iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkkkk…..entah kenapa para pembaca selalu kurang puas kalau IWB nggak ikut memberikan komentar berdasarkan point of view Iwanbanaran. Kendati sudah cukup banyak Blogger ataupun media membahas perihal sebuah topik, pasti banyak email yang meminta IWB juga membahas berdasarkan ilmu njengking mlumah murep. Dan salah satu pertanyaan yang masih santer adalah perihal Yamaha YZF R25 bermesin 3 silinder. Gimana dengan isu tersebut, dan gimana perkembangannya ? berikut opini IWB…

Surel masuk ke newsroom IWB. Surel ini sebenarnya bukan tema baru karena pertanyaannya masih sama yakni, apakah benar Yamaha sedang menyiapkan R25 bermesin 3 silinder. Surel yang dikirim, sebut saja cak Budi (bukan budi adik Wati lho ya hehehe) seakan membuka kembali tema yang sempat tenggelam. Berikut detilnya….

Assalamualaikum cak iwan beredar banyak rumor tentang yamaha r25 3 silinder, benar atau tidak berita tersebut dan saya masih belum klop kalo cak iwb yang memberitakanya..sebagai folower saya mau cak iwb meluruskan atau memberi tahu tentang r25 3 silinder benar atau tidaknya rumor tersebut..

iklan iwb

Tks wasalam…
Salam jozz gandoss…

Waallaikumsalam wr.wb. Suwun atas kepercayaannya cak……suwun puol, mungkin doi ada yang melewatkan artikel. Btw…entah kenapa isu lama ini dibuka kembali. Mungkin karena masifnya pemberitaan Kawasaki Ninja ZX25R 4 silinder yang begitu menyita perhatian. Yang kedua isu Honda yang dikatakan akan menyiapkan CBR250RR versi 41PS dipertengahan tahun 2020. Isu yang datang dari Jepang, bukan IWB lho ya karena di tanah air bener-bener dibuntel ketat. Kisi-kisi wae….itupun nggak sampai menyinggung power. Sementara Yamaha ?

Nahhh baik di Indonesia ataupun Jepang, isu pabrikan garputala anyep. Rumor bahwa mereka akan menyiapkan mesin 3 silinder untuk New R25 seperti naik turun timbul tenggelam namun sebenarnya diperhatikan pula oleh Blogger Jepang. Blogger terkenal Jepang yakni Kojinteki sebenarnya sudah memberikan update hasil investigasi mereka….

Kojinteki mencoba mencari tahu melalui telik sandi yang dikenalnya di Jepang. Dan jawabannya adalah…” Perkara mesin 250 cc 3 silinder aku tidak mendengar desas-desus pengembangannya. Seandainya pun ada kemungkinan besar lebih cocok untuk multi Purpose bike ketimbang sport fairing. Akan lebih baik tetap menggunakan 2 silinder...” serunya. Tidak putus asa per 3 Januari 2020 Kojinteki kembali menanyakan pada salah satu sumber di ajang Tokyo Motor Show 2019 lalu. Dan jawabannya kali ini adalah…

 ” Aku tidak bisa menjawab hal itu karena aku belum pernah mendengarnya. Seandainya mesin 3 silinder 250 cc ada tentu akan menjadi konstruksi piston yang rumit. Bisa namun bakal sangat besar biayanya...” tutupnya. Hhhmm…jadi di Jepang aja juga masih negatif cak. Terus gimana dengan tanah air ? IWB harus katakan hingga detik ini…saat IWB ngetik artikel ini bisa IWB pastikan isu perihal mesin 3 silinder untuk R25 nihil. IWB tidak mengendus sama sekali pergerakan ditanah air baik vendor ataupun semua unsur yang mendukung dibelakangnya. Jadi zonk cak…..kuwi perhari ini…

Yamaha sepertinya tidak lagi terlalu tertarik bermain dikelas 250cc yang dianggap panas dan menguras tenaga serta effort. Mereka lebih sibuk fokus pada kelas yang pasti-pasti saja yakni maxi skuter. Extra effort yang sudah mereka ukir sejak lama dan kini terus mendapatkan tekanan kompetitor. Kelas 250cc?? profit kecil dan volumenya kecil, njur dienggo opo ? apalagi pengembangan sebuah mesin baru pasti butuh biaya yang tidak kecil. Belum lagi jikapun mereka memaksa dengan mesin 3 silinder, rasanya berjaban melawan mesin 4 silinder juga akan berat. Mindset mesin 4 silinder sudah kadung kuat cak…

