa takut Dosa ?

        • Tambah 2 juta ,dapet Mesin Zuper Ganas ..TBW ..Showa Original…riding mode..disain Sporty Badai ? dah bertahun tahun gue bilang… Dan Nyata hasilnya…laku untuk 250 cc ! ?

          Reject25? Buang aja k bantarr Gebang ?

          • emang bener bro ane sering riding ga pernah liat new R25 sama mt 25 jieeehahahaha kalo ga cbr 250 rr dan ninja udah itu dan r25 old. imho ya

    • Sama lek, gak pernah keliatan di jalanan. Keliatan cuma di dealer aja ?

      Kecuali yg lawas masih banyak di jalan

    • kalau ada ninja 250 / cbr250rr kenapa harus new r25 hahahhaha..r25 secara desain muka nggak lebih baik dari ninja/cbr bgtu juga desain buritan kalah dibanding sama adiknya aza r15 model desain bagusan r15..mt25 yaa nanggung juga pantat pegel dibelakang cuman rubah depan doang kurang istimewa modelnya dibanding kakanya atau adiknya sesama klan mt series…

      • gak usah ngebacot…paling juga lu gak bisa beli,tumpangan lu kan matic 115cc..ataw fit

    • Ekekek, intinya 250 cc makin redup krn org2 lari ke sport fairing 150 cc / metik gambot. Penjualan kawsakiti 250 yg dlu ribuan skrg makin jarang (yg new masih jarang banget d jalan) di apalagi yg dlu cuma ratusan.

    • Ninja 250r gen 1 = 30ps
      Ninja 250fi gen 2 = 32ps
      Ninja 250fi gen 3 = 39ps
      Semua body baru…

      Cbr250rr masih gen 1 = 38.2ps

      R25 gen 1 = 35.5ps
      R25 gen 2 = 35.5ps
      Separo body baru sepato lama…

      Apa pantas di beli? Cuma orang bego aja yg beli r25 baru…model jauh bagus r15 v3

        • Kalo yg baru bro…kalo yg lama kan R25 terbaik…35.5ps saat itu ninja masih 32ps ceboker belom lahir… kalo versi skr hade.. jangan kalo r25..kasian di gigi 3 – 4 – 5 – 6 abis ma ninja ma cbr.

      • Kalo anda muslim n diakhirat nanti dimintain pertanggung jawaban atas komentarmu itu oleh SEMUA pembeli new R25 piye mas? Nggak lucu kan amal sholeh mu ilang/dikurangi Alloh hny karena hal sperti ini?

        Marilah bijak bertutur kata tanpa merendahkan bikers yg lain.

        Salam persahabatan seluruh bikers Indonesia.

        • loh iki fakta kok di minta pertanggung jawaban, sampeyan mesti mikir pasti ada yg salah dari r25 new ini , jjieeehahahahaa kalo r25 new bagus dan layak di beli pasti balance dengan dijalan bro

    • ekekek……
      dah kapok bikin dohc kali lek……
      emang yahaha baru bisa bikin sohc silinder jomblo
      muuuuuUUUuuuuuehehehe…….

      • Contoh sales yang otaknya isi angin, asal bacot bikin malu FBH saza

        Lebih malu kalo sohc ngadalin dohc overstruk,,

        Wkwkwwkwkk

        • DOHC itu hakekatnya overbore… kalo DOHC overstroke emang DOHC banci bro… kalo SOHC overstroke emsng habitatnya di sana… kalo DOHC overstroke vs SOHC overstroke masih kalah…ya emang DOHCnya abal2… dah banci kaleng2 pula… sorry ane bukan FBH, FBY, FBK. Ane pake semua yg ada di pasaran. Dan emang r25 paling ga enak kalo dr sisi tenaga di banding ninja ma cbr…r25 enak di gigi 1,2 aja…sisanya ampazz

          • Lihat pengalaman H bikin dohc overbore , semua rival tiwas gak laku , dohc near square untuk mengejar ringannya tarikan tarikan awal , yang sesuai dengan karakter dan budaya lalulintas i ndonesia…terutama perkotaan yang padat. Untuk mendapatkan kembali karakter Dohc sesungguhnya? Sangat gampang bagi H…ibarat puter Sekrup ? dan malah dengan adanya nearSquare kemudian ditonjolkan lagi DoHc sebenarnya tanpa harus kembali ke mode Overbore….tarikan bawah dan atas akan dibungkus sekaligus ?, H gak perlu dulu deh sampe serius2….cukup naikkan saja Redlinenya sampe 13 ribu…dengan Horse power 18 Hp ,sudah cukup melumat semua pesaing ? takutnya….yang lain masih bisa jualan kaga? Dengan yang terlemot saja ,150 H masih paling larisss manisss , gimana dibikin Super? Y dan S bisa2 jualan Maskerrr ?

