iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..sangat menarik ketika IWB membaca komparasi head to head adu kencang mesin berbeda era, old Kawasaki Ninja ZXR250 vs New Ninja 400. Dua motor berbeda generasi dan mesin termasuk kapasitas dapur pacu diadu diatas sirkuit yang sama. Komparasi ini diukur menggunakan GPS logger yang akan mencatat lap time dan top speed. Siapa yang unggul ??? wihh menarik kiii…..

Ternyata antusiasme para Bikers atas kedatangan Kawasaki New Ninja ZX25R tidak hanya dirasakan di tanah air namun juga di Jepang. Hal ini bisa kita simpulkan dari beberapa artikel atau pemberitaan di negeri matahari terbit seperti yang dilakukan oleh Youngmachine. Mereka sampai melakukan komparasi head to head generasi lama mesin Ninja 250cc 4 silinder Kawasaki yang memiliki label ZXR250. Sebuah motor yang sudah berusia 30 tahun dan kini coba diadu melawan generasi terbaru Ninja 2 silinder….

Yang menarik adalah mereka tidak memilih Ninja 250FI sebagai lawan ZXR250 karena dianggap bukan lawan sang inline 4. Namun mereka justru Langsung Melompat ke kapasitas yang lebih besar yakni Kawasaki Ninja 400. Motor yang menguasai WSSP300. Adu kencang ini tidak hanya menghitung mengenai top namun penilaian lebih kepada ability dan balancing secara lengkap termasuk bagaimana ketika motor melibas tikungan dan total laptime yang ditorehkan. Sebagai informasi Kawasaki ZXR250 generasi 90-an ini memiliki power sekitar 45 PS di Kisaran 15.000 RPM…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Kemudian torsi motor ini adalah 25NM. Yang cukup menonjol dari Kawasaki Ninja ZXR250 adalah bobot yang hanya 144 kg. Bandingkan dengan Ninja 400 yang mencapai 167 kg. Ringannya bobot Kawasaki ZXR250 banyak disumbang komponen kelas premium di eranya. Bahkan Maruyama sebagai tester menyebut bahwa kualitas frame dan suspensi dikembangkan dengan cost yang tidak murah pada saat itu. Nah… gimana setelah kedua mesin beda generasi ini diadu?

Jebule hasilnya lumayan mengejutkan karena Kawasaki ZXR250 lansiran 1990 ini tidak terlalu jauh dibandingkan dengan Kawasaki Ninja 400 lansiran 2020. Bahkan best time keduanya termasuk mencengangkan karena Kawasaki ZXR250 bisa menorehkan waktu terbaik 1 menit 20.584 detik. Sementara Kawasaki Ninja 400 yang notabene memiliki mesin yang lebih besar dengan power mencapai 48 PS dan torsi 38Nm torehkan best lap 1 menit 19.698 detik. Menurut Maruyama san kekuatan ZXR250 adalah cornering Speed saat masuk tikungan sempit mampu mengungguli Ninja 400. Selain itu kitiran tinggi membuat RPM bisa digantung sehingga ledakan tenaga terus melimpah ketika dibutuhkan….

Ninja 400 kencang karena ada perbedaan tenaga serta torsi. Sementara dengan Ninja ZXR250 sangat penting menjaga momentum agar tidak kehilangan waktu. Yang lumayan terasa adalah feel atau rasa racing yang cukup kental. Kualitas frame dan suspensi sepadan. Dan mudah untuk melihat bahwa pengembangan motor ini (ZX25R) sepertinya diterapkan dengan sangat ketat….” seru Maruyama. Ediann motor tuwo lho cak kuwi…usia 30 tahun. Sampeyan bayangkan bagaimana brutalnya motor ini ketika turun didealer dulu. Nah…. seirama dengan rekannya, Itami san sebagai tester kedua juga menegaskan….

” Ninja 400 memang lebih unggul, namun kepuasan ketika kamu mengendarai levelnya lebih tinggi ZXR250. Walaupun kalah kencang, namun kenikmatan tertinggi diatas motor sport bukankah bertarung soal kecepatan dan lap time. Tapi lebih dari itu…” seru Itami san. Dengan pengetesan tersebut Kawasaki Ninja 400 sukses menorehkan top speed di 157, 64 km/jam on GPS sementara Kawasaki ZXR250 mampu tembus 151,57 km/jam on GPS. Top speed terbaik di Sirkuit pendek yang memiliki lintasan lurus sejauh 400 m. Wwihhhh termasuk cepetttt cakkkk ngatrolnya berarti ZXR250….

” Tester Maruyama dan Itami san……”

Last…. itulah hasil komparasi head to head antara dua mesin berbeda generasi dan kubikasi yang di menangkan oleh Kawasaki Ninja 400. Walaupun tidak terlalu signifikan sebab Ninja ZXR250 ternyata masih mampu nempel di belakangnya. Pengetesan yang dilakukan di sirkuit Sodegaura Forest Raceway sepertinya semacam pembuka sebelum generasi terbaru 4 silinder 250cc ZX25R Kawasaki akan hadir sebentar lagi. Nggak bisa dipungkiri, mesin 4 silinder tetaplah 4 silinder. Kenikmatan yang disebut Maruyama sebagai “ Kepuasan ketika kamu mengendarai diatasnya...” tetaplah memiliki level sendiri. Setuju nggak soal ini cak ? (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!