Last…..kecenderungan kondisi market Yamaha yang terus tergerus disegmen sport 250cc serta menurunnya tren pasar sport 250cc secara global tentu akan membuat pabrikan mundur teratur. Strategi bersifat dinamis. Tapi yang patut diingat…setiap jengkal langkah selalu dipikirkan secara seksama agar pabrikan tidak malah terpuruk. Dan jujur cak, senada dengan Kojinteki IWB hingga detik ini juga tidak mengendus indikasi mesin 3 silinder 250cc untuk R25. Kuwi jawaban dari terawangan IWB. Mungkinkah dimasa depan ? monggo tunggu saja kalau sampeyan masih berharap. Berdoa saja semoga ada perkembangan positif walau datangnya tahun 2023 atau 2025, who knows hehehe…..(iwb)

Advertisements

96 COMMENTS

      • Bener…bikin repot motor 150cc…kalo sesama 250cc ya ngalahlah…35PS masak mau di bandingin 39PS… dari start awal sudah KO apa lagi top speed…

      • Gpp lemot dri pada nglotok?? Banyak penyakit servis sana sini
        Udh diservis penyakit yg lain muncul itulah HONDA

      • 250cc lemot ngak apa-apa? wkwkwkwk pantes aja di ARRC kemaren bonyok digamparin TVS…

      • Dia silitnder saja jagoan rikolll caaakkk…… Apa gak klotok-klotok ntarrrr Wkwkwkwkwk kesian

      • Cp3 cp3 ?
        Efbeyek kayak bangga luar biadap eh biasa dengan Cp3 ?
        Seolah olah itu “mark” mereka, taunya…Cp3 udah dibikin H jauh sebelum Y punya ?
        Y itu cuma bisa menyamakan sebutan suatu part atau tekh yang barangkali beda istilah saja dari pabrikan2 lain. Namun sejauh mana Part tsb mengemban sebuah tekh ? Nah ini yang belum mampu dimiliki Y ?
        Tak usah kita lihat di bagian moge , dimocil saja udah kayak gitu.
        Kecanggihan sebuah part yang didukung dengan sebutan hanya berlaku buat Gimmick jualan .. tapi tidak berfungsi sebagaimana tekhnologi itu sendiri ?
        Jangan sebut Canggih…kerenn…laku.. jika dibandingkan denga pabrikan lain terkhususnya bagi H , karena Canggih keren dan laku bagi Y…itu hanya buat Intern mereka sendiri…jauh perbedaannya ika harus dikompare dengan Sultan H ?
        Bagaimana Tingkat sebuah tekh..kelas sebuah part dalam tekh..dan kinerja tekh terapan Y ? Sangat banyak Contoh2 yang bisa disebutkan…akan diulas bertahap di ketikan berikutnya ( waiting for respons )

      • Yg 2 silind kok tiba2 ngilang..kira2 kmana lek?

      • Joss ini caakkk……
        Joss Jurandoz JURAGAN RONDO ANCEN JOSGANDOZ

    • Ga bisa komen apa apa cak, soalnya ga bisa bikin motor, buat nyambung hidup kerja cuma jadi komentator bayaranan di medsos

    • Sepertinya sulit kalo bikin 3 silinder buat yamaha. Mending 4 silinder karena blue print nya udah ada seperti kawasaki pake basis mesin zx2r tahun 90an.

      • 4 cyl nya dulu juga ditabok2in 4 cyl pabrikan lain ? dan ini bukan masalah blue printnya bro, tapi masalah cost , mendapatkan balik modal aja atas jualannya itu Susaaaah banget. Digoreng 1000 yang laku cuma 100 biji ? untung masih bisa diLebur dan diDaurUlang ,coba kalau Gorengan beneran…udah masuk tong sampah de tuh ?

    • Yamaha mah mentok 250cc 2 cylinder sebelom facelift ato sesudah juga mentok 35PS walopun rivalnya sudah main di 39PS dan ada yg mau 41PS yamaha mentok di 35PS. Alasannya ga ada budget buat kembangin mesin 250cc. Mending main di 155cc + vva 4klep yg masih jadi superior. Nanti kalo rival keluarin 157cc 4klep non vtec baru yamaha mumet di apain lagi 155cc + vva 4 klepnya, mungkin jadi 180cc + vva 4 klep… superior lagi?