    • Dagadu lek, motor ghoib kuwi, kudu dilihat dgn mata batin yg jernih, penerawangan yg tajam, ilmu kanuragan yg mumpuni

      • @tak ada yang bisa…. kalo DOHC nearsquare ato overstroke di tarik di 13.000 rpm.. bisa jebol bro mesinnya. Karena strokenya panjang di paksa main 13.000 piston speednya berapa? Coba aja loe buka limiter cbr150r yg overstroke / near square…paksa sampai 13.000rpm di jamin wasalam mesin itu. Apa lagi semua motor honda ssmpai cbr250rr masih belom pake piston tipe forget.masih piston biasa. Kalo gak ngapain pabrik ga kasih red line 13.000? Toh yg cbr overbore thailand bisa 12.000? Itu dah karskteristik mesin bro…loe mau square tarikan bawah ensk ya main rpm mentok 10.000 mau nafas panjang ya main overbore tapi bawah ga enak…tapi bisa main sampai 13.000 karena langkah piston yg pendek. Paham bro… ga segampang itu buat tarikan bawah enak jadi square tapi atas minta enak juga? Kalo gitu ga akan ada istilah overstruke ato overbore? Makanya ada yg pake VVA ato VTEC ato VVTI biar ngakalin bawah enak atas enak…karena overbore ga bisa di gabung ma overstroke.

    • Apakah FBY sekarang selakangan nya makin rapet?? Apakah mereka sekarang makin feminin? Dulu jaman pigson digdaya mereka sukanya bilang :” tante berjenggot ” pada pria penunggang matic.. nahh sekarang??? Jilat ludah cuy

      • Fbh garis keras 1 April, 2020 At 10:00
        Apakah FBY sekarang selakangan nya makin rapet?? Apakah mereka sekarang makin feminin? Dulu jaman pigson digdaya mereka sukanya bilang 😕 tante berjenggot ? pada pria penunggang matic.. nahh sekarang??? Jilat ludah cuy
        —–
        lah MbingHa bukanya emng sukanya Mbitt Mberrrrr mberrrrr berrr….

    • Kalo di rumah aja jelas ngga pernah lihat

      Saya yg sering di luar malah ngga pernah liat si 250 RR,kalo di dealer pasti ada cuma sebiji

      • Fucek to Alan cs yg jelas2 picek doble kuadrat sama realita new R25 ra payunya…

      • Kasian luh Alan… Dikala orang2 atas nya stay at home dirumah…
        Nih Alan si sales papan bawah suruh ngider ditiap2 prapatan & lampu merah…

      • Saya kasian sama abang ini; orang2 dah pada wfh dirumah, dia masih ngider dijalanan nyari customer.. Stay safe, ya bang.. Jangan sampe kena corona.. ?

      • kalo artikel ginian mending ALAN mengisolasai diri aja deh, daripada sekali komen langsung kena tonjok bertubi-tubi

    • Baru ane boyong mt 25, stok nya dikit cak apalagi yang biru harus di explore tiap dealer baru ketemu itu jg agak langka (pengalaman)

    • Sebagai loyalis yamaha aja saya geli liat R25 baru,
      Cuihh
      Mending merek sebelah aja jelas pada bagus2

    • Sebenernya jok gaya mt15 ada minusnya juga, udah sempit, boncenger mungil makin kelelep
      Kecuali jok se-panjang xsr
      Atau kalo tetep nungging, tail lamp pake xabre, masih aura fighter

  1. pernah pisan cak, salipan di tengah jembatan Mahakam kota, tak kiri R15 jebule pas cedak R25 anyar

  2. Hanya sales yg bahas ini harusnya bahas gimana rawat motor selama lockdown atau apa kek!?!?!??
    Opo awakmu saiki dadi sales???????

  3. new MT-25 sy sering ktm klo pagi d kalimalang warna biru, klo lewat jalur BKT durensawit jg suka ktm yg hitam.
    Pernah jg di arah pulogadung menuju kalimalang.
    new R-25 sering ktm yg warna biru di kalibata.
    Sy kerja bekasi-jkt PP mas iwan tiap hari

      • Klo orangnya ga tau ya, klo motornya beda2 om, ad yg standar tp beda warna ,ada warna sama tp modif copot plat nomer klo new R25, rider kayanya jg beda, masa hari yg sama beda setelan beda plat motor

  4. Data AISI begitu penting utk melihat hasil dari stategi jualan dan untung rugi dan… byk yg lain. makanya pabrikan pd complain gk mau dapurnya dibuka2.

  5. Dlu montor ini di beli karena powernya lebih besar dari Ninja cak, tapi setelah CBR keluar mending ambil CBRnya. Di tambah jaringan 3S lebih mudah dibandingkan ninja. Setelah facelift jadi kurang menarik entah itu tampilan atau powernya.. Paling yg beli emang orang yamaha atau FBYnya..

    • Yamaha emang gtu kebiasaan klo dah facelift.
      dari zaman scorpio,byson,vixion,jupiter,mio..

      duh apakah nmax dan mt25 juga R25 senasib???

