iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….seperti yang sampeyan tahu Yamaha melakukan pemanggilan ulang (Recall) terhadap dua produknya yakni Freego dan Aerox. Pemanggilan ulang yang IWB posting di artikel sebelumnya ternyata direspon sangat positif oleh para owner Yamaha. Ditambah notifikasi sms dari Yamaha sehingga salah satu follower IWB yakni cak Arvis asal Binjai Sumut langsung membawa tunggangannya kedealer garputala terdekat. Disitulah doi mengirim surel ke IWB dengan pertanyaannya inti…Acuh terhadap Recall Freego – Aerox apakah berbahaya ?? sik maksude piyee kieeeeee…

Proses recall saat ini memang sedang berjalan cak. Namun dalam perjalanannya part Recall ini belum selalu ready diseluruh tanah air. Konfirmasi ini dilayangkan cak Arvis yang mengirim surel ke IWB berikut ini….

Asskm mas….Semoga sehat dan sukses selalu. Terkait recall Freego dan Aerox, hari ini saya bawa Freego biru saya ke bengkel resmi di daerah Binjai Sumut. Datang pagi-pagi sekali kesini agar tidak menunggu lama untuk pergantian part yang juga di infokan ke saya melalui sms kemarin..

iklan iwb

Tapi saya kecewa sampai disini partnya tidak ready, tidak tahu kapan readynya jadi sms yang saya dapat itu di SS sama mereka. Apa saya yang terlalu cepat untuk menanggapi smsnya dan langsung datang ke Bengkel resmi Yamaha?

Apa saat recall di umumkn partnya tidak bisa di readykan dulu ya mas. Saya udah tanya lagi ke mereka mas. Katanya di suruh datang seminggu-seminggu lg….tapi nggak tahu pasti atau enggak mas

Mas apakah jika saya nggak ganti part nya, akan berdampak buruk terhadap Freego saya?
Soalnya udah males balek lagi mas hehehe,, udh males bawaannya
.
Jadi saya fikir ya udahlah lihat kedepan aja gimana ?

Hhmm, surel yang sangat menarik dan tentu masukan buat pabrikan pastinya. Dari kacamata pribadi memang tidak mudah untuk mengelola recall yang luasnya bukan main, nasional kangbro. Ribuan dealer yang tersebar diseluruh tanah air tentu butuh waktu untuk mendistribusikan part recall secara merata. Ini akan menguras tenaga pastinya…

Oleh karena itu saran IWB, lebih baik sampeyan kontak dealer via telephone sebelum datang untuk menghindari kejadian seperti cak Arvis. Kasihan sampeyan cak, jauh-jauh kedealer ternyata malah belum ada komponennya. Tenaga dan waktu terbuang. Apa yang dialami doi bisa kita jadikan referensi….apa yang harus sampeyan lakukan sebelum datang kedealer. IWB yakin pabrikan akan terus berusaha memberikan yang terbaik. Yang kedua adalah pertanyaan, apakah berdampak buruk atau berbahaya jika kita acuhkan recall?

Nah, sebelum kita menjawab…monggo intip lagi part apa yang dipanggil ulang. Disini Yamaha akan memeriksa dan mengganti front stop switch (B5D?H3980?00). Artinya apa ? secara teknis tidak berbahaya karena tidak berhubungan dengan kinerja kelistrikan ataupun engine. Namun secara fungsi sangat penting karena switch inilah yang akan menghidupkan stoplamp ketika kita ngerem. So…dampak buruk tidak ada tapi buat safety mutlak hukumnya..

Last….saran IWB gantilah karena gratis lho…nggak ngeluarin biaya sepeserpun. Jikapun merasa nggak ada waktu karena kesibukan, IWB sarankan pantau saja lampu rem. jika mati selain bohlam bisa saja part front stop switch ini yang harus diganti. Paling jika sampeyan acuhkan recall resikonya beli part sendiri. Harganya murah koq, cuma 54 ribuan. Jadi ngono cak kira-kira. Semoga memberikan manfaat buat teman-teman yang terkena recall dan mendapatkan gambaran situasi diluar sana. Okrekkk…(iwb)

93 COMMENTS

      • Y itu lahir untuk Recallan ?
        Ilmunya masih Cetex berlagak canggih ?
        Kan part2 dimotor Y itu banyak jualan dari Astra ,opo sengaja ditahan biar Y makin mumet ??

      • Bantu jawab kang, klotok” bukan di mesin itu di pulley cvt tepatnya slide piece tinggal kasih ganjal plat biar gak gerak slide piecenya, gredek karena emang tutup pulley belakangnya kurang gede lubangnya harusnya sih recall si sayap, Chassis renyah ?jaman sekarang motor kacang semua udah renyah kang wkwk beli motor spek offroad kang kalo nyari yang kokoh

      • Sebenarnya bukan Switch nya itu yang bermasalah , tapi arus dari kabel yang terhubung ke Ecm nya ,
        1 rangkaian.