    • Padahal yang facelift udah nambah 8 kmh ? ( kata petinggi Y ) gak salah juga sih , cuman kudu diperjelas…maksudnya mungkin ” nambah ketertinggalan dibelakang sebanyak 8 kmh ?

    • Rival pake Ram air….Reject25 gak mau ketinggalan ,FL nya pun nongol Ram air . Eeeeehhh taunya tuh lobang buat ngedinginin Klakson ?

      • Yg 150cc? Itu krn murni cc terkecil CBR yg mmg city ride konsep.
        Lha gimana dgn yamimi yg konon ujicoba 150cc dohc tp meledug di tanjakan sumatra? ?

      • @ somplak

        R25 itu udah Dohc tong…?

        apa yg ente maksud Dohc Hadno Dohc klotokk klotokk sama Dohc Oli rembesss itu yaa ..

      • R25 itu udah DOHC ya?

        Apa DOHC jadi2an…??

        DOHC kok terlemot di kelasnya…, bolak-balik recall pula

      • 150cc dohc 6-speed tapi kok kyk sohc beha dikibulin? Motor sport kok nyaman? Dah nyaman lemot lagi

      • 150cc dohc 6-speed cukup ganti ECU racing n knalpot freeflow udah auto Herex…. yg VVA dikibulin gimmick 4 klep tapi ukuran klepnya imut2 udah girang baget, belum lagi fitur drakula olinya ekekekek

      • Yg 150cc? Itu krn murni cc terkecil CBR yg mmg city ride konsep.
        Lha gimana dgn yamimi yg konon ujicoba 150cc dohc tp meledug di tanjakan sumatra? ?

      • DOHC nirli-nirli.
        Mesin itu cuma dua. Meski selisih cuma secrit….. Dan baru tiga tahun loncing penyakit udah mengular antrenya caakkk…..
        Lihat yutup dunk wkkkkkkk

    • Secara spek pabrikan memang udah jelas cbr150 paling bawah ? paling bawah tapi paling laku…kebayang gak ntar kalau H bikin cbr 155 redline 11500 kek Reject15 ? atau malah nyamain Suzi gesex …dengan Redline bisa 13 ribu ? Wong Dohcnya udah nempel dan siap ganas…ibaratnya , tinggal puter sekrup ?
      Pertanyaannya… Yang lain apa masih bisa jual sport 150 nya gak? Jika nanti H ngeluarin spek sept yang gua sebut diatas?

  1. Saya pikir u sekelas yamaha bukan perkara gk mampu, mgkn emg ngeliat market yg lesu di kelas sport 250.. mereka lebih fokus ke maxi u kelas 250, terbukti waktu data AISI msh open ninja250+cbr250+r25=xmax250 msh lebih menggiurkan.. apalagi klo ditambah data export. Itu menurut pribadi saya lho ya ✌️

  2. saatnya generasi DOHC VVA 4VALVE 150cc

    sangar koyok ne….

    mudah-mudahan disematkan ke ADV150 generasi berikutnya. kalo pcx gak usah sukup 4Valve aja.

  3. Betul cak! Jangan terlalu berharap, pasar 250cc itu kecil banget (cuma di Jepang, Indonesia, Malaysia doang), negara lain kebagian versi 300-400cc yang lebih luas pasarnya.
    Penjualan zx25r paling gak sampai setengah ninja 250 & 400 kalo di gabung.
    Jadi ngapain ikut2an?

  4. belum ngeluarin All New….kondisi dan situasi masih rentan….
    kebijakan Yamaha tepat gak jor joran di kelas 250 cc 2 silinder musim lalu krn 250 cc 2 silinder Lesu…tinggal lihat next time All New…

    R25 / R3 – MT25 / MT 03 masih laris manis tanjung kimpul diglobal karena motornya Daily use nyaman dan fun berkendaran …buat ngampus, ngantor, buat nongkrong ataupun sunmori oke…

  5. Yamada biasa nya suka lebihin angka 5 kenapa ga bikin 5 silinder skalian tapi pake mesin potong rumput gabungin 5 jadi 1??

  6. Yamaha, fokus skutik kecil aja. Nanti punah sama scoopy & beat series.
    Tinggal nmax aja nanti
    Vixion tunggu waktu rip.