  6. Ketiganya desainnya JELEK lek,klo ada yg bilang desain lampu depan MT15/25 GALAK/AGRESIF “BENER” TAPI NORAKKKKKKKK……… Desainya KAKU gak ngalir kayak AEROX 155.

      • Iy tu bloger ngakunya netral,,,nuduh bloger lain memihak salah satu pabrikan dan itu ga baik buat indepedensi artikel. Nah dia nya aja deket sama salah satu pabrikan

  7. Mungkin masuk gudang lek.. belum di beresin masalah rekolan..tp pancen jarang liat lek.. cuba lek iwan dibuka data penjualannya biyar terang benderang…

  8. Di Karawang pernah selisihan di gang kecil, dikira R15 yg emang nampak gede, tp ini kok lebih gemuk lg, pas noleh ke belakang ternyata buntut R25.
    Yg rada aneh sepertinya emang di Karawang doang Yamaha terlihat lebih banyak berkeliaran (freego, fino, dll) tp Honda tetap yg terbanyak. Mungkin karna pabrik/perakitannya di daerah sini dan mereka melakukan survey design jg di daerah sini.

  9. R25 biru kayak di foto pernah ketemu di jl.Bandengan Utara, depan pabrik plastik pioneer… keren banget aslinya…
    klo MT-25 sih emang belum pernah, MT-15 aja baru 2x

    • Di bekasi baru sekali lihat,itupun sudah 4 bulan yg lalu,klo mt25 mlah blm pernah sama sekali

  10. gw pernah liat sekali di S Parman.
    MT25 hitam. keren kok, tapi knapa jd jarang ya.

    belakanhnya sama bet beda depan doang

    • R25 body biasa saja, kesan culun gak gahar.. Tenaga lemot, body tipis… Mana laku.. Wong sepalembang anget sj gue gak pernah jumpa di jalanan

  11. Efek terlalu keren pas motor concept lek, pas brojol beda banget. Uda tahu jelek, pas all new masih jg pertahanin kejelekan dan keloyoannya. Back to concept, sukur2 deltabox.

  12. Lebay ah, sini lek main ke jalan panjang jakarta barat. Ada beberapa new r25 sama new mt25 suka lewat.

  13. jarang banget, tapi minimal 1 bulan sekali ada aja ane liat dijalan new r25. mungkin gara2 berubah muka sama USD doang kali.
    klo new MT25 baru sekali liat setelah rilis, belum ada plat ud dipake jalan.

  14. Ane pernah liat kok cak tp emg kya’a yg pny dia2 doang .
    Ane orang bekasi timur & udah 3x lah ngeliat New R25 di jb underpass yg warnanya kya ultraman merah silver .
    Kalo New MT25 emg ga pernah liat ?

    • Lhoooooooooo.. Piye thooooo lek wan iniiii???? Artikel kayak gini nih bikin telinga fby berdenging lho lek wan.. Ojo dirilis.. Kejam kali kamu lek wan, wakakakakakaaakkkk ?????

  15. dr pada gedumel

    mending beli 1 New R25 cakk cakk…

    trus plotiin ..dr pada malu maluin receh kayak pensboi…

  16. Lhoooooooooo.. Piye thooooo lek wan iniiii???? Artikel kayak gini nih bikin telinga fby berdenging lho lek wan.. Ojo dirilis.. Kejam kali kamu lek wan, wakakakakakaaakkkk ?????

  17. Klo lek iwb ke tangsel banyak tuh anak muda yg make new R25 dari dpn koyo new R6 sangarr, klo mt25 liat tp jarang
    Yg sering bgt seliweran si yg jls ojol kang ?

  18. New MT 25 itu lelucon Yamaha. Konsumen ingin motor yang nyaman buat touring dan boncengan malah di kasih pantat nungging. Kl saja projects mt25 di ganti XSR250, dengan ceruk pasar yang belum ada lawan ( kecuali kawasaki Estrella 250 masih singel silinder ). Mt25 dengan rangka tralis itu sdh mirip bgt sama xsr700 dengan 2 silinder. Sayang sungguh sayang, kita tidak bisa berharap lebih pada pabrikan karena pertimbangan kita beda dengan pertimbangan pabrikan

    • lihat di yutub? lah kan bahasnya liat di jalan raya, tong. kalo yutub mah video satu bisa di repos berulang kali

  19. Saya Harap Teman Teman Owner R25 di Jabodetabek berbelas kasihan kepada Cak BarBar untuk menyediakan waktu luang dan sedikit rezeki untuk memperlihatkan motornya….

  20. Untuk versi New R25 dan MT 25, didaerah saya juga blm prnah lihat, tp klo untk MT25 NEW banyak yg baru ambil di grup MT25 Indonesia

  21. akhirnya… saya melihat di jalan raya, mt25 0x, dan mt15 0x (mongtor opo kuwi?), dan melihat r25 seliweran berkali-kali, tapi ya satu motor itu doang, soalnya ada tetangga beli.

  22. Jangan kan Jabodetabek cak.di denpasar bali pun ane blom pernah liat rider r25 baru.r25 pun jrng tak liat

Comments are closed.