    • Recall itu sudah jadi Kurikulum Wajib untuk pabrikan Ymh ,disetiap Kelas/LineUpnya dengan judul sampul :
      ? Cara mempertahankan Prestasi ReCall agar ters Berkesinambungan ?
      Sub dari Recall ini juga ada ? Error ?, dan ini pun sudah disahkan jadi mata Pelajaran( produksi ) ekst wajib ?

    • seharusnya artikel nya dikasih
      data motor, sms, dan data dilerr yang dimaksud serta dsb ( kec. data diri )

      biar bisa difollow up….

      • Bikin part atau beli Part2 dari vendor kan menunggu jualan laku dulu ?
        Jualan Olie aj seret ,apalagi jualan motornya.
        Belum lagi motor2 Reject dari eropahhh masih banyak yang nyangkut ditengah lautan kaga bisa masuk indo takut bawa Viruzz ?

    • Biasa bikin suling bambu
      Belagu bikin mongtor
      Yahahaha….. beginilah
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

  1. Sedikit saran utk manajemen Yamaha Indonesia, selain menginformasikan motor konsumen yang akan direcall, sekalian informasikan ketersediaan part tsb di dealer yang terdekat dari rumah konsumen tsb

    • Sedikit saran untuk yamaha,,,,tolong ucapin terimakasih buat ni warung,,,tanpa banner tapi produknya selalu di ulas….xixixiiiiii

    • Y susah fokus untuk jualan, lebih banyak sibuk ngurusin Recall ? …nah ini nanti bebebrapa bulan k depan akan ada lagi Jadwal Recall berikutnya…kemudian adalagi . Schedule Pesta Recall yang Padat berkesinambungan ?

    • Expedisi macet cak pengiriman Part segera disebar…

      Yg Penting Yamaha udah menginformasikan secara Terbuka dulu…

  2. Kalo part salome ya begini ruginya….merembet kemana mana…semuga nggak kecewa konsumennya… bisa2 ganti merk nih..

    • Klo emang dah gk sanggup bikin mongtor
      Jual aj pabrikan nya ke HONDA
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

    • Harusnyya kan juga Telepon dulu Part nga ready belum ….

      toh juga part nya gratis jd gak ada yg rugi atau untung …Motor jadi baru lg…

  3. Sama aku juga pas dpt sms dr yamaha pusat langsung ke deler trnyata memang barangnya belum ready,jd kita harus rajin2tlpon u menanyakan kapan recall bisa dilakukan,meski tdk masalah switchnya masih berfungsi dgn normal,ketika ada recall dan penggantian sparepart gratis jgn anggap sepele ,segera lakukan recall,dan jgn males u selalu tlpn pihak deler…aku cuma nunggu 3 hari,alhamdulillah kemaren sore udah diganti sparepartnya…

    • Coba kalau junjungan ngebeha ada kasus begituan….pasti dah belagak budeg dan bisu…..xixixiiiiii

    • Cari yang pasti2 saja…cari yang bikin hidup kaga repot ?
      Ntar partnya diganti namun ada bagian yang di bypass
      Biar kaga ada masalah lain ????

      Nah…….. ?

      • Cari yang pasti2 saja?
        Pasti Gredek matic H
        Pasti NGIBUL SALES H TAK ADA YG BISA
        Pasti HALU SALES H TAK ADA YG BISA
        SEMUA PASTI BISA!

  4. Nah ini sih kurangnya YIMM, jaman ane recall R25 yg ke 2 dan ke 3, di beberapa R-Shop tangsel terdekat dari rumah selalu ga ad partnya, terpaksa meluncur ke cempaka putih. kan jauh ya…

    • Ekekekkkkkkkk….poto kopi katepeh dah siap nie pak,,,,DePe nya digoyangin ya pak,pak seles….bruekekkkkkk

    • Kemakan sama Gimmick jualan ?
      Jangankan mocil…moge aja ber Recall Recall Ria , karena produjsinya sangat banyak menggunakan hasil peleburan dan DaurUlang ?

    • Ogahhhbanget , sama aja malah Recallnya malah Diem-Diem….

      produknya bosokkk bosok overprice…mending yg lain sisa duit bisa buat yg lain ….

    • Ntr ada lagi sms
      Maaf bagi konsumen Recall setia Yamaha ,berhubung mewabahnya vuruz Korona dan menyikapi himbauan pemerintah….maka Program Recall untuk sementara waktu ditunda hingga waktu yang belum ditentukan ?