  7. Selemott Lemotnya Sepeda motor mau Merek Honda,Yamaha,Suzuki ,kawazakia
    Atau sebaliknya se banter banternya sepeda motor di pakai di jalan raya ,jalan umum paling paling 80km/jam ..itu pun kalo berani tiap hari betot gas segitu semua sama motor klo di jalan umum alon alon ya gakk ..mana mungkin motor paling buanter sekalipun mentok gas terus jalan umum jdi motor paling banter itu ga berlaku di jalan umum , kecuali kalo buat menyalip atau mengepung kendaraan besar di depanya itu pun ga selalu ..

    • Feel dan sensasi caakkk yang dicari….. Memang gak selalu betot up to limit…..
      Tapi klo punya bekal cadangan potensi berlebih itu sesuatu banget gitu reekkk…. Gak sekedar pride tapi juga confidenciness gitu pakdhee budhee……

    • Feel dan sensasi caakkk yang dicari….
      Memang gak selalu betot up to limit….
      Tapi klo punya bekal cadangan potensi berlebih itu sesuatu banget gitu reekkk….
      Gak sekedar pride tapi juga confidenciness gitu pakdhee budhee

    • Dikota mah santuy kang, dipantura baru betot kang, kalah power megap megap ngejar rombongan, lebih repotnya lagi musti sering sering rpm tinggi yang bikin boros bensin
      Yang lain belum ngisi, malah ngisi duluan

  8. Kalo buat Race la baru pilih noh pit motor yg paling kuwenceng se kabupaten balap di sirkuit laa buat harian wae ko si A mlayu kaya keong si c mlayu kaya siput si B mlayu kaya semut lawong hariann ko yo ..arep mlayu sepiro arep ZX250R, Cbr R25 GSX sekalipun ning dalan umum paling2 ya untuk ..untukk ..untukk 70 ,80 km/jam . Playune ..opo yo arep 100km/jam tiap dino di pakai ..ora mbokk lhh .

  9. … ‘ berarti, kalo pistonne ‘macet’ siji ? Masih iso jalan, ya ? Hi hi … Kagak paham teknik otomotif si gue !

  10. Kalo 3 silind kayak pihak jepun trauma lek.. yg 2 aja bolak balik kayak setrikaan.. mungkin yg bikin bukan di indo..mungkin
    ?

  11. masih gelap gulita cak…
    jangan terlalu berharap…
    mereka masih nunggu pasar zx25r kek apa…
    kalo udah keliatan gurih pasarnya mereka mungkin bakal develop…
    masih develop loh ya…
    promass mungkin 2-4taunan dari start developnya…

  12. R25 udah tambah power sama fitur-fitur jangan lupa disain dirubah juga, kalau bisa divisi disain pecat ganti baru semua biar gak zonk lagi sama pilih surveinya orang-orang yang terpercaya, tau sendiri untuk pasar Indonesia orang beli motor yang dilihat dahulu itu modelnya, katanya Indonesia salah satu pasar terbesar di dunia dan dulu pernah rajai pasar sini. Dan matengin dulu sebelum di rilis jangan lupakan itu, sekian semoga opini ini di baca lek iwb dan di sampaikan ke Yamaha kalau bisa ?

    • Jalur eropa si katanya
      Ga tau dah eropanya sebelah mana, secara berdasarkan data tidah menguasai penjualan disana wkwkwkw

  13. Plot twist :
    Kemaren ane sama sodara iseng2 ke deler yamaha pusat nanya2 new r25 dan new mt25…

    Hasilnya?

    Sales nya bingung… kenapa? Karna new mt25 dan new r25 unit yg jarang… tapi setidaknya new mt25 agak mending katanya, soalnya yg beli cash/kredit indent dari 1 sampai 3 minggu udah dikirim semua sedangkan new r25 bener2 jarang banget…

  14. kebanyakan yg nanya nanya dan penasaran tu biasanya emang ga beli ga punya ga mampu.. cuma mw tau buat bahan adu bacot sesama fans missqueen

  15. Wkwkwkw nyerah akhirnya
    Yang satu menang nama besar
    Satunya menang sumberdaya

    3 silinder itu cuman isu yang digoreng terus terusan sama FB biar ga berkecil hati bersaing sama merk sebelah,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here