iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..piye perasaan sampeyan kalau menemukan kondisi motor yang tragis. Mesin, body sudah digerogoti usia membuat cak Aldi sebagai owner mencoba untuk mencari alternatif…..siapa yang bisa melakukan modifikasi si kobra renta agar menunjukkan pesonanya kembali. Dan dilalah pilihan doi jatuh pada rumah modifikasi Eyank Creatives – Custom Workshop. Dan hasilnya ? nggak percuma karena kondisi tragis berubah jadi sangar !! seperti apa sosok ubahannya? intip detilnya dibawah ini….

Kisah ini berawal dari cak Aldi pengusaha warteg asal Purwokerto yang membeli satu unit motor Yamaha RX King lansiran 1996 dengan kondisi yang cukup tragis dan rusak. Sebagai sosok yang menyukai nama besar RX King di tanah air doi sepertinya tidak rela membiarkan sang Kobra menjadi rongsokan. Lhaaa piye….dengan usia yang sekarang sudah tembus 24 tahun, tentu saja tidak mudah untuk membuatnya muda kembali….

Dibutuhkan kerja keras mengingat semua komponen pada kondisi yang cukup tragis. Tapi itu bukan halangan karena biker asal Tegal Jawa Tengah tersebut akhirnya mempercayakan King lansiran 1996 pada rumah modifikasi Eyank Creative asal Purwokerto. Motor diserahkan total cak…..lekĀ  boso jowone manut, dikapak-kapakne monggo mawon. Rumah kostum yang digawangi oleh cak Wisnu akhirnya memutuskan untuk tetap mempertahankan bentuk asli dengan hanya memberikan sedikit sentuhan supaya lebih muda kembali….



” Kita coba bangun ulang dengan sedikit tambahan sentuhan jiwa muda di beberapa sektor namun dengan tetap mempertahankan ciri khas sang raja yang belakangan ini semakin fenomenal cak…..” ujarnya ke IWB. So… yang pertama dilakukan Doi adalah membuang komponen yang tidak lagi bisa digunakan dan tetap mempertahankan bentuk asli. Komponen yang kondisinya bagus dipertahankan. Oleh karena itu headlamp masih menggunakan ori RX King yang dipadukan dengan led blue Vision 600k Superwhite agar terlihat lebih modern…

Sementara itu untuk speedometer juga menggunakan original RX King. Bentuk asli yang mungkin terlihat klasik tapi tetap berwibawa. Beberapa komponen restorasi juga hadir pada bagian stang, shockbreaker depan teleskopik, tromol belakang, kaliper depan semua menggunakan original dari Yamaha. Kecuali untuk beberapa komponen seperti lampu sein yang kini sudah menggunakan aksesoris LED, termasuk lampu rem yang dijejali milik Kawasaki KLX. Lain-lainnya bisa sampeyan intip sebaiknya di bawah ini…

B. PARTS

Headlight : original RxKing + LED BlueVision 6000K Super White,
Speedometer : original RxKing,
Setang : New RX-King,
Handgrip : FastOne,
Sign Lamp : aksesoris LED Running Light,
Brake Lamp : aksesoris KLX LED (+Sign Lamp),
Klakson : Denso Twin,
Spion Jalu : TND end bar,
Rantai : Wilwood Gold,
Final Gear : TDR 35,
Karburator : Kawahara PWK-28,
Valve (Katup Buluh) : Custom V-Force,
Piston : OS .100 original Yamaha Japan,
Oli Samping : Castrol 2T Race Tech,
Busi Racing : Platinum,

Shock Depan : Teleskopik (original) RxKing,
Shock Belakang : Ride-It GP series 350mm,
Knalpot : Custom RxKing, Stainless-Steel (full system),
SwingArm : SuperTrack OL,

Velg Depan : Rossi, 2.15 x 17,
+ Ban Depan : Corsa R-99, 90/80-17,
+ Teromol Depan : original RxKing,
+ Ruji : TDR Chrome,
+ Cakram : TDR Floating 300mm,

Velg Belakang : Rossi 2.50 x 17,
+ Ban Belakang : Corsa R-99, 110/70-17,
+ Teromol Belakang : original RxKing,
+ Ruji : TDR Chrome,
+ Rem Teromol : original RxKing,

C. FINISHING

Jok : Dokter Jok Purwokerto,
Total Engine Tune-Up : Wawan OneStop Purwokerto (081542666631),
Cat : Momo Viruz Paint (MVP) Purwokerto
+ Grey : Akoyasilber Exceed (PU) – Mat,
+ Hijau : Saphire Green Candy-Tone (PU) by Sikkens,
+ Polyurethane by Sikkens PU-HS.

Nahh mantep to cak. Menurut informasi cak Wisnu Punggawa Eyang, proses pengerjaan tidak mudah mengingat kondisi yang lumayan parah. Nggak heran doi membutuhkan waktu hingga kisaran sebulan untuk menyelesaikan sang Kobra…

” Proses pengerjaan ternyata cukup banyak, terutama di pembenahan total sektor mesin, kelistrikan dan konstruksi (cukup maklum, mengingat kondisi awal motor rusak parah dan sangat mengenaskan). Total durasi waktu pengerjaan efektif +- 30 hari. Project ini masih termasuk tahap awal, yg masih akan dilanjutkan dg project berikut, terutama di sisi Engine Performance Upgrade dan aksesoris pendukung….” tutup ke IWB. Wihhh masih bakal dioprek mesinnya cak…juozz juga kiiii..

Last…secara pribadi IWB lebih demen barang original. Namun ketika konsep membidik sisi modern, memang harus banyak sentuhan komponen yang dilakukan. Kekuatan dari custom Eyank terhadap King 1996 ini adalah keputusan tidak merombak basis desain sang kuda besi. Sayang tidak tergali berapa total biaya yang dikeluarkan untuk membuat King terlampir jadi sangar. Yang jelas kalau sampeyan ingin konsultasi dll mending kontak langsung aja ke Eyank Creative dinomer terlampir. King ??? ijonya euy….(iwb)

Yamaha RxKing (old) 1996.
(Project RxKing Upgrade)

CoB (Custom on Budget)
Desain & Parts oleh customer.

Bengkel Modifikasi :
Eyank Creatives – Custom Workshop,
Puri Indah F-21, KarangKlesem, Purwokerto,
Jawa-Tengah, Indonesia,
(+62) 852.9154.8484

Advertisements