    • Ya kan Part nya lagi dikirim ….kan juga bisa ke diler pusat / besar yg lain gak semua diler siap

      kalau nunggu partnya dikirim dulu baru diumumkan…kan cilaka…

  5. Yamaha ngadain rekol part nggak siap????tumben biasanya yg punya warung diserang efbeye yg blm sarapan???

  6. Acuh untuk merikol apakah berdampak buruk..? Acuh ga mau ngaku rikol apakah berdampak buruk..? Acuh dengan senangnya membohongi parabeha mbeat mbeot, dan parabeha mbeat mbeot nya santai2 saja apakah berdampak buruk..? Ooowh tidak katanya, MS tetap nomer satu karena pabrikan kaya raya, bisa bayar siapapun.. Ooowh tidak katanya, karena parabeha mbeat mbeot sudah cinta mati sama merk sayap kecoa mau kualitas amburadul dan mahalpun akan dicintai dan dibeli.. Ooowh tidak, karena sudah ada parabeha mbeat mbeot yg bisa bernyinyir ria dan berpeltualanga dimana2 blog untuk menghalau kualitas tinggi merk lain (yamaha, kawasaki, suzuki) seperti sampah.. Ooowh tidak, karena kami punya lising yg super kaya, tidak masalah banyak tarikan dari konsumen, kita semua sama2 untung.. Ooowh tidak….!! Parabeha mbeat mbeot naiknya waria bawa spanci tanganya ngupil sambil matanya picek jeniongnya deprek..

    • Acuh kaga ada Dampaknya bagi H . masih tetap Larisss maniss ,apalagi sebelah produknya Error dan Recall ?

  7. Acuh terhadap Recall Freego ? Aerox apakah berbahaya ??
    Sama bahayanya Dengan acuh CASE RECALL SPROCKET CAM AMBROL PCX KANG IWAN!!!!

    • Beda efeknya ?
      Recall H udah selesai dan motornya semakin laris.

      Recall Y berkesinambungan dan motornya cuma buat model diteras dealer ?

    • Ambroolll….harusnya Recal aja dibilang wajar masa dibilang selesai…

      diganti produkkk berjili jilid tetep bosokkk……begitu siklussnya di daur ulang

  8. Acuh terhadap Recall Freego ? Aerox apakah berbahaya ??
    Sama BAHAYANYA JIKA ACUH RECALL SPROCKET CAMS AMBROL PCX !!

    • Recall diam diam apaan tuh…

      lha wong penyakitan dibilang wajar…
      masih Aja ada BeHa nyinyirrr …

  9. ini nih jangankan itu part yg mau recal, cari air filter aja susah amat di dealer…apa harus ke dealer yg di cpk putih?
    dagelan pabrikan inimah…suruh recal tp parts gak siap, klo butuh sebulan dua bulan ya kerjain dlu kirim parts nya hitung berapa unit motor yg hrus di recall…baru deh pengumuman recall jd pelanggan ga perlu buang waktu.
    lebih bagus lagi klo partsnya normal sedari awal jd ga perlu ngerepotin orang su.

    • Sepakat. Spare part belum terdistribusi merata sudah diumumkan recall. Saking pentingnya pencitraan sbg pabrikan bertanggung jawab tapi pelaksanaan di lapangan spt ini. Yg penting masuk headline dulu, Y melakukan recall. Wis tok.

    • Masih bisa dibilang part yang murah ,namun karena banyaknya Unit yang diRecall …part murah tsb menjadi muaaahal ?
      Dan ini pun Recall tahap 1 bagi freego dan ngorox…masih ada Tahap 2 dengan korban Recall yang masih banyak.
      Namun ingat ,ini bukan tentang sekedar switch belaka ?

      • cari air filter aja susah amat di dealer?
        Tuku Bro!!! Golek ora ono! Jaman saiki kok isoke golek! Koyok tak ada yg bisa, isoke golek NGIBUL!

        • kalo dicari gak ada gimana mau beli bos?
          masa di tokped malah ada ketimbang dealer….besok2 gw servis online aja deh disitu

  10. Lek iwan mau nanya..
    Di Sulawesi Selatan cash back CBR 250 rr sampai 5,5 jt lek… Edannn lek..

  11. Harusnya nga ha em ngadain recall juga dong…..
    Motor 4 tak jadi 2 tak didiemin bae…
    Rugi efbeha

  12. cari air filter aja susah amat di dealer?
    Tuku Bro!!! Golek ora ono! Jaman saiki kok isoke golek! Koyok tak ada yg bisa, isoke golek NGIBUL!

  13. diganti ga diganti sama aja toh, rider sini suka rada mencet rem depan..
    lampu rem nyala terus sepanjang jalan

  14. Ya..biar part kecil jangan terlalu diremehkan krn itu switch utk nyalain lampu rem blk jg utk switch penghubung relay dlm ecm utk hidupin engine, klo switch error efeknya kira2 aki cepet drop(klo switch konslet terhubung terus)ini bs ganggu kerja ecm dan sensor,kelistrikan mtr.

  15. Di Yamaha Putera Agung Bubulak cuma 10 menit dan Gratis cukup fotocopy stnk dan ktp. silahkan yg punya Bogor merapat ke yamaha Bubulak part ready

    Terima kasih bu rani sales yamaha ?

  16. Jd takut beli motor Yamaha. Banyak recallnya belakangan ini. Seperti blm siap keluarin produk2nya.

  17. Jd takut beli motor Yamaha. Banyak recallnya belakangn ini. Seperti blm siap keluarin produk2nya.

Comments are closed.